Cara menjadi seorang pakar dan atau master pemasaran (marketing) handal di dunia online ataupun offline merupakan ilmu pemasaran yang sangat banyak diburu
atau dicari oleh mereka yang sangat antusias menekuni dunia marketing, khususnya
era digitalisasi pemasaran modern terkini. Mengapa? Hal ini disebabkan mereka sadar
bahwa dengan bisa menguasai ilmu marketing secara global, akan membuka peluang
sukses yang sebesar-besarnya. Tidak terkecuali dalam hal ini adalah marketing
jasa kantor advokat, pengacara, lawyer dan atau konsultan hukum baik yang
didirikan dalam bentuk berupa kantor hukum perseorangan maupun dalam bentuk
firma hukum atau law firm profesional modern.
Kalau
kita telaah lebih lanjut, tips untuk bisa menguasai dan/atau menjadi seorang
yang benar-benar handal, mahir dan mumpuni melakukan pekerjaan yang bergerak dibidang/sektor
marketing profesional dan modern, sebenarnya sudah sangat banyak sekali
dibagikan oleh para ahli/pakar marketing terkenal atau kondang. Tidak saja oleh
ahli dan pakar atau master marketing Indonesia, melainkan juga oleh master
marketing Internasional seperti berasal dari Malaysia, Singapura, Inggris dan
Amerika. Namun, tidak sedikit pula diantara kita yang tidak memahaminya secara baik
dan benar tentang segala sesuatu trik dan tips yang dikemukakan atau diajarkan
oleh sang ahli/pakar marketing dimaksud. Ya, mungkin karena kita terlalu
meremehkan dan atau memandang sebelah mata profesi pekerjaan menjadi seorang marketing,
atau juga kita beranggapan bahwa profesi marketing bukan merupakan profesi yang
menjanjikan (misalnya dapat menghasilkan gaji yang besar atau menjadikan
seseorang menjadi kaya raya dan terkenal). Padahal, menjadi seorang pakar dan
master marketing yang handal merupakan keahlian yang sangat dibutuhkan dalam
setiap perjuangan hidup menuju kesuksesan dalam karir dan keberlangsungan suatu
perusahaan.
Nah,
bagi anda yang tertarik untuk banyak belajar bagaimana cara menjadi seorang master
atau pakar marketing yang handal, tangguh, dan kawakan baik offline maupun
online, maka berikut akan kami share kepada anda para sahabat “Kantor Hukum Advokat Silaen &
Associates” berdasarkan pengalaman dan apa yang kami ketahui, serta telah
dilakukan oleh banyak para pakar dan praktisi marketing profesional pada berbagai kesempatan dibelahan
dunia ini:
Kenali target market anda di masyarakat
Pelaksanaan
hal ini berkaitan dengan segmen pasar yang akan anda jajaki ketengah-tengah
masyarakat, karena itu intensitas untuk mengenali kepada siapa anda akan
memasarkan produk atau jasa, sebelum memutuskan untuk menjual atau memberikan
layanan jasa anda, maka terlebih dahulu anda pastikan secara khusus yang
menjadi target market produk anda agar mendapat sasaran segmentasi pasar yang
tepat di masyarakat.
Khusus
bagi anda para advokat atau pengacara dan para konsultan hukum, tentu saja hal
ini berlaku juga. Dengan kata lain, target market dari jasa hukum yang akan
anda berikan ke masyarakat haruslah targetnya lebih spesifik (misalnya sebagai advokat bidang hukum property, pengacara pemilu ataupun konsultan hukum ketenagakerjaan, atau
bisa juga pengacara perkebunan,
lawyer sektor pertambangan, advokat pertanahan, dsb).
Seiring
dengan diberlakukannya pasar bebas MEA, tentu saja marketing sebuah kantor yang
bergerak dalam bidang hukum akan menghadapi persaingan dari para advokat ASEAN,
misalnya saja dari para pengacara atau lawyer Malaysia, Singapura, Kamboja,
Thailand, Philipina, Brunai Darussalam, Vietnam, dsb dalam rangka memberikan
layanan bantuan hukum bagi para pengusaha dari negara asal mereka yang sedang
berusaha dan mengembangkan bisnisnya di Indonesia.
Lakukan hal berkesan di 5 detik pertama
anda
Hal
ini penting rekan-rekan “silaen law
associates” lakukan, mengingat kita tidak pernah tahu kapan akan bertemu dengan
calon klien, dimana dan kapan ada pertemuannya, karena dalam marketing setiap
ada kesempatan maka disitulah ada peluang kita menjadi seorang marketing.
Dengan demikian, kita perlu membuat kesan terbaik dalam waktu 5 (lima) detik
pertama perkenalan dan atau pada percakapan anda dengan orang yang baru anda
kenal atau yang anda tawarkan produk barang atau jasa anda, buatlah penampilan
memikat, bahasa yang menarik dan memikat yang penuh antusias, hal ini akan
memberikan sekaligus menciptakan keyakinan kepada klien baru anda bahwasanya
produk barang atau jasa yang anda tawarkan adalah benar-benar berkualitas dan
baik.
Perluas dan perbanyak jaringan relasi
anda
Para
sahabat AS & A yang baik dan budiman, relasi itu sangat penting sekali
dalam dunia marketing, para ahli atau pakar marketing mengatakan bahwa pada
hakekatnya setiap orang setiap harinya selalu bertambah temannya ataupun jaringannya.
Oleh karena itu, dari adanya penambahan teman dan jaringan tersebut, maka peluang
meraih keberuntungan sangat terbuka lebar, karena dengan banyak relasi bisnis anda
akan cepat menyebar dan dikenal banyak orang, mungkin teman pertama tidak
tertarik tapi dia punya teman lagi dan kemudian bercerita tentang produk barang
atau jasa anda, sehingga mereka akan saling bercerita kepada teman yang lain,
begitu seterusnya. Hal ini akan membuka kesempatan sukses anda semakin besar
dan dikenal secara luas.
Pelajari dan kuasai produk knowladge
Seorang
marketing yang profesional dan handal sudah barang tentu dan wajib mereka
mengetahui seluk-beluk tentang produk barang dan jasa yang mereka tawarkan
kepada setiap konsumen. Dengan mengetahui keunggulan, kualitas, kekurangan,
target pasar produk dimaksud dengan mahir dan sedetail mungkin sebelum
melakukan presentasi misi marketing anda. Karena akan sangat lucu sekali jika seorang
penjual tidak mengetahui tentang produk yang mereka jual, lalu bagaimana mereka
bisa menjawab pertanyaan konsumen atau calon kliennya.
Mengenal dan menggunakan
media online
Menjadi
seorang ahli/pakar yang sukses melakukan pekerjaan sebagai marketing yang
handal dan sukses, tentu saja tidak hanya berlaku di dunia nyata (offline)
melainkan juga harus bisa sukses pula didunia maya (online). Para sahabat Kantor
Advokat Silaen & Associates (AS & A) yang baik dan budiman, media
online saat ini sangat penting sekali dalam dunia marketing. Coba kita
bayangkan, berapa ratus juta pengguna internet setiap harinya? Nah, aktivitas atau
interaksi di dunia maya ini, maka pada hakekatnya bisa setiap saat menambah
teman, jaringan, koneksi dan relasi dari seluruh belahan benua (benua Asia,
Eropa, Amerika, Australia, dan benua Afrika). Oleh karena itu, dari adanya
penambahan teman dan jaringan tersebut, maka peluang meraih keberuntungan
sangat terbuka lebar, karena dengan banyak relasi di dunia online, maka bisnis
anda akan cepat menyebar dan dikenal banyak orang, mungkin teman pertama tidak
tertarik tapi dia punya teman lagi dan kemudian bercerita tentang produk barang
atau jasa anda, sehingga mereka akan saling bercerita kepada teman yang lain,
begitu seterusnya. Hal ini akan membuka kesempatan sukses anda semakin besar
dan dikenal secara luas.
Untuk
menunjang hal ini, tentu saja kita harus memiliki sebuah website atau blog yang
dijadikan sebagai etalase atau tempat untuk menjajahkan, memajang atau
menampilkan beragam produk barang atau jasa yang akan kita pasarkan dan/atau
setidak-tidaknya untuk diketahui oleh dunia internasional, khususnya pada masyarakat
Indonesia.
Dalam
sistem dan teknik/tata cara marketing modern, penggunaan atau pemanfaatan
web/blog ini bukan merupakan barang baru lagi, terkhususnya bagi web/blog yang
memberikan jasa layanan dibidang hukum, dimana sekarang ini telah banyak bertebaran
atau berdiri dan beroperasi web/blog para advokat ataupun para konsultan hukum
dalam bentuk website firma hukum (law firm), law office, kantor advocate
ataupun blog konsultan hukum. Dimana tehnik pemasaran menggunakan web/blog ini
dikenal dengan nama: 1) SEO dan 2) SEM.
Secara
harfiah SEO (“SEARCH ENGINE OPTIMIZATION”)
dan SEM (“SEARCH ENGINE MARKETING”) adalah
menggunakan metode yang sama persis, yaitu memanfaatkan peramban mesin pencari
(seperti yahoo, google, yandex, yandex, bing, baidu, dll) secara maksimal, agar
bisa tampil dan menduduki posisi teratas atau terbaik disetiap halaman milik
mesin pencari (selanjutnya dikenal dengan sebutan PAGE RANK 1). Sehingga, berpeluang besar untuk tampil, diketahui
atau dibaca oleh banyak pengguna internet dibelahan dunia.
Untuk
bisa menduduki posisi di halaman pertama mesin pencari milik yahoo, google,
yandex, yandex, bing, baidu, dll, tentu ada tips dan caranya ataupun triknya,
yaitu dengan melakukan langkah-langkah optimasi dari lingkar dalam mesin
web/blog (dikenal dengan optimasi SEO ONPAGE) dan dari lingkar luar web/blog
(dikenal dengan nama optimasi SEO OFFPAGE). Penjelasan mana akan kami uraikan dan
kupas secara tuntas seperti dibawah ini:
(1) Cara atau Teknik Optimasi SEO ONPAGE
Sebagaimana telah
kami singgung sedikit diatas, bahwasanya teknik optimasi SEO ONPAGE dilakukan
dari dalam website/blog itu sendiri, dimana langkah-langkah yang kami maksudkan
tersebut adalah sebagai berikut:
- Memanfaatkan mesin TAG yang mengacu pada penggunaan kata kunci (keyword) tertarget yang menjadi sasaran anda (misalnya: sasaran nya adalah kata kunci advokat, kemudian web/blog kantor advokat atau firma hukum), misalnya untuk web/blog ini kami memasang TAG pada header-nya adalah Advokat & Pengacara Medan. Disamping adanya TAG, masih ada yang namanya deskripsi website, silahkan untuk diisi hal-hal yang berhubungan dengan keyword pilihan anda yang lain (contoh pada website kami ini, kami mengisinya dengan: “Web Jasa Kantor Advokat, Pengacara & Konsultan Hukum Anggota Peradi Di Medan, Sumatera Utara, Indonesia”). Dan terakhir untuk urusan kata kunci tertarget ini, agar mencantumkannya didalam setiap artikel konten hukum yang anda buat. Mengenai apa keyword tertarget berikutnya yang anda pakai, harap disesuaikan dengan kebutuhan isi konten anda dan juga jangan lupa menggunakan emphasize (seperti memberi bold, italic, atau underline).
- Menggunakan alamat URL yang 100% SEO friendly, dan mohon agar menghindari penggunaan parameter lain. Sisipkanlah keyword andalan utama anda di dalam sebuah link url yang anda buat, sebagai contoh adalah alamat tujuan url link website ini: http://advokat-silaen-associates.blogspot.com/2016/02/ahli-dan-pakar-seo-pengacara-medan.html dan lain sebagainya. Nah coba perhatikan, antara alamat situs dengan alamat link artikel ada kesesuaian, dimana kedua-duanya terdapat kata: “ADVOKAT”, “PENGACARA” dan “MEDAN” (sesuai dan terkait dengan TAG HEADER), yang mana kata advokat, pengacara dan medan ini dapat menjadi kata kunci utama tertarget yang berpeluang sangat besar bisa mengantarkan konten artikel yang kami tulis ini menuju ke halaman pertama (page one) seluruh mesin pencarian, khususnya google. Nah, pokok intinya adalah kata-kata yang berisi nama alamat url domain yang dalam hal ini adalah kata “ADVOKAT”, “SILAEN” dan “ASSOCIATES” adalah kata kunci utama dari website/blog ini.
- Optimasi judul blog (title tag, baik di H1, H2, H3, H4, H5 dan H6) dengan menyisipkan kata kunci didalamnya (contoh website/blog ini memakai kata “ADVOKAT & PENGACARA MEDAN”, namun perlu diingat bahwa title tag tidak boleh melebihi jumlah 70 (tujuh puluh) karakter dan meta description tidak lebih dari 160 karakter (kalaupun anda buat lebih, maka mesin pencari akan otomatis memotongnya, jadi pilihlah kata-kata tepat untuk menjadi keyword-keyword tertarget unggulan anda pada 160 (seratus enam puluh) karakter pertama).
- Memilih domain yang bisa memakai www dan ataupun tanpa memakai www, karena secara prinsip mesin pencari akan menganggap bahwasanya domain tersebut adalah berbeda satu sama lainnya. Tapi, anda tidak perlu takut ataupun risau, karena hal tersebut dapat disiasati dengan menggunakan fasilitas “redirect 301” yang disediakan oleh perusahaan penyedia hosting yang bersangkutan.
- Membuat halaman yang baik dan relevan, serta enak dilihat oleh pembaca anda, khususnya untuk bisa dirayapi robot text spider yang dimiliki oleh mesin pencari. Mohon agar dihindari penggunaan iframe, flash, karena robot spider tidak bisa membaca ekstension file-file tersebut. Satu hal yang perlu terus diingat, bahwasanya konten web itu adalah merupakan raja, oleh karenanya perbanyaklah isi konten-konten yang bermutu, berkualitas, bermanfaat dan terlebih khusus harus berstandarkan SEO Friendly.
- Bila anda telah mahir dan mumpuni mengutak-atik template, segeralah kompres halaman website/blog anda dengan menggunakan file xxxxx.gzip atau caching dan minimalkan seluruh file-file seperti css, javascript, dan gambar dalam rangka meningkatkan kecepatan loading website anda, karena hal tersebut adalah juga salah satu kriteria penilaian apakah SEO yang dimiliki telah optimal ataukah buruk.
- Terakhir, jangan lupa untuk membuat link-link jejaring layanan media sosial di website/blog anda, untuk mempermudah pengunjung menjalankan promosi atau penyebaran web/blog kantor advokat atau firma hukum anda kedepannya, sekaligus sebagai salah satu startegi yang baik untuk link building jangka panjang.
(2) Cara atau Teknik Optimasi SEO OFFPAGE
Sekarang giliran SEO
OFFPAGE yang akan kita bedah, belah, dan kupas secara tuntas untuk menunjang
marketing diri anda dalam sebuah web/blog kantor pengacara atau firma hukum. Ok
sahabat pemerhati masalah hukum dari “Advokat Silaen & Associates”, kita
lanjut saja pembahasan tentang SEO OFFPAGE, dimana pengertian umumnya adalah
optimasi dari luar website/blog itu sendiri, dalam rangka untuk membangun dan
mencari link-link (sebanyak-banyaknya yang mengarah ke website anda). Hal ini
sering disebut dengan link building, tapi yang perlu selalu diingat adalah agar
mengutamakan “link dofollow”
yang berkualitas dan terbaik. Lalu, dengan cara apa dan bagaimana? Inilah yang
akan dijelaskan lebih lanjut, seperti penjelasan kami berikutnya di bawah ini:
- Menyebarkan Link di Social Bookmark., Untuk urusan SEO Offpage, apapun flatform Content Management System (CMS) yang digunakan, baik Blogspot, WordPress, atau yang lainnya, telah support dan atau menyediakan beberapa tombol ikon share ke social bookmark bisa anda pakai dalam mempromosikan website dari luar. Ada beberapa social bookmark yang sangat populer di dunia internet bloggermania, antara lain: Digg, Pinterest, Delicious, StumbleUpon, Reddit. Social bookmark ini, sangat bermanfaat bagi pembaruan posting isi konten web/blog yang baru saja anda buat dan terbitkan, sehingga menjadi sangat cepat tersebar dan diketahui oleh banyak audiens pula, khususnya yang menggunakan jejaring media social bookmark tersebut.
- Menyebarkan Link ke Forum-Forum Online., Selanjutnya, anda dapat menyebarkan link website melalui forum-forum yang sangat ramai dikunjungi pengguna internet. Dengan kata lain, saat ini forum telah dijadikan sebagai pusat dan tempat yang paling efektif promosi link, selanjutnya juga untuk mendapatkan trafik yang banyak. Caranya adalah dengan melakukan post komentar pada thread yang dibuat dan kita tinggalkan signature yang diberi link ke alamat url website/situs anda, thread topik harus sesuai dengan tema bahasan blog anda, dan signature yang anda tinggalkan adalah merupakan kata kunci yang anda pilih sesuai dengan yang telah anda target sebelumnya.
- Menyebarkan Link di Artikel Directory., Artikel directory telah digunakan atau dimanfaatkan oleh para ahli, pakar ataupun master seo untuk memperkenalkan website ke berbagai orang dipenjuru dunia. Demikian pula halnya dengan web/blog kantor advokat atau law office yang anda miliki, cara dengan menulis sebuah atau beberapa konten artikel yang unik, menarik dan berkualitas, serta jangan lupa untuk meninggalkan link website anda agar efektif untuk mendapatkan link dan untuk mendapatkan visitor yang banyak.
- Menyebarkan Link pada Website Directory., Memang cara yang satu ini, sangat jarang dilakukan oleh para sahabat bloggermania di dunia hukum, namun sebenarnya dengan anda bergabung dan atau submit ke website directory tersebut, sebenarnya akan memberikan efek yang berdampak besar pada peningkatan jumlah hits pengunjung website/blog. Terkadang para pendatang baru (NEWBIE) di dunia blogger, sangat sulit untuk bisa merangkak mendapatkan posisi pada halaman satu, tapi bila telah melakukan submit ke website directory ini, mudah-mudahan dalam waktu singkat akan bisa mendapatkan posisi terbaik di halaman mesin pencari, karena link yang berasal dari website directory rata-rata mempunyai page rank yang tinggi dan trafik yang sangat bagus dan berkualitas.
- Menyebarkan Link ke Media Sosial., Nah, bila menyebarkan link ke media sosial (seperti facebook dan twitter), mungkin hal ini adalah yang pertama sekali anda lakukan dibandingkan menyebarkannya ke situs-situs yang telah kami jelaskan diatas. Memang kecenderungan menggunakan media sosial, sekarang ini adalah merupakan kebutuhan yang sangat pokok atau primer untuk membangun building SEO kedepan. Hal ini disebabkan, link yang berasal dari media sosial telah sangat diperhitungkan oleh seluruh mesin pencari, khususnya dalam ini google dan bing ataupun yahoo. Algoritma SEO milik google telah mensyaratkan, bahwa media sosial adalah merupakan tempat berkumpulnya banyak orang dari seluruh penjuru dunia (masyarakat Asia, Afrika, Eropa, Amerika, Australia), dan jikalau anda mendapatkan visitor yang masuk melalui atau berasal dari jejaring media sosial, maka mesin google beranggapan bahwasanya visitor anda merupakan manusia yang benar-benar tertarik dengan website anda, dan bukan sebaliknya yang merupakan robot yang sering menyusup atau yang sedang tersesat sampai ke website/blog anda.
- Hindari Tindakan Yang Berlebihan., Satu hal yang terpenting bila anda melakukan teknik optimasi SEO Offpage, agar tidak melakukan tindakan-tindakan yang sangat berlebihan, karena efeknya bisa sangat fatal, yaitu berupa pemberangusan website/blog anda dari halaman google karena dianggap sebagai spam. Syarat standar yang ditetapkan oleh para mesin pencarian untuk mendapatkan backlink dari situs-situs diatas, agar dilakukan secara berkala atau bertahap dengan cukup mencari 3 (tiga) sampai 4 (empat) backlink saja perharinya. Prinsipnya adalah sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.
Bila suatu saat
nanti, seo onpage dan offpage web/blog yang kita miliki telah baik dan
berkualitas dimata mesin pencari, maka persaingan melalui metode marketing yang
dilakukan baik secara offline maupun online akan mampu mengungguli rival-rival para
ahli/pakar dan master marketing lainnya, khususnya yang berasal dari masyarakat
ekonomi asean (MEA) seperti: yang berasal dari negara Malaysia, Singapura,
Kamboja, Thailand, Philipina, Brunai Darussalam, Vietnam, dsb. Karena google
sendiri hanya akan menempatkan web/blog yang memiliki kualitas terbaik dan
citra/popularitas seo-nya yang sesuai dengan syarat dan ketentuan yang
ditetapkan oleh google.
Demikian, tulisan
kami tentang tips, cara dan teknis kupas tuntas menjadi marketing yang sukses
dan handal, baik untuk marketing online maupun marketing offline, khususnya
untuk sebuah kantor advokat/pengacara, lawyer atau firma hukum (law firm) maupun
para konsultan hukum yang ada dibelahan dunia ini, sehingga tidak ada salahnya
untuk mencapai kesuksesan dimaksud kita mempergunakan tenaga ahli dan praktisi
marketing offline maupun master dan pakar seo dan sem untuk penggunaan
marketing di media online, karena perusahaan-perusahaan asing di negara Malaysia, Singapura,
Kamboja, Thailand, Philipina, Brunai Darussalam, Vietnam, dsb juga telah
menggunakan jasa para marketing dimaksud. Atau dengan kata lain, kedepannya persaingan di bisnis pemberian layanan jasa di bidang hukum akan semakin ketat dan penuh persaingan, baik wawasan maupun strategi pemasarannya, terlebih-lebih pada para ahli dan pakar seo pengacara. Semoga ada manfaat
yang bisa anda ambil dari tulisan ini. Atas perhatiannya diucapkan terima
kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....