Cara pengacara menjadi nomor satu di halaman Google
Indonesia incaran serius kantor bisnis, baik yang bersifat online/daring maupun
kantor bisnis offline/during. Tentu saja, sektor jasa yang memberikan bantuan
hukum dari seorang atau beberapa pengacara juga tidak mau ketinggalan (baik itu
anggota Perhimpunan Advokat Indonesia atau PERADI, maupun para advokat anggota
Non-Peradi), dimana dengan segenap kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang
dimilikinya berusaha keras untuk serius membuat jasa bantuan hukum online
dengan mengoperasikan secara online web kantor pengacara yang dimilikinya.
Tentu saja, website atau situs maupun blog kantor pengacara-nya
di disain sedemikian menariknya, apakah kantor hukum online yang dioperasikan
tersebut menggunakan CMS (Content Management System) Blogspot, Wordpress dan
Mywapblog. Karena motivasi utama membuat web kantor pengacara online adalah dalam
rangka untuk menunjang berbagai kegiatan atau aktivitas jasa pengacara apakah
itu yang bersifat personal maupun dalam hal menunjang kegiatan yang berbau
penanganan perkara/kasus-kasus yang pernah ditanganinya. Yang terpenting web
kantor hukum dimaksud dapat merupakan bahagian dari promosi online yang pada
akhirnya nanti dapat memberikan keuntungan atau penghasilan bagi pengacara yang
bersangkutan. Tentang apa arti, definisi dan atau pengacara, anda dapat membaca artikel tulisan yang telah kami muat dan publikasikan dalam sites ini, silahkan klik saja => "apa itu pengacara praktek".
Secara faktual, terlepas dari faktor
CMS
(Content Management System) yang digunakan oleh kantor pengacara yang
bersangkutan berikut dengan domain dan atau hosting yang disewa, apakah CMS Blogspot,
CMS Wordpress dan CMS Mywapblog, dimasing-masing CMS web tersebut telah include adanya kemampuan untuk bersaing
menjadi nomor satu di mesin pencari Google Indonesia. Dimana kemampuan yang
dimaksud adalah telah digunakannya SEO
(Search Engine Optimization) kedalam setiap sistem-nya, namun belum
bersifat optimal. Nah, disinilah peran dari owner atau pemilik web untuk
mendongkrak SEO CMS (Content Management System) yang dipergunakan oleh web/blog
kantor pengacara (baik itu anggota Perhimpunan Advokat Indonesia atau PERADI,
maupun para pengacara anggota Non-Peradi) tersebut, sehingga kemampuannya bisa
lebih digjaya dalam persaingan kata kunci-kata kunci utama yang dipakai dalam
dunia profesi pengacara dan atau dalam kegiatan advokasi yang dilakukan oleh para
pengacara di mata mesin pencarian (misalnya msn, yahoo, google, bing, yandex,
baidu, dsb), terkhususnya untuk Google Indonesia.
Nah, sebelum kantor pengacara
yang dimiliki bisa dengan mudah masuk menjadi No. 1 di halaman Google
Indonesia, tentu saja diwajibkan bagi setiap para pengelola web/sites kantor pengacara
menggunakan cara atau teknik optimasi SEO untuk memaksimalkan kemampuan SEO web
kantor pengacara.
Namun sebelumnya sangat diwajibkan terlebih dahulu memahami bagaimana caranya
mengoperasikan dengan baik sebuah web/situs/blog, setelah paham
menjalankan web atau sites untuk sebuah web kantor pengacara online dimaksud
dengan baik dan benar, barulah anda belajar untuk memahami berbagai teknis
pemanfaatan SEO pada web kantor pengacara tersebut. Karena logikanya, bagaimana
anda bisa belajar memahami menggunakan SEO, sementara mengoperasikan web secara
baik dan benar saja tidak becus.
Bila anda sudah paham mengoperasikan atau menjalankan
web (seperti teknik mempublikasikan konten artikel/tulisan, cara upload dan
download gambar, mendisain web, membuat berbagai halaman statis, dan cara
lainnya), barulah berlanjut bagaimana caranya membuat atau menyususn strategi
agar konten-konten yang kita buat baik berupa tulisan, gambar ataupun video
dapat dengan mudah dan mulus masuk menjadi nomor 1 ke halaman mesin pencari
google. Disinilah peran startegis dari penggunaan SEO tersebut.
Ingat, bahwa persaingan untuk bisa kantor pengacara
(baik itu anggota Perhimpunan Advokat Indonesia atau PERADI, maupun para pengacara
anggota Non-Peradi) tercatat di halaman satu dan atau ranking nomor 1 di Google
Indonesia adalah sangat berat dan juga sulit, karena ada berjuta-juta website
atau beribu-ribu situs kantor pengacara yang sudah online, ditambah dengan
berbagai kanal online/daring lain yang menggunakan
berbagai fasilitas teknologi informasi dan telekomunikasi (tik), misalnya
seperti jejaring media sosial (seperti facebook, instagram, line, path,
twitter, whatsapp), forum-forum komunitas, forum directory, serta media-media
massa lainnya yang dapat diakses dengan menggunakan medium internet dan memuat
segala informasi yang berhubungan dengan hukum, kantor pengacara
dan juga tindakan advokasi yang dilakukan oleh banyak paralegal dan atau pengacara publik di nusantara
ini. Sulit bukan !!!
Sebagaimana kita ketahui bersama
bahwa para pengguna internet dunia diakhir kuartal ketiga tahun 2016 ini,
mengalami perkembangan dan atau pertumbuhan yang sangat cepat mengalahkan
jumlah penduduk Indonesia, dimana kecenderungannya juga telah bergeser dengan
menggunakan fasilitas internet mobile via beragam jenis smartphone tercanggih.
Tentu saja, karena tumbuh subur para pengguna internet ini, maka sangat wajar
persaingan di dunia digital internet-pun semakin ketat dan berat pula,
terlebih-lebih untuk web atau laman kantor advokat di Indonesia. Coba anda
banyangkan, berapa banyak situs para pengacara
anggota
Perhimpunan Advokat Indonesia atau PERADI maupun para pengacara anggota
Non-Peradi yang ada di nusantara dan tanah air
Indonesia yang kita cintai ini? Dan apakah semua web/situs tersebut memiliki
keunggulan prima dan bisa menang di setiap persaingan halaman mesin browser
internet? Silahkan dijawab sendiri, namun bagi yang belum, mari sama-sama
dicermati apa yang akan kami bahas tentang pemanfaatan SEO untuk memenangi
persaingan di halaman satu para mesin pencari.
Cara Web/Situs Kantor Pengacara Muncul
Di Halaman 1 Google
Secara teori SEO maupun praktek Search Engine Optimization, cara agar
sebuah web/situs kantor pengacara bisa muncul atau
tercatat dengan baik bisa menduduki posisi halaman satu google Indonesia adalah
dengan menajemen penggunaan teknik optimasi SEO ONPAGE dan juga SEO OFFPAGE,
yang penjelasan adalah sebagai berikut:
1. SEO OnPage
Penggunaan SEO onpage adalah langkah pertama yang harus dipikirkan secara
matang dan profesional dilakukan setelah tersedianya sebuah website atau blog
kantor pengacara, apakah yang menggunakan CMS (Content
Management System) Blogspot, Wordpress dan Mywapblog maupun yang lainnya. Dimana SEO onpage ini dapat dioptimalkan dengan cara
atau teknik seperti dibawah ini:
- Pergunakanlah template atau theme yang benar-benar mendukung 100 % SEO yang friendly.
- Pergunakanlah kata-kata sebagai tag untuk keyword primer atau kata kunci tertarget yang menjadi sasaran utama anda.
- Sedangkan untuk deskripsi website, silahkan untuk diisi dengan hal-hal yang berhubungan pada keyword anda (contoh pada website kantor pengacara kami ini, kami mengisinya dengan kata-kata: “Website Jasa Kantor Advokat, Pengacara, Konsultan Hukum Anggota Peradi Di Medan, Sumatera Utara, Indonesia”). Dan terakhir untuk urusan penggunaan keyword, agar mencantumkannya didalam setiap konten artikel baik berupa tulisan, gambar dan juga video yang anda buat dan publikasikan. Mengenai apa keyword tertarget berikutnya yang akan anda pakai, harap disesuaikan dengan kebutuhan dan atau kondisi isi konten yang berhubungan dengan penyampaian visi dan misi web/sites kantor pengacara yang anda buat, namun jangan lupa agar memadukannya dengan penggunaan ikon “emphasize” (seperti memberi bold, italic, underline, coret tengah, dlsb).
- Pergunakanlah alamat URL yang 100% SEO friendly dan TLD (Top Level Domain), dan mohon agar hindari menggunakan parameter lain. Sisipkan keyword andalan utama anda di dalam sebuah link url yang anda buat, sebagai contoh adalah url link website ini => http://advokat-silaen-associates.blogspot.com/2016/01/pentingnya-seo-bagi-website-advokat-di.html dan sebagainya. Nah coba anda perhatikan, antara alamat situs dengan alamat url link artikel tulisan tersebut ada kesesuaian, dimana kedua-duanya terdapat kata: “ADVOKAT”, yang mana kata ADVOKAT ini dapat dimaknai menjadi kata kunci utama tertarget yang berpeluang sangat besar bisa mengantarkan artikel tersebut masuk halaman pertama (page one) di seluruh mesin pencari, khususnya mesin pencari google Indonesia. Nah, pokok dan intinya adalah untuk keberadaan web/blog kami ini, kata-kata yang berisi nama atau kata di alamat url domain yang dalam hal ini adalah kata “ADVOKAT”, “SILAEN” dan “ASSOCIATES” adalah kata kunci utama dari website/blog ini untuk menjadi sebuah kantor advokat nomor 1 di halaman mesin pencari Google Indonesia.
- Optimasikan judul atau yang menjadi kepala di web/blog (baik itu title tag pada posisi di H1, H2, H3, H4, H5 dan H6) dengan menyisipkan kata kunci didalamnya (contoh website/blog ini memakai target kata kepala judul H1 => “KANTOR ADVOKAT & PENGACARA MEDAN”, namun perlu diingat bahwa title tag kepala judul diatas tidak boleh melebihi jumlah 70 karakter dan meta description tidak boleh lebih dari 160 karakter (kalaupun lebih maka akan otomatis dipotong langsung oleh mesin pencari, jadi pilihlah kata-kata yang benar-benar menjadi keyword-keyword unggulan anda pada 160 karakter pertama).
- Pilihlah domain yang bisa memakai www dan atau http dan atau tanpa memakai www, http karena secara prinsip adanya perbedaan tersebut akan dimaknai mesin pencari Google Indonesia sebagai domain-domain yang berbeda pula. Tapi, anda tidak perlu takut ataupun kuatir (apabila anda berkategorikan master website) karena atas adanya perbedaan pemaknaan tersebut dapat disiasati dengan menggunakan “teknik redirect 301” yang telah disediakan oleh CMS (Content Management System) Blogspot, Wordpress dan Mywapblog.
- Buatlah halaman yang baik dan relevan, serta enak dilihat oleh pembaca atau pengunjung setia web/blog kantor pengacara anda, khususnya dibaca oleh robot text spider yang dimiliki oleh mesin pencari Google Indonesia. Mohon hindari penggunaan iframe, flash, karena robot spider tidak bisa membaca file tersebut dengan baik dan benar, serta juga akan membuat akses loading terhadap web/blog anda akan semakin lambat. Satu hal yang perlu terus diingat, bahwasanya konten yang ada di web adalah raja, oleh karenanya perbanyaklah isi konten yang beragam, bermutu, berkualitas, bermanfaat dan berstandarkan SEO Friendly.
- Bila anda telah mahir, segeralah lakukan kompres terhadap file halaman website/blog anda dengan menggunakan file .gzip atau caching dan minimalkan seluruh file-file seperti css, javascript, dan atau gambar dalam rangka meningkatkan kecepatan loading website anda, karena hal tersebut adalah sebagai salah satu kriteria dan penilaian yang akan dilakukan oleh google apakah SEO web anda telah optimal atau tidak.
- Terakhir, jangan lupa untuk membuat atau memasang ikon link media sosial di website/blog anda, untuk mempermudah promosi web anda kedepannya, sekaligus sebagai salah satu startegi yang baik untuk menciptakan link building jangka panjang.
2. SEO OffPage
Setelah kita memahami tentang pemanfaatan SEO OnPage sebagaimana kami
uraikan diatas dalam rangka untuk menempatkan berbagai konten (apakah
artikel/tulisan, gambar ataupun video) milik kantor advokat agar bisa dengan
mulus muncul di halaman satu google Indonesia, maka kita lanjutkan pembahasan
tentang bagaimana caranya menggunakan teknik SEO OffPage, karena baik itu SEO
OnPage dan juga SEO OffPage adalah merupakan serangkaian kegiatan optimasi SEO
website/blog yang harus dilakukan secara menyeluruh dan tidak dapat dipisahkan
satu sama lainnya. Karena itu, agar tetap mempelajari apa yang telah diuraikan
dalam penjelasan SEO On Page diatas, agar nantinya dapat secara bersama-sama
dikolaborasikan kedua bahagian seo tersebut, sehingga hasil yang dicapai untuk
web kantor pengacara anda akan lebih optimal, karena secara prinsipil
kedua teknik SEO tersebut adalah saling dukung mendukung.
Memang, pelajaran dan atau tutorial tentang SEO telah menjadi tranding
topik di media internet online dan hari ke hari sangat ramai pula dibicarakan para
audiens si pengguna internet, mungkin mengingat efek yang dihasilkannya sangat luar
biasa dasyat dalam upaya untuk mengembangkan teknik internet marketing modern
yang berwawasan persaingan pasar global melalui pencatatan di halaman mesin
pencarian, seperti baidu, msn, google, bing, yandex dan yahoo. Karena itu, banyak
para master, pakar, ahli praktisi dan atau konsultan SEO yang mengatakan bahwa “SEO tidak ada matinya”.
Salah satu kunci rahasia SEO
dalam mengembangkan teknik seo pada website kantor pengacara anda adalah harus dilakukan dengan penuh
kesabaran, kehati-hatian karena terkadang pekerjaan optimasi SEO membutuhkan
waktu yang sedikit lebih panjang dan secara berkala mesin pencari melakukan
update algoritma. Ya istilahnya “Alon-Alon
Asal Kelakon”. Yang terpenting adalah situs kantor advokat kesayangan
anda tidak mengalami error akibat terjadi
kesalahan dan atau optimasi yang sangat berlebihan. Ibarat manusia, bila
diberikan beban untuk mengangkat sesuatu yang tidak sesuai dengan kekuatan dan
daya tenaga yang dimilikinya, sudah pasti jatuh karena tidak akan sanggup
mengangkatnya. Demikian juga dengan SEO yang dioptimasi ke dalam sebuah
website/blog, apabila terlalu berlebihan, sudah bisa dipastikan akan kolaps,
dan bahayanya bila sampai terdeteksi oleh mesin pencari (search engine) bisa dianggap sebagai spambot, maka akan
menurunkan nilai daya saing SEO dan juga popularitas website anda dimata mesin
pencari google.
SEO Off Page, secara umum pengertian-nya dimaknai sebagai optimasi dari
luar website/blog kantor pengacara dalam rangka untuk
membangun dan mencari link dan atau backlink (sebanyak-banyaknya yang mengarah
ke website kantor advokat anda (mengembangkan link building)), tapi ingat
utamakan link-link dofollow yang berkualitas dan terbaik ya. Lalu, dengan cara
apa dan bagaimana kita melakukannya? Penjelasan kira-kira adalah sebagai
berikut sebagai berikut:
Menyebarkan Link Kantor Pengacara
di Social Bookmark
Untuk urusan SEO Off Page, apapun flatform Content Management System (CMS)
yang anda pergunakan,
baik Blogspot, WordPress, Mywapblog atau yang lainnya, telah support dan
menyediakan beberapa fasilitas social bookmark, yang mana bisa anda pakai dalam
mempromosikan website kantor pengacara anda dari luar
web/blog. Ada beberapa social bookmark yang sangat populer di dunia internet
dan bloggermania, antara lain: Digg, Pinterest, Delicious, StumbleUpon, Reddit.
Social Bookmark ini sangat bermanfaat pada adanya pembaruan posting isi konten (baik
berupa tulisan, gambar dan atau video) web/blog yang baru saja anda buat
(misalnya bagaimana menjadi serang pengacara perceraian top/terkenal di Medan maupun di Indonesia), sehingga konten tulisan
tersebut cepat tersebar dan atau diketahui oleh banyak audiens pula yang
menggunakan akun di social bookmark tersebut.
Menyebarkan Link Kantor Pengacara
ke Forum-Forum Online
Selanjutnya, anda dapat menyebarkan link website kantor pengacara melalui forum-forum online yang sangat ramai
dikunjungi oleh para pengguna internet. Dengan kata lain, forum-forum ini telah
dijadikan sebagai pusat dan atau tempat yang paling efektif dan efesien promosi
link web/blog, selanjutnya juga untuk mendapatkan trafik yang banyak. Caranya
adalah dengan melakukan post berkomentar pada thread yang dibuat orang dan kita
tinggalkan signature yang diberi link ke website kantor advokat anda, thread
topik harus sesuai dengan tema yang ada bahasannya di web/blog kantor pengacara anda, dan signature yang anda tinggalkan adalah
merupakan kata kunci yang anda pilih sesuai dengan yang telah anda target
sebelumnya.
Menyebarkan Link Kantor Pengacara
di Artikel Directory
Artikel directory digunakan atau dimanfaatkan untuk memperkenalkan
website kantor pengacara anda ke-berbagai
orang diseluruh penjuru dunia, dengan cara menulis sebuah artikel yang unik, bermanfaat,
menarik dan berkualitas, serta jangan lupa untuk meninggalkan link website kantor
advokat agar efektif untuk mendapatkan link balasan dari artikel direktori untuk
mendapatkan pengunjung yang banyak kedepannya.
Menyebarkan Link Kantor Pengacara
pada Website Directory
Memang cara yang satu ini, sangat jarang dilakukan oleh para
bloggermania, namun sebenarnya dengan anda bergabung dan atau submit ke website
directory tersebut, sebenarnya akan memberikan efek yang berdampak positif besar
pada peningkatan jumlah pengunjung ke website/blog kantor advokat anda.
Terkadang, para pendatang baru (NEWBIE) di dunia blogger blogspot, wordpress,
mywapblog sangat sulit untuk bisa merangkak mendapatkan posisi pada halaman pertama
di Google Indonesia, tapi bila telah melakukan submit ke berbagai website
directory ini, mudah-mudahan dalam waktu singkat akan bisa mendapatkan posisi
terbaik di halaman satu mesin pencarian google, karena link balasan yang
berasal dari website directory rata-rata mempunyai page rank tinggi, DA yang
tinggi dan traffic yang sangat ramai atau bagus.
Menyebar Link Kantor Pengacara ke
Media Sosial
Nah, bila menyebarkan link ke media sosial (seperti facebook, line,
twitter, whatsapp, path, dsb) mungkin hal pertama yang anda lakukan
dibandingkan dengan menyebarkan link ke situs-situs yang telah kami jelaskan
diatas. Memang kecenderungan menggunakan jejaring media sosial, sekarang ini
adalah merupakan kebutuhan yang sangat pokok atau primer untuk membangun
building SEO jangka panjang. Hal ini disebabkan, link yang berasal dari media
sosial telah sangat diperhitungkan oleh seluruh mesin pencari, khususnya dalam
ini google Indonesia untuk meningkatkan popularitas peringkat sebuah web/blog
kantor pengacara. Algoritma SEO milik google telah mensyaratkan dan
memaknai bahwa jejaring media sosial adalah merupakan tempat berkumpulnya
banyak orang dari seluruh penjuru dunia, dan jikalau anda mendapatkan visitor
yang masuk melalui jejaring social media ini, maka google beranggapan bahwa
visitor anda merupakan manusia yang benar-benar tertarik dengan keberadaan website
kantor pengacara anda, dan bukan
sebaliknya yang merupakan robot spam yang sering menyusup datang ke website
kantor pengacara anda.
Satu hal yang terpenting bila anda melakukan teknik optimasi SEO OffPage,
agar tidak melakukan tindakan-tindakan yang sangat berlebihan, karena efeknya
bisa sangat fatal, yaitu berupa pemberangusan website/blog kantor pengacara anda dari list halaman google karena dianggap
sebagai spam dan akan dimasukkan ke dalam “sandbox google”. Syarat standar yang ditetapkan atau ditentukan oleh
para mesin pencari untuk mendapatkan backlink dari situs-situs diatas,
lakukanlah secara berkala cukup dengan 3 sampai 5 backlink saja perharinya, dengan
prinsip sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit.
Demikian, artikel atau tulisan kami tentang sebuah kantor pengacara nomor satu (1) di Google Indonesia untuk
bisa anda pergunakan pada CMS (Content Management System) web/blog kantor pengacara
yang anda pakai, semoga apa yang kami
jelaskan diatas ada manfaatnya. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih. Salam
Advokat – Lawyer – Pengacara – Konsultan Hukum Indonesia. (Silaen)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....