Monday, 4 April 2016

Pengacara Perceraian Dimana Keberadaanmu

Ketika tidak ada kata rujuk dan keinginan bercerai sudah final, maka tidak salah menggunakan jasa pengacara. Kenapa hal ini kami katakan? Mengingat terkadang banyak orang yang akan mengakhiri rumah tangganya dengan perceraian, masih dilingkupi oleh kebingungan untuk mencari dimana pengacara perceraian yang profesional, handal dan memahami secara spesifik tentang permasalahan dan kemelut rumah tangga (pengacara spesialis perceraian). Maklum saja, tidak semua orang mempunyai referensi dan/atau kenalan seorang pengacara, apalagi pengacara yang khusus menangani perceraian. Belum lagi, informasi yang akurat dan adanya pelarangan iklan atau promosi yang dilakukan oleh organisasi profesi pengacara membuat masyarakat awam, sangat susah mencari dan menemukan sosok pengacara saat mereka betul-betul membutuhkan jasa pengacara di kota-kota besar seperti Jakarta (Jabodetabek), Surabaya, Medan, Bandung, Pekan Baru, Bali, Semarang, Batam, Makasar, dan lain sebagainya.

Pengacara Perceraian Terbaik Dan Terkenal

Memang, nyaris tidak adanya keberadaan iklan dan banner jasa pengacara ini memang merupakan imbas dari larangan beriklan yang ditetapkan oleh seluruh organisasi Advokat di Indonesia, Kode Etik Advokat Indonesia (KEAI) dan juga peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang profesi Advokat. Jangankan untuk beriklan, pemasangan papan nama kantor advokat saja ada aturan mainnya. Kondisi inilah yang kemudian membuat masyarakat awam sangat kesusahan untuk mengenal seorang advokat, terkecuali advokat atau pengacara-pengacara senior yang sudah sering wajah dan tampangnya serta lalu lalang di televisi nasional.

Memang tidak dapat dipungkiri, bahwa salah satu cara untuk membuat keberadaan seorang pengacara itu terkenal dan top adalah dengan berwari-wiri di televisi, namun tentu saja terkadang terhalang oleh jarak yang sangat jauh, biaya-biaya jasa pengacaranya yang sangat fantastis mahalnya, dan kesibukan pengacara yang bersangkutan menangani perkara-perkara yang banyak ditanganinya, tentu menjadi salah satu problema dan pertimbangan untuk jadi atau tidaknya memakai jasa pengacara kondang tersebut. Meskipun demikian, bukan berarti tidak ada solusi dalam permasalahan seperti ini, karena sebenarnya telah banyak pengacara yang ada disekeliling atau lingkungan kita. Nah, bagi Bapak/Ibu/Sdr/Sdri yang sudah bulat memutuskan untuk bercerai dengan memakai jasa pengacara, berikut ini paparkan tips untuk mencari pengacara perceraian dengan mudah, yaitu:

1. Datang ke Pengadilan Agama Ataupun Pengadilan Negeri Setempat
Pengadilan merupakan tempat berkumpulnya orang-orang yang mempunyai perkara baik itu yang bersifat perdata yang memakai asas hukum Islam maupun hukum nasional. Bila anda yang ingin bercerai adalah beragama Islam, maka nantinya pengajuan gugatan perceraian anda adalah melalui Pengadilan Agama, misalnya PA Medan. Sedangkan bagi anda yang beragama Non Islam (Kristen, Katholik, Budha, Hindu, Aliran Kepercayaan), maka gugatan perceraian anda harus diajukan melalui Pengadilan Negeri, misalnya PN Medan. Nah, di pengadilan tersebut, sedikit banyak juga adalah merupakan tempat berkumpulnya para pengacara-pengacara yang sedang menangani perkara/kasus yang dialami kliennya. Ini bisa menjadi tempat yang paling bagus bagi anda untuk mencari pengacara perceraian yang cocok atau sesuai dengan pilihan anda. Tempat-tempat favorit berkumpulnya para pengacara ini di Pengadilan adalah pada ruangan POS Bantuan Hukum (POSBAKUM), ruang tunggu sidang dan juga di kantin pengadilan. Coba ada datang dan tanyakan saja apakah ada pengacara yang bisa membantu menyelesaikan kasus perceraian. Namun anda harus hati-hati dan teliti lebih jauh sebelum menggunakannya untuk menghindari terjadinya "mal praktek" oleh oknum pengacara yang tidak bertanggung jawab.

2. Bertanya ke Amil
Nah, bagi anda yang malas datang ke Pengadilan Agama, anda bisa juga datang ke amil yang biasa mengurus masalah pernikahan. Namun, untuk opsi menggunakan jasa amil ini, biasanya tidak tertutup kemungkinan anda harus memberi sedikit tanda terima kasih untuk pak amil. Jadi kalau menurut hemat kami, sebaiknya mengambil keputusan untuk memilih opsi yang pertama saja, yaitu dengan datang langsung ke Pengadilan Agama dan/atau Pengadilan Negeri.

Advokat Perceraian Profesional

3. Tanyakan Orang Berlatarbelakang Pendidikan Hukum
Jika anda memiliki sahabat atau keluarga ataupun kenalan orang-orang yang bekerja dibidang hukum, baik di Kepolisian, Kejaksaan, Kehakiman atau Lembaga Hukum lainnya, coba anda tanyakan kepada mereka kira-kira siapa pengacara perceraian yang namanya dan memiliki riwayat yang patut direkomendasikan untuk mengurus perkara perceraian anda.

4. Tanya Pada Orang Yang Telah Pernah Memakai Jasa Pengacara
Jika keluarga atau teman anda pernah menggunakan jasa pengacara (advokat), maka tidak ada salahnya anda pertimbangkan untuk menggunakan opsi ini. Biasanya, keluarga atau teman yang pernah menggunakan jasa seorang advokat akan memberikan review tentang riwayat segala sesuatu kekurangan dan juga kelebihan menggunakan jasa pengacara perceraian tersebut. Nah, jika sekiranya cocok, silahkan datang ke kantor pengacara yang bersangkutan dan gunakan saja jasa pengacara yang mana telah mereka rekomendasikan tersebut.

Demikian sedikit ulasan kami tentang bagaimana caranya mencari pengacara perceraian dengan mudah dan memiliki riwayat penanganan perkara perceraian yang baik. Jika anda punya banyak waktu dan ingin lebih berhemat pengeluaran uang, sebaiknya anda urus saja perkara perceraian sendiri tanpa menggunakan bantuan jasa pengacara. Namun, jika sebaliknya anda tidak mempunyai banyak waktu atau butuh pendamping untuk mengurus perceraian anda, silahkan gunakan saja jasa pengacara perceraian yang anda percayai. Sebagai tambahan, sebenarnya seorang pengacara itu bisa mengurus berbagai macam kasus (bukan hanya perceraian semata). Meskipun demikian, beberapa pengacara memang ada yang biasa menangani perkara-perkara yang tertentu (khusus), seperti perkara perceraian saja, perkara pidana saja, perkara perburuhan saja, perkara bisnis saja, dan lain sebagainya. Hal mana, itu semua tergantung dari keputusan si pengacara itu sendiri, untuk menekuni profesi pengacara spesialis yang mana, kesemuanya dapat dilihat dari keberadaan profil pengacara yang bersangkutan.

Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment

No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....