Setiap blogger berhasrat website/blog/situs
kesayangannya dengan mudah masuk halaman 1 (satu) google atau seorang pemilik
web/blog menginginkan agar setiap hari ribuan pengunjung datang ke web/blognya.
Benar tidak? Tapi, tahukah anda bagaimana caranya agar bisa masuk dan tercatat
di halaman pertama dan mendapatkan ribuan pengunjung tersebut? Nah, dalam
rangka membahas bagaimana caranya tersebut adalah menjadi alasan kami untuk
membuat tulisan yang membahas atau mengangkat tema tentang “SEO”, sebab hanya dengan seo inilah
website/blog/situs secara natural dan berkesinambungan agar tetap bisa tercatat
di halaman google.
Tidak hanya tercatat saja manfaat dari penggunaan seo
ini, melainkan juga secara komprehensif telah dipergunakan untuk memperkenalkan
website/blog/situs/blog dan/atau beragam jenis produk/barang ataupun jasa usaha
bisnis dengan memaksimalkan fasilitas layanan via mesin pencari google, bing,
yahoo, baidu, yandex, dan lain sebagainya tanpa adanya surat perjanjian atau ikatan
kontrak untuk mengeluarkan biaya tertentu.
Karena sifatnya yang tetap ada di penyimpanan data mesin pencari tersebut, sehingga banyak orang yang menggeluti dunia bisnis online untuk mendapatkan layanan dasyat dari adanya jasa dari seo ini, khususnya yang sifatnya profesional dan berani memberikan garansi 100 % pasti bisa menduduki posisi halaman 1 google. Demikian juga dengan, bisnis konten yang bersifat review produk/barang ataupun perusahaan tertentu juga sangat berhubungan dengan strategi seo yang telah dirancang dengan baik. Karena bila tidak faham benar tentang teknik penggunaan optimasi seo, maka produk barang atau jasa yang akan direview tidak akan bisa menduduki posisi halaman 1 google. Jadi, baik antara ilmu pengetahuan yang menyangkut seo internet dengan kegiatan mereview produk atau brand perusahaan adalah saling berhubungan satu sama dengan lainnya.
Karena sifatnya yang tetap ada di penyimpanan data mesin pencari tersebut, sehingga banyak orang yang menggeluti dunia bisnis online untuk mendapatkan layanan dasyat dari adanya jasa dari seo ini, khususnya yang sifatnya profesional dan berani memberikan garansi 100 % pasti bisa menduduki posisi halaman 1 google. Demikian juga dengan, bisnis konten yang bersifat review produk/barang ataupun perusahaan tertentu juga sangat berhubungan dengan strategi seo yang telah dirancang dengan baik. Karena bila tidak faham benar tentang teknik penggunaan optimasi seo, maka produk barang atau jasa yang akan direview tidak akan bisa menduduki posisi halaman 1 google. Jadi, baik antara ilmu pengetahuan yang menyangkut seo internet dengan kegiatan mereview produk atau brand perusahaan adalah saling berhubungan satu sama dengan lainnya.
Nah, sebelum lebih jauh kita bahas tentang kunci sukses
memulai seo ini, alangkah baiknya kita pahami terlebih dahulu apa itu seo dan bagaimana cara
menggunakannya seo di web/blog anda, serta bagaimana cara membisniskan seo
tersebut, sehingga bisa menjadi mesin penghasil uang ataupun sebagai second income bagi siapa saja.
Arti dan Pengertian
Seo Secara Umum
Seo, menurut pengertian kami adalah semua tindakan dan
perbuatan tentang bagaimana cara dan teknik untuk mengoptimalkan situs anda,
sehingga efektifitas mesin pencari seperti google akan mendudukkan situs maupun
konten tulisan kita pada peringkat tertinggi dipemakaian kata kunci atau istilah
kalimat tertentu yang sedang online banyak dicari oleh para pengguna internet
dari seluruh dunia. Banyak faktor menentukan tentang posisi peringkat konten tulisan,
dimana hal ini dijaga ketat rahasianya oleh pemilik perusahaan mesin pencari,
seperti google, yahoo dan bing. Dengan kata lain yang dapat menentukan
bahwasanya apakah anda, saya, kami atau mereka bisa menduduki peringkat halaman
1 adalah google, yahoo ataupun bing itu sendiri. Kita hanya bisa berupaya
dengan segenap kemampuan yang kita punyai untuk menargetkan konten tulisan yang
kita publish untuk bisa berada diperingkat tertinggi. Mengapa kami mengatakan
demikian, karena faktor-faktor penentu untuk bisa menduduki posisi halaman 1
ini adalah tergantung pada sistem algoritma yang selalu berubah-ubah dari waktu
ke waktu. Dimana hal ini adalah sebagai upaya layanan terbaru yang dilakukan
para perusahaan mesin pencari untuk meningkatkan cara dan layanan yang mereka
pergunakan untuk menghitung kembali peringkat setiap situs dan juga kontennya
secara periodik.
Satu hal yang harus kita fahami, bahwa tujuan dari
seluruh mesin pencari adalah untuk selalu memberikan hasil yang paling relevan,
ketika para pengguna mesin pencari mencari kata, kalimat ataupun istilah yang berhubungan
dengan yang sedang dibutuhkan pengguna internet.
Namun, jangan karena diakibatkan adanya perubahaan
algoritma mesin pencari menyebabkan kita menjadi panik ataupun frustasi, ketika
kita mengetahui bahwa peringkat yang telah kita peroleh selama ini menjadi
turun ataupun tidak masuk daftar selama ini. Karena meskipun terjadi
perubahan-perubahan algoritma yang dilakukan oleh perusahaan mesin pencari
seperti telah kami singgung diatas, namun prinsip-prinsip umumnya adalah sama
atau tidak berubah, sepanjang optimasi seo yang kita lakukan telah sesuai
dengan syarat dan standar yang ditetapkan oleh masing-masing perusahaan mesin
pencari.
Teknik Seo
Nah, mari kita ulas satu per-satu tentang teknik dan
praktek terbaik untuk seo onpage dan
juga teknik seo offpage, sebagai
berikut:
Bahagian
Untuk Seo Onpage
Ada beberapa langkah yang bisa diterapkan untuk
mengoptimalkan seo onpage, yakni:
1. Persiapan Untuk Url
Dalam ilmu internet, url itu sendiri dapat dibagi
menjadi 2 (dua) bagian besar, yaitu: 1). Yang menjadi nama domain anda; 2).
Yang menjadi Url halaman situs atau blog anda. Kedua bagian url ini sangat
berhubungan satu dengan yang lain, sehingga haruslah sangat bijak dan matang
anda pikirkan sebelum menggunakannya, dikarenakan kedua-duanya sangat penting
dan sangat mempengaruhi mesin pencari untuk mengarahkan pengunjung ke situs
anda melalui konten yang telah dibuat dan dipublikasi sebelumnya.
Dengan kata lain, nama domain adalah sebagai bahan
bangunan dasar untuk membangun website yang berdaya saing di serp mesin
pencari, karena itu pemilihan url dan nama domain yang dipilih dapat membuat
perbedaan yang sangat besar di mata mesin pencari. Misalnya bisa anda
perhatikan contoh domain ini: advokatmedan.xxx, pengacaramedan.xxx,
lawyermedan.xxx, advokat-silaen.xxx, pengacarasilaen.xxx atau lawyersilaen.xxx,
dsb.
Dari 6 (enam) contoh nama domain diatas, domain yang
pertama akan lebih baik di search engine jika anda ingin mendapatkan peringkat
yang tinggi untuk penggunaan istilah “advokat medan”, bila anda akan
mengutamakan istilah kata kunci “lawyer medan” maka gunakanlah contoh domain
yang ketiga, demikian seterusnya. Hal ini disebabkan istilah pencarian yang
dipergunakan akan muncul secara baik, karena hal ini juga didukung oleh
langsung dengan nama domain dibandingkan dengan nama domain yang tidak ada
hubungannya dengan keduanya.
Kemudian, mengenai halaman url juga mempunyai peran
yang sama pentingnya untuk mesin pencari. Ini biasanya berisi nama halaman yang
harus anda buat, dan haruslah mencerminkan struktur apapun yang masih berhubungan
dengan nama domain yang anda pilih.
Sebagai contoh: pengacaramedan.xxx/profil-tentang-tim-kantor-pengacara-kami/
atau bisa juga lawyermedan.xxx/p/konsultasi-hukum-online-gratis.html, dsb.
Contoh url yang kita buat di atas tidak hanya berisi
informasi tentang pengacara medan dan lawyer medan semata dengan menggunakan nama
domain, namun juga didukung penuh oleh alamat link url halaman yang telah
dibuat untuk memberitahu mesin pencari, bahwa ini adalah halaman tentang “profil
tentang tim kantor pengacara yang anda miliki” atau “adanya konsultasi hukum
online gratis yang anda laksanakan”. Dimana tujuan struktur halaman anda ini
adalah untuk mendapatkan posisi peringkat tertinggi dan terbaik untuk istilah yang
kami contohkan diatas, maka ini harus dilakukan dengan baik dan penuh
pertimbangan, bandingkan dengan contoh yang selanjutnya, seperti pengacaramedan.xxx/index.php?page=123.
Hal yang wajib kita fahami, bila menggunakan cms
WordPress adalah bahwa kita tidak harus berpikir keras tentang penggunaan struktur
url, karena selama kita mengikuti beberapa pengaturan struktur penggunaan
permalink yang telah ditetapkan oleh wordpress. Nah, menurut kami sebaiknya
struktur permalink yang anda pergunakan adalah: ”kustom /% category% /%
postname% /”. Dan jangan menggunakan karakter khusus dalam nama halaman,
seperti tanda penghubung.
2. Mempersiapkan Judul Halaman
Bila anda akan bermaksud membuat halaman atau postingan
yang baru, maka judul postingan yang anda buat tersebut adalah juga nama
halaman. Judul postingan ini digunakan untuk menghasilkan url halaman.
Nah, ada beberapa aturan yang harus dipahami terlebih
dahulu sebelum membuat halaman yang menjadi judul halaman alamat url, yaitu:
judul halaman harus relevan dengan konten yang ada pada halaman anda, kemudian
halaman yang anda buat harus bisa menggambarkan halaman yang lainnya, halaman
ini juga harus pendek, deskriptif dan to the point.
Jika anda akan membuat artikel postingan web/blog, maka
hal ini bisa lebih deskriptif dan jangan lupa untuk memikirkan berita utama,
unik, menarik ataupun mengesankan dari pada judul halaman url semata. Namun
postingan ini harus dibungkus dengan rapi dalam struktur H1 tag heading.
3. Pemakaian Plug in Seo
Pemakaian plug ini seo ini juga harus dilakukan untuk
menunjang daya saing web/blog anda di mesin pencari. Plug ini seo sudah banyak
beredar, baik yang berbayar maupun yang gratisan. Contohnya adalah “All in One SEO Pack” ataupun “Yoast”.
Dalam pemakaian plugin seo tersebut, terdapat bahagian
yang diberi nama dengan judul oleh seo. Judul seo ini merupakan bahagian output
dalam seluruh kode sumber halaman anda yang dibungkus dan dikelola dalam bentuk
tag judul. Judul inilah yang selanjutnya akan menuntun dan mengarahkan mesin
pencari untuk memberitahu, bahwa informasi yang sedang dicari tersebut sesuai
dengan apa yang ada di dalam web/situs di halaman yang anda buat. Sebahagian
para “ahli dan pakar seo” mengatakan
bahwa judul seo ini dapat juga dikelompokkan ke dalam bahagian H1 tag heading.
Sebagai contoh konkrit blog ini, H1 nya adalah “Advokat & Pengacara Medan”
yang juga disamakan dengan judul seo kala kita memakai plugin seo.
Ketika anda memilih untuk mempergunakan plugin seo,
maka tatalah dengan baik judul kepala seo tersebut agar sangat bermanfaat untuk
memberikan informasi kepada mesin pencari, samping itu judul seo yang anda
harus cantumkan adalah berkategori pendek, serta tidak boleh melebih 65
karakter. Karena apabila melebihi 65 karakter, maka mesin google secara
otomatis akan memotongnya. Pertimbangan lain dalam menggunakan judul seo ini
adalah harus relevan dengan halaman yang telah anda buat, sehingga pengunjung
yang datang ke web/blog anda mendapatkan informasi yang tepat dan benar tentang
apa yang dicarinya, dimana hal tersebut telah anda tulis dan publikasi sebelumnya.
Terkadang banyak para pengguna plugin seo yang tidak paham
bila akan melakukan pemisahan kata yang dipergunakan sebagai kata kunci. Oleh
karena itu, agar judul seo tersebut benar-benar sesuai dengan standar seo friendly, maka bila akan
melakukan pemisahan kata, haruslah mengunakan “simbol pipa” (|). Secara
harfiah, plug in seo yang anda pakai akan menampilkan nama situs anda terlebih
dahulu, baru kemudian judul seo yang anda buat yang dipisahkan oleh simbol pipa
(|), konkritnya adalah seperti: “pengacaramedan.xxx
| Advokat & Pengacara Medan”.
4. Deskripsi Seo
Setelah selesai anda mengatur judul seo, maka langkah
selanjutnya adalah membuat deskripsi seo, dimana deskripsi ini ini adalah dikenal
sebagai sebagai “Meta Tag Description”
yang sumber utamanya juga berasal dari halaman situs anda (dalam arti kata
harus saling berkaitan). Deskripsi seo ini akan dibaca oleh search engine
sebagai deskripsi halaman dalam metode hasil pencarian para pengguna internet.
Meskipun mesin pencari seperti google dapat membuat deskripsi mereka sendiri
dari konten yang ada pada halaman anda ataupun dari sumber-sumber lain dari
situs lainnya, namun pemakaian deskripsi seo ini masih sangat penting untuk
membantu para mesin pencari memberikan petunjuk, pemikiran dan atau pilihannya untuk
datang ke situs anda, karena terdapatnya kecocokan deskripsi yang tergambar
dari halaman situs anda.
Dalam membuat suatu deskripsi seo haruslah mengutamakan
kata-kata yang relevan dengan halaman anda, karena deskripsi ini merupakan
penjelasan singkat tentang keseluruhan atas tema-tema atau visi/misi yang
terdapat dalam halaman situs anda. Sekalian jangan lupa untuk
mengkombinasikannya dengan judul seo sebagaimana telah diuraikan diatas, karena
hal ini merupakan sinergi yang tidak dapat dipisahkan, dimana yang selanjutnya
akan muncul dalam hasil pencarian yang memengaruhi calon pengunjung untuk
datang ke halaman situs anda. Panjang deskripsi seo yang diperbolehkan adalah
tidak boleh melebihi dari 160 karakter panjangnya. Bila masih terdapat jumlah
yang melebihi 160 karakter, maka mesin google akan secara otomatis memotongnya.
Yang paling penting, usahakan deskripsi seo ini telah
mencakup seluruh rangkaian kata kunci yang akan anda targetkan untuk hari ini
dan hari esok, jadi pikirkanlah matang-matang dan jangan sering menggantinya
karena akan merusak reputasi web/blog anda yang telah dibangun di data mesin
google.
5. Membuat Konten
Sebuah konten yang baik menurut seo, haruslah di tulis
dengan baik dan benar. Karena apa? Karena konten inilah yang menjadi ujung
tombak terhadap seluruh hasil pencarian para pengguna internet. Apalagi dengan
adanya konten ini, semakin lebih mudah untuk dapat meningkatkan peringkat situs
anda.
Kenapa konten merupakan ujung tombak sebuah situs/web?
Hal ini disebabkan, seluruh mesin pencari yang ada memanfaatkan hasil dari
adanya konten ini untuk memberikan jawaban dan relevansi setiap konten yang
tepat ketika para pengguna internet sedang mempergunakan jasa mesin pencari ini
untuk mencari berbagai informasi yang teraktual. Mesin pencari sudah menjadi
sumber referensi kekinian yang sangat cerdas dalam membaca seluruh informasi
yang ada dalam konten tertentu dari situs-situs yang ada di belahan dunia ini.
Mesin pencari tidak lagi secara monoton mencari dan
melihat informasi tersebut, apakah kata kunci berada pada paragraf pertama,
alinea pertengahan ataupun yang terakhir. Karena mesin pencari yang diterapkan
sekarang ini telah didasarkan pada pemakaian algoritma yang dapat memahami dan
melihat seluruh isi konten sebagai satu kesatuan yang penuh dan saling terkait
satu dengan lainnya, dengan kata lain konten koheren harus ditulis dengan baik,
benar dan informatif.
Bagaimanakah
cara menulis konten yang baik?
Mungkin pertanyaan seperti ini sering timbul dibenak
anda para sahabat dan pengunjung setia web/blog advokat/pengacara silaen &
associates medan ini, disebabkan tidak semua orang mempunyai kemampuan diatas
rata-rata untuk bisa mengaplikasikan sesuatu hal yang diketahuinya ke dalam
sebuah menulis yang menarik. Namun, satu hal yang harus kita pahami bersama,
bahwa menulis sebuah konten itu adalah diperuntukan bagi manusia yang
membutuhkan beragam informasi yang berguna. Menulis konten secara baik dan
benar menurut seo, haruslah dimulai dari paragraf kesatu (awal) yang berisikan
inti atau tema dari tulisan yang anda buat tersebut. Kenapa penekanannya pada
paragraf pertama? Karena biasanya psikologisnya orang paling banyak membaca
suatu tulisan adalah pada paragraf pertama di halaman pertama pula, sehingga
bila anda akan memulai menulis konten, maka di paragraf pertama ini harus
mengandung konten utama yang paling relevan dan paling tidak dapat meringkas
seluruh isi tulisan maupun apa yang termaktub dalam halaman situs anda.
Pastikan konten tulisan anda sangat relevan dengan
subjek halaman, dan usahakan jangan ngawur atau ngelantur ke sana ke sini
(tetap fokus dengan inti yang akan anda tulis). Hindari tulisan yang terlalu
panjang dan berbelit-belit, karena bisa berakibat para pengunjung yang membacanya
akan cepat bosan, karena pada prinsipnya anda tidak sedang menulis sebuah buku
ataupun cerita bersambung (cerbung).
Dan yang terpenting, tulisan anda sekali lagi haruslah informatif, unik dan
menarik.
Jangan lupa pula, dalam membuat tulisan konten tersebut
harus diselaraskan dengan penggunaan tag H2 untuk judul dan tag H3 untuk
sub-judul, dengan dibarengi sedikit pengaturan halaman (misalnya cetak tebal
ataupun tulisan miring dan garis bawah), hindari penggunaan daftar bullet,
sehingga tulisan anda dapat lebih mudah untuk dibaca. Jangan lupa agar tulisan
anda tersebut memuat minimal 450 kata per-tulisan, karena jumlah ini yang dianggap
paling ideal dan menarik untuk dirayapi oleh mesin pencari google.
6. Memaksimalkan Penggunaan Images
Ada pepatah yang mengatakan: “sebuah gambar dapat
bernilai beribu-ribu kata”. Hal ini berlaku pula dalam penggunaan seo yang baik
dan benar. Satu gambar yang berkualitas baik dapat membuat perbedaan yang
sangat besar pada sebuah situs web. Karena diluaran sana, banyak orang yang
suka dengan konten yang bersifat visual, baik itu berupa gambar atau foto,
desain grafis ataupun berupa video pendek. Sehingga, dengan adanya gambar ini,
sudah dapat menceritakan sedikit banyaknya (illustrasi) tentang tulisan yang anda dibuat.
Namun, ada aturan standar yang harus dilaksanakan agar
gambar tersebut tidak menyalahi aturan seo tentang gambar. Sebelum sampai ke
tahap ini, terlebih dahulu anda harus mengupload sebuah gambar yang mungkin
menarik dan dapat dijadikan sebagai ilustrasi tentang tulisan yang sedang anda
kerjakan. Nah, pada saat upload gambar, ubalah nama gambar tersebut yang dapat
mewakili dan merupakan inti sari dari tulisan anda, dengan maksud nantinya nama
yang anda cantumkan dalam file gambar tersebut dibaca oleh mesin pencari.
Dalam hal teknik mengupload gambar yang baik,
usahakanlah file gambarnya tidak melebihi 100 Kilo Bytes (kB), karena gambar
yang ukuran filenya besar akan sangat berpengaruh terhadap waktu loading
halaman yang dibutuhkan oleh web/situs anda, khususnya untuk pengunjung yang mempergunakan
perangkat mobile internet. Kemudian, jangan lupa menyertakan atau menyisipkan gambar
tersebut ke dalam tulisan anda, dengan terlebih dahulu menanamkan tag alt
gambar kedalamnya.
7. Link Internal
Keberadaan link internal ini sangat dibutuhkan dalam
rangka membangun struktur fondasi bangunan web/blog, atau sekaligus untuk membantu
para pengunjung mendapatkan informasi lain yang berkaitan dengan tulisan yang
anda buat atau bahas. Jangan anggap remeh dengan link internal ini, karena bisa
berakibat fatal ketika seseorang mengunjungi halaman anda, pengunjung tersebut
langsung pergi dan tidak ada membaca satupun halaman anda. Nah, bantulah mereka
agar tidak langsung pergi, yaitu dengan mengarahkan mereka untuk menemukan ke konten
tulisan lainnya yang berharga di situs anda. Sehingga mereka dengan sigap dan
cepat dapat menangkap informasi yang anda buat tersebut.
Penggunaan link internal ini pada dasarnya adalah untuk
menghubungkan konten yang satu dengan konten yang lainnya di dalam situs anda.
Hal ini penting mengingat kebanyakan website hanya memiliki menu, bar navigasi
di bagian atas situs yang memungkinkan pengunjung untuk menavigasinya melalui menu
yang anda sediakan disitus anda.
Menu yang baik haruslah terstruktur dengan baik di
situs anda dan hal ini sangat penting dilakukan, demikian juga dengan link
internal yang terdapat dalam konten anda. Suatu
menu navigasi utama harus sesuai dengan struktur situs anda, yang
penting halaman tingkat terletak di bahagian menu dengan sub-halaman yang akan
ditampilkan ketika disorot (sebagai drop down menu off dari halaman induk).
Link internal dalam konten harus membangun struktur jalur serta terintegrasi
dengan seluruh komponen yang terdapat dalam halaman situs anda, sehingga hal
ini akan memberikan petunjuk awal agar para pengunjung yang masih kurang
mendapatkan informasi mengikuti link internal yang ada dalam informasi
lanjutannya.
Link internal akan kelihatan dalam bentuk font warna
yang berbeda dari teks lainnya, sehingga pengunjung akan tahu bahwasanya itu
adalah link internal. Nah, disamping link internal ini, masih ada link yang
bersifat ekternal yang merujuk pada situs yang relevan dengan konten yang anda
buat, sehingga akan memberikan nilai tambah bagi situs anda. Link eksternal ini
haruslah diarahkan ke situs yang peringkatnya lebih baik dari situs anda,
dengan maksud untuk mengangkat citra dan popularitas situs anda dihadapan mesin
pencari. Ketika anda membuat link eksternal yang posisi peringkatnya di bawah
situs anda, maka gunakanlah metode link nofollow meta tag.
8. Desain dan Penampilan Situs
Bahagian tata letak atau dekorasi web sangatlah
memberikan kredit point yang baik bagi seo situs anda. Coba perhatian
situs-situs yang besar (pengunjungnya ramai), sudah pasti desainnya sangat
menarik dan nyaman pula dipandang mata. Pokoknya sedaplah dipandang mata.
Hal ini penting mengingat, situs kita tidak hanya akan
dilihat dengan memakai komputer desktop atau laptop, tetapi juga dilihat dengan
memakai handphone canggih (mobile) dengan berbagai perangkat ukuran layar. Bagi
sebahagian pengunjung, penampilan situs jauh lebih lebih penting, sehingga hal
yang menarik merupakan pertimbangan untuk mengunjungi sebuah situs. Namun kalau
boleh, usahakanlah situs anda itu bisa menarik tidak saja bagi yang gemar akan
desain grafis (seni), namun juga bagi pengunjung lain yang lebih mementingkan
isi konten tulisan anda. Tapi setidak-tidaknya janganlah sampai penampilan
situs anda itu berkategori situs jelek, teks kecil dan sangat miskin sentuhan
seni grafisnya. Dengan kata lain kita harus memakai template yang benar-benar
100 % seo mobile friendly. Karena, bila sudah menarik, responsif serta enak
dipandang oleh para pengguna perangkat gemgam mobile, maka tata letak yang anda
buat sudah sangat baik menyesuaikan diri dengan ukuran layar tiap-tiap
perangkat mobile.
Urusan desain dan tata letak ini tidak terlepas dari
penggunaan template apakah yang dipergunakan tersebut template yang mobile
friendly, font bersih dan besar yang mudah dibaca terutama untuk H1, H2 dan H3.
Nah, bila situs anda memiliki desain yang baik, maka sudah dapat dipastikan
pengunjung akan betah dan mau berkunjung lagi ke situs anda dilain hari.
Disamping itu, konsep penggunaan template mobile ini adalah menjadi peluang
besar untuk menggaet pengunjung lebih banyak lagi karena lebih dari 60 % para
pengguna internet adalah dengan menggunakan telepon atau handphon gemgam yang
sangat cangging (misalnya ipad, android, tablet, dan smartphone canggih
lainnya).
9. Daftarkan Url ke Webmastertools
Sebuah web/blog yang sudah online jangan lupa untuk
mendaftarkannya ke webmastertools yang dimiliki oleh mesin pencarian google,
bing, yahoo, yandex, dan lain sebagainya. Dengan maksud dan tujuan agar
nantinya, setiap ada pembaharuan yang dilakukan terhadap web/blog akan segera
diketahui oleh mesin pencari, dan juga tujuan kita mendaftarkan diri ke
webmastertools adalah dalam rangka untuk memaksimalkan index yang akan
dilakukan oleh semua mesin pencari, sehingga akan tercantum/tercatat secara
sempurna di halaman mesin pencari.
Bahagian
Untuk Seo Offpage
Nah, bila ke-9 (kesembilan) langkah optimasi seo onpage
telah kita lakukan, maka langkah berikutnya adalah dengan mengoptimalkan seo
offpage. Seo offpage maksudnya adalah sekumpulan teknik atau cara yang
dilakukan oleh admin web/blog dari luar web/blog.
Ada beberapa teknik atau cara yang dilakukan, misalnya
dengan mengshare beragam konten (baik tulisan, gambar ataupun video) yang telah
kita buat dan publikasikan ke website/situs lainnya, seperti ke facebook,
twitter, forum-forum sosial, ke web/blog milik teman kita, ke media-media
online lainnya dengan cara berkomentar dan meninggalkan alamat link web/blog
kita. Cara ini sangat efektif untuk mempopulerkan keberadaan web/blog yang kita
miliki, khususnya dengan adanya kegiatan share dimaksud, web/blog kita akan
mendapatkan berbagai backlink yang sangat dibutuhkan untuk membangun seo
offpage kita dimata para mesin pencari. Mengenai pembahasan tentang arti dan
pengertian, serta apa itu backlink dan manfaatkan bagi web/blog yang dimiliki
para advokat? Silahkan membaca ulasan tulisan kami yang berjudul => “manfaat backlink bagi website advokat online”.
Dengan kata lain, banyak orang menyebutkan bahwa teknik
seo offpage ini adalah => sebuah teknik berburu backlink. Backlink yang kami
maksudkan disini adalah backlink yang berkualitas dan memiliki reputasi atau
page ranking tinggi dihadapan mesin pencari. Misalnya backlink dari domain
berekstension xxxxxx.edu, xxxxxx.gov, dsb. Intinya, backlink yang akan kita
cari adalah backlink yang bersifat alamiah (natural) dan lebih baik kualitas
maupun peringkatnya dari backlink web/blog kita sendiri. Semakin tinggi page
ranking (PR)-nya, maka semakin baiklah kualitas backlink tersebut.
Nah, dalam hal berburu backlink ini, jangan terlalu
membabi buta sehingga secara massal menyebarkan backlink kita ke berbagai
web/blog yang ada. Sebab, mesin pencari milik google nanti akan mendeteksi
adanya pengiriman backlink massal ke web/blog yang kita miliki, dimana hal ini
tidak baik untuk optimasi seo offpage kita dan akan dianggap sebagai “spam”, tentu saja bila hal ini dibiarkan
terjadi maka akan memperburuk reputasi dan citra web/blog kita dimata google.
Cukup untuk 1 (satu) hari, backlink yang kita cari berjumlah 3 (tiga) s/d 5
(lima) backlink dari web/blog yang memiliki page ranking tinggi dan
berkualitas.
Nah, setelah langkah cara seo onpage dan seo offpage diatas
sudah secara baik dan sempurna dilakukan, barulah anda bisa mulai untuk melirik
bisnis pemberi bantuan jasa seo yang profesional dan berkualitas nomor 1, serta
tentu saja dalam menawarkan jasa seo yang berkategori murah atau tidak terlalu
mahal. Peluang bisnis jasa seo profesional dan berkualitas ini, bisa anda raih
kesuksesan dengan cepat karena anda memang benar-benar memiliki keahlian khusus
untuk menulis sesuai dengan standar dan petunjuk dunia ilmu seo, bahkan anda
telah membuktikannya via web/blog milik anda sendiri.
Prestasi dalam hal menggeluti bisnis online di bidang tulisan
review ber-seo suatu produk ataupun perusahaan tertentu sangat terbuka lebar,
karena kemampuan seo yang anda praktekkan telah terbukti dengan sangat mudah
selalu bisa memasuki halaman satu google (PAGE
RANK #1).
Kami akhiri tulisan ini, dengan mengucapkan terima kasih banyak karena sudah sudi datang ke web/blog advokat/pengacara/lawyer dan konsultan hukum ini, semoga apa yang kami bahas ini bermanfaat bagi khalayak ramai. Satu hal yang perlu kami sampaikan bahwasanya penggunaan seo untuk sebuah web/blog tidak dapat ditawar-tawar lagi, karena kami sendiri sudah merasakan betapa “pentingnya seo bagi website advokat di Medan” agar memiliki kemampuan untuk bersaing di dunia online (maya) yang lazim menggunakan mesin pencari. Sekian dan terima kasih. Salam Advokat atau Pengacara Indonesia.
Kami akhiri tulisan ini, dengan mengucapkan terima kasih banyak karena sudah sudi datang ke web/blog advokat/pengacara/lawyer dan konsultan hukum ini, semoga apa yang kami bahas ini bermanfaat bagi khalayak ramai. Satu hal yang perlu kami sampaikan bahwasanya penggunaan seo untuk sebuah web/blog tidak dapat ditawar-tawar lagi, karena kami sendiri sudah merasakan betapa “pentingnya seo bagi website advokat di Medan” agar memiliki kemampuan untuk bersaing di dunia online (maya) yang lazim menggunakan mesin pencari. Sekian dan terima kasih. Salam Advokat atau Pengacara Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....