Thursday, 18 February 2016

Second Income Lawyer Dengan Jadi Pebisnis Online

Second Income Lawyer Dengan Jadi Pebisnis Online ~ Peluang menjadi seorang pebisnis online di Indonesia, masih terbuka lebar bagi siapa saja, termasuk bagi orang yang berprofesi sebagai lawyer (advokat, pengacara dan atau konsultan hukum). Hal ini disebabkan, perkembangan dunia teknologi informatika online, khususnya internet telah mengalami peningkatan yang fantastis, yang mana hal ini dapat dilihat dari pengembangan jaringan 4G dan juga 5G yang terus dilakukan oleh operator telekomunikasi di Indonesia. Perkembangan ini juga diikuti dengan semakin banyak kita temukan alat komunikasi berupa smartphone canggih (seperti android, ipad, iphone, tablet, dsb) yang menjadikan dunia internet online dapat kita gemgam dan lihat hanya dengan satu tangan.

Cara Seorang Lawyer Medan Indonesia Menjadi Pebisnis Online Sukses

Era perkembangan teknologi diatas, juga membawa angin segar yang sangat berarti bagi peningkatan kualitas dan kuantitas layanan sebuah website, situs ataupun blog, dimana pemakaian dan pemanfaatannya juga sudah dimaksimalkan, sehingga mampu untuk menghasilkan uang tambahan (second income) yang lebih menjanjikan memberikan keuntungan dalam rangka untuk membantu keuangan keluarga. Karena dengan adanya website dimaksud, pekerjaan dimaksud dapat dilakukan dan dikerjakan di dalam rumah, dan tidak mengganggu waktu beraktifitas, baik dalam menjalankan profesi mulia sebagai lawyer (advokat, pengacara dan juga konsultan hukum, disamping itu juga kita dapat bersama kumpul dengan keluarga. Pekerjaan yang kami maksud adalah menjalankan bisnis online dari rumah dengan menggunakan medio online berupa sebuah website/situs.

Lalu, bagaimana dan apa-apa saja yang harus dipersiapkan, jika seorang lawyer (kita) ingin memulai bisnis online, apalagi bila modal yang dimiliki adalah sedikit (minim). Nah, dalam artikel ini, kami akan membahas tentang beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membangun bisnis online sendiri tanpa harus mengeluarkan modal uang yang besar diawal dan mengganggu rutinitas selaku lawyer. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Manfaatkan Pengalaman Yang Di Miliki Orang-orang Sukses
Ada pepatah mengatakan, bahwa pengalaman adalah guru yang paling baik, karena itu belajarlah dari pengalaman orang yang pernah merasakan, mengalami, jika ingin usaha bisnis online yang hendak anda lakoni mau sukses. Jadi, tidak ada salahnya bila kita mempelajari pengalaman-pengalaman dari para pendahulu yang pernah melakukan pekerjaan seller online shop di bisnis ini. Biasanya kita akan menemukan beberapa kekurangan yang bisa anda perbaiki dan atau juga kita modifikasi sendiri untuk mendapatkan strategi yang lebih baik lagi di bisnis online anda sendiri. Dengan kata lain, kata kunci (keywordnya) adalah belajar mengamati dan menganalisa, serta membuat beberapa catatan kesimpulan atas berbagai studi kasus terhadap toko online yang berhasil dan juga toko online mana yang tidak berhasil. Kami rasa para rekan lawyer tidak akan sulit untuk memahami dan belajar tentang hal yang kami maksudkan diatas.

2. Selalu Melakukan Riset
Dalam melakukan bisnis online, melakukan riset adalah sesuatu hal yang harus dilakukan terlebih dahulu, agar bisnis yang hendak kita laksanakan tidak sepi dari pengunjung atau pembeli. Riset ini berfungsi agar kita bisa membaca dan melihat setiap peluang besar maupun kecil tentang kondisi pasar, sehingga dengan demikian kita dapat mengetahui secara detail dan lengkap tentang segala sesuatu keinginan konsumen atau pelanggan yang bisa kita kumpulkan dalam rangka mendapatkan langkah-langkah strategi bagaimana yang harus ditempuh agar bisnis online kita berjalan dengan pesat.

Ilustrasinya seperti ini: Bisa saja anda bersikeras untuk membeli baju kemeja kotak-kotak dengan modal utang, karena anda yakin bahwa model tersebut nantinya pasti diminati oleh market online, padahal oleh karena modelnya dikatakan sangat bagus oleh pasangan anda sendiri. Setelah anda laksanakan, ternyata bisnis online anda sepi order, paling-paling hanya sekedar bertanya itupun pada akhirnya tidak jadi membeli. Karena itulah, kita harus mau sedikit lelah untuk melakukan riset. Jika misalnya ingin berjualan baju kemeja kotak-kotak, kira-kira baju kemeja kotak-kotak seperti apa yang lagi trend (misalnya warnanya) dan di buru oleh market online.

Nah, riset dimaksud dapat dilakukan dengan melihat trend model baju melalui jejaring sosial media, lazada, olx dan masih banyak lapak online shop besar yang pastinya juga menjual model-model baju kemeja kotak-kotak tersebut. Setelah itu, barulah kita mengukur kemampuan dan mencari segmentasi market yang tepat dan benar. Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa market online itu adalah calon customer terbesar kita, sehingga permintaannya harus kita penuhi. Disamping itu, kita harus senantiasa mengerti dan menggali lebih dalam tentang siapa-siapa yang cocok membeli produk anda yang dipajang pada etalase toko online.

3. Rekayasa Konsep
Setiap jenis usaha sudah pasti memerlukan konsep yang rinci dan matang dalam rangka untuk meminimalisir kerugian yang mungkin bisa kita alami sampai puluhan juta rupiah. Untuk antisipasi kerugian inilah sangat dibutuhkan ide-ide cemerlang yang dituangkan dalam merekayasa strategi konsep bisnis online kedepannya. Bila perlu, gunakan analisis SWOT (strength, weakness, oppurtunities, threat) sebagai landasan dan dasar visi misi bisnis online anda.

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa penggunaan SWOT adalah sebagai kekuatan yang bisa memajukan usaha bisnis, mengurangi kecacatan ataupun kelemahan dalam usaha, membaca peluang atau kesempatan dan melayani konsumen dengan baik, tepat dan cepat. Ilustrasinya kira-kira begini, misalnya: anda telah melakukan riset untuk produk baju kemeja kotak-kotak terbaru dan didapati ada beberapa website/situs terkait yang menjual produk serupa. Lalu anda perhatikan dan amati, kemudian analisa, kira-kira apakah produk baju kemeja kotak-kotak yang akan di jual pada toko online anda juga memiliki nilai tambah atau ada pembeda yang nyata dengan produk pesaing. Jika sama, apakah anda punya faktor lain yang bisa dipergunakan untuk mempengaruhi keputusan orang agar lebih memilih membeli produk di toko online anda? Faktor-faktor lain yang kami maksudkan disini, misalnya faktor pelayanan atau biaya ongkir (ongkos kirim) yang bisa ditekan dan juga waktu efektif yang dibutuhkan bisa lebih cepat, karena anda telah menandatangani kontrak bekerjasama dengan satu atau beberapa perusahaan ekspedisi tertentu, baik di Indonesia maupun Internasional.

4. Menciptakan Kepercayaan
Bukan hanya dalam pemberian jasa bantuan hukum dari seorang lawyer (advokat, pengacara dan konsultan hukum) yang membutuhkan kepercayaan dari para calon klien. Tapi dalam bisnis online, kepercayaan (trust) adalah merupakan salah satu kunci utama untuk bisa jadi sukses melakukan bisnis online ini. Karena, tidak banyak orang yang ingin dan siap mempertaruhkan modal uang mereka untuk sekedar membeli barang di online shop yang belum dikenal khalayak ramai. Maka dari itu menciptakan dan membentuk, apalagi mempertahankan kepercayaan harus tetap menjadi skala prioritas agar konsumen tidak lari dan memilih toko online orang lain. Ingat, dalam hal berbisnis online ini, customer tidak pernah melihat dan tidak tahu siapa anda, yang mereka lihat adalah apa yang kita tawarkan melalui media online website/situs. Jika kita memperlakukan dan menghargai kepercayaan yang telah diberikan oleh calon customer kepada kita seadanya, maka penghasilan kita pun akan seadanya pula yang datang.

5. Kontiniu Melakukan Promosi
Salah satu cara memperkenalkan produk dan juga toko online anda adalah dengan melakukan promosi yang kontiniu, serta tepat sasaran marketnya. Anda dapat melakukan dan atau memilih beberapa jejaring sosial yang bisa jadi media promosi paling murah, efesien bahkan gratis. Anda hanya perlu secara kontiniu dan sedikit lebih rajin untuk membagikan halaman website anda di setiap media sosial agar orang-orang mau mengunjunginya. Bukan tidak mungkin mereka yang datang berkunjung tersebut akan menjadi tertarik untuk membeli produk atau barang yang anda tawarkan di lapak toko online. Sebagai contoh, kita bisa melirik atau menarik visitor dari facebook dan twitter untuk melihat barang dagangan kita. Sudah barang tentu, kita harus mau sedikit mengeluarkan biaya promosi di facebook dan twitter. Tapi, kegiatan promosi ini tidak terlepas dari hal yang berhubungan dengan mempelajari strategi yang tepat, dan bila perlu untuk mendapatkan sales dengan hanya mengeluarkan biaya promosi rendah juga harus kita terapkan. Karena itulah anda harus senantiasa terus belajar memarketingkan produk yang kita jual melalui media internet online dengan memegang prinsip low budget high impact.

Sekian ulasan artikel tentang second income lawyer dengan serius menjadi seorang pebisnis online yang mempunyai lapak toko online terkenal di Indonesia, semoga bermanfaat bagi siapa saja. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....