Saturday, 30 January 2016

Pentingnya SEO Bagi Website Advokat Di Medan

Menjamurnya web/blog kantor Advokat, Pengacara dan Konsultan Hukum di Medan, telah banyak memberikan kontribusi dalam menjawab pertanyaan pencari hukum dan keadilan, melalui penyediaan fasilitas laman/room tanya jawab online yang diberikan secara cuma-cuma atau gratis.  Ada juga pendirian dan atau pembuatan website kantor hukum (law firm) ini adalah untuk memperkenal dirinya sebagai salah satu Advokat, Pengacara dan Konsultan Hukum yang beroperasi dan berdomisili di Kota Medan.

SEO On Page Untuk Law Firm Advokat Indonesia

Memang website kantor Advokat, Pengacara dan Konsultan Hukum ini sangat dibutuhkan, mengingat kecenderungan masyarakat Kota Medan yang mulai tidak terlepas dari penggunaan internet, khususnya internet tersebut dipergunakan untuk mencari segala informasi yang berhubungan dengan hukum, baik hukum perdata, pidana, administrasi negara, bisnis, internasional, tata usaha negara, perburuhan, dan lain sebagainya. Karena kondisi pasar yang demikian, maka semua website atau situs kantor Advokat, Pengacara dan Konsultan Hukum (dan juga law firm) yang ada, harus bersaing secara online untuk bisa diketahui dan dilihat oleh masyarakat pengguna internet (khususnya warga Kota Medan). Persaingan website ini tentu saja di halaman mesin pencarian seperti google, yandex, yahoo, bing, dll, terlebih khusus untuk kata pencarian advokat medan.

Nah, persoalannya adalah Undang-undang Advokat Nomor 18 Tahun 2003 secara tegas melarang para Advokat, Pengacara dan Konsultan Hukum untuk memasang beriklan dan mengadakan promosi jasa di semua media (baik media offline maupun media online). Lalu bagaimana mensiasatinya? Dalam dunia internet marketing modern, telah dikenal tenaga pemasaran yang efektif, efesien, tangguh dan ulet yang siap bekerja 24 jam non stop sehari dan tanpa pamrih atau meminta bayaran dari rekan-rekan Advokat, Pengacara dan Konsultan Hukum. Siapakah dia? Dia adalah SEO (Search Engine Optimization) yang ditanamkan di website kantor Advokat, Pengacara dan Konsultan Hukum (law firm) anda.

Menurut wikipedia, arti dan pengertian SEO adalah “serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut”. Nah, SEO inilah yang kemudian dipacu kinerjanya agar dapat bekerja secara maksimal (optimal) untuk bisa menempatkan website berikut dengan isi konten web berada pada posisi halaman pertama mesin pencari (dikenal dengan nama rank #1 atau page one). Dengan website/blog kantor (law office) rekan-rekan Advokat, Pengacara dan Konsultan Hukum berada pada posisi halaman satu google, maka kesempatan website untuk dilihat, diketahui dan dikunjungi oleh orang banyak (pengguna internet) berpeluang lebih besar dibandingkan dengan kantor hukum yang lain. Dengan begitu, website kantor hukum tersebut akan lebih terkenal dan sangat berpeluang besar pula untuk mendapatkan klien. Inilah siasat yang kami maksudkan tadi.

Nah, bila sahabat dan rekan Advokat, Pengacara dan Konsultan Hukum tidak mempunyai pengetahuan maupun waktu untuk mengurusi masalah optimasi SEO website, maka rekan-rekan bisa mencari atau memakai jasa bantuan dari orang-orang yang telah ahli dan menjadi pakar bidang SEO, karena kegunaannya dapat menambah penghasilan dan ketenaran nama anda selaku Advokat, Pengacara dan Konsultan Hukum di Kota Medan. Atau kalau mau belajar sendiri (otodidak) juga bisa, karena telah banyak buku dan ebook SEO yang telah beredar di pasar toko buku terdekat.

Pada kesempatan ini, bila para rekan Advokat, Pengacara dan Konsultan Hukum mau belajar sendiri (otodidak) tentang bagaimana melakukan tindakan dan perbuatan optimasi SEO bagi website kantor hukum, kami akan bagikan sedikit pengetahuan tentang ilmu SEO yang pernah kami pelajari sebelumnya.

Dalam dunia ilmu SEO, telah dibagi menjadi 2 bahagian penting (masih saling berhubungan dan saling dukung mendukung), yaitu yang pertama dikenal dengan nama SEO On Page (bekerja di dalam website), dan yang kedua dikenal dengan nama SEO Off Page (bekerja dari luar website).

Sekilas Tentang SEO On Page

Kami anggap rekan-rekan sesama Advokat, Pengacara dan Konsultan Hukum telah mempunyai satu buah website (baik yang domain dan hosting berbayar atau yang gratisan seperti punya kami ini), tapi pilihlah domain yang bisa memakai www dan atau tanpa memakai www, karena secara prinsip mesin pencari akan menganggap bahwasanya domain tersebut adalah berbeda. Tapi, anda tidak perlu takut ataupun risau, karena hal tersebut bisa disiasati dengan menggunakan redirect 301.;
Isilah tag header (judul situs), dalam hal ini kami memakai: “Advokat Silaen & Associates). Tag header ini adalah keyword tertarget pertama yang harus menjadi sasaran, karena itu pikir matang-matang apa yang mau dituliskan pada header ini. Ingat panjang karakter yang baik untuk tag judul kepala ini adalah 40 sampai dengan 70 karakter.
Kemudian isi tag deskripsi website (contoh pada website ini, yaitu diisi dengan kata “Website Jasa Kantor Advokat, Pengacara & Konsultan Hukum Anggota Peradi Di Medan, Sumatera Utara”. Tag deskripsi ini harus diisi dengan hal-hal yang berhubungan dengan website anda secara menyeluruh, panjangnya tidak boleh melebih dari 160 karakter karena kalau lebih secara otomatis akan langsung dipotong oleh google. Ingat baik tag judul website maupun tag deskripsi, bila nanti rekan-rekan Advokat, Pengacara dan Konsultan Hukum membuat sebuah tulisan (konten), jangan lupa agar target keyword adalah hal-hal yang berhubungan dengan header dan deskripsi yang bisa divariasikan dengan menggunakan emphasize (seperti memberi bold, italic, atau underline).
Kalau bisa alamat URL mengandung target keyword andalan utama website anda, misalnya mau mengkedapankan kata advokat, maka pilihlah url yang ada kata advokatnya, seperti url link: http://advokatmedan.com/ dan sebagainya. Nah coba perhatikan, alamat alamat link situs terdapat kata advokat dan medan, kedua kata tersebut dalam ilmu SEO adalah merupakan kata kunci tertarget andalan website/blog anda. Dengan adanya kata kunci utama tertarget tersebut, maka sangat berpeluang besar bisa mengantarkan website dan atau artikel konten menuju ke halaman pertama (page one) seluruh mesin pencarian, khususnya google. Nah, pokok intinya adalah kata-kata yang berisi nama alamat url domain yang dalam hal ini adalah kata “ADVOKAT” dan “MEDAN” adalah kata kunci utama dari website/blog anda.
Buatlah halaman yang baik dan relevan, serta enak dilihat oleh pembaca anda, khususnya untuk robot text spider yang dimiliki oleh mesin pencari. Mohon hindari penggunaan iframe, flash, karena robot spider tidak bisa membaca file tersebut. Satu hal yang perlu terus diingat, bahwasanya konten web itu adalah raja, oleh karenanya perbanyaklah isi konten yang bermutu, berkualitas, bermanfaat dan berstandarkan SEO Friendly.
Bila anda telah mahir, segeralah kompres halaman website/blog anda menggunakan .gzip atau caching dan minimalkan seluruh file-file seperti css, javascript, dan gambar dalam rangka meningkatkan kecepatan loading website anda, karena hal tersebut adalah juga salah satu penilaian apakah SEO telah optimal atau tidak.

Sekilas Tentang SEO Off Page

Setelah selesai dengan urusan perkara SEO On Page sebagaimana penjelasannya diatass, lanjut pada pembahasan SEO Off Page, dimana pengertian adalah optimasi SEO dari luar website/blog dalam rangka untuk membangun dan atau mencari link (sebanyak-banyaknya yang mengarah ke website anda (link building), tapi ingat utamakan link dofollow yang berkualitas dan terbaik. Lalu, dengan cara apa dan bagaimana? Inilah yang akan dijelaskan lebih lanjut, seperti penjelasan kami di bawah ini:

Menyebarkan Link di Social Bookmark
Untuk urusan SEO Off Page, apapun flatform Content Management System (CMS) yang anda pergunakan, baik Blogspot, WordPress, atau yang lainnya, telah support dan menyediakan beberapa social bookmark bisa anda pakai dalam mempromosikan website dari luar. Ada beberapa social bookmark yang sangat populer di dunia internet bloggermania, antara lain: Digg, Pinterest, Delicious, StumbleUpon, Reddit. Social bookmark sangat bermanfaat pembaruan posting isi konten blog yang baru saja anda buat, sehingga cepat tersebar dan diketahui oleh banyak audiens pula yang menggunakan social bookmark tersebut.

Menyebarkan Link ke Forum-Forum Online
Selanjutnya, anda dapat menyebarkan link website melalui forum-forum yang sangat ramai dikunjungi pengguna internet. Dengan kata lain, forum telah dijadikan sebagai pusat dan tempat yang paling efektif promosi link, selanjutnya juga untuk mendapatkan traffic yang banyak. Caranya adalah adalah dengan melakukan post komentar pada thread yang orang buat dan kita tinggalkan signature yang diberi link ke website anda, thread topik harus sesuai dengan tema bahasan blog anda, dan signature yang anda tinggalkan adalah merupakan kata kunci yang anda pilih sesuai dengan yang telah anda target.

Menyebarkan Link di Artikel Directory
Artikel directory digunakan atau dimanfaatkan untuk memperkenalkan website anda ke berbagai orang dipenjuru dunia, dengan cara menulis sebuah artikel yang unik, menarik dan berkualitas, serta jangan lupa untuk meninggalkan link website agar efektif untuk mendapatkan link dan untuk mendapatkan visitor yang banyak.

Menyebarkan Link pada Website Directory
Memang cara yang satu ini, sangat jarang dilakukan oleh para bloggermania, namun sebenarnya dengan anda bergabung dan atau submit ke website directory tersebut, sebenarnya akan memberikan efek yang berdampak besar pada peningkatan jumlah pengunjung website/blog. Terkadang para pendatang baru (NEWBIE) di dunia blogger, sangat sulit untuk bisa merangkak mendapatkan posisi pada halaman satu, tapi bila telah melakukan submit ke website directory ini, mudah-mudahan dalam waktu singkat akan bisa mendapatkan posisi terbaik di halaman mesin pencarian, karena link yang berasal dari website directoru rata-rata mempunyai page rank yang tinggi dan traffic yang sangat bagus.

Menyebar Link ke Media Sosial
Nah, bila menyebarkan link ke media sosial mungkin hal pertama yang anda lakukan dibandingkan dengan ke situs-situs yang telah kami jelaskan diatas. Memang kecenderungan menggunakan media sosial, sekarang ini adalah merupakan merupakan kebutuhan yang sangat pokok atau primer untuk membangun building SEO. Hal ini disebabkan, link yang berasal dari media sosial telah sangat diperhitungkan oleh seluruh mesin pencarian, khususnya dalam ini google. Algoritma SEO milik google telah mensyaratkan bahwa media sosial adalah merupakan tempat berkumpulnya banyak orang dari seluruh penjuru dunia, dan jikalau anda mendapatkan visitor yang masuk melalui social media, maka google beranggapan bahwa visitor anda merupakan manusia yang benar-benar tertarik dengan website anda, dan bukan sebaliknya yang merupakan robot yang sering menyusup ke website.

Satu hal yang terpenting bila anda melakukan teknik optimasi SEO Off Page, agar tidak melakukan tindakan-tindakan yang sangat berlebihan, karena efeknya bisa sangat fatal, yaitu berupa pemberangusan website/blog anda dari halaman google karena dianggap sebagai spam.

Syarat standar yang ditetapkan oleh para mesin pencarian untuk mendapatkan backlink dari situs-situs diatas, lakukanlah secara berkala cukup dengan 3 sampai 4 backlink saja perharinya, sedikit-sedikitkan lama-lama tambah bukit.

SEO Off Page Bagi Website Kantor Hukum Advokat, Pengacara & Konsultan Hukum Di Medan

Kesimpulan dari SEO On Page dan SEO Off Page

Untuk memudahkan pemahaman para rekan Advokat, Pengacara & Konsultan Hukum, berikut ini kami kesimpulan dari optimasi kedua SEO, yaitu:

Pemilihan target keyword yang tepat;
Faktor nama url domain harus mendukung deskripsi web;
Hosting yang anda sewa/pakai;
Struktur website on page maupun off page SEO;
Pembuatan atau penulisan artikel kualitas dan standar SEO Friendly;
Backlink natural yang berkualitas;
Penggunaan tangan dan fasilitas pihak ketiga (misalnya media facebook, sosial bookmarking, instagram dan twitter);

Ingat, hal-hal yang diatas harus anda lakukan dengan hati-hati dan jangan sampai anda melakukan kesalahan dalam menerapkan langkah strategi optimasi kedua seo diatas, bila Advokat, Pengacara & Konsultan Hukum melakukan kesalahan, maka website/blog anda bukannya semakin baik ranking pagenya, namun sebaliknya bisa memperburuk reputasi web ketitik hampa (nol), karena bisa terkena finalty berupa blacklist (sandbox google) dari halaman mesin pencarian.

Semoga dengan adanya artikel tentang pentingnya SEO bagi website kantor hukum (law firm, law office) para rekan Advokat, Pengacara & Konsultan Hukum Di Medan ini, dapat membuat rekan-rekan menjadi lebih terkenal dari sebelumnya.

Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment

No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....