Setiap ahli atau pakar pasti ada rahasia SEO bagaimana
caranya agar bisa masuk halaman pertama GOOGLE. Tentu saja rahasia ini, belum
tentu dibagikan sepenuhnya ke khalayak ramai dikarenakan orang awam bisa
menangkapnya dengan baik dan benar. Boro-boro bisa mengerti, jangan-jangan
ditafsirkan negatif apa yang disampaikan atau dikemukan oleh ahli atau pakar
tersebut.
Secara teori dan praktek, untuk menyandar gelar dan
predikat sebagai ahli atau pakar tidaklah mudah, karena banyak aspek atau
kriteria yang harus dipenuhinya. Misalnya memiliki kemampuan atas ilmu
pengetahuan khusus, sering melakukan penelitian, sering mempraktekkan aplikasi
dari ilmu pengetahuan yang dimilikinya, dan lain sebagainya.
Sebenarnya arti/pengertian ahli atau pakar itu adalah =>
“orang yang memiliki kemampuan atau pengetahuan luas dalam bidang tertentu”.
Dalam artian ahli atau pakar itu adalah orang-orang yang dianggap orang banyak
sebagai sumber terpercaya atas teknik maupun keahlian tertentu yang bakatnya
untuk menilai dan memutuskan sesuatu dengan benar, baik, maupun adalah sesuai
dengan aturan dan status oleh sesamanya ataupun khalayak dalam bidang khusus.
Lalu apa kaitannya ahli atau pakar tersebut dengan
halaman pertama google? Nah, sebenarnya ini adalah menyangkut tentang kemampuan
untuk melakukan pekerjaan optimasi SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO) sebuah
website agar bisa tampil dengan mudah masuk dijajaran halaman 1 google.
Predikat ahli seo atau pakar seo ini sebenarnya adalah tidak baku, tetapi hanya
untuk menggambarkan bahwasanya orang-orang yang telah memiliki kemampuan untuk
mendudukan atau memposisikan suatu website ataupun sebuah konten di halaman
satu google maka dijuluki sebagai ahli seo atau pakar seo halaman pertama
google.
Karena sifatnya adalah mengoptimalkan mesin pencarian,
maka tentu saja ada beberapa langkah atau cara yang harus dilakukan agar sebuah
website ataupun kontennya (baik berupa tulisan, gambar ataupun video visual)
bisa muncul di halaman 1, dimana langkah-langkah SEO ini bukan merupakan
rahasia lagi karena telah banyak dishare dan dipublikasikan di web blog oleh
para ahli seo atau pakar seo maupun master seo Indonesia. Menyangkut hal ini
sedikit banyaknya ada kami bahas dengan judul => “cara murah masuk halaman satu google” (silahkan diklik untuk
membacanya). Langkah SEO dimaksud adalah:
Teknik Seo
Untuk Blog Agar Masuk Halaman Pertama Google
Nah, mari kita ulas satu per-satu tentang teknik dan
praktek terbaik SEO, dimana ahli SEO atau Pakar SEO telah membaginya menjadi 2
(dua), yaitu => 1). sebagai teknik seo
onpage dan 2). sebagai teknik seo
offpage, penjelasannya sebagai berikut:
Bahagian Penjelasan
Untuk Seo Onpage
Ada beberapa langkah yang bisa diterapkan untuk
mengoptimalkan seo onpage, yakni:
1. Persiapan Untuk Url
Dalam ilmu SEO internet, url itu sendiri dapat dibagi
menjadi 2 (dua) bagian besar, yaitu: 1). Yang menjadi nama domain anda; 2).
Yang menjadi Url halaman situs atau blog anda. Kedua bahagian url ini sangat
berhubungan satu dengan yang lain, sehingga haruslah sangat bijak dan matang
anda pikirkan sebelum menggunakannya, dikarenakan kedua-duanya sangat penting
dan sangat mempengaruhi mesin pencari untuk mengarahkan pengunjung ke situs
anda melalui konten yang telah dibuat dan dipublikasi sebelumnya.
Dengan kata lain, nama domain adalah sebagai bahan
bangunan dasar untuk membangun website yang berdaya saing di serp mesin
pencari, karena itu pemilihan url dan nama domain yang dipilih dapat membuat
perbedaan yang sangat besar di mata mesin pencari. Misalnya bisa anda
perhatikan contoh domain ini: advokatmedan.xxx, pengacarapublik.xxx, lawyersumut.xxx,
advokat-silaen.xxx, pengacarasilaen.xxx atau lawyersilaen.xxx, dsb.
Dari 6 (enam) contoh nama domain diatas, domain yang
pertama akan lebih baik di search engine jika anda ingin mendapatkan peringkat
yang tinggi untuk penggunaan istilah “advokat medan”, bila anda akan
mengutamakan istilah kata kunci “lawyer sumut” maka gunakanlah contoh domain
yang ketiga diatas, demikian seterusnya. Hal ini disebabkan istilah di mesin pencarian
yang dipergunakan akan muncul secara baik, karena hal ini juga didukung oleh
langsung dengan nama domain dibandingkan dengan nama domain yang tidak ada
hubungannya dengan keduanya.
Kemudian, mengenai halaman url juga mempunyai peran
yang sama pentingnya untuk mesin pencari. Ini biasanya berisi nama halaman yang
harus anda buat, dan haruslah mencerminkan struktur apapun yang masih
berhubungan dengan nama domain yang anda pilih.
Sebagai contoh: pengacarapublik.xxx/profil-tentang-tim-kantor-advokat-kami/
atau bisa juga lawyersumut.xxx/p/konsultasi-hukum-online-gratis.html, dsb.
Contoh url yang kita buat di atas tidak hanya berisi
informasi tentang pengacara medan dan lawyer medan semata dengan menggunakan nama
domain, namun juga didukung penuh oleh alamat link url halaman yang telah
dibuat untuk memberitahu mesin pencari, bahwa ini adalah halaman tentang “profil
tentang tim kantor pengacara yang anda miliki” atau “adanya konsultasi hukum
online gratis yang anda laksanakan”. Dimana tujuan struktur halaman anda ini
adalah untuk mendapatkan posisi peringkat tertinggi dan terbaik untuk istilah yang
kami contohkan diatas, maka ini harus dilakukan dengan baik dan penuh
pertimbangan, bandingkan dengan contoh yang selanjutnya, seperti pengacaratopmedan.xxx/index.php?page=123/.
Hal yang wajib kita fahami, bila menggunakan CMS WordPress
adalah bahwa kita tidak harus berpikir keras tentang penggunaan struktur url,
karena selama kita mengikuti beberapa pengaturan struktur penggunaan permalink yang
telah ditetapkan oleh wordpress. Nah, menurut kami sebaiknya struktur permalink
yang anda pergunakan adalah: ”kustom /% category% /% postname% /”. Dan jangan menggunakan
karakter khusus dalam membuat nama halaman, seperti tanda penghubung.
2. Mempersiapkan Judul Halaman
Bila anda akan bermaksud membuat judul halaman atau
postingan yang baru, maka judul postingan yang anda buat tersebut adalah juga
nama judul halaman. Judul postingan ini digunakan untuk menghasilkan url
halaman.
Nah, ada beberapa aturan yang harus dipahami terlebih
dahulu sebelum membuat halaman yang menjadi judul halaman alamat url, yaitu:
judul halaman harus relevan dengan konten yang ada pada halaman anda, kemudian
halaman yang anda buat harus bisa menggambarkan halaman yang lainnya, halaman
ini juga harus pendek, deskriptif dan to the point.
Jika anda akan membuat artikel postingan web/blog, maka
hal ini bisa lebih deskriptif dan jangan lupa untuk memikirkan berita utama,
unik, menarik ataupun mengesankan dari pada judul halaman url semata. Namun
postingan ini harus dibungkus dengan rapi dalam struktur H1 tag heading.
3. Pemakaian Plug in Seo
Pemakaian plug ini seo ini juga harus dilakukan untuk
menunjang daya saing web/blog anda di mesin pencari. Plug ini seo sudah banyak
beredar, baik yang berbayar maupun yang gratisan. Contohnya adalah “All in One SEO Pack” ataupun “Yoast”.
Dalam pemakaian plugin seo tersebut, terdapat bahagian
yang diberi nama dengan judul oleh seo. Judul seo ini merupakan bahagian output
dalam seluruh kode sumber halaman anda yang dibungkus dan dikelola dalam bentuk
tag judul. Judul inilah yang selanjutnya akan menuntun dan mengarahkan mesin
pencari untuk memberitahu, bahwa informasi yang sedang dicari tersebut sesuai
dengan apa yang ada di dalam web/situs di halaman yang anda buat. Sebahagian
para “ahli dan pakar seo” mengatakan
bahwa judul seo ini dapat juga dikelompokkan ke dalam bahagian H1 tag heading.
Sebagai contoh konkrit blog ini, H1 nya adalah “Advokat & Pengacara Medan” yang juga disamakan dengan judul titel
seo ketika anda memakai plugin seo.
Ketika anda memilih untuk mempergunakan plugin seo,
maka tatalah dengan baik judul kepala seo tersebut agar sangat bermanfaat untuk
memberikan informasi utama kepada mesin pencari, di samping itu judul seo yang harus
anda cantumkan adalah berkategori sangat pendek, serta tidak boleh melebih panjang
dari 65 karakter. Karena apabila melebihi panjang 65 karakter, maka mesin
google secara otomatis akan memotongnya. Pertimbangan lain dalam menggunakan
judul seo ini adalah harus relevan dengan halaman yang telah anda buat,
sehingga pengunjung yang datang ke web/blog anda mendapatkan informasi yang
tepat dan benar tentang apa yang dicari atau dibutuhkannya, dimana hal tersebut
telah anda tulis dan publikasi dalam beberapa konten sebelumnya.
Terkadang banyak para pengguna plugin seo yang tidak paham
bila akan melakukan pemisahan kata yang dipergunakan sebagai kata kunci. Oleh
karena itu, agar judul seo tersebut benar-benar sesuai dengan standar seo friendly, maka bila akan
melakukan pemisahan kata, haruslah mengunakan “simbol pipa” (|). Secara
harfiah, plugin seo yang anda pakai akan menampilkan nama situs anda terlebih
dahulu, baru kemudian judul seo yang anda buat yang dipisahkan oleh simbol pipa
(|), contoh konkritnya adalah seperti: “legalmedan.xxx
| Advokat & Pengacara Medan”.
4. Deskripsi Seo
Setelah selesai anda mengatur judul seo, maka langkah
selanjutnya adalah membuat dan mengisi deskripsi seo, dimana deskripsi ini ini
adalah dikenal sebagai sebagai “Meta Tag
Description” yang sumber utamanya juga berasal dari halaman situs anda
(dalam arti kata harus saling berkaitan). Deskripsi seo ini akan dibaca oleh
search engine sebagai deskripsi halaman dalam metode hasil pencarian para
pengguna internet. Meskipun mesin pencari seperti google dapat membuat
deskripsi mereka sendiri dari konten yang ada pada halaman anda ataupun dari
sumber-sumber lain dari situs lainnya, namun pemakaian deskripsi seo ini masih
sangat penting untuk membantu mesin pencari memberikan petunjuk, pemikiran dan
atau pilihannya untuk datang ke situs anda, karena telah terdapatnya kecocokan
deskripsi yang tergambar dari halaman situs anda.
Dalam membuat suatu deskripsi seo haruslah mengutamakan
kata-kata yang relevan dengan halaman anda, karena deskripsi ini merupakan
penjelasan singkat atau roh tentang keseluruhan tema-tema atau visi/misi yang
terdapat dalam halaman situs anda. Sekalian jangan lupa untuk
mengkombinasikannya dengan judul seo sebagaimana telah diuraikan diatas, karena
hal ini merupakan sinergi terkuat yang tidak dapat dipisahkan, dimana yang
selanjutnya akan muncul dalam hasil pencarian yang memengaruhi calon pengunjung
untuk datang ke halaman situs anda. Panjang deskripsi seo yang diperbolehkan
adalah tidak boleh melebihi dari 160 karakter panjangnya. Bila masih terdapat
jumlah yang melebihi 160 karakter, maka mesin google akan secara otomatis
memotongnya.
Yang paling penting, usahakan deskripsi seo ini telah
mencakup seluruh rangkaian kata kunci yang akan anda targetkan untuk hari ini
dan hari esok, jadi pikirkanlah matang-matang dan jangan sering menggantinya
karena akan merusak reputasi web/blog anda yang telah dibangun dan terstruktur
sempurna di data mesin di halaman google.
5. Membuat Konten Beragam
Sebuah konten yang baik menurut seo, haruslah di tulis
dengan baik dan benar. Karena apa? Karena konten inilah yang menjadi ujung
tombak terhadap seluruh hasil pencarian untuk para pengguna internet. Apalagi
dengan adanya konten ini, semakin lebih mudah untuk dapat meningkatkan peringkat
situs anda kedepannya.
Kenapa konten merupakan ujung tombak sebuah situs/web?
Hal ini disebabkan, seluruh mesin pencari yang ada memanfaatkan hasil dari
adanya konten ini untuk memberikan jawaban dan relevansi setiap konten yang
tepat, ketika para pengguna internet sedang mempergunakan jasa mesin pencari
ini untuk mencari berbagai informasi yang terbaru dan teraktual. Mesin pencari
sudah menjadi sumber referensi kekinian yang sangat cerdas dalam membaca
seluruh informasi yang ada dalam konten tertentu dari situs-situs yang ada dari
seluruh belahan dunia.
Mesin pencari tidak lagi secara monoton mencari dan
melihat informasi tersebut, apakah kata kunci berada pada paragraf pertama,
alinea pertengahan ataupun bait terakhir. Karena mesin pencari yang diterapkan
sekarang ini telah didasarkan pada pemakaian algoritma terbaru yang dapat
memahami dan melihat seluruh isi konten sebagai satu kesatuan yang penuh dan
saling terkait satu dengan lainnya, dengan kata lain konten koheren harus ditulis
dengan baik, benar dan informatif agar nantinya bisa dengan mudah masuk halaman
pertama google.
Bagaimanakah
cara menulis konten yang baik itu?
Mungkin pertanyaan seperti ini sering timbul dibenak
anda para sahabat dan pengunjung setia web/blog advokat/pengacara/konsultan
hukum silaen & associates medan ini, disebabkan tidak semua orang mempunyai
kemampuan yang diatas rata-rata untuk bisa mengaplikasikan sesuatu hal yang
diketahuinya ke dalam sebuah menulis yang menarik. Namun, satu hal yang harus
kita pahami bersama, bahwa menulis sebuah konten itu adalah diperuntukan bagi
manusia yang membutuhkan beragam informasi yang menarik dan berguna. Menulis
konten secara baik dan benar menurut SEO, haruslah dimulai dari paragraf kesatu
(awal) yang berisikan inti atau tema dari tulisan yang anda buat tersebut.
Kenapa penekanannya pada paragraf pertama? Karena secara psikologis, biasanya orang
paling banyak membaca suatu tulisan adalah pada paragraf pertama yang terdapat
pada halaman pertama, sehingga bila anda akan memulai menulis konten, maka di
paragraf pertama ini harus mengandung konten utama yang paling relevan dan paling
tidak dapat meringkas seluruh isi tulisan maupun apa yang termaktub dalam
halaman situs milik anda.
Pastikan bahwasanya konten tulisan anda sangat relevan
dengan subyek halaman yang telah dibuat, dan usahakan jangan ngawur atau
ngelantur ke sana ke mari (ingat agar tetap fokus dengan inti yang akan anda
tulis). Hindari tulisan yang terlalu panjang dan berbelit-belit, karena bisa
berakibat para pengunjung yang membacanya akan cepat bosan, karena pada
prinsipnya anda tidak sedang menulis sebuah buku ataupun cerita bersambung (cerbung). Dan yang terpenting, tulisan
anda sekali lagi haruslah informatif, unik dan menarik.
Jangan lupa pula, dalam membuat tulisan konten tersebut
harus diselaraskan dengan penggunaan tag H2 untuk judul dan tag H3 untuk
sub-judul, dengan dibarengi sedikit pengaturan halaman (misalnya cetak tebal
ataupun tulisan miring dan garis bawah), hindari penggunaan daftar bullet,
sehingga tulisan anda dapat lebih mudah untuk dibaca. Jangan lupa agar tulisan
anda tersebut memuat minimal 450 kata per-tulisan, karena jumlah ini yang dianggap
paling ideal dan menarik untuk dirayapi oleh mesin pencari google.
6. Memaksimalkan Penggunaan Tag di Images
Ada pepatah yang mengatakan: “sebuah gambar dapat
bernilai beribu-ribu kata”. Hal ini berlaku pula dalam penggunaan seo yang baik
dan benar. Satu gambar yang berkualitas baik dapat membuat perbedaan yang
sangat besar pada sebuah situs web. Karena diluaran sana, banyak orang yang
suka dengan konten yang bersifat visual, baik itu berupa gambar atau foto,
desain grafis ataupun berupa video pendek. Sehingga, dengan adanya gambar ini,
sudah dapat menceritakan sedikit banyaknya (illustrasi) tentang tulisan yang anda dibuat.
Namun, ada aturan standar yang harus dilaksanakan agar
gambar tersebut tidak menyalahi aturan seo tentang gambar. Sebelum sampai ke
tahap ini, terlebih dahulu anda harus mengupload sebuah gambar yang mungkin
menarik dan dapat dijadikan sebagai ilustrasi tentang tulisan yang sedang anda
kerjakan. Nah, pada saat upload gambar, ubalah nama gambar tersebut yang dapat
mewakili dan merupakan inti sari dari tulisan anda, dengan maksud nantinya nama
yang anda cantumkan dalam file gambar tersebut dibaca dengan sempurna oleh
mesin pencari.
Dalam hal teknik mengupload gambar yang baik,
usahakanlah file gambarnya tidak melebihi 100 Kilo Bytes (kB), karena gambar
yang ukuran filenya besar akan sangat berpengaruh terhadap waktu loading
halaman yang dibutuhkan oleh web/situs anda, khususnya untuk pengunjung yang
mempergunakan perangkat mobile internet. Kemudian, jangan lupa menyertakan atau
menyisipkan gambar tersebut ke dalam tulisan anda, dengan terlebih dahulu
menanamkan kata kunci target dalam bentuk tag alt gambar kedalamnya.
7. Link Internal
Keberadaan link internal ini sangat dibutuhkan dalam
rangka membangun struktur fondasi bangunan web/blog, atau sekaligus untuk membantu
para pengunjung mendapatkan informasi lain yang berkaitan dengan tulisan yang
anda buat atau sedang dibahas. Jangan anggap remeh dengan link internal ini,
karena bisa berakibat fatal ketika seseorang mengunjungi halaman anda,
pengunjung tersebut langsung pergi dan tidak ada membaca satupun tulisan di halaman
anda. Nah, bantulah mereka agar tidak langsung pergi karena mengalami kebosanan,
yaitu dengan mengarahkan mereka untuk dengan mudah menemukan jalan ke konten tulisan
lainnya yang berharga di situs anda. Sehingga mereka dengan sigap dan cepat
dapat menangkap informasi yang anda buat tersebut.
Penggunaan link internal ini pada dasarnya adalah untuk
menghubungkan konten yang satu dengan konten yang lainnya di dalam satu situs.
Hal ini penting mengingat kebanyakan website hanya memiliki menu, bar navigasi
di bahagian atas situs yang memungkinkan pengunjung untuk menavigasinya melalui
menu yang anda sediakan dalam situs anda.
Menu yang baik haruslah terstruktur dengan baik di
situs anda dan hal ini sangat penting dilakukan, demikian juga dengan link
internal yang terdapat dalam konten anda. Suatu
menu navigasi utama harus sesuai dengan struktur situs anda, yang
penting halaman bertingkat terletak di bahagian menu dengan sub-halaman yang
akan ditampilkan ketika disorot (sebagai drop down maupun menu off dari halaman
induk). Link internal dalam konten harus membangun struktur jalur serta
terintegrasi dengan seluruh komponen yang terdapat dalam halaman situs anda,
sehingga hal ini akan memberikan petunjuk awal agar para pengunjung yang masih
kurang mendapatkan informasi mengikuti link internal yang ada dalam informasi
lanjutannya.
Link internal akan kelihatan jelas dalam bentuk font
warna yang berbeda dengan teks lainnya, sehingga pengunjung akan tahu
bahwasanya itu adalah link internal anda. Nah, disamping link internal ini,
masih ada link yang bersifat ekternal yang merujuk pada situs yang relevan
dengan konten yang anda buat, sehingga akan memberikan nilai tambah bagi building
situs anda. Link eksternal ini haruslah diarahkan ke situs yang peringkatnya
lebih baik dari situs anda, dengan maksud untuk mengangkat citra dan
popularitas situs anda dihadapan mesin pencari. Ketika anda membuat link
eksternal yang posisi peringkatnya di bawah situs anda, maka gunakanlah metode
link nofollow meta tag.
8. Desain dan Penampilan Tata Letak Situs
Bahagian tata letak atau dekorasi web/blog sangatlah
memberikan kredit point yang baik bagi kemampuan seo situs anda di halaman
pertama google. Coba perhatian situs-situs yang besar (pengunjungnya ramai),
sudah pasti desainnya sangat menarik, artistik dan nyaman pula dipandang mata.
Pokoknya sedap kalilah dipandang mata.
Hal ini penting mengingat, situs kita tidak hanya akan
dilihat dengan memakai komputer desktop atau laptop saja, tetapi juga dilihat dengan
memakai handphone canggih (smartphone mobile) dengan berbagai perangkat ukuran
layar. Bagi sebahagian pengunjung, penampilan situs jauh lebih penting,
sehingga hal yang menarik merupakan pertimbangan untuk mengunjungi sebuah
situs. Namun kalau boleh, usahakanlah situs anda itu bisa menarik tidak saja
bagi yang gemar akan desain grafis (dunia seni), namun juga bagi pengunjung
lain yang lebih mementingkan isi konten tulisan anda. Tapi setidak-tidaknya
janganlah sampai penampilan situs anda itu berkategori sebagai website/situs
jelek, teks kecil dan sangat miskin sentuhan seni grafisnya. Dengan kata lain
kita harus memakai template yang benar-benar 100 % seo mobile friendly. Karena
bila sudah menarik, responsif serta enak dipandang mata oleh para pengguna
perangkat hp gemgam mobile, maka tata letak yang anda buat sudah sangat baik
menyesuaikan diri dengan ukuran layar tiap-tiap perangkat smartphone/hp mobile.
Urusan desain dan tata letak ini tidak terlepas dari
penggunaan template apakah yang dipergunakan tersebut template yang mobile
friendly atau tidak, font bersih dan besar yang mudah dibaca terutama untuk H1,
H2 dan H3. Nah, bila situs anda memiliki desain yang baik, maka sudah dapat
dipastikan pengunjung akan betah dan mau berkunjung lagi ke situs anda dilain
hari. Disamping itu, konsep penggunaan template mobile ini adalah menjadi
peluang besar untuk menggaet pengunjung lebih banyak lagi karena lebih dari 60
% para pengguna internet adalah dengan menggunakan telepon atau handphon gemgam
yang sangat cangging (misalnya ipad, android, tablet, dan smartphone canggih
lainnya).
9. Daftarkan Url ke Webmastertools
Sebuah web/blog yang sudah beroperasi online jangan
lupa untuk mendaftarkannya ke webmastertools yang dimiliki oleh mesin pencarian
google, bing, baidu, yahoo, yandex, dan lain sebagainya. Dengan maksud dan tujuan
agar nantinya, setiap ada pembaharuan yang dilakukan atas web/blog akan segera
diketahui oleh mesin pencari, dan juga tujuan kita mendaftarkan diri ke
webmastertools adalah dalam rangka untuk memaksimalkan pemberitahuan index lanjutan
yang akan dilakukan oleh semua mesin pencari, sehingga akan tercantum/tercatat
secara cepat dan sempurna di halaman mesin pencari, serta membuka peluang masuk
dengan cepat di halaman pertama google.
Nah, itulah kira-kira bahagian seo offpage yang selama
ini telah menjadi rahasia para ahli SEO atau pakar SEO untuk bisa dengan mudah
masuk halaman pertama google tanpa adanya hambatan. Selanjutnya kita bahas
topik seo offpage.
Bahagian
Untuk Seo Offpage
Nah, bila ke-9 (kesembilan) langkah optimasi seo onpage
telah dilakukan, maka langkah berikutnya adalah dengan melakukan pekerjaan mengoptimalkan
seo offpage. Seo offpage maksudnya adalah sekumpulan teknik atau cara yang
dilakukan oleh admin web/blog dari luar web/blog.
Ada beberapa teknik atau cara yang dilakukan, misalnya
dengan mengshare beragam konten (baik tulisan, gambar ataupun video) yang telah
kita buat dan publikasikan ke website/situs lainnya, seperti ke facebook,
twitter, forum-forum sosial, ke web/blog milik teman kita, ke media-media
online lainnya dengan cara berkomentar dan meninggalkan alamat link web/blog
kita. Cara ini sangat efektif untuk mempopulerkan keberadaan web/blog yang kita
miliki, khususnya dengan adanya kegiatan share dimaksud, web/blog kita akan
mendapatkan berbagai backlink yang sangat dibutuhkan untuk membangun seo
offpage kita dimata para mesin pencari. Mengenai pembahasan tentang arti dan
pengertian, serta apa itu backlink dan manfaatkan bagi web/blog yang dimiliki
para advokat Indonesia, khususnya yang berada di Kota Medan. Silahkan membaca topik
ulasan tulisan kami yang berjudul tentang => “manfaat backlink bagi website advokat online”, semoga dapat dengan
mudah dan cepat memahami tentang backlink tersebut.
Dengan kata lain, banyak orang menyebutkan bahwa teknik
seo offpage ini adalah => sebuah teknik berburu backlink. Backlink yang kami
maksudkan disini adalah backlink yang berkualitas dan memiliki reputasi atau
page ranking tinggi dihadapan mesin pencari. Misalnya backlink dari domain
berekstension xxxxxx.edu, xxxxxx.gov, dsb. Intinya, backlink yang akan kita
cari adalah backlink yang bersifat alamiah (natural) dan lebih baik kualitas
maupun peringkatnya dari backlink yang berasal web/blog kita sendiri. Semakin
tinggi page ranking (PR)-nya, maka semakin baiklah kualitas backlink tersebut
terhadap web/blog milik kita.
Nah, dalam hal berburu backlink ini, jangan terlalu
membabi buta sehingga melakukan tindakan secara massal menyebarkan backlink
kita ke berbagai web/blog yang ada. Sebab, mesin pencari milik google nanti
akan mendeteksinya sebagai pengiriman backlink massal ke web/blog yang kita
miliki, dimana hal ini tidak baik untuk optimasi seo offpage kita dan akan
dianggap sebagai “spam” dan bisa-bisa
masuk “sanbox google”, tentu saja
bila hal ini dibiarkan terjadi maka akan memperburuk reputasi dan citra
web/blog kita dimata SERP GOOGLE.
Cukup untuk 1 (satu) hari, backlink yang kita cari berjumlah 3 (tiga) s/d 5
(lima) backlink dari web/blog yang memiliki page ranking tinggi dan
berkualitas.
Nah, setelah langkah cara seo onpage dan seo offpage diatas
sudah secara baik dan sempurna dilakukan, barulah anda bisa mulai untuk melirik
bisnis pemberi bantuan jasa seo yang profesional dan berkualitas nomor 1, serta
tentu saja dalam menawarkan jasa seo yang berkategori murah atau tidak terlalu
mahal. Peluang bisnis jasa seo profesional dan berkualitas ini, bisa anda raih
kesuksesan dengan cepat karena anda memang benar-benar memiliki keahlian khusus
untuk menulis sesuai dengan standar dan petunjuk dunia ilmu seo, bahkan anda
telah membuktikannya via web/blog milik anda sendiri, serta telah dapat
dikatakan sebagai ahli seo atau pakar seo halaman pertama google Indonesia.
Prestasi dalam hal menggeluti bisnis online di bidang tulisan
review ber-seo suatu produk ataupun perusahaan tertentu sangat terbuka lebar,
karena kemampuan seo yang anda praktekkan telah terbukti dengan sangat mudah
selalu bisa memasuki halaman satu google (PAGE
RANK #1).
Kami akhiri tulisan ini, dengan mengucapkan terima
kasih banyak karena sudah sudi datang ke web/blog advokat/pengacara/lawyer dan
konsultan hukum ini, semoga apa yang kami bahas tentang rahasia ahli SEO atau pakar SEO agar mudah masuk halaman pertama/satu/1 google ini dapat bermanfaat bagi khalayak
ramai. Satu hal yang perlu kami sampaikan bahwasanya penggunaan seo untuk
sebuah web/blog tidak dapat ditawar-tawar lagi, karena kami sendiri selaku advokat atau pengacara sudah
merasakan betapa “pentingnya seo bagi website pengacara di Medan” agar memiliki kemampuan untuk bersaing di dunia
online (maya) yang lazim menggunakan mesin pencari. Sekian dan terima kasih.
Salam Advokat atau Pengacara dan Konsultan Hukum Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....