Iklan dan/atau Banner
merupakan salah satu media yang sangat efektif dan sering dipergunakan oleh
para bisnis mania di dalam mendukung keberlangsungan hidup suatu perusahaan (going concern), baik itu perusahaan yang baru memulai
opreasinya (start up), maupun perusahaan yang telah berlangsung lama dan bermaksud
untuk menjaga reputasinya, wajib mengalokasikan dananya dalam rangka membiayai setiap pengeluaran yang
disebabkan adanya pemasangan iklan dan/atau
banner yang ditargetkan
perusahaan sebelumnya.
Tetapi tahukah anda, bahwa yang menjadi
permasalahan klasik dan sering menjadi “onak” dalam
dunia iklan dan/atau banner adalah mengenai biaya pasang yang boleh kami
katakan masih terlalu mahal (seperti yang ditetapkan oleh banyak media Televisi
(TV), Radio, media cetak (koran, majalah, tabloid, dsb)).
Tapi, syukurlah dengan
adanya kemajuan teknologi informatika di bidang internet, sedikit banyaknya
telah menjadikan stategi marketing bisnis
menjadi lebih terbuka dan semakin mudah untuk dijangkau banyak pihak, tidak
hanya dimiliki oleh media-media besar yang konvensional dan mempunyai modal
besar, namun juga telah mulai dimainkan dan dikuasai oleh media-media yang
khusus online di internet.
Dalam rangka melakukan ekspansi terhadap bisnis yang
sedang anda geluti, apakah itu bisnis barang (produk) maupun jasa, tentu harus
dicari jalan untuk menemukan pola atau strategi yang efektif dan baik, dengan
kata lain melakukan perencanaan marketing adalah hal yang mutlak dan tidak
dapat ditawar-tawar lagi untuk anda laksanakan, tentu dengan catatan bukanlah
semata-mata karena keberuntungan ataupun metode random saja, tetapi
karena telah matang dan secara detail diperhitungkan, direncanakan, serta dieksekusi
dengan baik di suatu ketika.
Tips Pasang Iklan dan/atau
Banner Agar Lebih Efektif
Ada beberapa langkah yang menjadi catatan kami, agar iklan dan/atau
banner yang akan dipasang tersebut dapat lebih efektif dan bermanfaat untuk
memajukan usaha bisnis yang sedang dijalankan. Hal tersebut adalah sebagai
berikut:
- Jangan pernah merasa puas dengan prestasi bisnis yang telah anda raih, maksudnya adalah => meskipun telah luar biasanya atau digjayanya perusahaan anda atau produk usaha anda telah terkenal, ataupun seberapa bagusnya jasa yang telah anda sediakan atau berikan, tidak akan pernah diketahui khalayak ramai, jika anda sendiri tidak pernah mempromosikannya dan/atau mengiklankannya. Ingat, bahwasanya fokus dan tujuan utama dari adanya pasang iklan dan/atau banner adalah untuk dapat semakin dikenal bisnis yang sedang digeluti, dimana hal ini didalam dunia marketing modern dikenal sebagai “brand awareness“ (kesadaran akan suatu produk atau jasa);
- Dalam rangka untuk pembentukan brand awareness sebagaimana yang telah kami kemukakan diatas, tentu saja banyak hal yang harus dipersiapkan dan dipenuhi dalam hal pasang iklan dan/atau banner, anda harus telah menetapkan target pasar komoditas dari bisnis anda, mulai dari siapa yang akan menjadi target konsumen anda, berada di segmen mana produk dan jasa yang akan anda tawarkan, logo, slogan yang sangat mudah untuk diingat oleh seluruh calon konsumen anda, dengan demikian akan dapat meminimalisir kesalahan. Ingat bahwasanya jika terjadi 1 (satu) saja kesalahan dalam menyasar target, maka iklan dan/atau banner yang anda lakukan tidak akan berjalan efektif, apalagi jika anda melakukan pemasangan iklan dan/atau banner “premium” (yang berbayar), tentu saja resultnya tidak sesuai dengan yang harapkan anda dan pasti berujung pada kerugian materi;
- Lakukan penelitian dan analisa sebanyak-banyaknya terhadap calon-calon kompetitor anda. Misalnya, anda menyediakan suatu produk jasa dari kantor bantuan hukum dari seorang advokat/pengacara (lawyer), maka sangat penting untuk mengetahui posisi anda dalam persaingan saat ini, misalnya rata-rata harga jasa yang sama, spesialis bidang hukum apa yang menjadi top brand anda. Seandainya jika produk jasa dari “kantor advokat” anda masih kategori kantor hukum baru, maka analisa juga spesialis layanan jasa bantuan hukum yang lain sebagai alternatif produk jasa bantuan hukum pengganti yang anda sediakan pada masyarakat dan calon klien anda;
- Bangun ciri khas dari produk dan jasa yang anda tawarkan. Diatas kami telah menyinggung sedikit tentang pentingnya spesialisasi yang dengan kata lain anda perlu identitas yang jelas dan konsistensi agar orang semakin mudah mengingat perbedaan antara bisnis anda dengan bisnis yang lainnya;
- Kelola akun-akun yang anda miliki pada media iklan dengan baik, misalnya dengan memberikan informasi yang lengkap, foto dan contoh produk atau jasa yang lebih berkualitas, lakukan dengan profesional, sehingga calon konsumen anda sendiri akan merasa yakin terhadap produk dan jasa yang sedang anda sediakan, dengan demikian nantinya akan meningkatkan otoritas anda sebagai penyedia barang dan jasa. Jangan sesekali melakukan bisnis dengan berprinsip ala kadarnya, kerja keras dan pengambilan keputusan untuk selalu melakukan hal-hal yang serius terhadap bisnis pasti akan menghasilkan hal yang memuaskan dan setimpal denagn apa yang telah anda lakukan, perhatikan hal sekecil apapun dan berikan yang terbaik dengan sepenuh gairah anda;
- Terkadang anda perlu mengeluarkan uang untuk mendapatkan uang. Prinsip seperti ini tidak salah untuk sesekali dilakukan, misalnya biaya yang harus anda keluarkan untuk biaya pasang iklan dan/atau pasang banner, terkadang anda memang perlu mengeluarkan biaya untuk itu, tetapi ingat bahwa biaya yang anda keluarkan tersebut haruslah merupakan biaya yang harus anda kategorikan sebagai investasi bisnis anda kedepannya, pasang iklan dan/banner merupakan strategi jangka panjang yang harus dilakukan dengan sangat hati-hati, serta harus pula mempertimbangkan banyak faktor pendukung lainnya, seperti target, isi iklan dan/atau banner, review, perbaikan image, termaksuk hal-hal yang terkait dengan biaya iklan dan/atau banner yang harus anda keluarkan kelak. Terkecuali seandainya, iklan dipasang dengan tanpa biaya atau gratis, anda tetap memperhatikan faktor-faktor diatas, dengan catatan tetap mempertimbangan segala kemungkinan baik itu untuk resiko lebih kecil agar tetap mendapatkan kesempatan bisnis menjadi lebih besar;
- Jika ada kesempatan untuk memasang iklan dan/atau banner secara gratis agar segera mengambil peluang tersebut, karena hal ini sedikit banyaknya akan sangat bermanfaat bagi bisnis anda kedepannya. Sekali lagi kami tegaskan, bahwa target utama dari adanya pasang iklan dan/atau banner adalah => agar produk dan jasa anda semakin dikenal, jadi dimanapun tempat dan apapun medianya maka manfaatkanlah seefektif dan sebaik mungkin;
Demikian sedikit
penjelasan kami tentang peluang mempromosikan bisnis yang sedang anda lakukan
dengan teknik pasang iklan dan/atau banner yang sangat berguna bagi keberlangsungan dan kemajuan bisnis anda, fokus dan
kesabaran juga merupakan salah satu kunci utama untuk meraih keberhasilan, disamping
tetap fokus pada strategi yang telah anda rencanakan secara detail dan matang.
Nah, ketika anda tidak bisa melakukan langkah eksekusi dengan cepat disebabkan
sesuatu dan lain hal, maka lakukan secara perlahan-lahan dan penuh perhitungan,
yang penting bisnis anda tidak berhenti.
Setiap pekerjaan kerja keras dan tekun anda lakukan,
suatu ketika nanti pasti akan memberikan hasil yang manis dan gemilang, khusus bagi website/blog yang menjadi media
pasang iklan dan atau banner, tentu saja akan memberikan penghasilan (uang) tambahan
(second income jasa pasang iklan banner) yang cukup menjanjikan bagi anda para lawyer pelaku bisnis online, maka tetap semangat ya fren. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima
kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....