Jasa
seo telah dimanfaatkan sebagai branding personal maupun dalam aktivitas kampanye
online pemilu/pilkada, saat ini telah menjadi kebutuhan pasca pembuatan website
atau blog personal atas nama kandidat/kontestan yang ikut dalam ajang pesta demokrasi
tersebut.
Tidak
hanya itu saja, hiruk pikuk segala aktivitas persiapan pemilu legislatif yang
akan berlangsung pada tahun 2019 juga sudah mulai terasa gejolaknya, dan khusus
untuk para calon kepala daerah (gubernur, bupati dan walikota) yang berencana
akan ikut dalam pilkada/pemilukada 2018 telah mulai melakukan “perang spanduk kampanye” para calon kepala
daerah maupun pasangan calon (paslon) pilkada dengan menyampaikan berbagai
pesan moral, mental dan juga spiritual. Inti dari spanduk yang dipasang
tersebut ingin setegas-tegasnya mengatakan, “pilihlah saya”, sangat ramai bertebaran
di sepanjang jalan.
Khusus
untuk momen ajang pemilu/pilkada sumut 2018 (pemilihan gubernur/wakil bupati
sumatera utara (pilgub sumut), pemilihan bupati/wakil bupati di Kabupaten Deli
Serdang, pilbup di Kab. Langkat, pilbup di Kab. Batubara, pemilihan bupati di
Kab Padanglawas, pilbup Kabupaten Padanglawas Utara, pemilihan bupati/wakil
bupati di Kabupaten Tapanuli Utara, pilbup di Kab Dairi dan pemilihan
walikota/walikota (pilwalkot) Padangsidimpuan) tidak terlepas dari ajang perang
spanduk maupun baliho yang dipasang disepanjang jalan maupun pepohonan.
Tentu
saja, dalam hal merintis jalan apakah untuk menjadi seorang kepala daerah
maupun calon legislatif (caleg DPR atau DPRD di tahun 2019 yang akan datang)
sudah dapat dipastikan membutuhkan dana atau uang yang jumlah bisa mencapai ratusan
juta bahkan miliaran rupiah yang harus dikeluarkan untuk membayar biaya berbagai
kegiatan kampanye (baik kampanye offline maupun kampanye online) dalam rangka mencari
dukungan massa dan juga untuk kebutuhan personal branding agar semakin dikenal
dan atau dalam rangka untuk meningkatkan elektabilitas yang bersangkutan.
Kebanyakan
dari keseluruhan dana yang dikeluarkan tersebut adalah untuk kebutuhan
pembuatan spanduk, kaos, baliho, stiker, kartu nama, kalender, poster, umbul-umbul
dan bendera partai pendukung maupun partai pengusung. Tidak hanya itu saja,
sebahagian dari dana tersebut juga disiasati membuat berbagai program “kesalehan sosial dadakan”, misalnya
mensantuni anak yatim piatu, memperbaiki jalan ataupun membangunkan fasilitas
umum (fasos dan fasum). Konsep yang mahal, meskipun output-nya belum tentu
efektif untuk mendapatkan simpati dari masyarakat apalagi mendulang suara untuk
memenangkan nama si calon/kandidat yang bersangkutan. Memang tak dapat
dipungkiri, banyak orang yang mengatakan bahwa investasi mahal dalam kampanye
ini sebenarnya telah sangat disadari oleh partai peserta pemilu dan juga caleg/paslon.
Pasca
boomingnya penggunaan internet dan juga digitalisasi informasi, tentu banyak
pengurus partai dan caleg maupun para pasangan calon (paslon) kepala daerah yang
telah melakukan analisa tentang seberapa efektif penggunaan medium internet
untuk sarana alternatif dalam kampanye politik (online campaign) dan personal branding nama si caleg/paslon kepala
daerah.
Terjadinya
pergeseran tren dunia politik yang masuk di wilayah online ini, sedikit
banyaknya meneruskan tren model marketing dan branding nama perusahaan di
Indonesia (corporate blogging) yang
telah terlebih dahulu memilih menuju jalur online, seperti perusahaan yang
bergerak di bidang perminyakan dan gas bumi, serta perusahaan telekomunikasi.
Indonesia
yang jumlah pengguna internet mendekati angka 140 juta, tentu mempunyai prospek
yang lebih dari cukup untuk digunakan sebagai sarana efektif, dan mungkin
paling efisien, dalam mensukseskan kegiatan mencari dukungan massa dan
peningkatan personal branding nama caleg/paslon kepala daerah yang akan ikut
bertarung dari pemilu/pilkada.
Adanya
penggunaan online personal branding, sebenarnya bukan merupakan strategi baru
di dunia teknologi informasi. Para penggiat dan pemerhati dunia internet dan
teknologi informasi sebenarnya telah melakukan online personal branding, bahkan
banyak yang mencari nafkah hidup dari hasil kegiatan itu, misalnya membuka jasa seo. Walaupun
ada sebahagian lagi yang kadang-kadang tidak sadar telah melakukan kegiatan
personal branding tersebut.
Fakta
menunjukkan, akhir-akhir ini banyak para programmer open source melakukan personal
branding, ketika mereka mengembangkan atau memodifikasi suatu software dan
mereleasenya dengan bebas (free) ke publik. Para system administrator, system
analyst dan security expert, semakin meningkat personal branding-nya ketika
mereka telah berhasil membuat beberapa tulisan menarik dan unik di blog mereka
tentang tren terbaru di bidangnya masing-masing. Personal branding semakin
cepat terbentuk karena fenomena booming-nya penggunaan layanan social
networking (medsos) bagi pengguna internet.
Kembali ke masalah layanan jasa seo online personal branding yang khusus untuk para pasangan calon kepala daerah dan ataupun caleg partai politik, bahwa langkah awal yang harus dilakukan untuk memulai membangun personal branding adalah melalui berbagai sarana online, seperti:
A. KEGIATAN BLOGGING
Implementasi
adanya kegiatan blogging ini haruslah memiliki situs blog dengan nama domain
pribadi dan harus pula isi dengan berbagai tulisan-tulisan, misalnya tentang
pandangan politik pribadi, termasuk apa yang sebenarnya yang ingin diperjuangkan
sehingga memasuki jalur mengikuti pemilihan kepala daerah atau pemilu legislatif
tersebut. Jangan pernah hanya menggunakan waktu luang untuk menulis di blog, akan
tetapi luangkan waktu khusus dalam satu hari untuk mengisi kegiatan menulis di
blog tersebut.
Blogging
alias ngeblog atau ngeweb adalah salah satu cara efektif dalam kegiatan marketing
di dunia maya. Ingat, bahwa suara individu lebih dipercaya daripada suara
institusi atau perusahaan. Tentu saja kegiatan blogging melalui kepemilikan
situs blog harus ada dukungan teknis dari tenaga ahli spesialis website,
misalnya untuk menentukan penggunaan Content Managemen System (CMS) blog apakah
menggunakan CMS wordpress, CMS Blogger, CMS Joomla, CMS Mywapblog, dan lain
sebagainya.
Adanya
pemilihan CMS, secara langsung akan mempermudah proses kinerja Search Engine
Optimization (SEO) khususnya penggunaan jenis seo onpage lewat berbagai penggunaan
plugin-nya. Perlu dicatat bahwa jangan sekali-sekali melakukan copy paste
(copas) konten artikel dari tempat lain karena itu justru akan menghancurkan
branding personal yang sedang dibangun. Namun, disamping adanya plugin seo
jenis seo onpage tersebut, tentu saja harus didukung adanya penggunaan seo
offpage yang akan semakin mempercepat kinerja membranding yang sedang
dilakukan. Bila tetap tidak memiliki kemampuan di bidang seo ini, langkah bijak
untuk segera mencari ahli seo/pakar seo dan atau memilih untuk menggunakan
layanan jasa seo branding personal dan kampanye online pemilu/pilkada. Usahakan
agar benar-benar mencari jasa seo yang spesialis di bidang branding personal
atau jasa seo spesialis pemilu/pilkada
untuk hal tersebut, atau bisa juga memakai jasa review medan. Tapi hati-hati, jangan
sampai menggunakan jasa seo atau jasa review abal-abal karena nantinya akan merugikan anda.
B. KEGIATAN SOCIAL
NETWORKING
Penggunaan
medium friendster dan facebook adalah duo social networking yang sangat besar
penggunanya dan sangat cepat pula dalam kegiatan pengumpulan massa. Indonesia sendiri
tercatat sebagai salah satu negara pengguna terbesar di dunia untuk friendster
dan termasuk papan atas untuk facebook.
Memang
bebeberapa tahun belakangan ini, kecenderungan para pengguna internet di
Indonesia telah mulai meninggalkan “mailing
list” untuk sarana ajang diskusi, menyebar undangan, sharing aktifitas dan
mengumpulkan orang. Pergeseran ini terjadi dikarenakan semua hal bisa dilakukan
dengan berbagai aplikasi yang ada disediakan pada layanan social networking
tersebut. Perlu menjadi catatan, bahwa melakukan “hard-marketing” ataupun spamming di layanan social networking dan
juga aktifitas blogging adalah berbahaya dan sangat diharamkan dalam
pembentukan branding yang sedang dilakukan. Jadi, penggunaan jalur “soft-marketing” dengan aktif berdiskusi
dan menulis dengan logis maupun ilmiah adalah tindakan terbaik dalam personal
branding diajang kepemiluan.
Kegiatan
personal branding dengan menggunakan facebook bisa memanfaatkan fasilitas yang
tersedia, misalnya fans pages atau groups. Menambahkan friends (teman) memiliki
batasan, yakni hanya 5000 orang saja, jadi alihkan strategi add friends ke fans
pages yang tidak memiliki batasan jumlah penggemar. Nah, apabila masih memungkinkan
gunakan juga social networking yang berbasis audio, video dan gambar seperti di
YouTube dan Flicker. Penggunaan YouTube dan Flicker dalam hal membranding
personal sudah banyak dilakukan oleh politikus-politikus besar di dunia,
misalnya Mr. Barrack Obama yang sukses melakukan online campaign dengan
memanfaatkan YouTube.
Satu
hal yang harus tetap diingat dan dipahami, bahwa aktivitas branding personal
dan kampanye online kepemiluan ini tidak dapat dilakukan dengan cara-cara instan
nan super cepat. Jadi bila ada jasa seo personal branding atau jasa seo
kampanye online yang mengatakan dapat melakukannya dalam kurun waktu cepat
adalah bohong dan patut dicurigai. Mengapa? Karena semua perlu waktu dan proses
sehingga apa yang kita lakukan, baik perkataan/pendapat maupun karya-karya kita
butuh proses waktu agar bisa diakui dan dipercaya oleh masyarakat. Saya sendiri
sebagai lawyer medan yang juga giat menggunakan internet sebagai sarana untuk branding
jasa pengacara, memerlukan waktu bertahun-tahun untuk membuat pengguna internet
mau melirik dan membaca tulisan-tulisan yang saya publikasikan pada blog advokat-silaen-associates.blogspot.co.id.
Kemudian saya juga masih memerlukan waktu beberapa tahun lagi setelah itu agar bisa
membuat personal branding kepengacaraan saya terbentuk dengan baik. Sehingga
saya dipercaya klien untuk bisa menjadi pengacara / advokat / konsultan hukum
pada berbagai kasus/perkara yang sedang dialaminya.
Demikian
tulisan kami yang membahas tentang jasa seo branding personal calog atau paslon
maupun jasa seo kampanye online pemilu/pilkada, semoga ada manfaatnya. Atas perhatian
dan kunjungannya ke blog jasa kantor hukum advokat & pengacara medan ini,
diucapkan terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....