Sunday, 31 July 2016

Tips Bisnis Usaha Kecil Kuasai Pasar Ritel Modern

Adanya keinginan kuasai pasar ritel modern, seorang pebisnis harus memiliki tips, trik atau teknik pemasaran yang jitu agar bisnis yang sedang dijalankannya tidak hanya beredar di pasar-pasar tradisional saja, terlebih-lebih bagi para pebisnis yang memiliki modal kecil harus terus mencari cara dan berinovasi agar produk/barang yang dihasilkannya bisa semakin dikenal  konsumen dan dapat masuk merambah ke pasar-pasar ritel modern Indonesia.

Tips dan Cara Bisnis Usaha Modal Kecil Mampu Bersaing di Pasar Ritel Modern Indonesia
Kenapa penulis menitikberatkan pembahasan pada bisnis usaha yang bermodal kecil? Hal ini disebabkan, akhir-akhir ini banyak para ahli dan pakar bisnis dan ekonomi melihat bahwasanya peran serta bisnis usaha modal kecil dalam menggerakkan laju roda perekonomian pasar global sudah tidak dipandang sebelah mata oleh para pebisnis menengah ke atas yang memiliki modal besar. Sebagai contoh konkrit yang dapat dilihat bahwa sudah banyak produk/barang dari jenis usaha kecil yang sudah mampu memasuki dan atau menguasai pasar ritel modern di Indonesia. Dimana produk-produk yang dihasilkan juga tidak kalah bersaing dipasaran, bagi dari segi kualitas, kuantitas, cita rasa maupun harganya. Inilah yang menjadi salah satu hal yang menjadi “stimulus positif”, sehingga akhir-akhir ini banyak kaum muda yang terjun untuk menggeluti dunia bisnis, meskipun modal usaha (dana) yang dimilikinya sangat kecil (minim).

Anda mungkin bertanya, berapa sih besaran modal uang yang dibutuhkan untuk membangun dan atau memulai bisnis usaha modal kecil ini? Secara teori, memang tidak ada patokan berapa kisaran atau taksasi anggaran yang dibutuhkan, namun kita harus terlebih dahulu mereview beberapa faktor yang dibutuhkan dan berkaitan dengan usaha yang akan dibuat tersebut, kemudian berapa orang tenaga kerja yang dibutuhkan untuk menggerakan usaha tersebut, lalu alat-alat kerja yang dibutuhkan, lokasi/tempat, dan lain sebagainya. Misalnya untuk menjadi seorang “sub-agen penjual tiket online untuk pesawat terbang” atau “agen penjualan properti" baik yang dilakukan online/daring maupun offline/during, dan lain sebagainya. Kami rasa dengan modal 2-5 juta rupiah sudah bisa untuk memulai usaha, sebagaimana kami contohkan diatas.

Nah, kisaran besarnya modal Rp 2-5 juta dapat juga dipergunakan untuk memulai usaha sebagai sebagai agen penjualan pulsa elektronik, atau juga anda bisa memilih untuk menjadi agen penjualan satu buah produk bubuk kopi tradisional yang akan didistribusikan ke pasar ritel modern yang ada disekitar tempat anda tinggal. Atau mungkin ada bisnis usaha modal kecil lainnya yang tidak terlalu banyak membutuhkan modal dan tenaga kerjanyapun cukup dilakukan oleh 1, 2 dan 3 orang pekerja saja.

Diatas, kami ada menyinggung dan mencontohkan sedikit tentang bisnis usaha modal kecil, yaitu dengan menjadi agen penjualan produk bubuk kopi tradisional ke pasar ritel modern. Alasan kami memilih jenis usaha ini untuk dibahas lebih lanjut disebabkan ada tantangan atau keunikan tersendiri didalamnya, dimana usaha bisnis ini mampu menggabungkan teknik berniaga ala pasar ritel tradisional dan ala pasar ritel modern.

Ada penggunaan 2 (dua) buah teknik diatas, maka mau tidak mau para pelaku bisnis harus terlebih dahulu mempelajarinya sebelum memulai bisnis ini, misalnya dengan terlebih dahulu melihat dan memastikan ketersediaan produk dan sekaligus melihat atau menganalisis kondisi pasar. Nah dikesempatan yang baik ini, kami akan menjelaskan sedikit tentang bagaimana cara, tips atau trik untuk memulai bisnis usaha modal kecil dengan melihat kondisi real pasar terlebih dahulu. Karena bagi pebisnis bahwa tantang setiap usaha adalah bagaimana cara memasarkan produk/barang yang dihasilkannya. Jadi, hal pertama yang harus dilihat adalah pasar dan selanjutnya kuasai. Dengan sudah mengetahui kondisi pasar, maka selanjutnya akan lebih mudah menguasainya. Bukan sebaliknya seperti yang kebanyakan dilakukan oleh para pebisnis usaha kecil saat ini yang hanya fokus pada produk/barang semata, sehingga akhirnya kesulitan dalam hal melakukan pemasaran.

Khusus untuk memasarkan atau memasukan produk/barang jenis kopi bubuk ke pasar ritel modern, maka terlebih dahulu harus dikuasai dan pahami tentang sistem penjualannya. Misalnya dengan mempelajari bagaimana menyusun Purchase Order (PO), hingga bagaimana cara penagihan yang akan dilakukan pada sebuah pasar ritel. Setelah itu, baru bisa memulai untuk mengirimkan produk/barang kopi yang akan dipasarkan. Tapi yang perlu diingat, bahwa tiap pasar ritel yang ada adalah berbeda-beda sistem yang dipergunakan, sehingga hal itulah yang harus terlebih dahulu dipelajari dengan baik. Bila sudah paham, maka dengan begitu banyak kemudahan yang akan didapat, begitu juga dengan keuntungan besar dengan cepat bisa diperoleh.

Khusus kaitannya dengan internal dari unit usaha, maka harus pula diusahakan untuk mempelajari Prosedur Operasional Standar (POS), misalnya dengan belajar dari seseorang para pelaku usaha kecil dan menengah yang telah berhasil, atau juga bisa dengan belajar melalui tutorial yang diberikan dan ditulis oleh para pebisnis yang mempublikasikan artikel yang membahas tentang prosedur operational standar (pos) di website atau situs yang ada di media online/daring. Semuanya itu adalah dalam rangka untuk memajukan dan mengembangkan unit usaha yang sedang di bangun atau di rintis.

Bila setelah dilakukan analisa secara komprehensif, dan diperoleh hasil bahwa semuanya sudah mantap dan atau ok, jangan lupa untuk menciptakan sendiri nama brand produk bubuk kopi yang akan dipasarkan pada pasar ritel modern. Trade made ini sangat penting untuk menciptakan brand usaha anda sendiri, misalnya memilih nama “silaen coffee” pada kemasan produk/barang bubuk kopi, atau juga bisa memilih nama lain.

Nah, disamping itu bila telah tercipta merek kopi tersebut, maka sedikit banyaknya orang mengingat, mengetahui dan dengan cepat mengenal produk bubuk kopi yang berasal dari nama unit usaha kecil anda. Bila sudah mulai berkembang, maka sudah bisa memikirkan atau merencakan untuk menggunakan dan atau menempatkan satu atau beberapa orang yang bekerja sebagai sales promotion girl (SPG) di pasar ritel modern tersebut, dengan maksud dan tujuan agar dapat menjelaskan dengan baik hal-hal yang berhubungan dengan cita rasa dari merek produk kopi milik anda. Nah, bila semakin terus berkembang, anda bisa memikirkan untuk membangun pabrik kopi kecil-kecilan untuk menjamin ketersediaan produk dan membuat sebuah website/situs sebagai blog untuk tempat promosi ataupun memberikan informasi telengkap tentang produk-produk usaha anda, khususnya produk kopi yang terbaru.

Satu hal yang terpenting, agar tidak lupa untuk selalu mengkedepankan teori dan juga cara-cara pendekatan kekeluargaan kepada semua orang yang berhubungan dengan usaha kecil anda, baik dengan para pekerja, rekan-rekan bisnis atau kolega, dan juga terhadap orang-orang yang ada disekitar tempat/lokasi melakukan aktifitas kantor usaha kecil anda untuk menciptakan animo yang positif sekaligus sebagai ajang promosi terhadap merek dagang usaha kopi anda.

Khusus dalam hal promosi dan kampanye usaha anda, tidak ada salahnya untuk memikirkan atau melakukan pembuatan iklan, misalnya dengan menyebarkan brosur dan selebaran, spanduk, plafet, baliho atau bisa juga dengan menyewa “jasa pasang iklan online” via web/situs yang ramai pengunjungnya untuk memperkenalkan dan atau meningkatkan popularitas merek dagang kopi milik anda kedepan. Tapi usahakan, budget pengeluarannya haruslah sesuai dengan kemampuan keuangan usaha anda, misalnya dengan memilih jasa pasang iklan murah tapi berkualitas. Nah, bila terus berkembang anda bisa selanjutnya untuk memikirkan membuat satu buah website/situs sebagaimana telah disinggung diatas, dimana web/situs ini tidak hanya sebagai media penyebaran informasi melainkan juga dapat dijadikan sebagai “toko online” tempat anda untuk memperkenalkan produk dan atau menjual produk secara online, sehingga menjadi sebuah perusahaan e-bisnis yang profesional dan mandiri dengan mematuhi seluruh ketentuan yang menjadi aspek hukum bisnis aspek hukum bisnis e-commerce di Indonesia secara baik dan benar hingga tidak terjadi pelanggaran hukum. Namun, agar e-bisnis anda dalam bentuk toko online tersebut memiliki daya saing prima pada halaman pertama google,  maka jangan lupa untuk melakukan langkah-langkah untuk mengoptimasi seo web/situs e-bisnis tersebut. Bila anda tidak mempunyai waktu dan juga kemampuan untuk melakukan pekerjaan optimasi seo dimaksud, maka anda dapat mempergunakan tenaga ahli dan/atau pakar seo yang khusus melakukan dan atau membuka layanan khusus sebagai jasa seo dalam optimasi e-bisnis online profesional dan mahir. Dengan demikian web/situs e-bisnis anda dan atau juga jenis produk/barang dagangan yang sedang anda pasarkan dapat dengan mudah terlihat dan agar website dapat dengan mudah masuk halaman pertama google yang akhirnya nanti dalam lebih meningkatkan popularitas brand produk/barang dagangan anda.

Semoga artikel kami kali ini yang berjudul tentang tips dalam melakukan usaha kecil tradisional yang mampu menguasai pangsa pasar ritel modern di Indonesia, dapat bermanfaat bagi anda yang sudah menetapkan hati untuk memilih menjadi pebisnis. Jangan lupa pula untuk membaca artikel kami yang berjudul tips memulai bisnis online agar lebih memahami bagaimana cara berbisnis online yang lebih profesional lagi. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih. Salam Advokat-Pengacara-Konsultan Hukum Indonesia. (Silaen)

No comments:

Post a Comment