Sunday, 3 July 2016

Tip, Kiat Dan Cara Memulai Bisnis Online

Tips, kiat dan cara untuk memulai bisnis online sebagai salah satu alternatif ketika gaji pokok sebagai pekerja tetap maupun melakoni pekerjaan paruh waktu sudah tidak cukup lagi. Keinginan mencari uang tambahan dengan memilih bisnis online sudah mantap, tentu saja mau tidak mau sebagai seorang pemula yang akan menekuni bisnis online harus belajar atau tidak-tidaknya mencari tahu apa itu bisnis online dan bagaimana cara, tip dan kiat memulai pekerjaan bisnis online, serta bagaimana cara pengelolaannya secara baik dan benar.

Tips, Cara, Kiat dan Metode Pengacara Medan Memulai dan Membangun Bisnis Online di Indonesia

Secara prinsipil, bisnis online adalah segala bisnis yang dilakukan atau dijalankan dengan menggunakan media internet. Jadi, arti dan pengertian itu dapat diasumsikan sebagai bisnis yang sangat luas yang pada pokoknya salurannya adalah menggunakan internet.

Memang, akhir-akhir ini bisnis online telah menjadi salah satu tren yang dipilih pebisnis, khususnya usaha kecil menengah koperasi (UKMK) untuk memasarkan berbagai produk hasil kerajinan rumahan (home industri) ke masyarakat, sehingga semakin banyak orang mengetahui dan membeli dan atau memesan produk barang mereka. Tidak hanya beragam barang saja yang dipasarkan melalui media internet, melainkan juga berbagai layanan jasa juga merupakan bahagian yang terpenting dari bisnis online dimaksud.

Apa sih daya tarik dan juga peluang yang ada dari kegiatan berbisnis online ini? Namanya online, berarti secara harfiah hal ini sangat berkaitan dengan dunia internet. Dimana, tren penggunaan internet yang tinggi dalam memunculkan dunia virtual, ternyata sangat efektif digunakan sebagai media, sarana dan prasarana membangun dan menciptakan berbagai bisnis offline menjadi cepat dan tepat untuk memperkenalkan atau mempromosikan berbagai produk barang dan jasa yang dihasilkan seseorang sehingga bisa lebih terkenal dari sebelumnya. Karena hakekat ini pulalah, maka bisnis virtual ini telah dapat dijadikan sebagai salah satu sumber penghasilan yang utama bagi seseorang.

Nah, karena bisnis online tidak bisa terlepas hubungannya dengan bisnis offline (toko sepatu, toko baju, toko sandal, toko mainan, toko elektronik, toko makanan, usaha jasa pembuatan iklan dan banner, jasa pembuatan website/blog, blog jasa pengacara online, jasa penjualan tiket online, atau usaha-usaha apapun itu yang kemudian dibuka melalui sebuah website/blog di intenet. Hal inilah selanjutnya kita sebuah sebagai toko online atau jasa online yang merupakan bahagian dari bisnis online.

Langkah-Langkah Memulai atau Menjalankan Bisnis Online

1. Mengambil Keputusan Apa Yang Akan Dijual
Sebagaimana telah diuraikan diatas, bisnis online yang akan dijual bisa dalam bentuk berbagai produk barang dan jasa, tentu saja sebelumnya harus terlebih dahulu mahir menguasai penjualan via internet. Karena prinsipnya adalah berniaga atau berjualan, maka fokus terhadap produk tertentu adalah sesuatu hal yang sangat penting.

Dalam rangka sebelum memutuskan produk mana yang akan dijual melalui internet, tidak ada salahnya terlebih dahulu fokus untuk:
  • Mencari tahu akan produk atau jasa apa yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas. Hal ini bisa dilakukan dengan mensurvey atau cari tahu dari orang-orang yang ada disekitar lingkungan tempat tinggal kita;
  • Agar fokus dalam hal solusi atau pemecahan masalah atas kebutuhan orang banyak. Dengan kata lain, kita harus mencari konsep atau strategi bagaimana caranya menjadikan diri kita sebagai pemberi solusi terbaik dari berbagai permasalahan yang sedang dialami orang banyak;
  • Terbuka dalam hal tukar menukar manfaat yang bisa anda berikan, sehingga kegiatan tukar menukar manfaat ini akan dimaknai sebagai salah satu bentuk transaksi yang saling menguntungkan satu dengan lainnya;
Mengambil satu kesimpulan dari langkah-langkah yang dilakukan diatas, haruslah super hati-hati dan penuh dengan pertimbangan. Kebanyakan orang salah langkah dalam melakukan aplikasi dan juga implementasi pada tahapan ini, dimana banyak pebisnis online pemula yang terlalu fokus pada produknya terlebih dahulu, bukan pada hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan yang diinginkan masyarakat banyak, sehingga produk yang dijual online tidak laku (diminati) dan bisnis online tersebut harus tumbang dan gulung tikar sebelum terjadi transaksi atas penjualan pertama.

Oleh karena itu, kami sangat menyarankan agar terlebih dahulu dilakukan riset produk barang atau jasa secara detail, baik dan benar dengan begitu akan diperoleh suatu kesimpulan produk-produk apa saja yang laris manis dipasaran online dan memiliki perputaran yang cepat, dengan kata lain produk yang akan dilemparkan banyak orang yang membutuhkannya dan benar-benar real ada pangsa pasaranya.

Sangat tidak enak rasanya, ketika produk yang kita pasarkan tersebut konsumen yang membutuhkannya sangat sedikit dan pangsa pasarnyapun sangat sempit. Bila kondisi ini terus terjadi, maka sudah dapat dipastikan kita akan mudah frustasi dan menyerah melihat realitas bahwa produk dagangan kita tidak kunjung laku atau dibeli konsumen. Tapi sebaliknya, ketika kegiatan jualan online kita akan semakin menantang dan menggairahkan bila tiba-tiba telepon (hp) berdering dan juga inbox email kita penuh dengan berbagai ragam pesanan atau keingintahuan seseorang atas produk bisnis online yang kita jual.

Produk yang dijualpun bisa dalam berbagai ragam dan bentuk yang bisa dijual secara fisik, bentuk jasa ataupun dalam suatu bentuk media digital, dimana contohnya bisa sebagai berikut:
  • Contoh dalam bentuk barang fisik => bisa berupa obat-obatan kesehatan herbal, sabun atau kosmetik herbal, jam tangan, handphone atau smartphone, makanan atau kue-kue, mobil, sepeda, motor, pernak-pernik aksesoris, komputer atau laptop, kulkas, kipas angin, televisi, rumah dan bangunan, printer, modem 3G dan 4G, dispenser, keramik, dan atau barang-barang apa saja yang bisa anda tangkap untuk dipasarkan;
  • Contoh barang dalam bentuk digital => bisa berupa penjualan buku e-book, software program-program untuk kompeter, kursus-kursus online, produk-produk dari berbagai informasi terbaru, disain-disain gambar grafis yang menarik, dan berbagai bentuk digital lainnya;
  • Contoh produk dalam bentuk layanan jasa => bisa berupa menyediakan layanan pembuatan website pribadi, perusahaan dan atau toko online, jasa marketing online, jasa ahli seo, jasa konsultan sem, jasa tiket online, jasa rental mobil, jasa tour and travel, agen perjalanan umroh dan naik haji, jasa kantor advokat atau pengacara dan atau law office lawyer, jasa penulisan konten seo atau review untuk sem, konsultan ketenagakerjaan, dan berbagai macam layanan jasa lainnya;

Nah, contoh produk yang akan disajikan tersebut tidak perlu terlalu detail (hanya sebagai sample saja), yang penting harus dipertimbangkan adalah dalam hal yang mempunyai gambaran besar mengenai dengan segala sesuatu rencana besar anda kedepannya dan wajib memahami teknik atau pola pemasaran online step by step.


Nah, langkah-langkah yang menjadi cara, tip atau kiat di point pertama inilah yang sangat sulit atau berat untuk dilakukan. Mengapa? Hal ini mengingat akan adanya kemampuan untuk menganalisa segala hal yang berhubungan dengan pengembangan bisnis online yang akan dilakukan, baik tentang bagaimana caranya menyusun konsep usaha, mencari ide-ide yang cemerlang dan brilian, mencari agen atau supplier, dan juga belajar untuk mengetahui atau belajar tentang ilmu bisnis online.

Tentu pada fase langkah pertama ini, setiap orang tidak menginginkan terjadinya hambatan-hambatan yang berarti. Nah, ketika kita tidak menemukan kesempurnaan setelah melakukan berbagai cara pada fase ini, kemungkinan besar akan mangkrak dan usaha bisnis online tidak akan menghasilkan apa-apa dan berjalan ditempat. Sekali lagi, mengingat banyaknya usaha bisnis yang mangkrak, pada fase ini agar tidak dilakukan sedetail mungkin mulai dari A s/d Z yang terpenting anda fokus pada produk unggulan saja dengan rela untuk menginvestasikan pikiran, tenaga, waktu dan juga uang uang untuk belajar memulai bisnis online.

Kalau anda takut akan mengalami kerugian, tidak ada salahnya memulainya dengan menjual produk milik orang lain, misalnya bisa dengan menggunakan konsep dropship, agen reseller, menjalin kerjasama dan kemitraan dengan berbagai produsen atau pabrikan, atau bisa juga dengan berafiliasi produk suatu vendor dengan mengikuti program “affiliate marketing” yang ditawarkan. Misalnya, menjadi agen asuransi, agen perumahan atau properti, agen ticketing travel, jual baju atau produk fashion dengan konsep konsinyasi, jual produk buku e-book hasil karya orang lain, jual aplikasi berbagai software dari berbagai vendor, dan banyak program-program kerjasama lainnya. Dengan kata lain, hal-hal yang anda lakukan tidak dibebani dengan biaya produksi yang tinggi atau besar atau kemungkinan kerugian yang timbul bisa diminimalisir.

2. Membuat Media Lapak Online
Adanya media lapak online ini adalah sebagai tempat kita untuk melakukan segala kegiatan yang berhubungan dengan berjualan/berniaga secara online ataupun sebagai sarana untuk berpromosi di intenet.

Sebagai langkah awal dan tidak membutuhkan banyak biaya, cara, tip atau kiat bagi anda dapat memulainya dengan membuat berbagai akun-akun pada situs jejaring sosial media (misalnya twitter, facebook, Line, BBM, dsb), aplikasi berbagai sosial chat, dan bisa juga pada situs marketplace yang ada (misalnya Tokopedia, Bukalapak, dan OLX. Mengapa pentingnya akun-akun tersebut? Hal ini disebabkan gratis dan bisa langsung dimanfaatkan sebagai tempat ajang promosi dan jualan, tanpa harus membuat sistem websitenya, tampilan atau desain, dan lain sebagainya.

Dari sekian banyak situs jejaring sosial media yang ada, maka pilihlah channel yang bisa anda kuasai dengan baik dan membuat nyaman. Namun tidak tertutup kemungkinan untuk menguasai semuanya. Tapi minimal facebook, instagram dan BBM wajib untuk anda pergunakan.

Nah, ketika anda telah serius untuk membangun bisnis online, maka tidak ada salahnya agar memikirkan untuk membuat sebuah website lapak online anda sendiri. Kedepannya website ini akan kita jadikan sebagai lapak online dan atau workshop resmi niaga online kita didunia maya. Dan enaknya lagi, ketika telah memiliki sebuah website lapak online bisa dijadikan sebagai pusat tempat berbagai rujukan untuk menyebarkan berbagai event promosi online lewat sosial media, marketplace, berbagai forum atau situs jualan online lainnya. Jadi pada saat anda pasang atau membuat status baru pada sosial media, marketplace, forum, dsb, sedikit lebih bonafit karena merujuk atau membagian link yang menuju website lapak online milik kita sendiri. Terkadang adanya website toko online juga dijadikan sebagai salah satu parameter untuk membuktikan atau menunjukkan apakah seseorang itu serius atau tidak dalam menjalani bisnis online yang sedang dijalaninya. Dengan adanya website ini, biasanya orang lain akan menjadi lebih mantap dan percaya untuk melakukan berbagai transaksi di bisnis online.

Dalam hal pembuatan website, tentu saja anda harus melakukan berbagai proses yang berhubungan dengan hal-hal yang bersifat teknis, seperti belajar menginstal berbagai aplikasi kedalam website, dan sedikit banyaknya harus belajar tentang bahasa pemograman untuk web. Namun, anda tidak perlu ragu ataupun takut karena pada prinsipnya website yang akan dibuat adalah jenis website yang praktis dan ekonomis, sehingga sangat jauh dari yang namanya ribet karena para pemilik sistem dan juga hosting telah menyediakan banyak fitur yang bisa langsung dipergunakan (istilah ini dikenal baik dengan nama “plug and play”). Cari, temukan, instal dan langsung pakai. Sangat mudah dan gampangkan, meskipun sebenarnya disinilah letak tantangannya dalam melakukan bisnis online.

Bila keputusan membuat website telah final, maka langkah selanjutnya adalah memikirkan nama domain dan hosting yang cocok untuk dipakai, serta dapat mengimplementasikan jati diri bisnis online anda secara lebih detail di dunia maya.

Sebelum melanjutkan pembahasan ini, kami akan menjelaskan apa arti dan pengertian hosting dan domain itu. Domain adalah => “nama alamat atau url website anda”. Sedangkan arti dan pengertian hosting adalah => “tempat untuk meletakkan atau menaruh nama domain anda dan segala file-file pembentuk website”. Ibarat sebuah bangunan toko, maka domain adalah nama dan atau alamat toko anda, jadi usahakan ketika anda akan memutuskan untuk membuat nama domain, maka pertimbangkanlah nama toko online anda dengan menggunakan nama anda, atau sesuai dengan topik website anda, serta bisa juga disesuaikan dengan jenis usaha yang sedang dilakoni. Sedangkan hosting kalau dianalogikan adalah sebagai tanah tempat berdirinya bangunan toko, sehingga logikanya dengan semakin besar kapasitas hosting yang dipergunakan, maka akan semakin luas pula ukuran tanah tempat berdirinya bangunan toko online anda.

Jadi harus tetap kita ingat, bahwasanya antara domain dan hosting adalah merupakan satu kesatuan yang utuh untuk membangun sebuah bangunan website yang kokoh. Tentang bagaimana metode website yang hendak dibuat, maka sepenuhnya terserah anda, apakah metode nantinya akan menggunakan website berbayar atau website yang gratisan.

Website berbayar => sebuah website yang dibuat dengan menggunakan domain dan juga hosting sendiri. Artinya, anda harus mencari nama domain dan alamat website mandiri dan kemudian menyewa hosting mandiri untuk digabungkan dengan nama domain tersebut. Penggunaan domain dan hosting berbayar ini akan menunjukkan usaha online yang ditekuni akan lebih profesional dan bonafit dimata para konsumen dan lebih memberikan kepercayaan yang lebih besar lagi dari para konsumen. Mengenai cara, tip atau kiat tentang nama domainnya, silahkan pilih sendiri dan kalau bisa jangan terlalu panjang agar dengan mudah diingat, serta menggunakan top level domain (domain tld).

Untuk tahap awal berhubung website toko online tidak begitu sibuk, maka kita sebenarnya tidak terlalu memerlukan ruang atau kapasitas hosting yang terlalu besar. Anda bisa menyiapkan anggaran sebesar Rp 250 ribu sampai dengan 350 ribu (dengan perincian Rp 150 ribu s/d Rp 250 ribu untuk sewa hosting dan Rp 100 ribu untuk sewa nama domain). Satu hal yang perlu anda ingat bahwasanya waktu penyewaan domain dan hosting adalah untuk jangka waktu 1 (satu) tahun, sehingga tahun berikutnya jangan lupa untuk memperpanjangnya.

Website gratisan => disaat anda ingin memulai bisnis online, namun belum memiliki anggaran yang cukup untuk menyewa domain dan hosting, maka anda dapat memulainya dengan membuat sebuah website gratisan yang disediakan oleh blogspot, wordpress, typepad, posterous, tumblr, dan banyak lagi. Namun dari berbagai website gratisan tersebut, yang terkenal adalah blogspot dan wordpress disebabkan kedua penyedia layanan website gratisan ini sudah sangat terkenal atau populer dan cenderung banyak dipergunakan oleh para pengguna internet diseluruh dunia, serta lebih mudah dan sangat familiar terindex oleh mesin pencari seperti google, bing dan yahoo. Penamaannya kira-kira begitu, untuk blogspot misalnya menjadi lawyermedan.blogspot.com, untuk wordpress misalnya menjadi lawyersumut.wordpress.com.

Adanya penggunaan website gratis yang embel-embel domain blogspot.com dan atau wordpress.com seperti kami contohkan diatas, secara implisit kurang begitu profesional, namun bukan berarti tidak penting untuk dibuat karena masih cukup lumayan untuk dilakukan pada tahap-tahap awal melakukan bisnis online dan juga sebagai media untuk belajar mengoperasikan toko online secara baik dan benar. Nanti, ketika bisnis online sudah mulai berkembang dan maju, serta telah dapat memberikan pemasukan maka tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan melakukan upgrade dengan menggunakan domain dan hosting berbayar.

Pada prinsipnya, cara, tip atau kiat membuat dan mengoperasikan website antara website berbayar dan website gratisan adalah tidak ada bedanya. Namun apabila anda masih kesulitan dan atau tidak mau ribet dalam urusan membuat website sebuah toko online, maka tidak ada salahnya mencari outsourcing kepada para profesional penyedia jasa pembuatan website yang banyak tersedia baik offline maupun online di internet. Atau biar bisa lebih irit atau lebih murah dan ekonomis lagi, maka anda bisa minta tolong kepada teman atau sahabat karib anda yang telah mahir dan sudah terbiasa membuatkan sebuah website.

3. Membuat Informasi Produk atau Jasa Bisnis Online
Nah, setelah website telah online dengan baik, maka kita harus mengisi segala informasi produk barang atau jasa yang dimiliki dan akan dijual ke masyarakat. Isilah website dengan berbagai konten yang menarik dan menyakinkan para konsumen dan atau calon pembeli yang diprediksikan sedang mencari atau membutuhkan produk atau jasa yang anda tawarkan. Satu hal yang perlu diingat, bahwa jangan karena mau cepat-cepat mengisi website dengan berbagai konten maka anda akan melakukan copy paste, tindakan melakukan copy paste ini akan merugikan website toko online milik anda sendiri.

Pastikan bahwa kata-kata yang anda gunakan memang benar-benar pantas untuk ditampilkan atau dipublish kedalam website. Karena hal ini adalah merupakan salah satu sarana promosi gratis yang anda tampilkan untuk dan atas nama kantor atau toko online anda. Sedangkan untuk urusan materi konten yang akan ditampilkan didalam web, tampilkan yang simple-simple saja lebih dahulu, dan sebisa mungkin agar menerbitkan hal-hal yang memuat informasi utama, seperti dibawah ini;
  • Profil usaha;
  • Galeri berisi gambar produk atau jasa beserta dengan seluruh keterangannya;
  • Memuat alamat yang lengkap berikut dengan nomor telepon atau handphone atau contact person anda;
  • Cara pemesanan dan atau form order-nya;
  • Ruang atau laman khusus untuk tanya jawab;
4. Melakukan Promosi
Kalau konten website telah ada dan siap, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan strategi promosi website bisnis online, dengan tujuan untuk mendapatkan trafik atau pengunjung ke website anda.

Anda bisa memulainya dengan secara penuh memanfaatkan situs jejaring sosial media, seperti facebook, twitter, instagram, pinterest, linkedln, dan situs media sosial lain yang nyaman dan dapat anda pahami dengan baik. Bahwa langkah ini, setahu kami sangat tepat dan cepat untuk menyebarluaskan berbagai informasi bisnis online yang sedang anda tawarkan. Apalagi, bila anda mempunyai jumlah teman atau follower yang sudah cukup banyak dan hal ini akan sangat membantu anda dalam berpromosi.

Nah, ketika anda sudah mulai ekspansi memajangkan berbagai produk maupun jasa yang anda tawarkan, maka tidak ada salahnya untuk mempromosikannya melalui situs-situs forum sosial seperti kaskus, marketplace (bukalapak, toko bagus/olx, tokopedia), dan lain-lain.

Selain itu, untuk lebih mengoptimalkan dan atau memampukan daya saing website terhadap website toko online lainnya di mesin pencari (google, bing, yahoo), maka mau tidak mau harus pula menggunakan teknik seo dan juga teknik sem. Hal ini memang lebih teknis lagi, namun sesuai dengan kebutuhkan marketing online, sangat wajar kita memahami cara optimasi seo dan sem ini agar website toko online kita bisa menduduki halaman pertama dan ranking satu di suatu mesin pencari dengan menargetkan kata kunci tertentu. Dengan memahami pola seo dan sem ini, maka mindset bisnis dan pemasaran online yang dilakukan dalam lebih tajam dalam konteks persaingan dimata mesin pencari, serta secara otomatis website toko online akan kebanjiran pengunjung yang datang dari mesin pencari.

Bagi anda yang tidak mau repot ataupun yang tidak memahami seo dan juga sem itu secara konprehensif, anda bisa saja menggunakan tenaga ahli atau pakar yang khusus dan profesional menangani masalah seo dan sem, dimana “ahli dan pakar seo” telah banyak bertaburan di dunia maya (ada yang berasal dari Jakarta, Medan, Surabaya, Bali, Pekanbaru, Batam, dsb), dan bahkan ada juga yang menamakan diri sebagai guru dan dewa seo batak. Tidak hanya ahli dan pakar seo saja, para praktisi dan master sem juga sudah turut menyemarakkan dunia pemberian jasa optimasi marketing website secara profesional, murah, dan bergaransi uang kembali. Dimana hal ini merupakan salah satu pekerjaan dari pekerja freelancer atau paruh waktu yang dimanajemen dengan baik oleh para pekerja dibidang jasa seo dan sem tersebut.

Adanya tahap 2 dan tahap 3 diatas dan dikaitkan dengan adanya langkah 4 ini, maka setelah orang mendapatkan informasi atas produk atau jasa anda dari situs sosial media, forum, marketplace, maupun dari mesin pencari (google, bing, yahoo), tentu sedikit banyaknya akan menimbulkan penasaran bagi orang-orang membacanya. Siapa sih sebenarnya yang mempromosikan atau yang jualan produk atau jasa tersebut. Dan pada akhirnya, akan mengambil kesimpulan untuk mengunjungi situs anda untuk mencari tahu lebih lanjut ataupun dalam rangka untuk mendapatkan berbagai informasi secara lengkap dan detail tentang siapa anda dan apa-apa saja produk atau jasa yang anda tawarkan untuk dapat mengatasi masalah atau pemecahan solusi. Jadi, hal ini adalah merupakan momentum yang harus kita manfaatkan dengan baik, jangan sampai kehilangan prospek karena kita tidak memiliki “kantor online” disebabkan kurang percayanya calon konsumen atau klien atas presentasi online kita karena minus respon.

Ketika, tingkat pengujung website dan pemesan barang sudah mulai tinggi, maka hubungan kepercayaan yang telah diberikan oleh para konsumen atau klien harus tetap dijaga secara baik dengan terus meningkat pemberian layanan dan juga memberikan berbagai informasi yang sangat mereka butuhkan. Mungkin bisa saja, mreka tidak langsung membeli atau menggunakan jasa anda, namun ketika mereka mendapatkan berbagai informasi yang sangat mereka butuhkan, maka kepercayaan akan tumbuh dan kemungkinan akan membeli atau mempergunakan produk atau jasa anda akan semakin besar peluangnya.

Target utama dari adanya pemanfaatan website adalah terjadinya kontrak pertama dengan para calon konsumen atau klien. Selanjutnya tinggal memanajemen, apakah follow up via email, apakah via telepon, atau bisa dengan kunjungan langsung on the spot.

Hal-hal diatas yang merupakan 4 (empat) langkah tip dan kiat atau strategi dalam memulai bisnis online agar bisa berkembang dengan baik dan memiliki konsumen atau klien yang banyak, serta juga unggul dalam persaingan marketing online dengan sesama para pelaku bisnis online, khususnya menang marketing online kantor advokat Indonesia. Semoga ada manfaat, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

No comments:

Post a Comment