Kehadiran jasa seo dalam dinamika merebut pangsa pasar
e-business (electronic business) di
media online via internet marketing, telah memberikan secercah harapan semakin
menariknya menggeluti dunia e-business (electronic business) dengan
memanfaatkan optimasi mesin pencari google. Mengapa menitikberatkan pada Search
Engine Optimization Google? Alasannya, 80% (delapan puluh persen) para pengguna
internet Indonesia bahkan dunia menjatuhkan pilihannya menggunakan mesin pencari
google dalam melakukan kegiatan browser ngenet-nya. Nah, 80% pengguna internet
inilah yang menjadi pangsa pasar terbuka untuk melakukan kegiatan pemasaran dan
juga edukasi dalam bidang e-business (electronic business).
Dalam kegiatan atau aktivitas yang berkaitan dengan
e-business (electronic business), baik secara langsung maupun tidak langsung
tidak terlepas dari adanya proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan
memanfaat internet sebagai medium utama untuk melakukan berbagai komunikasi dan
e-transaksi, dimana salah satu aplikasi internet secara terang-terangan telah
merambah ke dalam dunia bisnis internal yang meliputi sistem yang digunakan,
adanya pendidikan bagi konsumen/pelanggan online, melakukan strategi pengembangan
berbagai ragam jenis produk/barang, dan pengembangan unit usaha berkelanjutan.
Kondisi ini tidak terlepas dari images
bahwasanya media internet kini telah menjelma menjadi sebuah unit bisnis online
yang menjadikannya sebagai ladang bisnis basah dan kedepannya sangat
menggiurkan.
Nah, oleh karena bisnis online telah menjelma menjadi
gurita bisnis yang baru, banyak para pengusaha atau pebisnis tanah air yang kini
mengalihkan uang atau modal-nya untuk berinvestasi ke bisnis online tersebut. Tentu
diiringi dengan semakin berkembangnya tentakel-tentakel metode praktis dalam
menjalankan e-business (electronic business) dengan menggunakan kecanggihan
fasilitas komunikasi online yang dapat dilakukan via internet. Dinamika ini
tentu saja sedikit banyaknya akan menciptakan beberapa tips, trik dan bahkan rahasia
bagaimana caranya sukses menjalankan promosi e-business (electronic business)
untuk bisa memenangkan ketatnya persaingan pasar e-business global, terlebih-lebih rahasia para ahli halaman pertama google yang dapat memberikan jaminan bahwasanya dianya benar-benar ahli SEO ataupun pakar SEO.
Ada beberapa metode yang lazim digunakan untuk memacu
terjadinya pertumbuhan pangsa pasar e-business (electronic business),
diantaranya:
- Search Engine Optimization disingkat dengan nama SEO;
- Domain Name Strategy;
- Marketing via social website/blog;
- Affiliate program;
- Text Advertisement, misalnya menggunakan Google AdSense;
- e-Newsletter;
- Blog Campaign;
- Web/Blog Accessibility for Difabled (Differently Abled) people;
- Dan berbagai metode-metode evaluasi terhadap hal-hal yang telah dilakukan;
Diatas kami ada menyinggung bahwa internet telah
berubah menjadi ladang bisnis yang basah dan sangat menjanjikan karena mampu memberikan
keuntungan yang besar, sehingga tak ayal lagi masing-masing bisnis online
berlomba-lomba agar bisa tampil di halaman pertama mesin pencari google. Mau
tahu bagaimanakah caranya? Silahkan anda baca tulisan yang telah diposting
penulis tentang “cara mudah agar website masuk halaman pertama google” <= silahkan diklik untuk membacanya
langsung.
Tak pelak, kondisi ini juga turut membuka unit usaha yang baru, yaitu profesi sebagai pemberi jasa seo atau optimasi yang secara khusus menawarkan keahlian dan kepakarannya dalam bidang SEO, dimana kondisi akhir-akhir ini jasa seo telah merupakan bisnis yang semakin tumbuh subur karena mampu memberikan rezeki yang tidak sedikit bagi para pegiat seo atau praktisi seo Indonesia.
Tak pelak, kondisi ini juga turut membuka unit usaha yang baru, yaitu profesi sebagai pemberi jasa seo atau optimasi yang secara khusus menawarkan keahlian dan kepakarannya dalam bidang SEO, dimana kondisi akhir-akhir ini jasa seo telah merupakan bisnis yang semakin tumbuh subur karena mampu memberikan rezeki yang tidak sedikit bagi para pegiat seo atau praktisi seo Indonesia.
Dalam dunia marketing e-business (electronic business)
yang mengutamakan penggunaan keahlian dibidang ilmu optimasi, maka para pemberi
layanan jasa SEO harus menyadari dan memahami SEO e-business (electronic
business) tersebut secara menyeluruh, dikarenakan SEO e-business (electronic
business) tidak dapat berdiri sendiri dan harus dikolaborasikan lagi dengan
menggunakan CRO atau Conversion Rate
Optimization dan juga LBO atau Local
Business Optimization agar nantinya dapat memberikan hasil yang sangat memuaskan.
Ilustrasinya kira-kira begini, seandainya setiap hari
web atau situs kita dikunjungi oleh 20 (dua puluh) orang pengunjung, tapi yang
menghubungi atau membeli produk/barang kita hanya 2 (dua) orang saja, hal ini
memberikan arti bahwasanya tingkat konversi bisnis online via e-business
(electronic business) kita sangat rendah. Nah, apakah dalam hal ini proyek
Search Engine Optimization yang dilakukan oleh layanan jasa SEO dianggap gagal?
Jadi layak untuk dihentikan? Bila terjadi pemikiran seperti ini, maka bisnis online
anda tidak akan berkembang, karena seperti kami jelaskan bahwasanya baik SEO,
CRO dan LBO adalah 1 (satu) paket yang harus dijalankan secara bersama-sama.
Perlu diingat, bahwa seandainya kita melakukan
pencarian terhadap suatu produk/barang tertentu, maka di hasil pencarian
halaman satu google akan terlihat jelas ada banyak web/situs yang menawarkan
produk/barang sejenis dari berbagai merek atau ukurannya. Tapi perhatian secara
lebih detail lagi, maka akan terlihat jelas bahwa beberapa web/situs ada yang
menampilkan nomor kontak atau telepon pada deskripsinya. Namun, adapula
beberapa web/situs yang harus dibuka terlebih dahulu baru ditemukan nomor
kontak atau bahkan adapula web/situs yang setelah dibuka tidak ada mencantumkan
nomor telepon kontaknya. Menurut anda, kira-kira web/situs bisnis online
e-business (electronic business) mana yang akan anda pilih untuk dihubungi
lebih lanjut?
Jawabannya pasti pada web/situs bisnis online via e-business
(electronic business) yang memiliki nomor kontak dan nomor kontaknya mudah
dilihat tanpa terlebih dahulu harus bersusah payah untuk membuka web/situs-nya,
bukan? Oleh karena itulah, sangat penting bagi pengusaha e-business (electronic
business) untuk menampilkan nomor telepon yang dapat dihubungi tersebut di halaman
pertama google tanpa perlu pengunjung terlebih dahulu membuka web/situs. Inilah
kira-kira maksud dan tujuan dari CRO.
Sementara LBO adalah suatu cara optimasi agar
website/situs bisnis online via e-business (electronic business) kita tampil di
halaman pertama pencarian lokal. Misalnya, kita mencari sesuatu dengan
menggunakan keyword atau kata kunci “batik
murah” atau “sandal terompah”,
maka kita bisa temukan apa saja web/situs e-business (electronic business) yang
menampilkan secara lengkap “batik” atau “terompah” tampil di halaman pertama
google.
Tidak hanya itu saja, para pegiat jasa SEO atau
optimasi harus mampu juga membandingkan mana yang lebih penting antara SEO atau
konten dalam mengembangkan web/situs bisnis online via e-business (electronic
business). Karena dalam dunia ilmu pengetahuan optimasi bahwa => “konten is the king”, “traffic is the queen”, tetapi “distribution is kong-kong”.
Illustrasinya kira-kira begini, seandainya sebuah web/situs yang telah duduk di
halaman satu google telah dikunjungi oleh 2000 orang pengunjung yang berarti
trafik-nya adalah 2000 orang. Tapi nilai konversinya sangat rendah, katakanlah
yang membeli produk/barang hanya 2 (dua) orang pengunjung, berarti konversinya
2 berbanding 2000.
Sedangkan pada web/situs yang lain, pengunjungnya hanya
100 (seratus) orang, tetapi ada 25 (dua puluh lima) orang membeli
produk/barang. Kira-kira mana yang lebih dipilih para pengusaha? Tentu yang 100
pengunjung karena ada 25 orang yang membeli dengan ratio 25 berbanding 100. Hal
inilah yang dimaksud dengan konversi tersebut.
Nah, sangat berbeda dengan misalnya kita jualan dengan hanya
menulis, maka hal yang sangat penting adalah dalam kepentingan apa sih kita
menulis? Apa yang lagi trending topik di masyarakat? Maka, buatlah postingan dengan
kata kunci-kata kunci yang lagi ngetren ditengah-tengah masyarakat, agar
nantinya banyak yang membaca atau mencarinya.
Jadi, menurut anda mana yang lebih penting antara SEO
dengan konten? Tentu hal ini tergantung dari kepentingan masing-masing. Kalau
dalam hal untuk penunjung bisnis e-business (electronic business), maka
masukkanlah nomor kontak untuk layanan kontak konsumen dan juga perbanyak
posting konten di berbagai web/situs-situs komunitas. Kalau untuk tulisan, maka
posting-lah dengan beragam kata kunci tertentu yang lagi hot atau ngetren di
masyarakat. Dengan menerapkan konsep yang demikian, maka jasa seo atau optimasi
yang anda lakukan/berikan selaku ahli seo, khususnya kepada web/situs bisnis online via e-business (electronic
business) akan sukses besar. Sekian dan terima kasih. Salam Advokat/Pengacara
N. Hasudungan Silaen, SH.
boleh tau berapa si bos ni pasang tarif utk jasa optimasi?
BalasHapussorry boss, kami tidak membuka jasa layanan seo ataupun optimasi ...
Hapusterima kasih