16 November 2016

Manfaat Seo Untuk Web Toko Online

Menjamurnya web toko online di Indonesia telah memberikan alternatif manfaat dalam belanja berbagai macam kebutuhan hidup. Tak pelak untuk menjaga keberlangsungan web toko online dibutuhkan dan digunakan aneka strategi untuk mendapatkan pelanggan yang akan berbelanja di toko online tersebut. Salah satu strategi yang lazim digunakan dalam rangka mendatangkan pelanggan ke web toko online adalah dengan menggunakan teknik optimasi web yang dikenal dengan nama “teknik seo”.

Manfaat dan Kegunaan SEO Untuk Mendatangkan Pembeli ke Website Toko Online di Indonesia

Kehadiran web toko online yang semakin menjamur tidak terlepas dari adanya peran dan manfaat internet yang semakin luas dipergunakan oleh masyarakat digital Indonesia. Bahwa akhir-akhir ini para kaum wanita yang berstatus sebagai ibu rumah tangga juga telah merasakan adanya manfaat internet untuk ibu rumah tangga, misalnya dengan mencari informasi atau tulisan yang berhubungan dengan masak memasak, mencari literatur yang berhubungan menjaga kesehatan anggota keluar dan internet telah dimanfaatkan ibu rumah tangga untuk berbelanja secara online berbagai barang kebutuhan rumah tangga.

Bagi orang awam ataupun pemilik web toko online yang tidak paham tentang seo (dalam bahasa Inggris disebut dengan search engine optimization) tentu akan menimbulkan pertanyaan: apa manfaat seo bagi web toko online? dan sejauh mana seo dapat memberikan keuntungan bagi web toko online?

Pertanyaan diatas sengaja kami lontarkan, disebabkan para pengguna mania blogger pasti telah bertanya tentang hal tersebut kepada para ahli, mentor pakar, master, guru pembimbing dan juga para webmaster praktisi SEO. Tidak hanya itu saja, pertanyaan turunan yang berkaitan dengan apa itu seo, jenis dan atau pembagian kategori seo, serta manfaat langsung yang dapat dirasakan setelah seo menjadikan web toko online anda populer.

Arti Dan Pengertian SEO
Menurut kami, SEO (Search Engine Optimization) adalah => serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan juga kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja algoritma yang terdapat dalam mesin pencari tersebut.

Dari penjelasan definisi/makna seo diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa arti dan pengertian SEO adalah => tindakan dan atau perbuatan yang dilakukan terhadap satu buah website dalam rangka meningkatkan jumlah pengunjung datang ke website anda, dimana pengunjung yang datang tersebut berasal dari mesin pencari dengan cara mengketikan atau menggunakan kata-kata tertentu (sering disebut dengan kata kunci atau keyword).

Tujuan Penggunaan SEO
Sebenarnya banyak orang tahu, apa tujuan penggunaan SEO bagi web. SEO digunakan adalah untuk mengupayakan agar bisa menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas (ranking satu), atau setidak-tidaknya pada halaman satu dari setiap hasil pencarian yang menggunakan kata kunci (keyword) tertentu yang telah ditargetkan sebelumnya. Nah, kenapa harus di posisi teratas ya? Jawabannya sangat sederhana masbro, yaitu dengan situs web berada dan bisa menempati posisi teratas pada halaman hasil pencarian, maka sudah bisa dipastikan situs web tersebut akan banyak dilihat orang dari seluruh penjuru dunia, sehingga logikanya adalah dengan semakin banyak orang melihat situs web tersebut, maka sangat memiliki peluang besar untuk di klik (mendapatkan jumlah pengunjung).

Dari penjelasan arti/makna/definisi/pengertian dan tujuan dari SEO diatas, maka secara gamblang dapat ditarik kesimpulan bahwa SEO => merupakan proses yang dilakukan oleh si pemilik (webmaster) website berupa tindakan pengoptimalisasian situs pribadi, bisnis online, toko/shop online atau situs web apa saja agar bisa berada pada peringkat pertama di #google1 dan atau mesin pencari lainnya (yandex, yahoo, msn, bing, baidu). Minimal berada pada halaman pertama pada kata kunci (keyword) yang telah di bidik atau menjadi target sesuai dengan market bisnisnya. Ilustrasi: misalnya kata kunci target adalah “pengacara toko online medan” atau target lain berupa keyword: “toko online murah di Indonesia” atau “toko online populer di Indonesia” dengan situs website http://www.advokat-silaen-associates.blogspot.com/, maka upaya optimalisasi seo yang dilakukan haruslah konsern (misalnya pada pembuatan halaman statis, penulisan sebuah atau beberapa konten artikel, pembuat gambar atau video yang disisipkan tag gambar, dsb) pada keyword pengacara toko online dan kata kunci toko online murah di Indonesia, serta toko online populer di Indonesia agar semua hal yang berhubungan dengan kata pengacara toko online medan dan atau toko online murah dan atau terpopuler di Indonesia akan merujuk web situs milik anda dikarenakan web tersebut selalu berada pada peringkat pertama dan atau di halaman pertama google.

Manfaat Penggunaan SEO
Dari hasil pengamatan dan analisa kami selaku blogger medan penggiat seo, terhadap kegiatan yang dilakukan oleh para ahli, pakar, master, konsultan, guru pembimbing dan para praktisi seo tingkat dewa di Indonesia telah berkesimpulan bahwasanya pemanfaatan nyata hasil dari penggunaan seo itu sendiri tak bisa dinikmati secara instan atau seketika itu juga, dengan kata lain butuh proses yang diprediksikan bisa memakan waktu lumayan panjang. Berdasarkan estimasi berbagai referensi ebook dan tutorial seo yang pernah kami baca, biasanya para pelaksana yang bekerja selaku praktisi seo dalam mengerjakan sebuah proyek seo, jangka waktu yang dibutuhkan adalah selama 3 (tiga) Minggu sampai dengan 6 (enam) Bulan (tetapi bisa juga lebih dari itu tergantung pada situasi dan kondisi serta tingkat kesulitan market share web toko online). Karena dalam urusan search engine optimization, banyak hal yang harus dipertimbangkan dan disiapkan oleh seorang praktisi seo dalam mengerjakan sebuah proyek seo yang diterima dari kliennya.

Seo Meningkatkan Konversi Web Toko Online
Diatas kami ada menyinggung tentang posisi halaman teratas, dimana peringkatan halaman adalah berada pada peringkat 1-10 dan seterusnya. Urutan 1-10 inilah sering disebut dengan page one (1) di google dengan kata kunci yang diketikkan oleh para pengguna internet. Tentu saja secara teoritis posisi pada peringkat 1-10 akan lebih besar peluang pengunjungnya bila dibandingkan website yang berada di urutan 11-100 dst.

Jika dalam jangka kurun waktu 1 (satu) bulan-an, para pengunjung yang merupakan visitory organik anda bisa mencapai angka 1000 (seribu) uniq visitory dan benar-benar merupakan pendatang asli dari keyword yang anda targetkan dari pemakaian seo tersebut. Maka tidak tertutup kemungkinan dari 1000 orang tersebut, akan ada yang memesan atau mempergunakan dan/atau membeli produk barang yang anda dagangkan secara online. Tidak hanya itu saja, faktor lain seperti perbandingan harga, kualitas, volume barang, jangka waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman produk, pengerjaan dan pelayanan dari pengelolah web toko online, sedikit banyaknya turut serta mempengaruhi tingkat ketertarikan calon pelanggan, apakah seseorang itu akan memakai atau membeli produk/barang dan jasa yang ditawarkan.

Adanya penggunaan seo ini tentu saja memperingan biaya promosi yang harus anda keluarkan setiap bulannya, sehingga bisnis online yang anda lakukan dapat berkategorikan sebagai bisnis online yang mempergunakan biaya promosi murah dan/atau gratis dan menjadikannya sebagai bagian dari strategi efektif untuk memulai bisnis online modal kecil.

Nah, ketertarikan pengunjung yang nota bene datang dari mesin pencarian untuk membeli barang dagangan yang disediakan di web toko online inilah yang dalam pemasaran online disebut dengan konversi, dimana dengan tingginya tingkat konversi sebuah web toko online maka keuntungan yang bisa diperoleh akan lebih besar pula.

Disamping itu, SEO telah diyakini oleh para pemerhati pemasaran online secara langsung dapat membantu sebuah brand tertentu, sehingga peningkatan brand awareness bisnis di mata para konsumen dapat segera dicapai. Dengan adanya SEO ini, maka para konsumen atau pembeli dapat mengenali atau mengingat merek tertentu. Kondisi ini akan membuat sebuah merek menjadi lebih terkenal dan menjadi produk pada niche yang sangat eksklusif dan populer di pasaran. Jadi tidak salah sebahagian orang menyatakan bahwa SEO merupakan sales online yang selalu setia mempromosikan produk atau barang dagangan dari web toko online anda.

Jadi berdasarkan uraian-uraian diatas, sudah sangat jelas terlihat manfaat SEO yang di terima para pemilik web toko online yang melakukan optimasi SEO secara menyeluruh dan konsisten, baik yang menggunakan jasa seo profesional ataupun yang mengerjakannya sendiri. Pertanyaannya, sudah siapkah anda kebanjiran order barang setelah menggunakan SEO?

Cara Optimalisasi SEO
Untuk mengoptimalkan visibilitas hasil SEO pada web toko online, perlu dilakukan optimasi secara total, caranya adalah dengan menggunakan: 1) teknik seo on page, yaitu meliputi pengerjaan seo dari dalam website itu sendiri, dan 2) teknik seo off page, yaitu meliputi serangkaikan tindakan yang dilakukan dari luar website (misalnya dengan cara mencari berbagai backlink yang berkualitas tinggi, membuat artikel berbagai review plus yang menarik tentang web toko online, share di berbagai media sosial, share di forum-forum sosialita, dan masih banyak aspek pendukung lainnya).

Nah, sudah jelaskan sekarang, apa yang menjadi kegunaan, manfaat dari pemakaian seo bagi website toko online anda, semoga uraian-uraian diatas bisa dengan cepat anda mengerti. Sekian dan terima kasih.

1 komentar:

No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....