Adanya keinginan
kuasai pasar ritel modern, seorang pebisnis harus memiliki tips, trik atau
teknik pemasaran yang jitu agar bisnis yang sedang dijalankannya tidak hanya
beredar di pasar-pasar tradisional saja, terlebih-lebih bagi para pebisnis yang
memiliki modal kecil harus terus mencari cara dan berinovasi agar produk/barang
yang dihasilkannya bisa semakin dikenal
konsumen dan dapat masuk merambah ke pasar-pasar ritel modern Indonesia.
Kenapa penulis
menitikberatkan pembahasan pada bisnis usaha yang bermodal kecil? Hal ini
disebabkan, akhir-akhir ini banyak para ahli dan pakar bisnis dan ekonomi
melihat bahwasanya peran serta bisnis
usaha modal kecil dalam menggerakkan laju roda perekonomian pasar global
sudah tidak dipandang sebelah mata oleh para pebisnis menengah ke atas yang
memiliki modal besar. Sebagai contoh konkrit yang dapat dilihat bahwa sudah
banyak produk/barang dari jenis usaha kecil yang sudah mampu memasuki dan atau menguasai
pasar ritel modern di Indonesia. Dimana
produk-produk yang dihasilkan juga tidak kalah bersaing dipasaran, bagi dari
segi kualitas, kuantitas, cita rasa maupun harganya. Inilah yang menjadi salah
satu hal yang menjadi “stimulus positif”,
sehingga akhir-akhir ini banyak kaum muda yang terjun untuk menggeluti dunia bisnis,
meskipun modal usaha (dana) yang dimilikinya sangat kecil (minim).
Anda mungkin
bertanya, berapa sih besaran modal uang yang dibutuhkan untuk membangun dan
atau memulai bisnis usaha modal kecil ini? Secara teori, memang tidak ada
patokan berapa kisaran atau taksasi anggaran yang dibutuhkan, namun kita harus
terlebih dahulu mereview beberapa faktor yang dibutuhkan dan berkaitan dengan
usaha yang akan dibuat tersebut, kemudian berapa orang tenaga kerja yang
dibutuhkan untuk menggerakan usaha tersebut, lalu alat-alat kerja yang
dibutuhkan, lokasi/tempat, dan lain sebagainya. Misalnya untuk menjadi seorang
“sub-agen penjual tiket online untuk pesawat terbang” atau “agen penjualan properti" baik yang dilakukan online/daring maupun offline/during, dan
lain sebagainya. Kami rasa dengan modal 2-5 juta rupiah sudah bisa untuk memulai
usaha, sebagaimana kami contohkan diatas.
Nah, kisaran
besarnya modal Rp 2-5 juta dapat juga dipergunakan untuk memulai usaha sebagai sebagai
agen penjualan pulsa elektronik, atau juga anda bisa memilih untuk menjadi agen
penjualan satu buah produk bubuk kopi tradisional yang akan didistribusikan ke pasar
ritel modern yang ada disekitar tempat anda tinggal. Atau mungkin ada bisnis
usaha modal kecil lainnya yang tidak terlalu banyak membutuhkan modal dan
tenaga kerjanyapun cukup dilakukan oleh 1, 2 dan 3 orang pekerja saja.
Diatas, kami ada
menyinggung dan mencontohkan sedikit tentang bisnis usaha modal kecil, yaitu dengan
menjadi agen penjualan produk bubuk kopi tradisional ke pasar ritel modern.
Alasan kami memilih jenis usaha ini untuk dibahas lebih lanjut disebabkan ada
tantangan atau keunikan tersendiri didalamnya, dimana usaha bisnis ini mampu menggabungkan
teknik berniaga ala pasar ritel tradisional dan ala pasar ritel modern.
Ada penggunaan 2
(dua) buah teknik diatas, maka mau tidak mau para pelaku bisnis harus terlebih
dahulu mempelajarinya sebelum memulai bisnis ini, misalnya dengan terlebih
dahulu melihat dan memastikan ketersediaan produk dan sekaligus melihat atau
menganalisis kondisi pasar. Nah dikesempatan yang baik ini, kami akan
menjelaskan sedikit tentang bagaimana cara, tips atau trik untuk memulai bisnis
usaha modal kecil dengan melihat kondisi real pasar terlebih dahulu. Karena
bagi pebisnis bahwa tantang setiap usaha adalah bagaimana cara memasarkan
produk/barang yang dihasilkannya. Jadi, hal pertama yang harus dilihat adalah
pasar dan selanjutnya kuasai. Dengan sudah mengetahui kondisi pasar, maka
selanjutnya akan lebih mudah menguasainya. Bukan sebaliknya seperti yang
kebanyakan dilakukan oleh para pebisnis usaha kecil saat ini yang hanya fokus
pada produk/barang semata, sehingga akhirnya kesulitan dalam hal melakukan
pemasaran.
Khusus untuk memasarkan
atau memasukan produk/barang jenis kopi bubuk ke pasar ritel modern, maka
terlebih dahulu harus dikuasai dan pahami tentang sistem penjualannya. Misalnya
dengan mempelajari bagaimana menyusun Purchase
Order (PO), hingga bagaimana cara penagihan yang akan dilakukan pada sebuah
pasar ritel. Setelah itu, baru bisa
memulai untuk mengirimkan produk/barang kopi yang akan dipasarkan. Tapi yang
perlu diingat, bahwa tiap pasar ritel yang ada adalah berbeda-beda sistem yang
dipergunakan, sehingga hal itulah yang harus terlebih dahulu dipelajari dengan
baik. Bila sudah paham, maka dengan begitu banyak kemudahan yang akan didapat,
begitu juga dengan keuntungan besar dengan cepat bisa diperoleh.
Khusus kaitannya
dengan internal dari unit usaha, maka harus pula diusahakan untuk mempelajari Prosedur Operasional Standar (POS),
misalnya dengan belajar dari seseorang para pelaku usaha kecil dan menengah yang
telah berhasil, atau juga bisa dengan belajar melalui tutorial yang diberikan
dan ditulis oleh para pebisnis yang mempublikasikan artikel yang membahas
tentang prosedur operational standar (pos) di website atau situs yang ada di
media online/daring. Semuanya itu adalah dalam rangka untuk memajukan dan
mengembangkan unit usaha yang sedang di bangun atau di rintis.
Bila setelah dilakukan
analisa secara komprehensif, dan diperoleh hasil bahwa semuanya sudah mantap dan
atau ok, jangan lupa untuk menciptakan sendiri nama brand produk bubuk kopi
yang akan dipasarkan pada pasar ritel modern. Trade made ini sangat penting untuk menciptakan brand usaha anda
sendiri, misalnya memilih nama “silaen
coffee” pada kemasan produk/barang bubuk kopi, atau juga bisa memilih nama
lain.
Nah, disamping
itu bila telah tercipta merek kopi tersebut, maka sedikit banyaknya orang mengingat,
mengetahui dan dengan cepat mengenal produk bubuk kopi yang berasal dari nama unit
usaha kecil anda. Bila sudah mulai berkembang, maka sudah bisa memikirkan atau
merencakan untuk menggunakan dan atau menempatkan satu atau beberapa orang yang
bekerja sebagai sales promotion girl
(SPG) di pasar ritel modern tersebut, dengan maksud dan tujuan agar dapat menjelaskan
dengan baik hal-hal yang berhubungan dengan cita rasa dari merek produk kopi
milik anda. Nah, bila semakin terus berkembang, anda bisa memikirkan untuk
membangun pabrik kopi kecil-kecilan untuk menjamin ketersediaan produk dan
membuat sebuah website/situs sebagai blog untuk tempat promosi ataupun
memberikan informasi telengkap tentang produk-produk usaha anda, khususnya
produk kopi yang terbaru.
Satu hal yang
terpenting, agar tidak lupa untuk selalu mengkedepankan teori dan juga cara-cara pendekatan
kekeluargaan kepada semua orang yang berhubungan dengan usaha kecil anda, baik
dengan para pekerja, rekan-rekan bisnis atau kolega, dan juga terhadap orang-orang
yang ada disekitar tempat/lokasi melakukan aktifitas kantor usaha kecil anda
untuk menciptakan animo yang positif sekaligus sebagai ajang promosi terhadap
merek dagang usaha kopi anda.
Khusus dalam hal
promosi dan kampanye usaha anda, tidak ada salahnya untuk memikirkan atau melakukan
pembuatan iklan, misalnya dengan menyebarkan brosur dan selebaran, spanduk, plafet, baliho
atau bisa juga dengan menyewa “jasa pasang iklan online” via web/situs yang
ramai pengunjungnya untuk memperkenalkan dan atau meningkatkan popularitas
merek dagang kopi milik anda kedepan. Tapi usahakan, budget pengeluarannya haruslah
sesuai dengan kemampuan keuangan usaha anda, misalnya dengan memilih jasa
pasang iklan murah tapi berkualitas. Nah, bila terus berkembang anda bisa
selanjutnya untuk memikirkan membuat satu buah website/situs sebagaimana telah
disinggung diatas, dimana web/situs ini tidak hanya sebagai media penyebaran
informasi melainkan juga dapat dijadikan sebagai “toko online” tempat anda untuk memperkenalkan produk dan atau
menjual produk secara online, sehingga menjadi sebuah perusahaan e-bisnis yang profesional dan mandiri dengan mematuhi seluruh ketentuan yang menjadi aspek hukum bisnis aspek hukum bisnis e-commerce di Indonesia secara baik dan benar hingga tidak terjadi pelanggaran hukum. Namun, agar e-bisnis anda dalam bentuk toko online tersebut memiliki daya saing prima pada halaman pertama google, maka jangan lupa untuk melakukan langkah-langkah untuk mengoptimasi seo web/situs e-bisnis tersebut. Bila anda tidak mempunyai waktu dan juga kemampuan untuk melakukan pekerjaan optimasi seo dimaksud, maka anda dapat mempergunakan tenaga ahli dan/atau pakar seo yang khusus melakukan dan atau membuka layanan khusus sebagai jasa seo dalam optimasi e-bisnis online profesional dan mahir. Dengan demikian web/situs e-bisnis anda dan atau juga jenis produk/barang dagangan yang sedang anda pasarkan dapat dengan mudah terlihat dan agar website dapat dengan mudah masuk halaman pertama google yang akhirnya nanti dalam lebih meningkatkan popularitas brand produk/barang dagangan anda.
Semoga artikel
kami kali ini yang berjudul tentang tips dalam melakukan usaha kecil
tradisional yang mampu menguasai pangsa pasar ritel modern di Indonesia, dapat
bermanfaat bagi anda yang sudah menetapkan hati untuk memilih menjadi pebisnis.
Jangan lupa pula untuk membaca artikel kami yang berjudul tips memulai bisnis online agar lebih memahami bagaimana cara berbisnis online yang lebih profesional lagi. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih. Salam Advokat-Pengacara-Konsultan
Hukum Indonesia. (Silaen)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....