Tips, kiat dan cara untuk memulai bisnis online
sebagai salah satu alternatif ketika
gaji pokok sebagai pekerja tetap maupun melakoni pekerjaan paruh waktu sudah tidak cukup lagi. Keinginan mencari uang
tambahan dengan memilih bisnis
online sudah mantap, tentu saja mau tidak mau sebagai seorang pemula yang akan
menekuni bisnis online harus belajar atau tidak-tidaknya mencari tahu apa itu
bisnis online dan bagaimana cara, tip dan kiat memulai pekerjaan bisnis online,
serta bagaimana cara pengelolaannya secara baik dan benar.
Secara
prinsipil, bisnis online adalah segala bisnis yang dilakukan atau dijalankan
dengan menggunakan media internet. Jadi, arti dan pengertian itu dapat diasumsikan
sebagai bisnis yang sangat luas yang pada pokoknya salurannya adalah menggunakan
internet.
Memang,
akhir-akhir ini bisnis online telah menjadi salah satu tren yang dipilih
pebisnis, khususnya usaha kecil menengah koperasi (UKMK) untuk memasarkan
berbagai produk hasil kerajinan rumahan (home
industri) ke masyarakat, sehingga semakin banyak orang mengetahui dan
membeli dan atau memesan produk barang mereka. Tidak hanya beragam barang saja
yang dipasarkan melalui media internet, melainkan juga berbagai layanan jasa
juga merupakan bahagian yang terpenting dari bisnis online dimaksud.
Apa
sih daya tarik dan juga peluang yang ada dari kegiatan berbisnis online ini? Namanya
online, berarti secara harfiah hal ini sangat berkaitan dengan dunia internet.
Dimana, tren penggunaan internet yang tinggi dalam memunculkan dunia virtual,
ternyata sangat efektif digunakan sebagai media, sarana dan prasarana membangun
dan menciptakan berbagai bisnis offline menjadi cepat dan tepat untuk memperkenalkan
atau mempromosikan berbagai produk barang dan jasa yang dihasilkan seseorang
sehingga bisa lebih terkenal dari sebelumnya. Karena hakekat ini pulalah, maka
bisnis virtual ini telah dapat dijadikan sebagai salah satu sumber penghasilan
yang utama bagi seseorang.
Nah,
karena bisnis online tidak bisa terlepas hubungannya dengan bisnis offline
(toko sepatu, toko baju, toko sandal, toko mainan, toko elektronik, toko
makanan, usaha jasa pembuatan iklan dan banner, jasa pembuatan website/blog, blog jasa pengacara online, jasa penjualan tiket
online, atau usaha-usaha apapun itu yang kemudian dibuka melalui sebuah
website/blog di intenet. Hal inilah selanjutnya kita sebuah sebagai toko online
atau jasa online yang merupakan bahagian dari bisnis online.
Langkah-Langkah Memulai atau
Menjalankan Bisnis Online
1. Mengambil Keputusan Apa
Yang Akan Dijual
Sebagaimana
telah diuraikan diatas, bisnis online yang akan dijual bisa dalam bentuk
berbagai produk barang dan jasa, tentu saja sebelumnya harus terlebih dahulu
mahir menguasai penjualan via internet. Karena prinsipnya adalah berniaga atau
berjualan, maka fokus terhadap produk tertentu adalah sesuatu hal yang sangat
penting.
Dalam
rangka sebelum memutuskan produk mana yang akan dijual melalui internet, tidak
ada salahnya terlebih dahulu fokus untuk:
- Mencari tahu akan produk atau jasa apa yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas. Hal ini bisa dilakukan dengan mensurvey atau cari tahu dari orang-orang yang ada disekitar lingkungan tempat tinggal kita;
- Agar fokus dalam hal solusi atau pemecahan masalah atas kebutuhan orang banyak. Dengan kata lain, kita harus mencari konsep atau strategi bagaimana caranya menjadikan diri kita sebagai pemberi solusi terbaik dari berbagai permasalahan yang sedang dialami orang banyak;
- Terbuka dalam hal tukar menukar manfaat yang bisa anda berikan, sehingga kegiatan tukar menukar manfaat ini akan dimaknai sebagai salah satu bentuk transaksi yang saling menguntungkan satu dengan lainnya;
Mengambil
satu kesimpulan dari langkah-langkah yang dilakukan diatas, haruslah super
hati-hati dan penuh dengan pertimbangan. Kebanyakan orang salah langkah dalam melakukan
aplikasi dan juga implementasi pada tahapan ini, dimana banyak pebisnis online
pemula yang terlalu fokus pada produknya terlebih dahulu, bukan pada hal-hal
yang berkaitan dengan kebutuhan yang diinginkan masyarakat banyak, sehingga
produk yang dijual online tidak laku (diminati) dan bisnis online tersebut
harus tumbang dan gulung tikar sebelum terjadi transaksi atas penjualan
pertama.
Oleh
karena itu, kami sangat menyarankan agar terlebih dahulu dilakukan riset produk
barang atau jasa secara detail, baik dan benar dengan begitu akan diperoleh
suatu kesimpulan produk-produk apa saja yang laris manis dipasaran online dan
memiliki perputaran yang cepat, dengan kata lain produk yang akan dilemparkan
banyak orang yang membutuhkannya dan benar-benar real ada pangsa pasaranya.
Sangat
tidak enak rasanya, ketika produk yang kita pasarkan tersebut konsumen yang
membutuhkannya sangat sedikit dan pangsa pasarnyapun sangat sempit. Bila
kondisi ini terus terjadi, maka sudah dapat dipastikan kita akan mudah frustasi
dan menyerah melihat realitas bahwa produk dagangan kita tidak kunjung laku
atau dibeli konsumen. Tapi sebaliknya, ketika kegiatan jualan online kita akan
semakin menantang dan menggairahkan bila tiba-tiba telepon (hp) berdering dan
juga inbox email kita penuh dengan berbagai ragam pesanan atau keingintahuan
seseorang atas produk bisnis online yang kita jual.
Produk
yang dijualpun bisa dalam berbagai ragam dan bentuk yang bisa dijual secara
fisik, bentuk jasa ataupun dalam suatu bentuk media digital, dimana contohnya
bisa sebagai berikut:
- Contoh dalam bentuk barang fisik => bisa berupa obat-obatan kesehatan herbal, sabun atau kosmetik herbal, jam tangan, handphone atau smartphone, makanan atau kue-kue, mobil, sepeda, motor, pernak-pernik aksesoris, komputer atau laptop, kulkas, kipas angin, televisi, rumah dan bangunan, printer, modem 3G dan 4G, dispenser, keramik, dan atau barang-barang apa saja yang bisa anda tangkap untuk dipasarkan;
- Contoh barang dalam bentuk digital => bisa berupa penjualan buku e-book, software program-program untuk kompeter, kursus-kursus online, produk-produk dari berbagai informasi terbaru, disain-disain gambar grafis yang menarik, dan berbagai bentuk digital lainnya;
- Contoh produk dalam bentuk layanan jasa => bisa berupa menyediakan layanan pembuatan website pribadi, perusahaan dan atau toko online, jasa marketing online, jasa ahli seo, jasa konsultan sem, jasa tiket online, jasa rental mobil, jasa tour and travel, agen perjalanan umroh dan naik haji, jasa kantor advokat atau pengacara dan atau law office lawyer, jasa penulisan konten seo atau review untuk sem, konsultan ketenagakerjaan, dan berbagai macam layanan jasa lainnya;
Nah,
contoh produk yang akan disajikan tersebut tidak perlu terlalu detail (hanya
sebagai sample saja), yang penting harus dipertimbangkan adalah dalam hal yang mempunyai
gambaran besar mengenai dengan segala sesuatu rencana besar anda kedepannya dan wajib
memahami teknik atau pola pemasaran online step by step.
Nah,
langkah-langkah yang menjadi cara, tip atau kiat di point pertama inilah yang
sangat sulit atau berat untuk dilakukan. Mengapa? Hal ini mengingat akan adanya
kemampuan untuk menganalisa segala hal yang berhubungan dengan pengembangan
bisnis online yang akan dilakukan, baik tentang bagaimana caranya menyusun
konsep usaha, mencari ide-ide yang cemerlang dan brilian, mencari agen atau
supplier, dan juga belajar untuk mengetahui atau belajar tentang ilmu bisnis
online.
Tentu
pada fase langkah pertama ini, setiap orang tidak menginginkan terjadinya
hambatan-hambatan yang berarti. Nah, ketika kita tidak menemukan kesempurnaan setelah
melakukan berbagai cara pada fase ini, kemungkinan besar akan mangkrak dan
usaha bisnis online tidak akan menghasilkan apa-apa dan berjalan ditempat.
Sekali lagi, mengingat banyaknya usaha bisnis yang mangkrak, pada fase ini agar
tidak dilakukan sedetail mungkin mulai dari A s/d Z yang terpenting anda fokus
pada produk unggulan saja dengan rela untuk menginvestasikan pikiran, tenaga,
waktu dan juga uang uang untuk belajar memulai bisnis online.
Kalau
anda takut akan mengalami kerugian, tidak ada salahnya memulainya dengan
menjual produk milik orang lain, misalnya bisa dengan menggunakan konsep
dropship, agen reseller, menjalin kerjasama dan kemitraan dengan berbagai
produsen atau pabrikan, atau bisa juga dengan berafiliasi produk suatu vendor
dengan mengikuti program “affiliate
marketing” yang ditawarkan. Misalnya, menjadi agen asuransi, agen perumahan atau properti, agen
ticketing travel, jual baju atau produk fashion dengan konsep konsinyasi, jual
produk buku e-book hasil karya orang lain, jual aplikasi berbagai software dari
berbagai vendor, dan banyak program-program kerjasama lainnya. Dengan kata
lain, hal-hal yang anda lakukan tidak dibebani dengan biaya produksi yang
tinggi atau besar atau kemungkinan kerugian yang timbul bisa diminimalisir.
2. Membuat Media Lapak
Online
Adanya
media lapak online ini adalah sebagai tempat kita untuk melakukan segala
kegiatan yang berhubungan dengan berjualan/berniaga secara online ataupun
sebagai sarana untuk berpromosi di intenet.
Sebagai
langkah awal dan tidak membutuhkan banyak biaya, cara, tip atau kiat bagi anda
dapat memulainya dengan membuat berbagai akun-akun pada situs jejaring sosial
media (misalnya twitter, facebook, Line, BBM, dsb), aplikasi berbagai sosial
chat, dan bisa juga pada situs marketplace yang ada (misalnya Tokopedia,
Bukalapak, dan OLX. Mengapa pentingnya akun-akun tersebut? Hal ini disebabkan
gratis dan bisa langsung dimanfaatkan sebagai tempat ajang promosi dan jualan,
tanpa harus membuat sistem websitenya, tampilan atau desain, dan lain
sebagainya.
Dari
sekian banyak situs jejaring sosial media yang ada, maka pilihlah channel yang
bisa anda kuasai dengan baik dan membuat nyaman. Namun tidak tertutup
kemungkinan untuk menguasai semuanya. Tapi minimal facebook, instagram dan BBM
wajib untuk anda pergunakan.
Nah,
ketika anda telah serius untuk membangun bisnis online, maka tidak ada salahnya
agar memikirkan untuk membuat sebuah website lapak online anda sendiri.
Kedepannya website ini akan kita jadikan sebagai lapak online dan atau workshop
resmi niaga online kita didunia maya. Dan enaknya lagi, ketika telah memiliki
sebuah website lapak online bisa dijadikan sebagai pusat tempat berbagai
rujukan untuk menyebarkan berbagai event promosi online lewat sosial media,
marketplace, berbagai forum atau situs jualan online lainnya. Jadi pada saat
anda pasang atau membuat status baru pada sosial media, marketplace, forum,
dsb, sedikit lebih bonafit karena merujuk atau membagian link yang menuju
website lapak online milik kita sendiri. Terkadang adanya website toko online
juga dijadikan sebagai salah satu parameter untuk membuktikan atau menunjukkan
apakah seseorang itu serius atau tidak dalam menjalani bisnis online yang
sedang dijalaninya. Dengan adanya website ini, biasanya orang lain akan menjadi
lebih mantap dan percaya untuk melakukan berbagai transaksi di bisnis online.
Dalam
hal pembuatan website, tentu saja anda harus melakukan berbagai proses yang
berhubungan dengan hal-hal yang bersifat teknis, seperti belajar menginstal
berbagai aplikasi kedalam website, dan sedikit banyaknya harus belajar tentang bahasa
pemograman untuk web. Namun, anda tidak perlu ragu ataupun takut karena pada
prinsipnya website yang akan dibuat adalah jenis website yang praktis dan
ekonomis, sehingga sangat jauh dari yang namanya ribet karena para pemilik
sistem dan juga hosting telah menyediakan banyak fitur yang bisa langsung
dipergunakan (istilah ini dikenal baik dengan nama “plug and play”). Cari,
temukan, instal dan langsung pakai. Sangat mudah dan gampangkan, meskipun
sebenarnya disinilah letak tantangannya dalam melakukan bisnis online.
Bila
keputusan membuat website telah final, maka langkah selanjutnya adalah
memikirkan nama domain dan hosting yang cocok untuk dipakai, serta dapat
mengimplementasikan jati diri bisnis online anda secara lebih detail di dunia
maya.
Sebelum
melanjutkan pembahasan ini, kami akan menjelaskan apa arti dan pengertian
hosting dan domain itu. Domain adalah => “nama alamat atau url website
anda”. Sedangkan arti dan pengertian hosting adalah => “tempat untuk
meletakkan atau menaruh nama domain anda dan segala file-file pembentuk website”.
Ibarat sebuah bangunan toko, maka domain adalah nama dan atau alamat toko anda,
jadi usahakan ketika anda akan memutuskan untuk membuat nama domain, maka
pertimbangkanlah nama toko online anda dengan menggunakan nama anda, atau
sesuai dengan topik website anda, serta bisa juga disesuaikan dengan jenis
usaha yang sedang dilakoni. Sedangkan hosting kalau dianalogikan adalah sebagai
tanah tempat berdirinya bangunan toko, sehingga logikanya dengan semakin besar
kapasitas hosting yang dipergunakan, maka akan semakin luas pula ukuran tanah
tempat berdirinya bangunan toko online anda.
Jadi
harus tetap kita ingat, bahwasanya antara domain dan hosting adalah merupakan
satu kesatuan yang utuh untuk membangun sebuah bangunan website yang kokoh.
Tentang bagaimana metode website yang hendak dibuat, maka sepenuhnya terserah
anda, apakah metode nantinya akan menggunakan website berbayar atau website
yang gratisan.
Website
berbayar => sebuah website yang dibuat dengan menggunakan domain dan juga
hosting sendiri. Artinya, anda harus mencari nama domain dan alamat website
mandiri dan kemudian menyewa hosting mandiri untuk digabungkan dengan nama
domain tersebut. Penggunaan domain dan hosting berbayar ini akan menunjukkan
usaha online yang ditekuni akan lebih profesional dan bonafit dimata para
konsumen dan lebih memberikan kepercayaan yang lebih besar lagi dari para
konsumen. Mengenai cara, tip atau kiat tentang nama domainnya, silahkan pilih
sendiri dan kalau bisa jangan terlalu panjang agar dengan mudah diingat, serta
menggunakan top level domain (domain tld).
Untuk
tahap awal berhubung website toko online tidak begitu sibuk, maka kita
sebenarnya tidak terlalu memerlukan ruang atau kapasitas hosting yang terlalu
besar. Anda bisa menyiapkan anggaran sebesar Rp 250 ribu sampai dengan 350 ribu
(dengan perincian Rp 150 ribu s/d Rp 250 ribu untuk sewa hosting dan Rp 100
ribu untuk sewa nama domain). Satu hal yang perlu anda ingat bahwasanya waktu
penyewaan domain dan hosting adalah untuk jangka waktu 1 (satu) tahun, sehingga
tahun berikutnya jangan lupa untuk memperpanjangnya.
Website
gratisan => disaat anda ingin memulai bisnis online, namun belum memiliki
anggaran yang cukup untuk menyewa domain dan hosting, maka anda dapat
memulainya dengan membuat sebuah website gratisan yang disediakan oleh blogspot,
wordpress, typepad, posterous, tumblr, dan banyak lagi. Namun dari berbagai
website gratisan tersebut, yang terkenal adalah blogspot dan wordpress
disebabkan kedua penyedia layanan website gratisan ini sudah sangat terkenal atau
populer dan cenderung banyak dipergunakan oleh para pengguna internet diseluruh
dunia, serta lebih mudah dan sangat familiar terindex oleh mesin pencari seperti
google, bing dan yahoo. Penamaannya kira-kira begitu, untuk blogspot misalnya
menjadi lawyermedan.blogspot.com, untuk wordpress misalnya menjadi
lawyersumut.wordpress.com.
Adanya
penggunaan website gratis yang embel-embel domain blogspot.com dan atau
wordpress.com seperti kami contohkan diatas, secara implisit kurang begitu
profesional, namun bukan berarti tidak penting untuk dibuat karena masih cukup
lumayan untuk dilakukan pada tahap-tahap awal melakukan bisnis online dan juga
sebagai media untuk belajar mengoperasikan toko online secara baik dan benar.
Nanti, ketika bisnis online sudah mulai berkembang dan maju, serta telah dapat
memberikan pemasukan maka tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan melakukan
upgrade dengan menggunakan domain dan hosting berbayar.
Pada
prinsipnya, cara, tip atau kiat membuat dan mengoperasikan website antara website
berbayar dan website gratisan adalah tidak ada bedanya. Namun apabila anda
masih kesulitan dan atau tidak mau ribet dalam urusan membuat website sebuah
toko online, maka tidak ada salahnya mencari outsourcing kepada para profesional
penyedia jasa pembuatan website yang banyak tersedia baik offline maupun online
di internet. Atau biar bisa lebih irit atau lebih murah dan ekonomis lagi, maka
anda bisa minta tolong kepada teman atau sahabat karib anda yang telah mahir
dan sudah terbiasa membuatkan sebuah website.
3. Membuat Informasi Produk
atau Jasa Bisnis Online
Nah,
setelah website telah online dengan baik, maka kita harus mengisi segala
informasi produk barang atau jasa yang dimiliki dan akan dijual ke masyarakat.
Isilah website dengan berbagai konten yang menarik dan menyakinkan para
konsumen dan atau calon pembeli yang diprediksikan sedang mencari atau
membutuhkan produk atau jasa yang anda tawarkan. Satu hal yang perlu diingat,
bahwa jangan karena mau cepat-cepat mengisi website dengan berbagai konten maka
anda akan melakukan copy paste, tindakan melakukan copy paste ini akan
merugikan website toko online milik anda sendiri.
Pastikan
bahwa kata-kata yang anda gunakan memang benar-benar pantas untuk ditampilkan
atau dipublish kedalam website. Karena hal ini adalah merupakan salah satu
sarana promosi gratis yang anda tampilkan untuk dan atas nama kantor atau toko
online anda. Sedangkan untuk urusan materi konten yang akan ditampilkan didalam
web, tampilkan yang simple-simple saja lebih dahulu, dan sebisa mungkin agar
menerbitkan hal-hal yang memuat informasi utama, seperti dibawah ini;
- Profil usaha;
- Galeri berisi gambar produk atau jasa beserta dengan seluruh keterangannya;
- Memuat alamat yang lengkap berikut dengan nomor telepon atau handphone atau contact person anda;
- Cara pemesanan dan atau form order-nya;
- Ruang atau laman khusus untuk tanya jawab;
Kalau
konten website telah ada dan siap, maka langkah selanjutnya adalah
mempersiapkan strategi promosi website bisnis online, dengan tujuan untuk
mendapatkan trafik atau pengunjung ke website anda.
Anda
bisa memulainya dengan secara penuh memanfaatkan situs jejaring sosial media,
seperti facebook, twitter, instagram, pinterest, linkedln, dan situs media
sosial lain yang nyaman dan dapat anda pahami dengan baik. Bahwa langkah ini,
setahu kami sangat tepat dan cepat untuk menyebarluaskan berbagai informasi
bisnis online yang sedang anda tawarkan. Apalagi, bila anda mempunyai jumlah
teman atau follower yang sudah cukup banyak dan hal ini akan sangat membantu
anda dalam berpromosi.
Nah,
ketika anda sudah mulai ekspansi memajangkan berbagai produk maupun jasa yang
anda tawarkan, maka tidak ada salahnya untuk mempromosikannya melalui
situs-situs forum sosial seperti kaskus, marketplace (bukalapak, toko
bagus/olx, tokopedia), dan lain-lain.
Selain
itu, untuk lebih mengoptimalkan dan atau memampukan daya saing website terhadap
website toko online lainnya di mesin pencari (google, bing, yahoo), maka mau
tidak mau harus pula menggunakan teknik seo dan juga teknik sem. Hal ini memang
lebih teknis lagi, namun sesuai dengan kebutuhkan marketing online, sangat
wajar kita memahami cara optimasi seo dan sem ini agar website toko online kita
bisa menduduki halaman pertama dan ranking satu di suatu mesin pencari dengan
menargetkan kata kunci tertentu. Dengan memahami pola seo dan sem ini, maka
mindset bisnis dan pemasaran online yang dilakukan dalam lebih tajam dalam
konteks persaingan dimata mesin pencari, serta secara otomatis website toko
online akan kebanjiran pengunjung yang datang dari mesin pencari.
Bagi
anda yang tidak mau repot ataupun yang tidak memahami seo dan juga sem itu
secara konprehensif, anda bisa saja menggunakan tenaga ahli atau pakar yang
khusus dan profesional menangani masalah seo dan sem, dimana “ahli dan pakar seo” telah banyak
bertaburan di dunia maya (ada yang berasal dari Jakarta, Medan, Surabaya, Bali,
Pekanbaru, Batam, dsb), dan bahkan ada juga yang menamakan diri sebagai guru
dan dewa seo batak. Tidak hanya ahli dan pakar seo saja, para praktisi dan master sem juga sudah turut
menyemarakkan dunia pemberian jasa optimasi marketing website secara
profesional, murah, dan bergaransi uang kembali. Dimana hal ini merupakan salah
satu pekerjaan dari pekerja freelancer
atau paruh waktu yang dimanajemen dengan baik oleh para pekerja dibidang jasa
seo dan sem tersebut.
Adanya
tahap 2 dan tahap 3 diatas dan dikaitkan dengan adanya langkah 4 ini, maka
setelah orang mendapatkan informasi atas produk atau jasa anda dari situs
sosial media, forum, marketplace, maupun dari mesin pencari (google, bing,
yahoo), tentu sedikit banyaknya akan menimbulkan penasaran bagi orang-orang
membacanya. Siapa sih sebenarnya yang mempromosikan atau yang jualan produk
atau jasa tersebut. Dan pada akhirnya, akan mengambil kesimpulan untuk
mengunjungi situs anda untuk mencari tahu lebih lanjut ataupun dalam rangka
untuk mendapatkan berbagai informasi secara lengkap dan detail tentang siapa
anda dan apa-apa saja produk atau jasa yang anda tawarkan untuk dapat mengatasi
masalah atau pemecahan solusi. Jadi, hal ini adalah merupakan momentum yang
harus kita manfaatkan dengan baik, jangan sampai kehilangan prospek karena kita
tidak memiliki “kantor online” disebabkan kurang percayanya calon konsumen atau
klien atas presentasi online kita karena minus respon.
Ketika,
tingkat pengujung website dan pemesan barang sudah mulai tinggi, maka hubungan
kepercayaan yang telah diberikan oleh para konsumen atau klien harus tetap
dijaga secara baik dengan terus meningkat pemberian layanan dan juga memberikan
berbagai informasi yang sangat mereka butuhkan. Mungkin bisa saja, mreka tidak
langsung membeli atau menggunakan jasa anda, namun ketika mereka mendapatkan
berbagai informasi yang sangat mereka butuhkan, maka kepercayaan akan tumbuh
dan kemungkinan akan membeli atau mempergunakan produk atau jasa anda akan
semakin besar peluangnya.
Target
utama dari adanya pemanfaatan website adalah terjadinya kontrak pertama dengan
para calon konsumen atau klien. Selanjutnya tinggal memanajemen, apakah follow
up via email, apakah via telepon, atau bisa dengan kunjungan langsung on the
spot.
Hal-hal diatas yang merupakan 4 (empat) langkah tip dan kiat atau strategi dalam memulai bisnis online agar bisa berkembang dengan baik dan memiliki konsumen atau klien yang banyak, serta juga unggul dalam persaingan marketing online dengan sesama para pelaku bisnis online, khususnya menang marketing online kantor advokat Indonesia. Semoga ada manfaat, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.
Hal-hal diatas yang merupakan 4 (empat) langkah tip dan kiat atau strategi dalam memulai bisnis online agar bisa berkembang dengan baik dan memiliki konsumen atau klien yang banyak, serta juga unggul dalam persaingan marketing online dengan sesama para pelaku bisnis online, khususnya menang marketing online kantor advokat Indonesia. Semoga ada manfaat, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....