Tuesday, 26 July 2016

Pakar Search Engine Optimization Pengacara Indonesia

Mengukir nama pengacara di halaman 1/satu/pertama google Indonesia sebagai pakar search engine optimization bukanlah perkara yang mudah. Karena setidak-tidaknya meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk mencari tahu bagaimana caranya dengan murah menduduki posisi halaman 1/satu/pertama, apalagi sampai bisa menempati posisi ranking #1/satu/pertama di halaman google Indonesia. Apakah mungkin seorang pengacara bisa dengan mudah menjadi pakar search engine optimization?

N. Hasudungan Silaen, SH Pakar SEO dan Master Search Engine Optimization juga Berprofesi Pengacara-Advokat-Lawyers di Medan-Indonesia

Pertanyaan diatas sengaja kami munculkan mengingat pengacara atau sering disebut dengan advokat atau lawyer adalah orang-orang yang berkategorikan orang tersibuk didunia. Sebentar-sebentar berada di Kota Medan, keeseokan harinya telah berada di Kota DKI Jakarta. Memang, pengacara dalam kapasitasnya telah dijuluki dan menyandang predikat sebagai ahli dan atau pakar di bidang hukum. Hal ini disebabkan, profesi pengacara adalah sebagai salah satu pilar terpenting dalam penegakan hukum di Indonesia.

Tentu saja sebagai aktor penting dalam penegakan hukum di Indonesia, para pengacara lazim disibukkan dengan rutininas menangani berbagai perkara atau kasus hukum yang berasal dari klien-nya, baik perkara/kasus yang membutuhkan penanganan sebagai pengacara litigasi, maupun sekedar memberikan advokasi non litigasi (misalnya dalam hal menangani perkara sengketa hak waris, hukum perceraian ataupun talak, agraria dan pertanahan, pertambangan, minyak dan gas bumi, perbankan, pengacara tindak pidana tertentu, korupsi, sengketa atau perselisihan hubungan industrial (PHI), tindak pidana umum, hukum perdata hak milik, membuat atau merancang berbagai kontrak atau surat perjanjian, memberikan advis seputar permasalahan tentang hukum pemilu ataupun pilkada, dsb).

Nah, dalam melaksanakan tugas dan fungsi profesi pengacara litigasi maupun pengacara non litigasi sebagaimana kami kemukakan diatas, tentu saja hal ini tidak terlepas dari yang namanya persaingan antar sesama pengacara, baik persaingan secara offline/during maupun persaingan secara online/daring di dunia internet/maya.

Secara khusus, terjadinya persaingan di dunia media online ini, tidak terlepas dari menjamurnya kehadiran website/situs/blog yang secara khusus konsentrasinya sebagai kantor jasa pemberian bantuan hukum dari seorang atau beberapa orang pengacara. Berdasarkan hasil pengamatan kami, di Kota Medan tempat domisili penulis, telah marak beroperasi web/blog para pengacara medan atau advokat medan, baik yang dibuat oleh tangan-tangan profesional dengan menggunakan hosting dan domain berbayar/premium, maupun yang dibuat sederhana dan alakadarnya dengan menggunakan hosting gratisan dari blogspot dan atau wordpress. Tentu saja, kehadiran web/blog milik para pengacara ini diperuntukkan dalam rangka menunjang promosi ataupun untuk memperkenalkan jati diri kantor pengacara medan atau kantor advokat medan secara online/daring di dunia maya. Disamping itu juga, pembuatan web/blog tersebut sekaligus dibarengi harapan suatu hari nanti akan mendapatkan penambahan klien dari adanya sarana website tersebut. Wajar-wajar saja ada muncul harapan yang demikian, karena kondisi pemasaran melalui media internet online/daring yang canggih mewajibkan akan adanya syarat membuat sebuah website.

Kondisi mobilitas pengacara atau advokat yang dikategorikan super sibuk, khususnya dalam melakukan pembelaan atau pendampingan kasus-kasus yang sedang dialami klien-nya, tentu saja tidak akan mempunyai waktu yang cukup untuk mengurusi masalah website/situs-nya. Apalagi ditambah dengan kurang memiliki pemahaman untuk bisa memanajemen atau membangun sebuah website, sehingga mempunyai tampilan menarik dan indah dipandang mata para pengunjung. Tidak hanya masalah tampilan saja yang menjadi bahagian sebuah website, tetapi ada bahagian lain yang tidak kalah penting untuk segera dipermak agar website/blog tersebut mampu memenangkan persaingan dengan website kantor pengacara atau blog kantor advokat lainnya yang berasal dari Kota Medan. Persaingan yang kami maksudkan adalah persaingan di search engine (mesin pencarian), misalnya milik google, baidu, yahoo, yandex, bing, dan lain sebagainya.

Penggunaan dan pemanfaatan web/blog di mata mesin pencari dengan maksimal, tentu saja membutuhkan sebuah teknik optimasi yang dikenal dengan nama seo (search engine optimization). Lalu, apakah seorang pengacara atau advokat di Medan diwajibkan mengetahui atau mempelajari seo ini? Ya tentu saja tidak harus, karena bisa menyerahkan kepada orang-orang yang benar-benar memiliki keahlian khusus dan profesional dibidang search engine optimization, yang sering dijuluki dengan nama “pakar seo” yang dilakukan oleh seorang pengacara. Nah, dengan kita menggunakan tenaga pakar seo yang profesional tersebut, maka nantinya mereka akan bekerja untuk melakukan serangkaian metode optimasi search engine optimization website/blog milik anda secara maksimal dan menyeluruh, baik itu pada bahagian seo onpage maupun seo offpage. Pokonya semuanya akan dipermak.

Memang rada-rada aneh juga ya, karena hanya di Indonesia saja yang banyak menyatakan diri sebagai ahli dan atau pakar pada bidang-bidang tertentu, sampai-sampai lazim kita mendengar ada orang yang menyatakan dirinya tanpa malu-malu sebagai ahli dan atau pakar hantu. Tapi, apapun alasan ataupun motivasi-nya, sehingga muncul banyak para ahli atau pakar, khususnya dibidang seo, sedikit banyaknya kehadirannya sangat membantu untuk melakukan fungsi dan perannya dalam hal mengoptimasi seo website kantor pengacara di medan atau kantor advokat di medan.

Sebenarnya dalam kaitannya dengan seo (search engine optimization) sebuah website/blog, tidak ada yang dijuluki sebagai pakar-pakaran seo, karena sebenarnya teori seo itu dari dulu ya prinsipnya begitu-begitu saja atau tidak ada mengalami perubahan total. Ya, masih tetap tekniknya menggunakan 2 (dua) cara, ya kalau tidak menggunakan seo on page ya pakai seo off page. Dengan kata lain, tidak ada hal yang baru misalnya seo on litigasi atau seo off the records.

Beranjak dari 2 (dua) teknik seo yang dipergunakan, maka tidak mustahil hanya bermodalkan pengetahuan seo yang minim sekalipun, kami yakin bahwa seseorang pasti bisa menguasai dan/atau menduduki posisi halaman 1/satu/pertama google, seandainya isi konten yang bersangkutan telah beragam hingga berjumlah ratusan ataupun ribuan konten, dan backlink yang dimiliki oleh website tersebut sangat banyak dan berkualitas, pasti dengan sangat mudah bisa meluncur dengan mulus masuk ke halaman pertama/satu/1 google. Kalau tidak percaya, coba saja buat satu buah website yang baru sama sekali, kemudian isi dengan satu atau beberapa konten artikel, apakah bisa langsung menempati posisi 1/pertama/satu di halaman google? Jawabannya, tidak mungkin.

Menurut kami, sebenarnya semua orang yang artikel atau websitenya sudah masuk dalam jajaran posisi dihalaman 1 s/d 10 google ataupun pada mesin pencari lainnya menggunakan kata kunci target tertentu, maka sebenarnya sudah dapat dikategorikan sebagai pakar seo meskipun hasilnya hanya menduduki posisi ranking 100-an (seratusan). Mengapa demikian? Karena sebenarnya persaingan terhadap kata kunci apapun itu, sungguh sangat berat untuk bisa ditaklukkan oleh website-website yang baru dan yang masih minim backlink-nya. Dimana konten adalah denyut nadinya seo onpage, sedangkan backlink adalah jantungnya seo offpage.

Demikian pula halnya dengan website yang mempergunakan keyword berhubungan dengan dunia hukum dan jasa kantor bantuan dari seorang pengacara atau advokat, tentu saja juga adalah sangat berat disebabkan tingkat kompetisi pemakaian kata kuncinya juga sangat bersaing ketat. Untuk itu, bila web/blog kita telah bisa menduduki posisi 2 s/d 5 di halaman google, maka hal itu sudah dapat dikategorikan sebuah prestasi hebat dengan melihat segala faktor kekurangan yang dimiliki sebuah website/blog kantor pengacara atau advokat tersebut.

Coba saja anda riset sendiri di google tentang penggunaan kata kunci (keyword) yang membahas masalah hukum, seperti keyword => “hukum perdata jadi pidana”, tentu saja penggunaan keyword ini akan sangat berat dan apabila website anda bisa menduduki halaman 2 s/d 5 saja, maka hal itu sudah merupakan prestasi yang cukup cemerlang/gemilang mampu mengalahkan website/situs kompetitor lainnya.

Diatas tadi, kami telah menjelaskan sedikit bahwa yang duduk pada ranking 100-an di halaman google, sudah bisa dikategorikan sebagai pakar seo. Alasan kami mengatakan demikian adalah didasarkan pada teknik seo yang dipergunakan untuk membuat sebuah konten (baik itu berupa artikel, gambar, maupun video), dimana kalau  kita analisis teknik seo yang dipergunakan adalah tidak berbeda jauh dan atau persis sama dengan teknik yang dipergunakan oleh para pakar seo yang menduduki posisi halaman 1 atau berhasil masuk ranking 10 besar di halaman google. Namun, coba analisa dan bandingkan backlink yang telah berhasil mereka kumpulkan, pasti tidak sama (baik kualitas maupun kuantitasnya). Kemudian coba perhatikan lagi dari segi jumlah konten (apakah tulisan, gambar, video) yang sudah dibuat dan dipublikasikan, apakah sama? Dan terakhir, coba lihat ranking alexa global dunianya, apakah juga sama? Jawabannya, pasti tidak sama, dengan kata lain, yang terbaik nilainya adalah web/blog yang menduduki posisi halaman 1 bila kita bandingkan dengan web/blog yang menduduki halaman 2 google, demkian seterusnya. Jadi sangat wajar, google jatuh hati dan lebih memilih website yang memiliki konten dan backlink yang banyak kualitasnya ketimbang yang sedikit, minim atau hanya alakadarnya. Itulah sebenarnya hakikat dari optimasi seo.

Nah, bagi kami sebenarnya tidak terlalu penting julukan atau predikat menjadi pakar seo, karena yang utama bagi kami adalah bagaimana caranya agar seo itu dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk bisa menghantarkan website kantor pengacara medan atau kantor advokat medan milik kami ini bisa menduduki posisi halaman terbaik google, syukur-syukur bisa menduduki halaman pertama google. Hal ini penting bagi kami, mengingat hal tersebut adalah merupakan salah satu bahagian dari teknik marketing dan strategi pemasaran yang kami lakukan, sehingga dapat lebih dikenal oleh khalayak ramai, khususnya di Kota Medan. Karena kami yakin, untuk masa-masa yang akan datang masyarakat Indonesia akan semakin ramai yang menggunakan internet yang browsing dengan memanfaatkan fasilitas mesin pencari. Disinilah letak prospeknya untuk semakin menunjukkan eksistensi peran pengacara dalam penegakan hukum bagi orang-orang yang merasa hak ataupun mendapatkan perlakuan yang tidak adil dari pihak-pihak lain. Nah dalam rangka menjalan fungsi dan peran profesi advokat kedepannya tetap berharap suatu saat nanti akan mendapatkan calon klien yang lebih banyak lagi bagi kantor pengacara atau advokat-nya.

Lalu, apakah ada tips atau cara mudah agar bisa masuk atau menduduki posisi peringkat 1/satu/pertama di halaman google? Tentu ada, dimana dalam hal ini kami akan menjelaskannya secara singkat, tapi bila anda ingin lebih tahu secara lengkap silahkan membaca dan mengklik artikel kami yang berjudul => “cara mudah masuk halaman satu google”, dimana dalam tulisan tersebut telah mencakup semua teknik yang digunakan untuk bisa menjadi pakar seo yang sesungguhnya.

Sebelum kami jelaskan lebih lanjut tentang cara mudah agar bisa masuk dan menduduki posisi rangking 1/satu/pertama di halaman google, penting kami kemukakan bahwasanya keyword ini sangat sulit untuk ditaklukan disebabkan keyword ini telah banyak dioptimasi oleh para pakar search engine optimization, master seo, ahli search engine optimization, konsultan seo, praktisi seo yang tidak hanya berasal dari Indonesia melainkan juga telah digenjot habis-habisan oleh pakar seo luar negeri, seperti yang berasal dari negara Malaysia, India, Thailand, Amerika, Kamboja, Taiwan, Inggris, Hongkong, Philipina, Korea, Jepang, Cina, Singapura dan lain sebagainya. Tapi, bukan tidak mungkin keyword pakar seo atau master seo tidak bisa untuk ditundukkan oleh pakar seo yang berasal dari Indonesia, khususnya yang berada di Kota Medan.

Adapun cara mudah untuk menjadi pakar seo di Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Kuasai Seo Onpage
Maksudnya dengan memahami teori dan praktek seo onpage secara komprehensif dalam rangka membangun website/blog yang mempunyai daya saing unggul di mesin pencari. Penguasaan seo onpage ini dapat dilakukan dengan cara:
  • Menggunakan url domain top level domain (TLD), secara teori memang menggunakan domain TLD (ekstension com, net, org), maka peluang besar menempati posisi seo lebih besar bila dibandingkan menggunakan url domain non-TLD. Tapi, harus tetap dengan mengupayakan nama alamat url yang sesuai dengan tema yang akan dibahas di web/blog anda. Misalnya anda mengutamakan pokok bahasan tentang pengacara, maka contohnya bisa anda pergunakan nama alamat domainnya => pengacara[dot]com, pengacara[dot]net, pengacara[dot]org atau bila tidak ada, maka bisa menggunakan domain pengacaratop[dot]com, pengacaramedan[dot]net atau pengacaraterbaik[dot]com, dan seterusnya;
  • Menggunakan template yang 100% mendukung seo friendly, agar nantinya mudah ditemukan oleh mesin pencari bila nantinya diakses dengan menggunakan perangkat mobile seperti android, tab, ipad ataupun smartphone canggih lainnya;
  • Menggunakan plugin seo, misalnya milik yoast;
  • Mengisi kolom header dengan 65 karakter, misalnya dengan kata/kalimat => “Advokat dan Konsultan Hukum” atau bisa juga dengan “Advokat Pengacara Medan” ataupun yang lainnya. Ingat tidak boleh lebih dari 65 karakter, bila lebih maka akan otomatis dipenggal oleh google;
  • Mengisi kolom deskripsi dengan 160 karakter, misalnya dengan kata/kalimat => “Website Kantor Law Firm N. Hasudungan Silaen & Partners” atau bisa juga dengan “Blog Resmi Kantor Advokat dan Pengacara Medan”, ataupun yang lainnya. Ingat tidak boleh lebih dari 160 karakter, bila lebih maka akan otomatis dipenggal oleh google;
  • Melakukan pengeditan terhadap script template (bila tidak paham, jangan coba-coba melakukan pengeditan karena bisa menyebabkan web/blog anda akan hank atau error). Jadi bila tidak paham mending dibiarkan saja. Karena pada prinsipnya script template seo friendly telah diedit secara baik dan benar oleh si pembuat template;
  • Membuat desain web/blog menjadi lebih menarik dan tidak berat kalau diakses dengan menggunakan handphone;
  • Membuat beragam konten, baik dalam bentuk tulisan, gambar dan video yang ditanamkan kata kunci (keyword) yang anda targetkan;
  • Mendaftarkan website/situs anda ke berbagai layanan webmastertools, tujuannya untuk memberitahu robot penjelajah yang dimiliki oleh mesin pencari dan juga dalam rangka untuk keperluan index web/blog di halaman mesin pencari;
Itulah langkah atau cara mudah untuk menguasai teknik seo onpage agar dapat dinyatakan sebagai pakar seo, berikutnya akan kami jelaskan tentang teknik seo offpage.

2. Kuasai Seo Offpage
Menguasai seo offpage ini tidak begitu sulit, caranya mudah dan gampang yaitu hanya dengan menyebarkan link web/blog kita dan juga berburu backlink untuk web/blog kita. Cara mudah menyebarkan link adalah dengan berkomentar di web/blog orang lain, share ke jejaring media sosial (misalnya facebook, twitter, instagram, dsb), membagikan alamat url atau link ke forum-forum direktori ataupun sosial, atau juga ke media massa lainnya. Tapi usahakanlah untuk menyebarkan link atau mendapatkan backlink dari web/blog yang memiliki peringkat yang terbaik dan yang berkualitas unggul dihadapan google. Namun jangan membabi buta ya, karena nanti bisa dianggap spam oleh google, maksimal 3-5 backlink per-hari;

Itulah cara mudah untuk menguasai teknik seo offpage agar bisa menjadi pakar seo yang duduk di halaman 1/satu/pertama google. Nah, setelah anda telah menjadi pakar dan atau master seo, maka sangat terbuka peluang untuk menambah penghasilan karena telah mahir melakukan kegiatan di bidang seo ini, misalnya dengan menjadi second income bisnis online, second income jasa seo, second income jasa pasang banner, second income review produk/barang berbagai perusahaan berbasis bisnis online, second income jasa pasang iklan, dan lain sebagainya. Tentu enak dan mantapkankan.

Semoga tulisan ini ada manfaatnya, dan apabila google memandang konten tulisan ini cukup baik, menarik dan berkualitas, pasti akan mendapat posisi terbaik dan terhormat pada barisan para ahli dan pakar seo di Indonesia, khususnya yang berasal dari Indonesia dan mengalahkan pakar seo luar negeri yang berasal dari negara Malaysia, India, Thailand, Amerika, Kamboja, Taiwan, Inggris, Hongkong, Philipina, Korea, Jepang, Cina, Singapura dan lain sebagainya. Sekian dan terima kasih. Salam Advokat/Pengacara/Lawyers dan Konsultan Hukum Indonesia.

1 comment:

  1. Very interesting content which helps me to get the in depth knowledge about the technology. To know more details about the course visit this website.
    Digital marketing course in Chennai | Digital marketing training in Chennai

    ReplyDelete