Topik
sungai/kali/empang apakah bersih karena ahok atau bersih karena foke telah menjadi
perbincangan yang cukup hangat di Indonesia, baik di media cetak nasional,
media elektronik maupun di media sosial (medsos) seperti facebook dan twitter.
Kok
bisa, topik sungai/empang/kali apakah bersih karena dilakukan ahok atau bersih karena
dilakukan poke menghangat dan menjadi trending topik? Apakah telah terjadi
persaingan antara ahok versus foke mengenai “sungai DKI Jakarta bersih” atau
“kali Jakarta bersih”? Memanasnya hal ini disebabkan, saat ini sedang
berlangsung suksesi pilkada gubernur DKI Jakarta/wakil gubernur DKI Jakarta
masa bhakti 2017 s/d 2022. Disamping itu topik kata sungai/kali apakah bersih
karena ahok atau bersih karena foke menjadi salah satu dianggap sebagai
fenomena yang unik, dimana ketika banyak para pengguna internet ataupun para
netizen yang mengketik kata kunci (keyword) “sungai bersih karena foke” di
mesin pencarian google, diperoleh hasil penelusuran secara otomatis langsung
diperbaiki atau disugesti oleh mesin pencari google dengan kata-kata “did you
mean” => “sungai bersih karena ahok”, sehingga hal ini dimaknai oleh banyak
masyarakat sebagai sesuatu hal yang sangat fenomenal dan dijadikan sebagai
salah satu cara untuk menyerang lawan-lawan politiknya. Atau dengan kata lain,
kami menyebutnya dengan salah satu langkah “strategi marketing kampanye politik online pilkada DKI Jakarta 2017”
agar memenangkan persaingan dalam dunia cyber
marketing.
Tidak
sampai disitu saja, adanya perbaikan otomatis yang dilakukan oleh mesin pencari
google menyangkut seluruh kata-kata kunci (keyword) atau frasa => “bersih
karena foke” dirubah seluruhnya menjadi “bersih karena ahok”. Tidak percaya?
Secara iseng-iseng penulis mencoba mengketikan kata atau frasa di mesin pencari
google => “sungai sumut bersih karena foke” disugesti menjadi did you mean
=> “sungai sumut bersih karena ahok”, silahkan dicoba bila masih tidak
percaya.
Setelah
kami analisis dengan mempergunakan ilmu blogger, ternyata kunci rahasianya ada
pada kata => “bersih karena foke”, bila diganti kata bersih ataupun kata
foke pada kata tersebut, maka did you mean “bersih karena ahok” tidak akan
muncul lagi, coba ganti kata tersebut dengan “bersih karena silaen” atau
“bersih karena hasudungan” atau “sungai deli medan bersih karena aku”, atau
“sungai bahbolon bersih karena pengacara” atau “sungai sumut bersih karena
saya”, maka hasil yang akan diberikan oleh google tidak lagi merubahnya menjadi
“........bersih karena ahok”. Silahkan dicoba untuk mengetahui hasilnya.
Apakah
adanya sugesti yang diarahkan oleh mesin pencari google atas seluruh kata-kata
yang berhubungan dengan bersih karena foke berubah menjadi bersih karena ahok
adalah disebabkan adanya “main mata” yang dilakukan oleh ahok kepada perusahaan
google? Jawabannya tidak ada permainan atau tidak ada pembayaran sejumlah uang
agar bisa diperoleh hasil yang demikian. Hal ini semata-mata teknik seo struktur
algoritma google karena input data yang ada digudang penyimpanan data milik
google lebih banyak ditemukan sangat dominan fakta atau data yang berisi
tentang hal-hal yang dilakukan oleh ahok, sementara data tentang poke (Fauzi
Bowo) sangat minim terinput di gudang data mesin pencari google.
Demikian
pula halnya dengan keyword/kata kunci sungai bersih karena foke, karena memang
di gudang data google tidak ditemukan berbagai data utama maupun data pendukung
yang menyangkut tentang sungai bersih karena foke atau data-data pendukung
lainnya tentang foke (fauzi bowo) yang terinput membersihkan sungai-sungai pada
masa pemerintahannya sebagai gubernur di Provinsi DKI Jakarta yang tersimpan
dalam gudang penyimpanan data google.
Oleh
karena itu, terjadinya fenomena adanya perubahan atau perbaikan frasa sungai
bersih karena foke menjadi did you mean sungai bersih karena ahok diatas
diakibatkan karena banyaknya pemberitaan secara online/daring mengenai ahok dan
juga berita tentang kali bersih atau sungai bersih yang halamannya sudah terindex
oleh google dan tersimpan dengan baik di gudang data utama google. Jadi, secara
prinsipil hal tersebut menyebabkan kinerja mesin pencari google itu bersifat “technically”, dimana mesin pencari google
akan memunculkan kata-kata yang paling banyak dan sering diinput atau diketik
maupun dicari oleh para pengguna internet di seluruh dunia, khususnya di
Indonesia. Dengan banyaknya input data tentang ahok dan juga sungai bersih karena
ahok atau kali bersih karena ahok, maka google akan secara otomatis melakukan
koreksi frasa keyword (kata kunci) “kali bersih karena foke” menjadi frasa
keyword (kata kunci) “kali bersih karena ahok”, ditambah dengan banyaknya
publikasi atau ekspose pemberitaan tentang kali (sungai) bersih pada zaman
pemerintahan Gubernur Ahok dibandingkan dengan pemberitaan kali (sungai) bersih
pada zaman pemerintahan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo (Foke). Itulah penyebab
utamanya.
Nah,
adanya realitas diatas menyebabkan semua hal yang berhubungan dengan sungai/kali
bersih yang dilakukan oleh ahok akan langsung muncul di halaman pertama mesin
pencari google, karena memang data-data yang berkaitan dengan hal tersebut
sangat banyak terinput di gudang data google, jangan sangat wajar keyword (kata
kunci) sungai/kali bersih karena ahok muncul di halaman utama google
menenggelamkan keyword kali/sungai bersih karena foke.
Sebenarnya,
sebuah keyword yang didukung banyak data-data yang telah diinput sebelumnya
sangat wajar populer dan muncul di halaman satu google dan menurut kami hal ini
adalah normal-normal saja dan bukan sesuatu hal yang sangat luar biasa dalam
dunia internet masa kini, dimana fenomena terjadinya koreksi frasa keyword
sungai bersih karena foke dikoreksi menjadi keyword (kata kunci) sungai bersih
karena ahok adalah bahagian yang tidak terpisahkan dari optimalisasi teknik
search engine optimization (SEO) dan atau optimalisasi teknik search engine
marketing (SEM) agar suatu frasa kata kunci/keyword bisa tampil di halaman
pertama google menenggelamkan kata kunci yang sejenis milik orang lain. Jadi
langkah pertama, haruslah dipahami terlebih dahulu tentang apa arti, definisi
atau pengertian seo, baru kemudian bisa mengaplikasikannya kedalam teknik
optimasi search engine optimization (seo) kedalam web/sites/situs/laman/blog
anda.
Dalam
dunia optimasi search engine optimization (SEO), dikenal ada 2 (dua) buah teknik
SEO yang bisa diaplikasikan, yaitu => teknik seo onpage dan teknik seo
offpage. Lalu bagaimanakah caranya menggunakan ke-2 (kedua) teknik seo
tersebut? Adapun cara versi blogger medan adalah sebagai berikut:
1.
TEKNIK SEO ONPAGE
Prinsip
utama dari teknik seo onpage ini adalah serangkaian tindakan atau perbuatan pengoptimalisasian
website/situs/blog/laman dari dalam laman itu sendiri agar mendapatkan
peringkat yang lebih maksimal lagi di hasil pencarian pada mekanisme search
engine milik google & co. Optimalisasi yang dilakukan pada teknik seo
onpage ini adalah meliputi pada => a) konten-konten (baik berupa konten
tulisan, konten gambar maupun konten dalam bentuk video yang seluruhnya dibuat
secara berkesinambungan), b) meta tag, c) kecepatan akses web, d) struktur
website/blog, e) internal link, f) eksternal link, g) dan gambar yang menghiasi
laman.
Untuk
realisasi konten => pastikan konten-konten artikel/tulisan yang anda buat di
web-blogs adalah yang benar-benar berkualitas dan sangat bermanfaat bagi banyak
orang (khususnya para pengguna internet global). Pastikan pula bahwa artikel
yang anda buat tersebut adalah merupakan hasil karya ketikan sendiri (bukan
merupakan hasil copy paste milik orang lain) dengan tetap memperhatikan atau
mempertimbangkan panjang artikel yang anda tuliskan tersebut. Ingat,
kecenderungan algoritma google yang berkembang per-bulan Oktober tahun 2016,
kurang menyukai konten-konten artikel yang pendek dan cenderung lebih
memprioritaskan laman yang berisi konten berkualitas untuk tampil di halaman
pertamanya. Panjang artikel/tulisan sebuah konten adalah minimum 500-an kata,
namun menurut kami selaku salah satu blogger medan yang paling baik adalah
minimal 1000-an kata per-tulisan.
Untuk
pemanfaatan meta tag => bahwa kegunaan dari meta tag ini adalah untuk
memudahkan google mengindex web-situs-blog-laman anda, dimana yang masuk dalam
kategori meta tag adalah => meta deskripsi, rel=”cannonical”, title tag, url
rss feed, dan berbagai meta tag lainnya yang dapat dimengerti dan dapat dibaca
oleh mesin google.
Untuk
kecepatan akses => bahwa pada prinsipnya, semakin cepat akses suatu weblaman
dimuat, maka semakin baik dan sayang pulalah google memandang laman tersebut.
Disamping itu, pengunjung juga akan menyukai situs anda, karena webblog yang
sangat lama, berat atau lemot diakses sangat tidak disukai dan tentu saja akan
sangat sulit mendapatkan posisi yang terbaik di mata mesin pencari google
karena sangat lambat diakses.
Untuk
pemanfaatan struktur website/blog => pastikan bahwa laman milik anda
mempunyai struktur kode yang mudah dipahami dan dimengerti oleh algoritma
google. Artinya, bahwa struktur data web-blog anda diusahakan agar mudah
dipahami oleh google, ketika melakukan penjelajahan seluruh data-data yang
termuat di laman anda. Karena itu, agar secara berkala melakukan pengecekan
apakah struktur web-blog anda sudah benar dan sempurna bekerja, khususnya
pengecekan dengan memanfaatkan fasilitas “structured
data testing tool” yang disediakan dalam “webmastertools google”. Seandainya terdapat kesalahan atau error,
berarti masih ada kode data yang tidak dimengerti oleh mesin algoritma google,
sehingga wajib untuk anda perbaiki segera.
Untuk
internal link => maksudnya adalah link dalam artikel/tulisan kita sendiri
yang menuju ke link lain yang ada dalam laman kita sendiri. Jadi pemaknaan
internal link mengutamakan keterkaitan atau adanya hubungan antara
artikel/tulisan yang satu dengan yang lainnya. Misalnya kita membuat postingan
artikel yang membahas tentang ruang lingkup tentang pekerjaan tentang kali
bersih karena ahok atau pembersihan sungai oleh foke, maka dapat dibuatkan
internal link-nya yang berhubungan dengan link “apa itu sungai” ataupun “pengertian
tentang kali”. Bila ada beberapa input data internal link yang termaktub di
dalam sebuah artikel/tulisan yang hendak dipublikasikan, maka hal ini akan
dimaknai google secara lebih baik lagi untuk direferensikan menujuk ke halaman
pertama (1) di google setelah dilakukan googling.
Untuk
eksternal link => secara prinsip bahwa kerja eksternal link hampir sama
dengan internal link, cuma bedanya link yang dituju oleh eksternal link adalah
berada diluar link-link yang ada dalam laman kita, artinya tertuju pada link
dari situs luar milik orang lain yang masih mempunyai hubungan dengan
artikel/tulisan yang sedang kita bahas. Fungsinya adalah untuk memberitahu
kepada mesin pencari google tentang adanya keterkaitan atau hubungan link
tersebut dengan artikel yang termuat dalam web-blog anda. Ingat penggunaan
eksternal link ini juga jangan terlalu banyak, perkiraannya cukup hanya 2-3
link saja yang terpenting masih relevan dengan tulisan yang sedang dibahas.
Untuk
pemanfaatan gambar => gambar yang kami maksudkan disini adalah sebagai
pelengkap yang menghiasi setiap artikel/tulisan yang akan anda muat dalam
postingan. Dengan adanya gambar ini, maka google akan cenderung memaknai
artikel/tulisan yang anda buat adalah sangat penting, sehingga layak untuk
dipercayai dan merupakan artikel yang benar-benar sangat bermanfaat bagi banyak
pengguna internet. Disamping itu juga, dengan adanya gambar ini maka sedikit
banyaknya akan menambah daya tarik dan nilai keindahan artistik tersendiri bagi
artikel yang anda tulis dan membuat pengunjung tidak bosan melihat ataupun
membacanya. Namun gambar ini haruslah bersifat original atau hasil karya
jepretan anda sendiri.
2.
TEKNIK SEO OFFPAGE
Seo
offpage ini sering dimaknai oleh para master seo dan atau pakar seo maupun ahli
search engine optimization blogger medan sebagai serangkaian tindakan optimalisasi
search engine optimization/seo dengan mencari dan atau mengumpulkan backlink
yang bisa langsung menuju ke web-blog milik para bloggermania, misalnya
backlink dari media sosial (medsos) seperti facebook, twitter, path, line, instagram,
dlsb. Jika sebuah laman atau situs mendapatnya banyak backlink yang berkualitas
(dari laman yang sangat terpercaya), memiliki PR alexa yang ramping, PA dan DA
tinggi, serta juga mendapatkan backlink dari sharing yang dilakukan di media
jejaring sosial yang trafiknya banyak digunakan para pengguna internet, maka
google akan memaknai artikel/tulisan yang anda buat tersebut secara positif dan
akan dipandang banyak memberikan manfaat bagi khalayak ramai, sehingga sangat
layak untuk masuk ke halaman pertama google dalam hasil penelusuran mesin pencari
google.
Sebenarnya,
masih banyak lagi pembahasan mengenai seo ini, khususnya yang akan dimanfaatkan
untuk mengoptimalisasi kata-kata kunci/keyword tertentu (dalam hal ini keyword
bersih karena foke, bersih karena ahok, bersih karena hasudunga, bersih karena
aku, bersih karena silaen, bersih karena ahok versus/vs bersih karena foke, dlsb),
dan search engine optimization (seo) juga mencakup aspek yang lebih luas lagi
dari apa yang telah diuraikan diatas, namun hanya itu saja yang dapat kami
jelaskan, karena saya bukanlah seorang pakar seo terkemuka di Indonesia melainkan hanya
seorang yang berprofesi advokat, attorney, barrister, pengacara, lawyer dan
atau juga konsultan hukum yang berpraktik dan berkantor di Area Kota Medan,
Sumatera Utara (Sumut), Indonesia. Semoga tulisan kami yang membahas tentang
keyword/kata kunci sungai di Jakarta bersih karena foke yang berubah menjadi
frasa keyword sungai di Jakarta bersih karena ahok di hasil pencarian google
dapat menjawab fenomena terjadinya koreksi atau did you mean setiap keyword di halaman
mesin google. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih. (Silaen Lawyer)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....