Saturday, 27 August 2016

Anak Medan Di Dunia Keahlian Blogger

Kalau diamati halaman google, semarak anak muda pemerhati blogger asal Medan sungguh luar biasa keahliannya di dunia internet. Media internet telah dijadikan sebagai dunia komunitas baru untuk menyampaikan berbagai ide, hasil penelitian, menceritakan keluh kesah, menuangkan hobi, menyimpan berbagai kenangan indah dan juga moment-moment yang sangat menyenangkan, gudang data dan gambar, menyalurkan aspirasi dan inspirasi, serta banyak lagi hal-hal berguna lainnya yang dapat dilakukan dalam sekejam mata dengan adanya internet tersebut.

Forum Komunitas Para Blogger Handal Anak Medan Di Dunia Internet Online
 
Sebenarnya internet sudah merambah ke berbagai sektor yang diaplikasikan sebagai salah satu peluang lahan bisnis yang masih sangat terbuka lebih untuk bisa memberikan nilai tambah dari halaman mesin pencari, khususnya dalam menekuni berbagai bisnis online yang selanjutnya sering dikenal dengan nama e-bisnis, yakni dengan mendirikan berbagai toko online yang menjual berbagai jenis barang/produk dan juga jasa dengan harga yang sangat kompetitif.

Di Kota Medan yang merupakan kota ketiga terbesar di Indonesia, para pegiat internet sudah cukup banyak dikenal khususnya dengan mengoperasikan berbagai situs-situs niche tertentu. Tentu saja kegiatan blogger para anak Medan ini tidak hanya sekedar untuk menyalurkan hobi semata, melainkan juga telah ada yang merambah sebagai lahan bisnis baru, misalnya dengan menjual keahlian khusus yang dimiliknya dalam hal mengutak-atik web. Nah, keahlian khusus yang kami maksudkan disinilah adalah keahlian seputar bidang blogger di internet, seperti keahlian dengan menjadi “ahli seo”, menjualkan e-book tutorial ngeblogger yang baik dan benar hasil karya sendiri, dan lain sebagainya.

Sebagai anak Medan, kami tentu saja merasa bangga karena di dunia internet banyak orang mengenal prestasi komunitas “blogger medan” di halaman pertama google dan keahliannya tidak disangsikan lagi. Prestasi blogger yang berasal dari Medan ini, sudah barang tentu dapat diraih dengan perjuangan yang cukup berat dan penuh liku. Karena, sebagaimana diketahui bersama bahwasanya komunitas di dunia internet tidak hanya diisi oleh orang-orang asal dari Medan atau nusantara ini saja, melainkan juga dari seluruh perjuru dunia yang tidak terhitung jumlahnya.

Sebelum menjadi seorang blogger yang sejati, calon-calon master blogger handal haruslah memahami bagaimana cara membuat atau mengoperasikan sebuah web yang baik dan benar, agar mampu dikenal atau diketahui oleh masyarakat pengguna internet. Tidak hanya sekedar posting ini atau publikasi itu. Semuanya  harus dimanajemen dengan baik, layaknya membangun sebuah gedung super mall (misalnya fondasi awal berupa domain dan juga hostingnya; kemudian disain grafis; mempromosikan ke berbagai media internet lainnya seperti facebook, twitter, instagram, dlsb) terstruktur, sistematis dan masif. Cukup sulit dan rumit bukan?

Memang sulit kok, tapi tetap harus dilakukan bila tidak maka web atau dunia blogger yang dilakukan akan sia-sia/percuma dan secara perlahan-lahan akan mati. Satu hal yang harus diingat, bahwa dunia blogger adalah dunia menyalurkan ide dan kreasi buah pikiran, baik dalam bentuk berbagai artikel/tulisan, gambar atau video yang bisa dinikmati manfaatnya oleh para pengguna internet atau sang pembaca pengunjung setia web anda.

Lalu bagaimana agar artikel/tulisan, gambar atau video yang dipublikasikan dalam web/blog milik kita bisa diketahui oleh orang banyak? Maka belajarlah tentang dunia optimasi blogger, baik itu belajar tentang apa itu SEO (Search Engine Optimization) maupun belajar tentang teknik dan teknis SEM (Search Engine Marketing) apakah itu menggunakan PPC (Pay Per Click) atau menggunakan iklan AdsGoogle, dlsb. Hal ini sangat penting untuk diketahui oleh seorang blogger, khusus calon blogger-blogger handal asal Kota Medan. Karena dengan memahami ilmu optimasi blogger, maka jaminan untuk mendapatkan kepopuleran di halaman satu google peluangnya sangat terbuka lebar.

Apa sih keuntungannya bagi para blogger medan apabila website tampil di halaman pertama google? Kalau yang ini yang anda tanyakan, maka keuntungan yang bisa diraih adalah sangat banyak. Bisa berupa jumlah trafik yang sangat banyak dan tidak terbatas jumlahnya, dapat dijadikan sebagai penghasilan berupa mendapat uang tambahan misalnya dengan menjadi tenaga ahli optimasi SEO atau jadi pakar SEM berbagai website e-bisnis maupun toko online dalam rangka menunjang aktifitas internet marketing global, juga nama kita menjadi sedikit lebih top dalam bingkai komunitas di dunia blogger internet, dan banyak keuntungan lainnya. Apa anda tidak tergiur? He he he heee...

Sinergisitas Blogger Dan SEO - SEM
Antara blogger dan SEO maupun SEM ada hubungan yang tidak dapat dipisahkan, dimana para blogger dalam mengembangkan web/blognya sangat membutuhkan SEO atau SEM agar semakin terkenal lagi.

Penggunaan SEO dan SEM ini tidak hanya terbatas dalam kurun waktu tertentu saja, melainkan harus tetap dilakukan step by step dan hari demi hari. Intinya, SEO dan SEM ini harus terus dilakukan tanpa terputus. Hasil dari adanya sinergisitas ini juga tidak dapat diperoleh secara instant, dalam arti hasilnya tidak langsung dapat dinikmati begitu teknik dan teknis SEO dan SEM tersebut dilakukan, karena bisa saja hasil akan dapat dinikmati pada minggu, bulan atau tahun berikutnya. Jadi sangat dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi.

Secara prinsipil teknik dan teknis SEM adalah merupakan pengembangan dari penggunaan SEO, dimana kedua-duanya memaksimalkan penggunaan mesin pencari agar web milik para blogger bisa masuk dengan mudah ke halaman pertama google tanpa ada rintangan yang berarti dari rival blogger lainnya.

Secara teori SEO, baik itu yang dikeluarkan oleh sang pemilik mesin pencari (dalam hal ini msn, bing, yahoo, google, yandex, baidu, dlsb) dan juga yang dibuat oleh ahli/pakar atau master dan praktisi dunia Search Engine Optimization, bahwasanya untuk bisa lebih menggenjot gebrakan Search Engine Optimization dibagi menjadi 2 (dua) bahagian, yaitu => 1). SEO ONPAGE dan 2). SEO OFFPAGE. Dimana kedua SEO ini harus disinergiskan dengan penuh konsistensi dan kesabaran.

Apa arti dan bagaimana menggunakan SEO ONPAGE? Bila kita mengacu pada pendapat-pendapat yang berkembangan atau dikatakan oleh para ahli/pakar, master atau praktisi Search Engine Optimization, bahwa arti, definisi atau pengertian SEO ONPAGE merupakan serangkaian pekerjaan optimalisasi website dari dalam badan atau mesin website itu sendiri, sehingga bisa menduduki halaman pertama mesin pencari dalam rangka menambah volume trafik pengunjung datang ke web/blog (misalnya pemilihan nama alamat domain dan juga hosting, pemilihan dan penggunaan themes atau template yang support seo friendly, memperbaiki atau membuat script-script yang merugikan kinerja web/blog menuju ke halaman satu mesin pencari, mengisi header tag (H-1) – (H-2) – (H-3) - dsb, mengisi deskripsi yang singkat dan padat di webs, mendaftarkan web/blog ke berbagai webmasterstool, membuat halaman statis, membuat menu navigasi, membuat labelisasi atau kategori konten, membuat beragam konten menarik dan berkualitas (baik berupa artikel/tulisan, gambar dan atau video), dlsb.

Sedangkan SEO OFFPAGE, arti, definisi dan atau pengertiannya adalah => serangkaian pekerjaan optimalisasi website dari luar tubuh atau mesin website itu sendiri, sehingga bisa menduduki halaman pertama mesin pencari untuk meningkatkan lalu lintas trafik pengunjung yang lebih banyak lagi datang ke web/blog dengan cara membagikan link-link artikel yang telah dipublikasi. Cara membagikan link ini dapat dilakukan dengan cara berkunjung dan berkomentar di web/blog para blogger lainnya dibarengi dengan meninggalkan alamat url link miliki kita, kemudian bisa juga dengan membagikan berbagai tulisan-tulisan kita via jejaring media sosial (facebook, twitter, instagram, line, dsb), bisa juga kita bergabung ke komunitas-komunitas online yang ada di internet, gabung diberbagai direktori-direktori forum sosial, menjadi penulis tamu diberbagai media forum yang khusus disediakan oleh media online, dlsb. Intinya, setiap kita aktif di media-media online diatas, maka jangan lupa untuk menanamkan alamat link web/blog kita agar dapat dikunjungi balik oleh para pembaca yang ada di media online tersebut. Ketika ada seorang pengunjung yang datang dari media-media atau forum-forum sosial kemasyarakatan yang kami sebutkan diatas, maka web/blog milik kita akan mendapatkan backlink, dan backlink-backlink inilah yang selanjutnya sangat bermanfaat untuk menunjang berbagai kebutuhan membangun fondasi SEO yang baik.

Tapi yang perlu diingat oleh para blogger atas pemanfaatan SEO OFFPAGE ini, bahwa senantiasa mengumpulkan backlink-backlink yang berkualitas tinggi dan memiliki page ranking (PR) yang lebih baik dari page ranking web/blog kita. Namun hindari backlink-backlink dari situs-situs illegal (web yang dilarang oleh pemerintah dan juga oleh mesin), karena backlink ini akan menelurkan penyakit yang berbahaya bagi kesinambungan pengembangan website jangka panjang.

Kehadiran Para Komunitas Blogger di Dunia Maya
Memang akhir-akhir ini ada kecenderungan banyaknya lahir komunitas-komunitas online sebagai tempat berkumpulnya para blogger dari seluruh penjuru dunia. Ada baiknya selaku pemerhati dan penggiat dunia blogger, bila memang ada waktu tidak ada salahnya diikuti komunitas-komunitas para blogger ini. Minimal untuk menambah teman dan juga ilmu serta kemampuan seputar masalah ngeblog.

Kalau kita cermati perkembangan komunitas untuk para blogger ini, tidak saja ada di dunia maya (online/daring) melainkan juga telah merambah ke dunia nyata (offline/during) dengan berbagai program-program yang ditawarkannya. Misalnya sampai ada yang road show, melakukan seminar yang membahas tentang seputar dunia bisnis online, melakukan kegiatan amal dan lain sebagainya.

Nah, di Kota Medan sendiri dimana penduduknya yang berjumlah diatas 2.000.000 (dua juta) jiwa lebih, terdiri dari 21 (dua puluh satu) kecamatan dan 161 kelurahan, tentu peluang untuk melahirkan berbagai komunitas-komunitas para blogger Medan masih sangat terbuka lebar. Sehingga pengeksploitasian diri dan juga kemampuan kelompok, khususnya di dalam dunia pengembangan web/blog yang lebih bermanfaat lagi dapat diwujudkan.

Kalau ngeblog itu hanya untuk menyalurkan bakat atau hobbi semata, tentu akan sangat membosankan. Tetapi, apabila web/blog yang dioperasikan tersebut dapat memberikan nilai tambahan atau profit, semangat untuk terus eksis dan konsisten berblogger akan semakin tambah. Coba bayangkan berapa banyak energi dan juga materi yang dikorbankan seorang blogger agar ia-nya bisa tetap eksis di dunia blogger, misalnya untuk biaya membeli paket internet. Mungkin tak terhitung jumlahnya. Oleh karena kondisi diataslah, banyak para blogger potensial yang pasif melakukan update di web/blog miliknya disebabkan bukannya untung yang didapatkannya selama aktif di dunia blogger.

Sebenarnya di dunia online banyak terdapat komunitas-komunitas untuk para blogger dengan segudang visi dan misi, namun karena kurangnya manajemen dari si pembentuk atau dari si-inisiasi komunitas blogger, maka perlahan-lahan komunitas online untuk para blogger tersebutpun pasif adanya dan ditinggal oleh para blogger. Nah, bila terjadi hal yang seperti ini, siapa yang akan kita salahkan?

Komunitas Para Blogger Menaikkan Konversi E-Bisnis
Apa hubungan antara aktif di komunitas para blogger dengan konversi e-bisnis? Sebenarnya, bagi anda para pemilik atau pegiat e-bisnis atau owner toko online sangat mengharapkan adanya konversi tinggi atas usaha-usaha yang dijalanakan dengan menggunakan website toko online. Tentu saja adanya forum komunitas para blogger harus dimaknai sebagai salah satu tempat untuk mempromosikan produk/barang atau jasa yang dipasarkan.

Konversi yang kami maksudkan disini adalah => tingkat ketertarikan orang untuk membeli atau mempergunakan produk/barang atau jasa yang ditawarkan di website toko online, setelah mereka terlebih dahulu berkunjung ke web yang bersangkutan. Pengunjung yang datang ke website bisa berasal dari mesin pencari atau juga dari media-media yang selama ini telah kita kunjungi dan mencantumkan alamat link web toko online.

Nah, tentu saja ada hubungannya antara forum komunitas para blogger dengan meningkatnya konversi atas toko online tersebut. Karena bisa saja sebahagian calon pembeli adalah berasal dari forum komunitas para blogger yang pernah kita singgahi atau ikuti.

Tentu saja tidak hanya konversi yang meningkat melainkan juga trafik pengunjung yang datang ke web juga akan tinggi. Ilunstrasinya kira-kira begini, misalnya karena kegiatan kita yang aktif mengikuti berbagai forum komunitas para blogger yang ada di internet, alamat web yang sering ditanamkan ketika berkomentar atau memberikan beberapa argumen atas pembahasan yang sedang hangat dibicarakan menjadi sedikit dikenal oleh para anggota komunitas, maka tentu saja ada sebahagian anggota komunitas yang kepingin tahu lebih lanjut atas apa yang ditawarkan. Adanya keingintahuan ini tentu saja akan mengklik atau mengunjungi website milik kita, akibat hal ini maka secara langsung trafik pengunjung akan meningkat. Seandainya trafik pengunjung yang datang ke website kita diasumsikan ada berjumlah 500 (lima ratus) pengunjung per-hari. Maka, jumlah trafik web adalah 500. Selanjutnya dari jumlah pengunjung 500 per-hari tersebut adalah 20 (dua puluh) orang tertarik untuk membeli produk/barang atau jasa yang ditawarkan di dalam website, maka konversinya adalah 20 berbanding 500 (20/500), artinya 1 orang pembeli dari 25 orang pengunjung yang datang ke website. Inilah yang dimaksudkan dengan konversi tersebut.

Kalau kita cermati lebih dalam lagi, dengan kita aktif di dalam forum-forum komunitas para blogger dan sering meninggalkan alamat link, maka sedikit banyaknya pekerjaan optimasi SEO secara OFFPAGE telah dilakukan, dimana hal ini sangat bermanfaat dalam rangka building SEO webs agar lebih memiliki nilai saing yang tinggi atas webs-webs kompetitor lain yang selalu berhasrat duduk di halaman pertama google.

Oleh karena itu, kami sangat menyarankan kepada para blogger medan agar senantiasa bergabung atau aktif di forum-forum komunitas para blogger yang ada di media internet, karena manfaatnya dapat meningkatkan konversi toko online yang dimiliki.

Semoga tulisan kami yang berjudul tentang anak Medan di semarak keahlian dunia blogger internet online ini, dapat bermanfaat bagi siapa saja, khususnya bagi sang calon blogger-blogger Medan yang handal dan memiliki keahlian tingkat expert. Bila ingin mempelajari atau kepingin tahu tentang siapa kami, silahkan baca sinopsis lengkap kami di halaman => “tentang profil kami”. Sekian dan terima kasih. Salam Advokat – Pengacara – Lawyers – Attorney – Solicitors – Konsultan Hukum Indonesia. (by NH Silaen, SH – Advokat dan Konsultan Hukum Anggota Peradi, Putra Batak asal Kota Medan, Sumatera Utara (SUMUT), Indonesia).

No comments:

Post a Comment

No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....