Saturday, 9 July 2016

Info Lowongan Kerja Terhindar Modus Penipuan

Era teknologi digitalisasi yang canggih, sangat mudah menemukan informasi lowongan kerja online. Hal ini tentu saja disebabkan orientasi pencari kerja semakin lebih smart dengan mencari dan bahkan menarih harapan atas adanya info lowongan kerja yang dicantumkan oleh website atau situs yang secara khusus menyediakan informasi lowongan kerja dari berbagai lembaga dan juga perusahaan (dalam hal ini adalah lowongan pekerjaan menjadi Pegawas Negeri Sipil (PNS), lowongan pekerjaan pada perusahaan BUMN/BUMD, perusahaan swasta nasional maupun perusahaan internasional), baik untuk lulusan strata-1/S-1, S-2, D-3, D-2, D-1, SMA dan SMK sederajat.
Tips - Trik dan Kiat Mencari Infomasi Lowongan Kerja Yang Benar - Aman dan Terhindar Dari Modus Penipuan

Banyaknya website atau blog yang menerbitkan informasi tentang adanya lowongan kerja (lebih dikenal dengan nama "loker")juga didukung sepenuhnya oleh perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja baru dengan cara bekerja sama dan atau langsung memasang iklan lowongan kerja secara free di website atu situs lowongan kerja online tersebut.

Perlu kami informasikan dan juga anda ketahui, bahwa dari sekian banyaknya informasi iklan lowongan kerja yang dimuat secara online di internet tersebut, tidak semua benar dan ada kecenderungan merupakan modus penipuan, meskipun dibarengi dengan adanya kata-kata dijamin aman dan bukan merupakan penipuan (dengan kata lain patut kita waspadai), oleh karena telah banyaknya modus penipuan atas nama adanya lowongan kerja online yang telah banyak memakan korban, maka anda harus berhati-hati.

Perlu adanya kehati-hatian atas adanya informasi lowongan kerja di internet tentu tidak terlepas dari adanya kelalaian dari pemilik website lowongan kerja yang secara sembarangan memuat info lowongan kerja yang iklannya ditawarkan untuk dipasang, karena perusahaan dimaksud adalah perusahaan yang tidak benar atau abal-abal. Tidak tertutup kemungkinan ditengarai adanya kerjasama antara website lowongan kerja dengan perusahaan pemasang iklan lowongan kerja di internet. Jadi sekali lagi kami ingatkan agar waspada dan selalu curiga.

Salah satu modus penipuan lowongan kerja yang dilakukan dalam kaitannya dengan info lowongan kerja online di internet adalah sang penipu sering mengaku selaku pimpinan, manajemen ataupun HRD sebuah perusahaan yang sedang berkembang pesat di kota-kota besar di Indonesia (seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Bali, Batam, Pekan Baru, Aceh, Palembang, Kalimantan, Sulawesi, Semarang, dan kota-kota besar lainnya di Indonesia), kemudian akan meminta untuk mentransferkan sejumlah uang dengan dalih sebagai ongkos atau tiket untuk melobby pemilik atau direktur utama perusahaan, atau dengan meminta agar dikirimkan uang untuk tiket keperluan wawancara ke daerah tempat si pelamar kerja berdomisili. Setelah, mentransfer sejumlah uang yang diminta, si pencari kerja tidak kunjung dipanggil-panggil. Tentu adanya kejadian seperti yang kami ilustrasikan diatas agar tidak terulang lagi, maka jalan satu-satunya adalah agar anda belajar dan atau mengetahui cara menghindar agar nantinya tidak menjadi korban berikutnya.

Nah, berikut ini ada beberapa tips, cara atau metode untuk mengenali ciri-ciri penipuan dengan modus iklan lowongan kerja di internet, yakni:
  • Teliti dan cermati kontak person atau nomor telepon yang bisa dihubungi.  Pada umumnya nomor telepon ataupun handphone yang dicantumkan oleh perusahaan pencari tenaga kerja akan aktif dan siap untuk melayani anda. Namun, apabila anda sudah berhasil kena tipu, maka nomor yang dijadikan sebagai kontak person dimaksud sudah tidak aktif lagi, ataupun mengalihkan panggilan telepon anda, dan bahkan lebih sering tidak akan mengangkat telepon maupun membalas SMS yang anda kirim.
  • Biasanya perusahaan yang modusnya penipuan, secara umum selalu memakai alamat email pribadi yang bersifat gratisan seperti @yahoo, @gmail, atau @hotmail. Padahal seharusnya, kalau memang benar perusahaan dimaksud adalah perusahaan besar dan bonafide untuk menjaga nama baik atau reputasi perusahaan di mata publik pasti akan memakai email perusahaan domainnya sendiri yang berbayar, misalnya namaanda@domainsendiri.com dan lain sebagainya.
  • Perhatikan website perusahaan acap kali menggunakan website dari weebly, wordpress.com, blogspot.com atau blog-blog gratisan lainnya sebagai alamat websitenya, contohnya infoloker-network.wordpress.com. Disamping itu, jika anda menemukan info lowongan kerja dari perusahaan yang namanya terasa asing, maka silahkan langsung kroscek pada bahagian paling bawah atau atas website perusahaan yang bersangkutan, maka anda akan dengan mudah menemukan logo atau nama blog.
  • Cenderung website info loker yang berindikasi kuat sebagai modus penipun akan melakukan berbagai cara agar menarik dan meyakinkan si pencari kerja, misalnya dengan cara mempublikasikan berbagai ragam foto pegawai atau buruh atau karyawan, dan bahkan ada juga yang mengupload foto-foto berupa acara perusahaan dengan memakai foto hasil dari manipulasi dan rekayasa komputer atau hasil mengambil dari foto perusahaan yang berada di luar negeri.
  • Waspadai bila ada tindakan yang menyuruh anda untuk membeli sebuah paket dengan harga nominal yang sudah ditentukan sebelumnya. Padahal sebenarnya paket-paket dimaksud kenyataannya tidak pernah ada. Seperti paket daftar kuisoner-kuisoner secara online memakai kode member tertentu, mesin pencari uang mudah lewat media internet, paket anda sedang beruntung hari ini, dan lain sebagainya.
  • Adanya suruhan yang rada-rada memaksa untuk melakukan pembayaran produk, serta diberikan gambaran atau prospek tentang keuntungan yang bisa didapatkan secara berlipat-lipat ganda, seperti membeli sebuah paket kuisoner seharga Rp. 100.000, dan anda akan diberikan kuota sebanyak 100 responden aktif untuk mengisi kuisoner, kemudian untuk masalah imbalannya anda akan mendapatkan uang sejumlah Rp. 5000 per satu orang kuisoner. Apabila anda tidak secepatnya melakukan pembayaran, maka anda akan dihapus menjadi member dan atau anda tidak berhak atas keuntungan yang akan diperoleh.
  • Adanya tindakan dengan meminta anda untuk melakukan transfer sejumlah uang dengan dalih tiket pesawat pulang pergi (pp), misalnya dari daerah ke kota Jakarta tempat dilangsungkannya wawancara perusahaan dan biaya-biaya akomodasi selama di Jakarta ataupun pada kota-kota lainnya. Terkadang adanya permintaan dimaksud semakin berkembang tidak hanya terkait lowongan kerja, permintaan untuk mentransfer uang adalah indikasi penipuan yang banyak dilakukan saat ini. Maka dari itu, bila menemukan hal yang seperti ini segera abaikan saja semua bentuk permintaan transfer uang dimaksud.
  • Secara umum, pihak penipu lowongan kerja akan memberikan waktu yang sangat singkat untuk menjerat korbannya, misalnya sekitar 7 (tujuh) hari. Disamping itu, tidak ada nama perusahaan jikalau kita mencari tahu via browser internet menggunakan mesin pencari, karena bila memang benar perusahaan tersebut sudah terdaftar namanya, maka akan terdaftar atau tercantum bila kita akan sedang melakukan browsing dengan mesin pencari.
Nah, apa yang kami kemukakan diatas adalah sebagai contoh kecil atau sederhana untuk mengantisipasi anda menjadi korban penipuan info lowongan kerja online yang diterbitkan di internet. Oleh karena itu, anda sangat dituntut untuk lebih berhati-hati dalam memilih informasi lowongan kerja yang dibuat oleh website-website loker di internet. Ada baiknya sebelum anda melamar suatu pekerjaan, anda cek terlebih dahulu beberapa informasi yang berkaitan dengan perusahaan yang membuka lowongan kerja tersebut. Coba anda telepon terlebih dahulu perusahaan yang membuka lowongan kerja tersebut, serta jangan lupa untuk menanyakan selengkap atau sedetailnya mengenai kebenaran tentang informasi lowongan kerja yang beredar di dunia maya.

Mudah-mudahan setelah anda membaca tulisan ini, para sahabat blog advokat silaen & associates dan juga para rekan-rekan advokat dapat memberikan solusi kepada sahabat atau keluarga untuk menghindari adanya lowongan-lowongan kerja yang terindikasi penipuan atau bermasalah hukum. Semoga bermanfaat, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

No comments:

Post a Comment

No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....