Pembaca dan pengunjung web advokat
silaen & associates yth, even pemilu 2019 (pilpres dan pileg) menjadi
moment bagi jasa periklanan untuk mendapatkan job pasang iklan dari para
kandidat legislatif ataupun tim pemenangan calon presiden/wakil presiden yang
hendak menyampaikan visi dan misi ataupun programnya di saat memasuki tahap kampanye
maupun sosialisasi ke masyarakat pemilih.
Tentu iklan kampanye tersebut akan
dipasang di media offline maupun media online. Nah, prospek adanya keuntungan
yang bisa didapat dari dunia periklanan tersebut, membuat pengusaha yang
bergerak dalam bidang jasa periklanan mulai bergegas karena sebentar lagi akan
memasuki tahapan kampanye, yaitu pada tanggal 23 September 2018 hingga 13 April
2019.
Memang salah satu tujuan pemasangan
iklan para peserta pemilu bertujuan untuk mempromosikan sang calon legislator
ataupun calon presiden/wakil presiden, sekaligus dalam rangka untuk
meningkatkan popularitas dan elektabilitas sang calon tersebut.
Terkait dengan hal promosi tersebut,
web lawyer medan
ini akan mengulas sedikit tentang kehadiran para pemberi jasa pasang iklan kampanye,
khususnya yang dilakukan oleh para calon legislatif (caleg) yang ikut menjadi
peserta pileg 2019 ini. Adanya jasa pasang iklan politik, baik iklan teks,
maupun gambar dalam bentuk banner dan video merupakan solusi terbaik sebagai
salah satu strategi untuk melakukan kegiatan kampanye politik dan promosi
maupun branding diri sang caleg ke para calon pemilih yang ada, terutama dalam
tulisan ini adalah pemilih yang intens menggunakan internet.
Sebagaimana diketahui, bahwa kurang
lebih 160 juta akun facebook dan lebih dari 100 juta pengguna google akan siap
menjadi audience setia untuk membaca dan melihat visi dan misi anda sebagai
caleg yang patut untuk dipilih mewakili mereka.
Itu artinya, bagaimana penggunaan
teknolgi digital sebagai alat untuk bersosialisasi online ataupun berkampanye online
kepada masyarakat pemilih yang lazim menggunakan media online. Ingat, bahwa even
pemilihan calon legislatif ini penuh dengan persaingan untuk mengambil simpati
para pemilih, coba bayangkan beratus-ratus caleg yang “all out” bertarung hanya
dalam satu daerah pemilihan (dapil) saja.
Jadi, ketika sudah mencalonkan diri
menjadi calon legislatif wakilnya rakyat, maka mulai detik itu pula moment yang
sangat menantang ada di depan mata, tanpa pernah memikirkan berapa besar biaya
politik, seperti pengeluaran untuk kampanye yang bakal dipikul sang caleg.
Selaku pemerhati dunia kepemiluan,
kami selaku yang berprofesi advokat sumut atau pengacara peradi, melihat ada
beberapa opsi yang bersifat umum dapat ditempuh, seperti menjalankan sendiri
promosi dan kampanye tersebut dengan cara-cara konvensional. Atau bila anda
memiliki uang lebih dapat menyewa jasa konsultan politik ataupun sewa jasa
kampanye profesional yang ada di daerah anda.
Pada tulisan yang kami bagikan ini,
kami tidak akan membahas tentang keberadaan jasa konsultan politik karena untuk
memakainya dipastikan akan mengeluarkan biaya ratusan juta bahkan bisa jadi
hingga milyaran rupiah untuk moment pemilu ataupun pilkada.
Kami hanya membicarakan, kampanye
politik yang berbiaya murah tapi hasilnya bisa memenangkan anda selaku caleg
dan berhak menduduki kursi DPR RI, atau DPRD Provinsi ataupun DPRD
Kabupaten/Kota. Kampanye caleg yang berbiaya murah tersebut adalah menggunakan
teknologi digital sebagai jalan keluar untuk mempopulerkan nama anda sebagai
caleg.
Jika anda sebagai calon legislatif sangat
awam dengan teknologi digital ataupun medium pemasaran online, bisa dipastikan
anda akan kewalahan. Mengapa? Karena teknik-teknik lama kampanye berbasis menyewa
jasa buzzer digital atau pamflet sudah sangat tidak mengutungkan di era jaman
now ini. Selain begitu banyak tenaga orang yang akan dipekerjakan, tapi
efektifitasnya cenderung tidak terukur dan kebanyakan salah target. Terutama
ketika menggunakan arena pertempuran penyampaian visi dan misi dalam arena yang
secara ownership adalah milik pihak ketiga (seperti facebook, twitter atau instagram
maupun whatsapp, bisa-bisa jadi senjata makan tuan.
Nah mengantisipasi kampanye di media
digital tidak salah sasaran, web advokat silaen & associates akan
membagikan tentang adanya peluang teknologi digital yang memberi kesempatan
bagi caleg yang memiliki dana kampanye minim tapi ingin sukses. Peluang yang
harus dilakukan adalah:
1) Menyiapkan waktu yang cukup
Jika anda sebagai caleg yang
memiliki pendanaan terbatas, terutama untuk mengkampanyekan diri anda, maka
tidak ada salahnya bila menukarkannya dengan penyediaan waktu kampanye yang
lebih panjang, namun bertahap. Mengapa? Karena konsepnya adalah bagaimana cara
anda sebagai seorang calon anggota DPR atau DPRD bisa melekat dalam ingatan calon
pemilih.
Dalam konsep teknik pemasaran
online, saat ini banyak diperhadapkan pada pengguna tool pengiklan google atau
facebook. Pada tools ini ada standar kemunculan iklan yang maksimum frequensi
untuk diterbitkan. Contoh bisa terbit pada seseorang 1.8 perharinya. Artinya dengan
memaksimalkan frequensi ini, maka anda bisa masuk dan menyusup dalam ingatan
penonton yang tak lain ada pemilik akun fb.
Tapi namanya manusia yang tidak sama
memiliki ketahanan daya ingat. Disinilah pentingnya ada strategi jitu yang
secara teknis bisa menangkap pesan kampanye politik anda hanya dengan satu kali
melihat, tapi ada yang juga yang butuh berkali-kali baru ingat. Karena layar
digital, seperti: laptop, smatphone ataupun handphone sangat penuh dengan keluar
masuknya informasi online yang saling menggangu penonton dan ataupun meminta
perhatian penonton.
2) Adanya sarana penyedia yang tepat
Ada beberapa orang yang memang
mengerti dan cekatan tentang keakuratan teknologi digital saat ini. Terutama
kemampuannya dalam mengindentikasi lokasi geografis atau domisili anda, nomor
telepon maupun ip address yang anda pakai. Yang secara data, sangat berguna dan
bermanfaat dalam membangun basis pemilih anda untuk dapil mana.
Hampir semua pegiat dunia digital
membutuhkan adanya kerelevanan atas sebuah data basis. Tujuannya adalah untuk
memuluskan jalan dalam rangka memaksimalkan kehadiran informasi tentang calon legislatif
yang akan dihadapan kepada calon pemilih. Sehingga menjadi perhatian dan
mendapatkan dukungan dari audience.
Nah jika anda tidak memiliki
keahlian dan kebinguan mencari institusi yang mengerti metode ini, anda bisa
serahkan ke tim kampanye digital ataupun jasa sosialisasi kampanye online
yang ada di kota anda. Jika anda langsung beruntung, tim yang anda hubungi sudah
ready sejak jauh-jauh hari dengan strategi dan materi yang cocok untuk
mendongkrak popularitas dan elektabilitas anda selama masa kampanye. Ya sekalian
mudah-mudahan tim tersebut memiliki pemahamaan tentang kebijakan terbaru
facebook dan google tentang kampanye untuk tujuan politik.
3) Memiliki konten yang relevan dan
tak menyalahi aturan
Alangkah baiknya jika anda sebagai
calon legislator, mengerti dengan tujuan partai dan tujuan politik yang anda
perjuangkan bila duduk sebagai wakil rakyat di gedung parlemen. Selain anda
juga harus memiliki kepekaan modal membangun kepercayaan konstituen terhadap diri
dan parpol anda. Juga menjadi faktor yang membentuk karakter kampanye anda yang
merepresentasikan kehadiran partai dan gerakan politik anda kedepannya.
Semua hal yang menjadi tujuan partai
dan tujuan politik anda selaku caleg membutuhkan berbagai konten-konten berkualitas
dan menarik yang akan dihadirkan ke masyarakat calon pemilih. Sangat disarankan
agar konten yang dipublikasikan sangat berhubungan dengan visi dan misi politik
yang diwujudkan melalui pembuatan konten digital yang akan disebar secara
bertahap dan massif.
Untuk penyebaran konten digital
dimaksud, maka dapat menggunakan saluran-saluran digital seperti google,
facebook dan twitter ataupun web/blog. Cara yang paling sederhana adalah dengan
memasang iklan anda, baik foto ataupun banner yang terkait dengan visi dan misi
sebagai caleg yang layak untuk mewakili rakyat pemilih.
Nah, website advokat silaen &
associates ini, siapa untuk bekerja sama untuk memasarkan diri anda selaku
caleg dengan metode jasa pasang iklan banner online yang khusus kami berikan untuk caleg. Perlu dijelaskan
sedikit, bahwa blog advokat dan pengacara medan ini telah memiliki pengunjung
fanatik yang jumlahnya hampir seribu visitor dengan pageview 1500-3000 per-hari.
Kalau sebulan silahkan hitung sendiri.
Web/blog ini juga sudah terpasang
SEO (search engine optimization) dengan baik, dan memiliki berbagai artikel
berkualitas yang duduk di posisi ranking satu di halaman pertama google. Hahaha.....,
untuk informasi dan penjelasan lebih dalam anda bisa menghubungi divisi iklan atau bisa juga hubungi call center kami pada nomor yang terdapat di
bagian atas website ini. Intinya, blog lawyer dan web advokat selalu ready untuk
marketing caleg 2019 dalam rangka kesiapan mempromosikan anda melalui
penerbitan iklan berbiaya murah agar semakin meningkat popularitas maupun
elektabilitas yang akan memenangkan anda selaku caleg terpilih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....