Iklan
sebagai salah satu cara mempromosikan beragam produk/barang dan jasa yang
sangat tepat dan cepat, telah juga dimaknai oleh para penggiat internet sebagai
solusi dalam rangka mendapatkan uang dari kegiatan atau hobi di dunia online
via internet.
Memang
diera millenium ini, pertumbuhan website yang didisain secara khusus sebagai
salah satu “mesin pencetak uang”
semakin hari semakin marak saja. Tak ayal lagi, kondisi ini menciptakan banyak muncul
usaha daring atau bisnis online yang berdiri ibarat jamur di musim hujan, salah
satunya adalah usaha dalam bisnis iklan online yang berbentuk perusahaan
periklanan online.
Sebagaimana
diketahui bersama, bahwasanya iklan
online merupakan salah satu upaya dan/atau teknik pemasaran online yang
memanfaatkan sebuah situs web agar iklan tersebut tampil/muncul pada halaman
hasil pencarian “search engine”
dengan cara berbayar. Dimana dalam praktik yang berkembang, teknik pemasaran
online tersebut identik dengan nama “PAY
PER CLICK ADVERTISING” atau disingkat dengan nama “PPC ADVERTISING” (IKLAN PPC).
Dalam
praktik iklan ppc sebagai salah satu teknik yang digunakan pada pemasaran online
era digitalisasi, tentu membutuhkan keahlian khusus dalam menganalisa kata
kunci (keyword) tertarget, kejelian dalam membuat teks iklan, kejelian dalam
hal pengaturan biaya/tarif kebutuhan anggaran iklan, dan besaran harga yang
ditetapkan per-klik (cost per click –
CPC).
Alasan Memilih
Iklan Online
Lazim
ditemukan, bisnis-bisnis online di Indonesia telah menggunakan berbagai
perusahaan-perusahaan penyedia iklan online. Ada beberapa alasan yang menjadi
pertimbangan para pemilik bisnis/usaha online menjatuhkan pilihannya menggunakan
iklan online yang ada, yakni:
Serba
instant dan sangat efektif => dimana iklan online telah dimaknai sebagai
salah satu cara yang sangat instant, efektif, berbiaya sangat murah dan
kompetitif untuk mendatangkan trafik kunjungan yang potensial ke situs web anda
per-hari. Adanya trafik kunjungan yang sangat tinggi ini akan memberikan
harapan akan terjadinya transaksi jual beli atas produk/barang dan jasa yang
sedang dipromosikan melalui iklan online. Dengan kata lain, iklan online dalam
bentuk ppc advertising sangat efektif dalam mendongkrak pengunjung ke situs
web, dimana sebelumnya telah ditargetkan dalam pemasangan kata kunci (keyword) yang anda pesan untuk
ditanamkan.
Kemandirian
menetapkan anggaran => dalam menggunakan iklan online berbentuk iklan ppc,
anda dapat secara bebas menetapkan kebutuhan anggaran harian yang akan
dikeluarkan. Hal ini disebabkan iklan online ppc yang anda pasang akan dibayar,
ketika ada seseorang yang mengklik iklan online anda atau mengunjungi situs web
anda.
Dewasa
ini, telah banyak beroperasi perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis
iklan online di Indonesia. Serasa tidak mau ketinggalan, raksasa media sosial
seperti facebook dan twitter, serta raksasa mesin pencari google juga telah
mengembangkan sayapnya dengan membuka kerja sama yang seluas-luasnya dalam hal
pemasangan iklan online di situs web mereka. Adapun keuntungan yang dapat
diperoleh bila memasang iklan online pada media sosial dan google adalah
sebagai berikut:
Memasang iklan
online pada media sosial
Pada
prinsipnya bila memasang iklan di media sosial (facebook maupun twitter) adalah
menargetkan para profile orang-orang yang menggunakannya. Oleh karena itu,
ketika ada rencana untuk memasang iklan online di media sosial, maka anda harus
mengetahui betul siapa-siapa yang menjadi target pangsa pasar anda. Sebab pasang
iklan online di media sosial tersebut bisa diatur atau disesuaikan berdasarkan
kategori usia, lokasi atau alamat, status perkawinan/pernikahan, kesukaan dari
profile pengguna media sosial, dlsb. Disamping itu, iklan akan muncul untuk
jenis “sponsored stories” atau “facebook ads” ataupun “twitter ads” yang mana
iklan online ini dapat muncul di halaman utama (home page), profile, page, group, event, dlsb.
Panjang
teks iklan yang diperbolehkan sampai dengan 140 karakter dan dapat ditambahkan
dengan gambar (bandingkan dengan karakter iklan di google adwords yang sedikit
lebih pendek).
Dalam
hal biaya, iklan online di media sosial biayanya relatif lebih murah bila
dibandingkan dengan memasang iklan online di google adwords, namun sistem
bidding tetap diberlakukan seperti halnya di google adwords. Terakhir iklan
online di media sosial menyediakan “ads
manager” yang diperuntukkan dalam rangka memantau performa iklan online
yang anda pasang.
Memasang iklan
online pada google
Diatas
kami ada menjelaskan sedikit tentang pemasangan iklan online di google. Google
sebagai raksasa mesin pencari menjadi incaran terfavorit untuk memasang iklan.
Mengapa? Karena, 80% (delapan puluh persen) pengguna internet dunia adalah
menggunakan fasilitas yang disediakan oleh google. Jadi potensi pangsa pasarnya
sangat besar dan sangat menjanjikan, serta adanya jaminan bahwasanya akan
langsung berada pada posisi di halaman pertama google. Nah, bila ingin memasang iklan di google, tentu hal utama
yang harus dipertimbangkan adalah mengenai kata kunci (keyword) yang menjadi
target anda. Dengan kata lain, pemilihan kata kunci (keyword) yang tepat akan
sangat berpengaruh besar bagi tercapainya performa iklan anda secara maksimal.
Oleh karena itu, para pemilik situs web yang hendak memasang iklan di google
sangat disarankan untuk terlebih dahulu melakukan riset kata kunci (keyword)
sebelum ada keputusan pasang iklan di google.
Dalam
pasang iklan di google adwords, juga bisa dilakukan berbagai pengaturan,
seperti berdasarkan jenis kelamin, umur/usia, bahasa yang digunakan, lokasi
berbasis alamat Internet Protocol (IP), dlsb. Selain bisa muncul di search
engine google, iklan yang anda pasang bisa juga tampil pada jaringan iklan
google, video dan juga seluler. Keunggulan fasilitas inilah yang menyebabkan
para calon pemasang iklan banyak memilih google sebagai tempat pasang iklan
online situs webnya.
Keunggulan
lainnya adalah mengenai tarif biaya iklan yang harus anda keluarkan adalah
didasarkan pada penggunaan kata kunci (keyword) yang dipilih. Ada kata kunci
(keyword) iklan yang bertarif tinggi atau mahal dan ada juga kata kunci
(keyword) iklan yang bertarif murah atau rendah. Semuanya tergantung pilihan
anda. Disamping itu, google menyediakan fasilitas tool (alat) untuk
memonitoring performa iklan.
Nah,
bagi anda para pebisnis online yang tertarik untuk pasang iklan online dalam
rangka mempromosikan produk/barang dan jasa anda agar dapat lebih dikenal atau
populer lagi hingga mampu memberikan hasil keuntungan yang lebih besar lagi,
maka sudah saatnya untuk memilih iklan online sebagai sebuah solusi untuk cari
uang melalui berbagai bisnis di internet. Serta bagi anda yang tertarik untuk pasang iklan ataupun memasang banner di situs webblog ini, silahkan membaca syarat dan/atau ketententuannya yang termaktub dalam halaman statis "divisi iklan". Semoga tulisan ini bermanfaat, atas
perhatian dan kunjungannya ke situs blog “kantor hukum pengacara” ini diucapkan terima kasih. Salam dari penulis N.
Hasudungan Silaen, SH.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....