Mengamati
geliat generasi muda seo energik, memunculnya tanya siapakah pakar seo termuda yang
energik di Indonesia atau siapakah ahli seo termuda di Indonesia? Karena
akhir-akhir ini, fenomena lahirnya anak-anak muda energik yang paham dunia
pemanfaatan “search engine optimization”
hingga bisa dengan gampang masuk halaman pertama google. Buktinya, bertambahnya
jumlah website atau blog personal secara signifikan adalah tidak terlepas dari
peran anak muda yang mempunyai tangan-tangan terampil memaksimalkan kinerja
sebuah web-blog dimata mesin pencari, sehingga bisa unggul bersaing dengan
web-blog lainnya.
Secara
faktual di SERP google.com maupun google.co.id tahun 2016 ini, memang
akhir-akhir ini banyak tercatat pakar seo termuda ataupun ahli seo termuda yang
wara-wiri di halaman pertama google, apakah memang benar dilakukan oleh
orang-orang muda atau hanya merupakan kamuflase yang dilakukan oleh orang yang
bukan berusia muda, misalnya dengan secara khusus mengoptimasi keyword =>
“pakar seo termuda” maupun “ahli seo termuda” agar bisa tampil atau masuk ke
halaman pertama google. Entah apa alasan atau latar belakangnya, namun tentu
saja intinya untuk meningkatkan popularitas dan atau mendapatkan trafik
pengunjung yang lebih banyak lagi. Benarkan?
Tapi
terlepas dari tujuannya, satu hal yang menggembirakan bahwa ternyata keyword
tersebut saat ini menjadi rebutan para master seo ataupun praktisi seo untuk
menunjukkan kemampuannya masing-masing dalam rangka memperebutkan beberapa trafik
pengunjung yang akan datang singgah ke web-blog miliknya. Dengan kata lain,
keyword ini mempunyai makna tersendiri bagi beberapa orang ahli seo dan atau pakar
search engine optimization, sehingga sangat wajar menjadi target untuk segera
ditundukkan.
Sebenarnya,
baik pakar seo termuda ataupun pakar seo tertua perbedaan yang mencolok hanya
mengenai usia atau umur saja, meskipun didunia maya batasan umur untuk
menyatakan seseorang itu kategori muda atau tua adalah masih “sumir” (tidak jelas).
Arti dan Pengertian
Pakar Seo Termuda
Secara
umum, arti maupun pengertian pakar seo termuda dapat diasumsikan sebagai orang
yang memiliki kemampuan atau keahlian tertentu di dunia search engine
optimization web-blog yang usianya masih berkategori muda (masih usia remaja) atau
bukan orang tua. Asumsi yang berkembang ditengah-tengah masyarakat Indonesia,
bahwa biasanya yang menjadi pakar seo ataupun ahli seo itu adalah diidentikkan
dengan orang yang sudah berusia tua, sehingga untuk menepis dan anti tesis ini,
maka dimunculkanlah pendapat bahwa ada juga pakar seo termuda, ahli seo
termuda, master seo termuda, praktisi seo termuda, konsultan seo termuda, cikgu
seo termuda, maestro seo termuda, pendekar seo termuda, dan lain sebagainya.
Kehadiran
seoners-seoners termuda ini di Indonesia, tidak terlepas dari trik-trik atau
tips yang dimainkan oleh orang-orang yang mumpuni dibidang dunia seo. Kalau
boleh dikatakan bahwa trik seo adalah identik dengan seni memanipulasi hasil
kinerja mesin pencari (search engine).
Tapi, memanipulasi maksudnya jangan dimaknai sebagai tindakan atau perbuatan
yang curang atau mencurangi mesin pencari. Kok memanipulasi mesin pencari?
Karena prinsipnya, dengan memaksimalkan kinerja search engine optimization maka
anda bisa memanfaatkan atau membuat laman sebuah web-blog muncul di halaman
satu google dengan menggunakan kata kunci tertentu atau kata kunci apa saja.
Pembagian SEO
Dalam
literatur dan juga tutorial yang mempelajari tentang SEO, SEO itu sendiri
dibagi menjadi 2 (dua) bagian, yaitu => SEO ONPAGE dan SEO OFFPAGE.
1.
SEO ONPAGE
Inti
dari seo onpage ini adalah serangkaian tindakan pengoptimalisasian laman dari
dalam laman itu sendiri agar mendapatkan peringkat yang lebih maksimal lagi
pada hasil pencarian search engine google. Optimalisasi yang dilakukan pada seo
onpage ini adalah meliputi => a) konten-konten (baik berupa konten tulisan,
konten gambar maupun konten dalam bentuk video), b) meta tag, c) kecepatan
akses, d) struktur website/blog, e) internal link, f) eksternal link, g) dan
gambar yang menghiasi laman.
Untuk
konten => pastikan konten-konten artikel/tulisan yang anda buat di web-blog
adalah yang berkualitas dan sangat bermanfaat bagi banyak orang (khususnya para
pengguna internet). Pastikan bahwa artikel yang anda bikin tersebut adalah merupakan
hasil ketikan sendiri (bukan merupakan hasil copy paste) dengan tetap
memperhatikan atau mempertimbangkan panjang artikel yang anda tulis tersebut.
Ingat, kecenderungan algoritma google yang berkembang tahun 2016 kurang
menyukai konten-konten artikel yang pendek dan cenderung lebih memprioritaskan
laman yang berisi konten berkualitas untuk tampil dihalaman pertamanya.
Untuk
meta tag => bahwa kegunaan dari meta tag ini adalah untuk memudahkan google
mengindex web-situs anda, dimana yang masuk dalam kategori meta tag adalah
=> meta deskripsi, rel=cannonical, title tag, url rss feed, dan meta tag
lainnya yang dimengerti dan dapat dibaca oleh google.
Untuk
kecepatan akses => bahwa pada prinsipnya, semakin cepat akses laman dimuat,
maka semakin baik dan sayang pulalah pandangan google terhadap laman tersebut.
Disamping itu, pengunjung juga akan menyukai situs anda, karena blog yang
sangat lama, berat atau lemot diakses sangat tidak disukai dan tentu saja akan
sangat sulit mendapatkan posisi yang terbaik di mata mesin pencari google.
Untuk
struktur website/blog => pastikan bahwa laman milik anda mempunyai struktur
kode yang mudah dipahami dan dimengerti oleh google. Artinya, bahwa struktur
data web-blog anda diusahakan agar mudah dipahami google ketika melakukan
penjelajahan data-data yang termuat di laman. Karena itu, agar secara berkala
melakukan pengecekan apakah struktur web-blog anda sudah benar, khususnya
dengan memanfaatkan fasilitas “structured
data testing tool” yang disediakan dalam “webmaster tools google”. Seandainya terdapat kesalahan atau error
berarti ada kode data yang tidak dimengerti oleh google, sehingga wajib untuk
diperbaiki.
Untuk
internal link => maksudnya adalah link dalam artikel/tulisan kita sendiri
yang menuju ke link lain yang ada dalam laman kita sendiri. Jadi pemaknaan
internal link mengutamakan keterkaitan atau adanya hubungan antara
artikel/tulisan yang satu dengan yang lainnya. Misalnya kita membuat postingan
artikel yang membahas tentang ruang lingkup tentang pekerjaan pengacara, maka
dapat dibuatkan internal link-nya yang berhubungan dengan link “apa itu pengacara”, atau seperti
tulisan ini yang membahas tentang siapa pakar jasa seo termuda, maka dapat
diteruskan internal link-nya terhadap “jasa seo terbaik”, dan lain sebagainya. Bila ada beberapa internal link yang
termaktub di dalam sebuah artikel/tulisan yang hendak diposting, maka hal ini
akan dimaknai google secara lebih baik lagi.
Untuk
eksternal link => secara prinsip bahwa kerja eksternal link hampir sama
dengan internal link, cuma bedanya link yang dituju oleh eksternal link adalah
berada diluar link-link yang ada dalam laman kita, artinya tertuju pada link
dari situs luar yang masih mempunyai hubungan dengan artikel/tulisan yang
sedang kita bahas. Fungsinya adalah untuk memberitahu kepada mesin pencari
google tentang adanya keterkaitan atau hubungan link tersebut dengan artikel
yang termuat dalam web-blog kita. Ingat penggunaan eksternal link ini juga
jangan terlalu banyak, perkiraannya cukup hanya 2-3 link saja yang terpenting
masih relevan dengan tulisan yang sedang dibahas.
Untuk
gambar => gambar yang kami maksudkan disini adalah sebagai pelengkap yang
menghiasi setiap artikel/tulisan yang akan anda posting. Dengan adanya gambar
ini, maka google akan cenderung memaknai artikel/tulisan yang anda buat adalah
penting, sehingga layak untuk dipercayai dan merupakan artikel yang benar-benar
sangat bermanfaat bagi banyak pengguna internet. Disamping itu juga, dengan
adanya gambar ini maka sedikit banyaknya akan menambah daya tarik tersendiri
bagi artikel yang anda tulis dan memuat pengunjung tidak bosan melihat ataupun
membacanya.
2.
SEO OFFPAGE
Seo
offpage ini sering dimaknai oleh master seo dan atau pakar seo sebagai
serangkaian optimalisasi seo dengan mencari dan atau mengumpulkan backlink yang
menuju ke web-blog milik kita, misalnya backlink dari media sosial seperti
facebook, twitter, instagram, dlsb. Jika sebuah laman atau situs mendapatnya
banyak backlink yang berkualitas (dari laman yang terpercaya), PR alexa yang
ramping, PA dan DA tinggi, serta juga mendapatkan backlink dari sharing yang
dilakukan di media jejaring sosial yang banyak, maka google akan memaknai
artikel/tulisan yang anda buat tersebut secara positif dan dipandang banyak
memberikan manfaat, sehingga sangat layak untuk dimasukkan dalam hasil
penelusuran mesin pencari google.
Sebenarnya,
masih banyak lagi pembahasan mengenai seo ini dan seo juga mencakup aspek yang
lebih luas lagi dari apa yang kami uraikan diatas, namun hanya itu saja yang
dapat kami jelaskan, karena saya bukanlah pakar seo termuda di Indonesia
melainkan seorang advokat, pengacara, lawyer dan juga konsultan hukum yang
berada di Kota Medan. Semoga tulisan kami yang membahas tentang siapakah pakar
seo termuda yang energik ini bisa bermanfaat bagi anda yang menggemari seo atau
yang sedang melakukan optimasi seo web-blog anda. Atas perhatiannya diucapkan
terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....