Saya hanya seorang pegiat seo & sem berprofesi selaku
pengacara - konsultan hukum Indonesia page one yang beralamat dan berkantor di Kota
Medan yang turut serta melakukan strukturisasi pengembangan website – blog resmi
“Kantor Hukum Advokat Silaen & Associates” di dunia maya, dengan menggunakan rekayasa seo dan sem melalui
penggunaan kata kunci/keyword dalam menunjang era digital marketing kantor
hukum/law office modern di mesin dan halaman google.
Memang dewasa ini, fenomena pengembangan web atau blog
dengan memilih search engine optimization dan search engine marketing bukan
merupakan teknik dan strategi baru, dimana hal ini telah populer dan lazim
dipakai untuk mempromosikan atau mempopulerkan sebuah website resmi berikut
dengan produk/barang hasil produksinya kepada audiens di dunia internet dengan
memanfaatkan era digitalisasi terbarukan dan kekinian yang terus berkembang.
Fakta dan atau bukti nyata bahwa telah banyak turunan
produk/barang maupun layanan jasa yang dihasilkan oleh sebuah web agar tercantum
dan tercatat di halaman google, khususnya pada halaman pertama. Tentu saja
semuanya tidak terlepas dari sentuhan dari tangan-tangan profesional yang
berkecimpung di dunia konsultan seo dan sem page one.
Seiring tingginya tingkat permintaan untuk
memaksimalkan web/blog agar muncul di hasil pencarian mesin pencari google, tak
ayal lagi melahirkan para konsultan seo dan praktisi sem yang sangat energik dan
smart dalam bidang pemanfaatan “seo
& sem”, sehingga hasrat dan keinginan agar nantinya dapat dengan mudah masuk
ke halaman pertama google dapat terwujud seketika. Meskipun secara kasat mata
setiap harinya selalu bertambah jumlah website atau blog personal profesional yang
on-air secara signifikan. Dengan kata lain, hal ini menciptakan tingkat
persaingan antar sesama web/blog dan produk/barang hasil produksinya akan
semakin ketat pula.
Lalu, berapa harga atau tarif yang ditetapkan oleh
para konsultan seo & sem? Mengenai tarif – harga yang ditentukan oleh
konsultan seo & sem tentu saja sangat bervariatif, tergantung pada tingkat
kesulitan dan atau keyword yang menjadi target untuk dimunculkan pada halaman
pertama google. Oleh karenanya, bila ingin mengetahui secara pasti, tidak ada
salahnya menanyakan langsung kepada para penyedia jasa konsultan seo & sem
yang hendak anda pakai. Mengenai masalah harga ini sangat penting untuk
diketahui, agar anggaran (budget)
dapat dipersiapkan sebelumnya dalam anggaran pengeluaran anda.
Secara faktual di pusat penyimpanan data SERP http://www.google.com/ maupun http://google.co.id/ di kuartal IV tahun 2016
ini, telah banyak tercatat dan terlist sederetan daftar nama para konsultan seo
dan sem yang bersedia memberikan tenaga, pikiran dan kemampuannya dalam praktek
- praktik pengembangan laman tempat beraneka ragam bisnis online ataupun toko
online secara digital pada media-media online yang ada saat ini. Tentu saja,
para konsultan seo dan pemberi konsultasi sem yang tercatat tersebut, ada yang
berusia tua atau dianggap telah senior dan ada yang berusia muda atau sering
disebut dengan junior, yang mana masing-masing telah menunjukkan bakat, kemampuan
dan jati dirinya untuk berlomba-lomba mempopulerkan sebuah web bisnis online
atau laman toko online dihadapan mesin pencari google.
Apa itu
konsultan?
Sebelum kami melanjutkan pokok bahasan ini, terlebih
dahulu akan dijelaskan apa arti, definisi atau pengertian dari konsultan
tersebut. Secara umum, arti atau definisi dari konsultan adalah => “seorang
tenaga profesional yang menyediakan jasa kepenasihatan (consultancy services) dalam bidang keahlian tertentu, misalnya:
bidang hukum, kecantikan, pertanian, keuangan, kesehatan, perkebunan,
pertambangan, perburuhan, lingkungan, pajak, akuntansi, properti, koperasi,
manajemen, dan lain sebagainya)”, atau bisa juga pengertian konsultan adalah
=> “ahli yang tugasnya memberi petunjuk, nasihat, atau pertimbangan dalam
suatu kegiatan tertentu, misalnya: kegiatan dagang, penelitian, dan lain
sebagainya)”. Nah, beranjak dari arti, definisi atau pengertian konsultan
diatas, bila dikaitkan dengan search engine optimization dan search engine
marketing, maka “konsultan seo” adalah => “seorang tenaga profesional
dibidang seo yang menyediakan jasa kepenasihatan (consultancy services) dalam bidang keahlian seo web/blog agar
artikel/tulisan maupun produk/barang tertentu bisa muncul di halaman satu
google dengan sistem penanaman kata kunci tertentu”. Sedangkan “konsultan sem”
adalah => “seorang tenaga profesional dibidang sem yang menyediakan jasa
kepenasihatan (consultancy services)
dalam bidang keahlian sem web/blog agar artikel/tulisan maupun produk/barang
atau jasa tertentu bisa muncul di halaman satu google dengan sistem penanaman
kata kunci tertentu, sehingga konversi penjualan atau permintaan atas
produk/barang atau jasa yang ditawarkan menjadi lebih meningkat”. Itulah
kira-kira pendapat kami tentang arti, defenisi atau pengertian tentang
konsultan seo dan/atau konsultan sem.
Lalu bagaimana cara seorang konsultan sem & sem itu
bekerja? Ya, tentu saja dengan memberikan berbagai advis-advis yang berkenaan
dengan peningkatan mutu suatu web/blog, toko online dan bisnis online di page
one, misalnya dengan berkomunikasi secara intens tentang perkembangan dan
strategi pengembangan web/blog, membuka waktu dan ruang untuk konsultasi
tentang seo & sem secara berkala, langkah apa saja yang harus dilakukan
oleh pemilik web/blog, bisnis online atau toko online dalam memasarkan
produk/barang atau jasanya di internet, dlsb.
Kalau dicermati lagi, bahwa baik konsultan seo maupun
konsultan sem ada persamaan yang mencolok, yaitu: sama-sama mengincar posisi
berada di halaman pertama google. Mengapa? Karena bila sebuah web/blog atau
produk/barang/jasa bisa tampil di halaman satu google, maka web/blog bisnis
online atau toko online berpeluang besar akan dikunjungi oleh para visitor dari
seluruh penjuru dunia disebabkan terlihat atau terbaca para pengguna internet.
Itulah alasannya, sehingga dewasa ini banyak para pemilik web/blog personal,
bisnis online dan toko online yang menggunakan tenaga para konsultan seo &
sem untuk memaksimalkan daya saingnya menuju ke halaman satu google.
Namun, baik seo maupun sem mempunyai perbedaan yang
sangat krusial, dimana seo lebih mengutamakan agar lalu lintas trafik
pengunjung web/blog menjadi lebih ramai, sementara target sem adalah lebih
mengutamakan tingginya tingkat pembelian atau penjualan produk/barang yang
diproduksi oleh toko online atau web bisnis online. Singkatnya, seo capaiannya =>
target trafik; sem capaiannya => target trafik & konversi.
Kalau kita intip halaman pertama google, maka akan
ditemukan orang-orang yang berprofesi selaku penyedia jasa konsultan seo & jasa
konsultasi sem. Apakah ini merupakan kamuflase yang dilakukan oleh orang yang
secara khusus mengoptimasi keyword => “konsultan seo & sem” maupun “konsultasi
seo & sem” agar bisa tampil atau masuk ke halaman pertama google. Atau
memang benar yang ada dipage one tersebut adalah orang-orang yang patut dan
layak menyandang gelar para “konsultan seo” atau para “konsultan sem”. Namun,
apapun alasan atau latar belakangnya, namun intinya adalah untuk meningkatkan
popularitas dan atau mendapatkan trafik pengunjung yang lebih banyak lagi
menuju ke web/blog utamanya.
Terlepas dari maksud dan tujuannya, setelah kami
analisa lebih lanjut bahwa satu hal yang menggembirakan, ternyata keyword konsultan
seo atau kata kunci konsultan sem tersebut, saat ini telah menjadi rebutan yang
cukup serius bagi para master seo – ahli sem ataupun praktisi seo dan pakar sem
Indonesia untuk menunjukkan kemampuannya masing-masing dalam rangka
memperebutkan trafik pengunjung yang akan datang atau singgah ke web-blog
miliknya. Dengan kata lain, keyword ini mempunyai makna tersendiri bagi
beberapa orang ahli search engine
marketing dan atau pakar search
engine optimization, sehingga sangat wajar menjadi target untuk segera ditaklukkan.
Ya, semacam prestise gitulah.
Sebenarnya, untuk menjadi konsultan seo & sem tidak
ada batasan umur, artinya bisa dilakukan oleh seoners muda maupun semners tua,
yang terpenting adalah keahlian atau kemampuan yang dimilikinya. Perbedaan yang
mencolok hanya sebatas mengenai usia atau umur saja, meskipun didunia maya sendiri
tidak ada batasan umur untuk menyatakan seseorang itu kategori muda atau tua
adalah masih “sumir” (tidak jelas).
Tapi untuk memberikan gambarannya, kami akan jelaskan arti dan pengertiannya
sebagaimana dibawah ini:
Arti dan
Pengertian Pakar Seo & Sem Termuda
Secara umum, arti maupun pengertian pakar seo & sem
termuda dapat diasumsikan sebagai orang yang memiliki kemampuan atau keahlian
tertentu di dunia search engine optimization dan search engine marketing web-blog
yang usianya masih berkategori muda (masih usia remaja dan belia) atau bukan
orang tua. Asumsi yang berkembang ditengah-tengah masyarakat Indonesia, bahwa
biasanya yang menjadi pakar seo & sem ataupun ahli seo & sem itu adalah
diidentikkan dengan orang yang sudah berusia tua atau lanjut, sehingga untuk
menepis dan anti tesis image ini, maka dimunculkanlah pendapat bahwa ada juga
pakar seo & sem termuda, ahli seo & sem usia muda, master seo & sem
termuda, praktisi seo & sem termuda, konsultan seo & sem termuda, cikgu
seo & sem termuda, maestro seo & sem termuda, pendekar seo & sem termuda,
pendekar seo & sem, jasa konsultasi seo & sem, dan lain sebagainya.
Kehadiran seo’ners dan sem’ners termuda ini di
Indonesia, tidak terlepas dari trik-trik atau tips yang dimainkan oleh
orang-orang yang mumpuni dibidang dunia seo & sem. Kalau boleh dikatakan
bahwa trik seo & sem adalah identik dengan seni memanipulasi hasil kinerja hasil
pencarian mesin pencari (search engine).
Tapi, memanipulasi maksudnya jangan dimaknai sebagai tindakan atau perbuatan
yang curang atau mencurangi mesin pencari. Kok memanipulasi mesin pencari?
Karena prinsipnya, dengan memaksimalkan kinerja search engine optimization atau
search engine marketing, maka anda bisa memanfaatkan atau membuat laman sebuah
web-blog muncul di halaman satu google dengan menggunakan kata kunci tertentu
atau keyword apa saja.
Karena pada prinsipnya antara seo & sem adalah sama-sama
menargetkan agar selalu muncul dihalaman pertama google, sehingga teknik sem yang
dikembangkan saat ini adalah eksplorasi dan modifikasi pengembangan teknik seo
yang secara khusus digunakan untuk bisnis online atau toko online agar semakin bersahabat
dengan mesin pencarian.
Pembagian
SEO
Dalam literatur dan juga tutorial yang mempelajari dan
mengupas tuntas tentang SEO, SEO dibagi menjadi 2 (dua) bagian, yaitu => SEO
ONPAGE dan SEO OFFPAGE.
1. SEO ONPAGE
Inti dari seo onpage ini adalah serangkaian tindakan
pengoptimalisasian laman dari dalam laman itu sendiri agar mendapatkan
peringkat yang lebih maksimal lagi pada hasil pencarian search engine google.
Optimalisasi yang dilakukan pada seo onpage ini adalah meliputi => a)
konten-konten (baik berupa konten tulisan, konten gambar maupun konten dalam
bentuk video), b) meta tag, c) kecepatan akses, d) struktur website/blog, e)
internal link, f) eksternal link, g) dan gambar yang menghiasi laman.
Untuk konten => pastikan konten-konten artikel/tulisan
yang anda buat di web-blog adalah yang berkualitas dan sangat bermanfaat bagi
banyak orang (khususnya para pengguna internet). Pastikan bahwa artikel yang
anda bikin tersebut adalah merupakan hasil ketikan sendiri (bukan merupakan
hasil copy paste) dengan tetap memperhatikan atau mempertimbangkan panjang
artikel yang anda tulis tersebut. Ingat, kecenderungan algoritma google yang
berkembang di tahun 2016 ini, kurang menyukai konten-konten artikel yang pendek
dan cenderung lebih memprioritaskan laman yang berisi konten berkualitas untuk menampilkannya
dihalaman pertama.
Untuk meta tag => bahwa kegunaan dari meta tag ini
adalah untuk memudahkan google mengindex web-situs anda, dimana yang masuk
dalam kategori meta tag adalah => meta deskripsi, rel=”cannonical”, title
tag, url rss feed, dan beberapa jenis meta tag lainnya yang dimengerti dan
dapat dibaca oleh google.
Untuk kecepatan akses => bahwa pada prinsipnya,
semakin cepat akses laman dimuat, maka semakin baik dan sayang pulalah dipandang
google terhadap laman tersebut. Disamping itu, pengunjung juga akan menyukai
situs anda, karena blog yang sangat lama, berat atau lemot diakses sangat tidak
disukai dan tentu saja akan sangat sulit mendapatkan posisi yang terbaik di
mata mesin pencari google.
Untuk struktur website/blog => pastikan bahwa laman
milik anda mempunyai struktur kode data yang mudah dipahami dan dimengerti oleh
google. Artinya, bahwa struktur data berupa script di web-blog anda diusahakan
agar mudah dipahami oleh google, ketika melakukan penjelajahan data-data yang
termuat di seluruh isi laman anda. Karena itu, agar secara berkala melakukan
pengecekan apakah struktur kode data web-blog anda sudah benar, khususnya
dengan memanfaatkan fasilitas “structured
data testing tool” yang disediakan dalam “webmaster tools google”. Seandainya terdapat kesalahan atau error/broken
berarti ada kode data yang tidak dimengerti oleh google, sehingga wajib untuk
diperbaiki.
Untuk internal link => maksudnya adalah link dalam
artikel/tulisan kita sendiri yang menuju ke link lain yang ada dalam laman kita
sendiri. Jadi pemaknaan internal link mengutamakan keterkaitan atau adanya
hubungan antara artikel/tulisan yang satu dengan yang lainnya. Misalnya kita
membuat postingan artikel yang membahas tentang ruang lingkup tentang pekerjaan
orang-orang yang berprofesi sebagai pengacara, maka dapat dibuatkan internal
link-nya yang berhubungan, misalnya tetang apa arti, definisi atau pengertian
tentang pengacara, maka dapat dihubungkan dengan alamat link “apa itu pengacara”, atau seperti
tulisan ini yang membahas tentang siapa dan bagaimana kredibilitas seorang konsultan
seo & sem muda yang membuka layanan penyediaan jasa seo & sem terbaik
di Indonesia, maka dapat diteruskan internal link-nya terhadap “jasa seo terbaik Indonesia”, dan lain sebagainya.
Bila ada beberapa internal link yang termaktub di dalam sebuah artikel/tulisan
yang hendak diposting, maka hal ini akan dimaknai google secara lebih baik lagi
sebagai sebuah artikel/tulisan yang bermakna penting.
Untuk eksternal link => secara prinsip bahwa kinerja
eksternal link hampir sama dengan internal link, cuma bedanya link yang dituju
oleh eksternal link adalah berada diluar link yang ada dalam laman kita,
artinya tertuju pada link di situs luar yang masih mempunyai hubungan dengan
artikel/tulisan yang sedang kita bahas. Fungsinya adalah untuk memberitahukan
kepada mesin pencari google tentang adanya keterkaitan atau hubungan antar link
tersebut dengan artikel yang termuat dalam web-blog kita. Ingat, penggunaan
eksternal link ini juga jangan terlalu banyak, perkiraannya cukup hanya 2-3
link saja yang terpenting masih relevan dengan tulisan yang sedang dibahas.
Untuk gambar => gambar yang kami maksudkan disini
adalah gambar yang dibuat sebagai pelengkap yang menghiasi setiap artikel/tulisan
yang akan anda posting. Dengan adanya gambar ini, maka google akan cenderung
memaknai artikel/tulisan yang anda buat adalah sangat penting, sehingga layak
untuk dipercayai dan merupakan artikel yang benar-benar sangat bermanfaat bagi
banyak pengguna internet. Disamping itu juga, dengan adanya gambar ini maka
sedikit banyaknya akan menambah daya tarik tersendiri bagi artikel yang anda
tulis dan memuat pengunjung tidak bosan atau bete melihat ataupun membacanya.
2. SEO OFFPAGE
Seo offpage ini sering dimaknai oleh master seo dan
atau pakar sem maupun konsultan seo & sem sebagai serangkaian optimalisasi
seo dengan mencari dan atau mengumpulkan backlink yang menuju ke web-blog milik
kita, misalnya backlink dari media sosial, seperti facebook, twitter,
instagram, forum komunitas sharing, direktori, dlsb. Jika sebuah laman atau
situs mendapatnya banyak backlink yang berkualitas (dari laman yang
terpercaya), PR alexa yang ramping, PA dan DA tinggi, serta juga mendapatkan
backlink dari sharing yang dilakukan di media jejaring sosial yang banyak, maka
google akan memaknai artikel/tulisan yang anda buat tersebut secara positif dan
dipandang akan banyak memberikan manfaat bagi banyak orang, sehingga sangat
layak untuk dimasukkan dalam hasil penelusuran mesin pencari google.
Sebenarnya, masih banyak lagi pembahasan mengenai seo
onpage & seo offpage, dimana search engine optimization juga search engine
marketing mencakup aspek yang lebih luas lagi dari apa yang kami uraikan
diatas, namun hanya itu saja yang dapat kami jelaskan, karena saya bukanlah
pakar/ahli/master seo & sem Indonesia atau “ahli seo di Indonesia” maupun “pakar seo rank 1 di Indonesia”, melainkan saya hanyalah seorang yang berprofesi
sebagai advokat, pengacara, lawyer dan juga konsultan hukum yang berada dan
berkantor di Kota Medan. Semoga tulisan kami yang membahas tentang siapa dan
bagaimana energiknya konsultan seo dan sem di era digital marketing modern di
Indonesia dapat bermanfaat bagi anda yang menggemari seo & sem atau yang
sedang melakukan pekerjaan optimasi seo & sem web-blog bisnis online atau
toko online anda menuju page one. Bagi anda yang berminat untuk pasang iklan
atau memasang web banner disarankan untuk menuju laman “divisi iklan” yang memuat seluruh syarat & ketentuan, dan cara,
berikut dengan harga/tarif yang kami tetapkan per-bulan untuk penghargaan jasa memasang
iklan dan atau banner di website/blog resmi http://advokat-silaen-associates.blogspot.com/
ini. Atas perhatiannya yang telah berkunjung ke web/blog ini, diucapkan terima
kasih. Salam hangat Advokat Indonesia.
Terima kasih (Silaen, 15/09/2016 : 20.35 WIBB).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....