Halaman

19 Juli 2016

Tips Bijak Belanja Online Di Hari Besar Keagamaan

Disaat menjelang datangnya hari besar keagamaan di Indonesia, berbagai perusahaan e-commerce lokal maupun e-commerce asing baik perusahaan berskala besar atau kecil, berlomba-lomba melakukan promosi besar-besaran sebagai salah satu upaya untuk menarik simpati para pelanggan agar mau berbelanja keperluan untuk merayakan hari besar keagamaan di toko online tersebut. Dilakukannya promo-promo ini adalah sebagai salah satu langkah atau kebijakan yang merupakan tips memulai bisnis online dalam rangka untuk meningkatkan penjualannya.

Cara Jitu dan Strategi Efektif Belanja Online Jelang Hari Besar Keagamaan Indonesia
Boleh jadi, semakin banyak program promo yang ditawarkan oleh perusahaan toko online malahan membuat sebagian calon konsumen menjadi lebih bingung dengan banyak harga murah yang ditawarkan melalui gempuran promo yang diselenggarakan untuk menyambut hari besar keagamaan Indonesia (misalnya Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, Hari Natal, Hari Raya Nyepi, Hari Raya Imlek, Hari Raya Galungan).

Nah, dalam rangka untuk menghadapi banyaknya gempuran program promo sebagaimana kami kemukakan diatas, berikut ini kami akan membahas beberapa tips yang sangat berguna bagi para calon konsumen agar bisa berbelanja dengan efektif dan hemat tanpa harus bingung dengan promo, ditambah dengan syarat yang ditawarkan. Tips yang kami maksud adalah sebagai berikut:

  1. Konsumen harus secara teliti dan seksama menyelediki latar belakang e-commerce untuk mengetahui kredibilitas perusahaan toko online yang menjual berbagai aneka kebutuhan secara online tersebut. Nah, untuk mencek apakah beberapa perusahaan yang menawarkan promo tersebut masuk dalam jajaran 50 perusahaan ternama “brand e-commerce” sebagai website atau situs belanja online yang paling ramai dikunjungi oleh masyarakat pengguna internet di Indonesia;
  2. Konsumen juga harus berani mengecek barang/produk dan atau membandingkan harga yang ditawarkan pada website e-commerce untuk mendapatkan harga terbaik. Tindakan dan langkah ini sangat baik karena konsumen membeli barang yang benar-benar dibutuhkan serta sesuai dengan anggaran yang ada;
  3. Bila telah cocok jenis produk/barang dan harganya, silahkan mencari tahu alternatif cara pembayarannya. Meskipun sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa semua web/situs belanja online telah menyediakan beragam metode cara pembayaran. Perusahaan e-commerce yang sudah bekerja sama dengan berbagai bank ataupun penyedia kartu kredit, biasanya akan memberikan potongan harga atau bungan cicila yang rendah/kecil. Namun, jika anda sebagai konsumen masih ragu dengan sistem keamanan pembayaran secara online, dapat memilih alternatif cara pelunasan atau pembayaran dengan menggunakan sistem cash on delivery (COD);
  4. Setelah anda yakin memilih barang yang dibeli, konsumen harus mencermati biaya pengiriman barang, sekalipun harga barang terlihat murah, harus dipastikan berapa total biaya yang harus dibayar karena bisa jadi biaya tersebut belum termasuk ongkos kirim atau “ongkir”. Karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan harga akhir yang tertera merupakan harga terbaik;
  5. Pada saat mengunjungi website/situs toko belanja online, seringkali ada permintaan agar supaya memasukkan alamat surat elektronik (email) supaya suatu saat bisa dikirim newsletter. Surat berita yang dikirim via email tersebut bisa menjadi informasi awal ataupun info tambahan yang sangat berguna bagi konsumen untuk meneliti barang sebelum memutuskan suatu kebijakan untuk berbelanja online. Melalui media ini, konsumen dapat mengetahui koleksi, promo, dan penawaran-penawaran produk/barang yang dimiliki oleh situs belanja online tersebut. Adanya fasilitas newsletter ini juga mempermudah konsumen dalam membandingkan harga antara perusahaan e-commerce yang satu dengan lainnya;
Adanya e-commerce memang memudahkan kita untuk berbelanja produk/barang apa saja. Tetapi, harus tetap kita ingat atas asas kehati-hatian, yaitu teliti sebelum membeli. Disamping itu juga, tidak ada salah bila sebelum membeli agar memahami aspek hukum bisnis e-commerce, sehingga hak dan kewajiban dalam berbelanja online dapat dilaksanakan sesuai dengan koridor dan ketentuan hukum yang berlaku. Mudah-mudahan info berupa tulisan tips bijak belanja online di hari besar keagamaan Indonesia (Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, Hari Natal, Hari Raya Nyepi, Hari Raya Imlek, Hari Raya Galungan) ini, dapat bermanfaat bagi anda. Salam Advokat/Pengacara Indonesia. Selamat berbelanja online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....