Halaman

27 Juli 2016

Rahasia Ahli Atau Pakar Halaman Pertama Google

Setiap ahli atau pakar pasti ada rahasia SEO bagaimana caranya agar bisa masuk halaman pertama GOOGLE. Tentu saja rahasia ini, belum tentu dibagikan sepenuhnya ke khalayak ramai dikarenakan orang awam bisa menangkapnya dengan baik dan benar. Boro-boro bisa mengerti, jangan-jangan ditafsirkan negatif apa yang disampaikan atau dikemukan oleh ahli atau pakar tersebut.

Rahasia Cara Ahli SEO atau Pakar SEO Terbaik di Indonesia Agar Mudah Masuk Halam Google

Secara teori dan praktek, untuk menyandar gelar dan predikat sebagai ahli atau pakar tidaklah mudah, karena banyak aspek atau kriteria yang harus dipenuhinya. Misalnya memiliki kemampuan atas ilmu pengetahuan khusus, sering melakukan penelitian, sering mempraktekkan aplikasi dari ilmu pengetahuan yang dimilikinya, dan lain sebagainya.

Sebenarnya arti/pengertian ahli atau pakar itu adalah => “orang yang memiliki kemampuan atau pengetahuan luas dalam bidang tertentu”. Dalam artian ahli atau pakar itu adalah orang-orang yang dianggap orang banyak sebagai sumber terpercaya atas teknik maupun keahlian tertentu yang bakatnya untuk menilai dan memutuskan sesuatu dengan benar, baik, maupun adalah sesuai dengan aturan dan status oleh sesamanya ataupun khalayak dalam bidang khusus.

Lalu apa kaitannya ahli atau pakar tersebut dengan halaman pertama google? Nah, sebenarnya ini adalah menyangkut tentang kemampuan untuk melakukan pekerjaan optimasi SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO) sebuah website agar bisa tampil dengan mudah masuk dijajaran halaman 1 google. Predikat ahli seo atau pakar seo ini sebenarnya adalah tidak baku, tetapi hanya untuk menggambarkan bahwasanya orang-orang yang telah memiliki kemampuan untuk mendudukan atau memposisikan suatu website ataupun sebuah konten di halaman satu google maka dijuluki sebagai ahli seo atau pakar seo halaman pertama google.

Karena sifatnya adalah mengoptimalkan mesin pencarian, maka tentu saja ada beberapa langkah atau cara yang harus dilakukan agar sebuah website ataupun kontennya (baik berupa tulisan, gambar ataupun video visual) bisa muncul di halaman 1, dimana langkah-langkah SEO ini bukan merupakan rahasia lagi karena telah banyak dishare dan dipublikasikan di web blog oleh para ahli seo atau pakar seo maupun master seo Indonesia. Menyangkut hal ini sedikit banyaknya ada kami bahas dengan judul => “cara murah masuk halaman satu google” (silahkan diklik untuk membacanya). Langkah SEO dimaksud adalah:

Teknik Seo Untuk Blog Agar Masuk Halaman Pertama Google
Nah, mari kita ulas satu per-satu tentang teknik dan praktek terbaik SEO, dimana ahli SEO atau Pakar SEO telah membaginya menjadi 2 (dua), yaitu => 1). sebagai teknik seo onpage dan 2). sebagai teknik seo offpage, penjelasannya sebagai berikut:

Bahagian Penjelasan Untuk Seo Onpage
Ada beberapa langkah yang bisa diterapkan untuk mengoptimalkan seo onpage, yakni:

1. Persiapan Untuk Url
Dalam ilmu SEO internet, url itu sendiri dapat dibagi menjadi 2 (dua) bagian besar, yaitu: 1). Yang menjadi nama domain anda; 2). Yang menjadi Url halaman situs atau blog anda. Kedua bahagian url ini sangat berhubungan satu dengan yang lain, sehingga haruslah sangat bijak dan matang anda pikirkan sebelum menggunakannya, dikarenakan kedua-duanya sangat penting dan sangat mempengaruhi mesin pencari untuk mengarahkan pengunjung ke situs anda melalui konten yang telah dibuat dan dipublikasi sebelumnya.

Dengan kata lain, nama domain adalah sebagai bahan bangunan dasar untuk membangun website yang berdaya saing di serp mesin pencari, karena itu pemilihan url dan nama domain yang dipilih dapat membuat perbedaan yang sangat besar di mata mesin pencari. Misalnya bisa anda perhatikan contoh domain ini: advokatmedan.xxx, pengacarapublik.xxx, lawyersumut.xxx, advokat-silaen.xxx, pengacarasilaen.xxx atau lawyersilaen.xxx, dsb.

Dari 6 (enam) contoh nama domain diatas, domain yang pertama akan lebih baik di search engine jika anda ingin mendapatkan peringkat yang tinggi untuk penggunaan istilah “advokat medan”, bila anda akan mengutamakan istilah kata kunci “lawyer sumut” maka gunakanlah contoh domain yang ketiga diatas, demikian seterusnya. Hal ini disebabkan istilah di mesin pencarian yang dipergunakan akan muncul secara baik, karena hal ini juga didukung oleh langsung dengan nama domain dibandingkan dengan nama domain yang tidak ada hubungannya dengan keduanya.

Kemudian, mengenai halaman url juga mempunyai peran yang sama pentingnya untuk mesin pencari. Ini biasanya berisi nama halaman yang harus anda buat, dan haruslah mencerminkan struktur apapun yang masih berhubungan dengan nama domain yang anda pilih.  Sebagai contoh: pengacarapublik.xxx/profil-tentang-tim-kantor-advokat-kami/ atau bisa juga lawyersumut.xxx/p/konsultasi-hukum-online-gratis.html, dsb.

Contoh url yang kita buat di atas tidak hanya berisi informasi tentang pengacara medan dan lawyer medan semata dengan menggunakan nama domain, namun juga didukung penuh oleh alamat link url halaman yang telah dibuat untuk memberitahu mesin pencari, bahwa ini adalah halaman tentang “profil tentang tim kantor pengacara yang anda miliki” atau “adanya konsultasi hukum online gratis yang anda laksanakan”. Dimana tujuan struktur halaman anda ini adalah untuk mendapatkan posisi peringkat tertinggi dan terbaik untuk istilah yang kami contohkan diatas, maka ini harus dilakukan dengan baik dan penuh pertimbangan, bandingkan dengan contoh yang selanjutnya, seperti pengacaratopmedan.xxx/index.php?page=123/.

Hal yang wajib kita fahami, bila menggunakan CMS WordPress adalah bahwa kita tidak harus berpikir keras tentang penggunaan struktur url, karena selama kita mengikuti beberapa pengaturan struktur penggunaan permalink yang telah ditetapkan oleh wordpress. Nah, menurut kami sebaiknya struktur permalink yang anda pergunakan adalah: ”kustom /% category% /% postname% /”. Dan jangan menggunakan karakter khusus dalam membuat nama halaman, seperti tanda penghubung.

2. Mempersiapkan Judul Halaman
Bila anda akan bermaksud membuat judul halaman atau postingan yang baru, maka judul postingan yang anda buat tersebut adalah juga nama judul halaman. Judul postingan ini digunakan untuk menghasilkan url halaman.

Nah, ada beberapa aturan yang harus dipahami terlebih dahulu sebelum membuat halaman yang menjadi judul halaman alamat url, yaitu: judul halaman harus relevan dengan konten yang ada pada halaman anda, kemudian halaman yang anda buat harus bisa menggambarkan halaman yang lainnya, halaman ini juga harus pendek, deskriptif dan to the point.

Jika anda akan membuat artikel postingan web/blog, maka hal ini bisa lebih deskriptif dan jangan lupa untuk memikirkan berita utama, unik, menarik ataupun mengesankan dari pada judul halaman url semata. Namun postingan ini harus dibungkus dengan rapi dalam struktur H1 tag heading.

3. Pemakaian Plug in Seo
Pemakaian plug ini seo ini juga harus dilakukan untuk menunjang daya saing web/blog anda di mesin pencari. Plug ini seo sudah banyak beredar, baik yang berbayar maupun yang gratisan. Contohnya adalah “All in One SEO Pack” ataupun “Yoast”.

Dalam pemakaian plugin seo tersebut, terdapat bahagian yang diberi nama dengan judul oleh seo. Judul seo ini merupakan bahagian output dalam seluruh kode sumber halaman anda yang dibungkus dan dikelola dalam bentuk tag judul. Judul inilah yang selanjutnya akan menuntun dan mengarahkan mesin pencari untuk memberitahu, bahwa informasi yang sedang dicari tersebut sesuai dengan apa yang ada di dalam web/situs di halaman yang anda buat. Sebahagian para “ahli dan pakar seo” mengatakan bahwa judul seo ini dapat juga dikelompokkan ke dalam bahagian H1 tag heading. Sebagai contoh konkrit blog ini, H1 nya adalah “Advokat & Pengacara Medan” yang juga disamakan dengan judul titel seo ketika anda memakai plugin seo.

Ketika anda memilih untuk mempergunakan plugin seo, maka tatalah dengan baik judul kepala seo tersebut agar sangat bermanfaat untuk memberikan informasi utama kepada mesin pencari, di samping itu judul seo yang harus anda cantumkan adalah berkategori sangat pendek, serta tidak boleh melebih panjang dari 65 karakter. Karena apabila melebihi panjang 65 karakter, maka mesin google secara otomatis akan memotongnya. Pertimbangan lain dalam menggunakan judul seo ini adalah harus relevan dengan halaman yang telah anda buat, sehingga pengunjung yang datang ke web/blog anda mendapatkan informasi yang tepat dan benar tentang apa yang dicari atau dibutuhkannya, dimana hal tersebut telah anda tulis dan publikasi dalam beberapa konten sebelumnya.

Terkadang banyak para pengguna plugin seo yang tidak paham bila akan melakukan pemisahan kata yang dipergunakan sebagai kata kunci. Oleh karena itu, agar judul seo tersebut benar-benar sesuai dengan standar seo friendly, maka bila akan melakukan pemisahan kata, haruslah mengunakan “simbol pipa” (|). Secara harfiah, plugin seo yang anda pakai akan menampilkan nama situs anda terlebih dahulu, baru kemudian judul seo yang anda buat yang dipisahkan oleh simbol pipa (|), contoh konkritnya adalah seperti:  “legalmedan.xxx | Advokat & Pengacara Medan”.

4. Deskripsi Seo
Setelah selesai anda mengatur judul seo, maka langkah selanjutnya adalah membuat dan mengisi deskripsi seo, dimana deskripsi ini ini adalah dikenal sebagai sebagai “Meta Tag Description” yang sumber utamanya juga berasal dari halaman situs anda (dalam arti kata harus saling berkaitan). Deskripsi seo ini akan dibaca oleh search engine sebagai deskripsi halaman dalam metode hasil pencarian para pengguna internet. Meskipun mesin pencari seperti google dapat membuat deskripsi mereka sendiri dari konten yang ada pada halaman anda ataupun dari sumber-sumber lain dari situs lainnya, namun pemakaian deskripsi seo ini masih sangat penting untuk membantu mesin pencari memberikan petunjuk, pemikiran dan atau pilihannya untuk datang ke situs anda, karena telah terdapatnya kecocokan deskripsi yang tergambar dari halaman situs anda.

Dalam membuat suatu deskripsi seo haruslah mengutamakan kata-kata yang relevan dengan halaman anda, karena deskripsi ini merupakan penjelasan singkat atau roh tentang keseluruhan tema-tema atau visi/misi yang terdapat dalam halaman situs anda. Sekalian jangan lupa untuk mengkombinasikannya dengan judul seo sebagaimana telah diuraikan diatas, karena hal ini merupakan sinergi terkuat yang tidak dapat dipisahkan, dimana yang selanjutnya akan muncul dalam hasil pencarian yang memengaruhi calon pengunjung untuk datang ke halaman situs anda. Panjang deskripsi seo yang diperbolehkan adalah tidak boleh melebihi dari 160 karakter panjangnya. Bila masih terdapat jumlah yang melebihi 160 karakter, maka mesin google akan secara otomatis memotongnya.

Yang paling penting, usahakan deskripsi seo ini telah mencakup seluruh rangkaian kata kunci yang akan anda targetkan untuk hari ini dan hari esok, jadi pikirkanlah matang-matang dan jangan sering menggantinya karena akan merusak reputasi web/blog anda yang telah dibangun dan terstruktur sempurna di data mesin di halaman google.

5. Membuat Konten Beragam
Sebuah konten yang baik menurut seo, haruslah di tulis dengan baik dan benar. Karena apa? Karena konten inilah yang menjadi ujung tombak terhadap seluruh hasil pencarian untuk para pengguna internet. Apalagi dengan adanya konten ini, semakin lebih mudah untuk dapat meningkatkan peringkat situs anda kedepannya.

Kenapa konten merupakan ujung tombak sebuah situs/web? Hal ini disebabkan, seluruh mesin pencari yang ada memanfaatkan hasil dari adanya konten ini untuk memberikan jawaban dan relevansi setiap konten yang tepat, ketika para pengguna internet sedang mempergunakan jasa mesin pencari ini untuk mencari berbagai informasi yang terbaru dan teraktual. Mesin pencari sudah menjadi sumber referensi kekinian yang sangat cerdas dalam membaca seluruh informasi yang ada dalam konten tertentu dari situs-situs yang ada dari seluruh belahan dunia.

Mesin pencari tidak lagi secara monoton mencari dan melihat informasi tersebut, apakah kata kunci berada pada paragraf pertama, alinea pertengahan ataupun bait terakhir. Karena mesin pencari yang diterapkan sekarang ini telah didasarkan pada pemakaian algoritma terbaru yang dapat memahami dan melihat seluruh isi konten sebagai satu kesatuan yang penuh dan saling terkait satu dengan lainnya, dengan kata lain konten koheren harus ditulis dengan baik, benar dan informatif agar nantinya bisa dengan mudah masuk halaman pertama google.

Bagaimanakah cara menulis konten yang baik itu?
Mungkin pertanyaan seperti ini sering timbul dibenak anda para sahabat dan pengunjung setia web/blog advokat/pengacara/konsultan hukum silaen & associates medan ini, disebabkan tidak semua orang mempunyai kemampuan yang diatas rata-rata untuk bisa mengaplikasikan sesuatu hal yang diketahuinya ke dalam sebuah menulis yang menarik. Namun, satu hal yang harus kita pahami bersama, bahwa menulis sebuah konten itu adalah diperuntukan bagi manusia yang membutuhkan beragam informasi yang menarik dan berguna. Menulis konten secara baik dan benar menurut SEO, haruslah dimulai dari paragraf kesatu (awal) yang berisikan inti atau tema dari tulisan yang anda buat tersebut. Kenapa penekanannya pada paragraf pertama? Karena secara psikologis, biasanya orang paling banyak membaca suatu tulisan adalah pada paragraf pertama yang terdapat pada halaman pertama, sehingga bila anda akan memulai menulis konten, maka di paragraf pertama ini harus mengandung konten utama yang paling relevan dan paling tidak dapat meringkas seluruh isi tulisan maupun apa yang termaktub dalam halaman situs milik anda.

Pastikan bahwasanya konten tulisan anda sangat relevan dengan subyek halaman yang telah dibuat, dan usahakan jangan ngawur atau ngelantur ke sana ke mari (ingat agar tetap fokus dengan inti yang akan anda tulis). Hindari tulisan yang terlalu panjang dan berbelit-belit, karena bisa berakibat para pengunjung yang membacanya akan cepat bosan, karena pada prinsipnya anda tidak sedang menulis sebuah buku ataupun cerita bersambung (cerbung). Dan yang terpenting, tulisan anda sekali lagi haruslah informatif, unik dan menarik.

Jangan lupa pula, dalam membuat tulisan konten tersebut harus diselaraskan dengan penggunaan tag H2 untuk judul dan tag H3 untuk sub-judul, dengan dibarengi sedikit pengaturan halaman (misalnya cetak tebal ataupun tulisan miring dan garis bawah), hindari penggunaan daftar bullet, sehingga tulisan anda dapat lebih mudah untuk dibaca. Jangan lupa agar tulisan anda tersebut memuat minimal 450 kata per-tulisan, karena jumlah ini yang dianggap paling ideal dan menarik untuk dirayapi oleh mesin pencari google.
 
6. Memaksimalkan Penggunaan Tag di Images
Ada pepatah yang mengatakan: “sebuah gambar dapat bernilai beribu-ribu kata”. Hal ini berlaku pula dalam penggunaan seo yang baik dan benar. Satu gambar yang berkualitas baik dapat membuat perbedaan yang sangat besar pada sebuah situs web. Karena diluaran sana, banyak orang yang suka dengan konten yang bersifat visual, baik itu berupa gambar atau foto, desain grafis ataupun berupa video pendek. Sehingga, dengan adanya gambar ini, sudah dapat menceritakan sedikit banyaknya (illustrasi) tentang tulisan yang anda dibuat.

Namun, ada aturan standar yang harus dilaksanakan agar gambar tersebut tidak menyalahi aturan seo tentang gambar. Sebelum sampai ke tahap ini, terlebih dahulu anda harus mengupload sebuah gambar yang mungkin menarik dan dapat dijadikan sebagai ilustrasi tentang tulisan yang sedang anda kerjakan. Nah, pada saat upload gambar, ubalah nama gambar tersebut yang dapat mewakili dan merupakan inti sari dari tulisan anda, dengan maksud nantinya nama yang anda cantumkan dalam file gambar tersebut dibaca dengan sempurna oleh mesin pencari.

Dalam hal teknik mengupload gambar yang baik, usahakanlah file gambarnya tidak melebihi 100 Kilo Bytes (kB), karena gambar yang ukuran filenya besar akan sangat berpengaruh terhadap waktu loading halaman yang dibutuhkan oleh web/situs anda, khususnya untuk pengunjung yang mempergunakan perangkat mobile internet. Kemudian, jangan lupa menyertakan atau menyisipkan gambar tersebut ke dalam tulisan anda, dengan terlebih dahulu menanamkan kata kunci target dalam bentuk tag alt gambar kedalamnya.

7. Link Internal
Keberadaan link internal ini sangat dibutuhkan dalam rangka membangun struktur fondasi bangunan web/blog, atau sekaligus untuk membantu para pengunjung mendapatkan informasi lain yang berkaitan dengan tulisan yang anda buat atau sedang dibahas. Jangan anggap remeh dengan link internal ini, karena bisa berakibat fatal ketika seseorang mengunjungi halaman anda, pengunjung tersebut langsung pergi dan tidak ada membaca satupun tulisan di halaman anda. Nah, bantulah mereka agar tidak langsung pergi karena mengalami kebosanan, yaitu dengan mengarahkan mereka untuk dengan mudah menemukan jalan ke konten tulisan lainnya yang berharga di situs anda. Sehingga mereka dengan sigap dan cepat dapat menangkap informasi yang anda buat tersebut.

Penggunaan link internal ini pada dasarnya adalah untuk menghubungkan konten yang satu dengan konten yang lainnya di dalam satu situs. Hal ini penting mengingat kebanyakan website hanya memiliki menu, bar navigasi di bahagian atas situs yang memungkinkan pengunjung untuk menavigasinya melalui menu yang anda sediakan dalam situs anda.

Menu yang baik haruslah terstruktur dengan baik di situs anda dan hal ini sangat penting dilakukan, demikian juga dengan link internal yang terdapat dalam konten anda. Suatu  menu navigasi utama harus sesuai dengan struktur situs anda, yang penting halaman bertingkat terletak di bahagian menu dengan sub-halaman yang akan ditampilkan ketika disorot (sebagai drop down maupun menu off dari halaman induk). Link internal dalam konten harus membangun struktur jalur serta terintegrasi dengan seluruh komponen yang terdapat dalam halaman situs anda, sehingga hal ini akan memberikan petunjuk awal agar para pengunjung yang masih kurang mendapatkan informasi mengikuti link internal yang ada dalam informasi lanjutannya.

Link internal akan kelihatan jelas dalam bentuk font warna yang berbeda dengan teks lainnya, sehingga pengunjung akan tahu bahwasanya itu adalah link internal anda. Nah, disamping link internal ini, masih ada link yang bersifat ekternal yang merujuk pada situs yang relevan dengan konten yang anda buat, sehingga akan memberikan nilai tambah bagi building situs anda. Link eksternal ini haruslah diarahkan ke situs yang peringkatnya lebih baik dari situs anda, dengan maksud untuk mengangkat citra dan popularitas situs anda dihadapan mesin pencari. Ketika anda membuat link eksternal yang posisi peringkatnya di bawah situs anda, maka gunakanlah metode link nofollow meta tag.

8. Desain dan Penampilan Tata Letak Situs
Bahagian tata letak atau dekorasi web/blog sangatlah memberikan kredit point yang baik bagi kemampuan seo situs anda di halaman pertama google. Coba perhatian situs-situs yang besar (pengunjungnya ramai), sudah pasti desainnya sangat menarik, artistik dan nyaman pula dipandang mata. Pokoknya sedap kalilah dipandang mata.

Hal ini penting mengingat, situs kita tidak hanya akan dilihat dengan memakai komputer desktop atau laptop saja, tetapi juga dilihat dengan memakai handphone canggih (smartphone mobile) dengan berbagai perangkat ukuran layar. Bagi sebahagian pengunjung, penampilan situs jauh lebih penting, sehingga hal yang menarik merupakan pertimbangan untuk mengunjungi sebuah situs. Namun kalau boleh, usahakanlah situs anda itu bisa menarik tidak saja bagi yang gemar akan desain grafis (dunia seni), namun juga bagi pengunjung lain yang lebih mementingkan isi konten tulisan anda. Tapi setidak-tidaknya janganlah sampai penampilan situs anda itu berkategori sebagai website/situs jelek, teks kecil dan sangat miskin sentuhan seni grafisnya. Dengan kata lain kita harus memakai template yang benar-benar 100 % seo mobile friendly. Karena bila sudah menarik, responsif serta enak dipandang mata oleh para pengguna perangkat hp gemgam mobile, maka tata letak yang anda buat sudah sangat baik menyesuaikan diri dengan ukuran layar tiap-tiap perangkat smartphone/hp mobile.

Urusan desain dan tata letak ini tidak terlepas dari penggunaan template apakah yang dipergunakan tersebut template yang mobile friendly atau tidak, font bersih dan besar yang mudah dibaca terutama untuk H1, H2 dan H3. Nah, bila situs anda memiliki desain yang baik, maka sudah dapat dipastikan pengunjung akan betah dan mau berkunjung lagi ke situs anda dilain hari. Disamping itu, konsep penggunaan template mobile ini adalah menjadi peluang besar untuk menggaet pengunjung lebih banyak lagi karena lebih dari 60 % para pengguna internet adalah dengan menggunakan telepon atau handphon gemgam yang sangat cangging (misalnya ipad, android, tablet, dan smartphone canggih lainnya).

9. Daftarkan Url ke Webmastertools
Sebuah web/blog yang sudah beroperasi online jangan lupa untuk mendaftarkannya ke webmastertools yang dimiliki oleh mesin pencarian google, bing, baidu, yahoo, yandex, dan lain sebagainya. Dengan maksud dan tujuan agar nantinya, setiap ada pembaharuan yang dilakukan atas web/blog akan segera diketahui oleh mesin pencari, dan juga tujuan kita mendaftarkan diri ke webmastertools adalah dalam rangka untuk memaksimalkan pemberitahuan index lanjutan yang akan dilakukan oleh semua mesin pencari, sehingga akan tercantum/tercatat secara cepat dan sempurna di halaman mesin pencari, serta membuka peluang masuk dengan cepat di halaman pertama google.

Nah, itulah kira-kira bahagian seo offpage yang selama ini telah menjadi rahasia para ahli SEO atau pakar SEO untuk bisa dengan mudah masuk halaman pertama google tanpa adanya hambatan. Selanjutnya kita bahas topik seo offpage.

Bahagian Untuk Seo Offpage
Nah, bila ke-9 (kesembilan) langkah optimasi seo onpage telah dilakukan, maka langkah berikutnya adalah dengan melakukan pekerjaan mengoptimalkan seo offpage. Seo offpage maksudnya adalah sekumpulan teknik atau cara yang dilakukan oleh admin web/blog dari luar web/blog.

Ada beberapa teknik atau cara yang dilakukan, misalnya dengan mengshare beragam konten (baik tulisan, gambar ataupun video) yang telah kita buat dan publikasikan ke website/situs lainnya, seperti ke facebook, twitter, forum-forum sosial, ke web/blog milik teman kita, ke media-media online lainnya dengan cara berkomentar dan meninggalkan alamat link web/blog kita. Cara ini sangat efektif untuk mempopulerkan keberadaan web/blog yang kita miliki, khususnya dengan adanya kegiatan share dimaksud, web/blog kita akan mendapatkan berbagai backlink yang sangat dibutuhkan untuk membangun seo offpage kita dimata para mesin pencari. Mengenai pembahasan tentang arti dan pengertian, serta apa itu backlink dan manfaatkan bagi web/blog yang dimiliki para advokat Indonesia, khususnya yang berada di Kota Medan. Silahkan membaca topik ulasan tulisan kami yang berjudul tentang => “manfaat backlink bagi website advokat online”, semoga dapat dengan mudah dan cepat memahami tentang backlink tersebut.

Dengan kata lain, banyak orang menyebutkan bahwa teknik seo offpage ini adalah => sebuah teknik berburu backlink. Backlink yang kami maksudkan disini adalah backlink yang berkualitas dan memiliki reputasi atau page ranking tinggi dihadapan mesin pencari. Misalnya backlink dari domain berekstension xxxxxx.edu, xxxxxx.gov, dsb. Intinya, backlink yang akan kita cari adalah backlink yang bersifat alamiah (natural) dan lebih baik kualitas maupun peringkatnya dari backlink yang berasal web/blog kita sendiri. Semakin tinggi page ranking (PR)-nya, maka semakin baiklah kualitas backlink tersebut terhadap web/blog milik kita.

Nah, dalam hal berburu backlink ini, jangan terlalu membabi buta sehingga melakukan tindakan secara massal menyebarkan backlink kita ke berbagai web/blog yang ada. Sebab, mesin pencari milik google nanti akan mendeteksinya sebagai pengiriman backlink massal ke web/blog yang kita miliki, dimana hal ini tidak baik untuk optimasi seo offpage kita dan akan dianggap sebagai “spam” dan bisa-bisa masuk “sanbox google”, tentu saja bila hal ini dibiarkan terjadi maka akan memperburuk reputasi dan citra web/blog kita dimata SERP GOOGLE. Cukup untuk 1 (satu) hari, backlink yang kita cari berjumlah 3 (tiga) s/d 5 (lima) backlink dari web/blog yang memiliki page ranking tinggi dan berkualitas.

Nah, setelah langkah cara seo onpage dan seo offpage diatas sudah secara baik dan sempurna dilakukan, barulah anda bisa mulai untuk melirik bisnis pemberi bantuan jasa seo yang profesional dan berkualitas nomor 1, serta tentu saja dalam menawarkan jasa seo yang berkategori murah atau tidak terlalu mahal. Peluang bisnis jasa seo profesional dan berkualitas ini, bisa anda raih kesuksesan dengan cepat karena anda memang benar-benar memiliki keahlian khusus untuk menulis sesuai dengan standar dan petunjuk dunia ilmu seo, bahkan anda telah membuktikannya via web/blog milik anda sendiri, serta telah dapat dikatakan sebagai ahli seo atau pakar seo halaman pertama google Indonesia.

Prestasi dalam hal menggeluti bisnis online di bidang tulisan review ber-seo suatu produk ataupun perusahaan tertentu sangat terbuka lebar, karena kemampuan seo yang anda praktekkan telah terbukti dengan sangat mudah selalu bisa memasuki halaman satu google (PAGE RANK #1).

Kami akhiri tulisan ini, dengan mengucapkan terima kasih banyak karena sudah sudi datang ke web/blog advokat/pengacara/lawyer dan konsultan hukum ini, semoga apa yang kami bahas tentang rahasia ahli SEO atau pakar SEO agar mudah masuk halaman pertama/satu/1 google ini dapat bermanfaat bagi khalayak ramai. Satu hal yang perlu kami sampaikan bahwasanya penggunaan seo untuk sebuah web/blog tidak dapat ditawar-tawar lagi, karena kami sendiri selaku advokat atau pengacara sudah merasakan betapa “pentingnya seo bagi website pengacara di Medan” agar memiliki kemampuan untuk bersaing di dunia online (maya) yang lazim menggunakan mesin pencari. Sekian dan terima kasih. Salam Advokat atau Pengacara dan Konsultan Hukum Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....