Friday, 12 August 2016

SEO Alat Media Anti Black Campaign

Dihalaman SEO pertama google sangat rentan muncul hal berbau anti atau black campaign atau kampanye hitam, apalagi menjelang dilaksanakannya event pilkada atau pemilu serentak Indonesia, tentu media halaman google akan banyak terlihat black campaign yang diterbitkan oleh oknum-oknum tertentu yang paham penggunaan digital marketing, khususnya yang menggunakan teknik optimasi SEO. Tidak hanya mesin pencari google saja yang dimanfaatkan sebagai ajang membuat kampanye hitam ini, media sosial dan media online lainnya juga lazim digunakan untuk melakukan hal-hal yang berhubungan dengan anti sosialisasi positif maupun black campaign, bahkan cenderung dilakukan secara massal atau berjemaah.

Advokat N. Hasudungan Silaen, SH Ahli dan Master SEO - SEM Indonesia Untuk Media Anti Black Campaign atau Kampanye Politik Negatif Online

Terjadinya black campaign ini, tentu tidak terlepas dari kerjaan orang-orang tertentu ataupun kelompok tertentu yang dilakukan secara terstruktur, sistematis dan masif guna menciptakan terjadinya pembentukan opini publik yang negatif, hingga sampai pada pembusukan atas karakter seseorang. Tentu saja, bila dikaitkan dengan hal yang berhubungan dengan pemilu atau pilkada, perbuatan ini dapat dikategorikan sebagai pola sosialisasi atau kampanye politik hitam yang dapat mengusik lawan-lawan politiknya.

Tidak hanya dalam hal yang berhubungan dengan politik saat pelaksanaan pemilu atau pilkada, kampanye hitam juga telah dimanfaatkan untuk mendiskreditkan perusahaan-perusahaan tertentu, lawan bisnis, brand atau merek produk/barang atau jasa tertentu, dan masih banyak yang lainnya.

Adanya perbuatan anti atau black campaign ini, sebahagian dilakukan oleh mereka-mereka yang benar-benar diorganisir dan diumpan dengan data-data palsu atau data-data yang direkayasa sedemikian rupa, sehingga data-data tersebut dianggap benar dan valid oleh orang-orang yang melihat dan membacanya. Tindakan atau perbuatan black campaign ini bisa berupa tindakan menghina seseorang, melakukan beragam teknik yang berbau fitnah, bullying, hingga menyebarkan berbagai berita-berita yang tidak benar atau bohong, menciptakan berbagai rumors diberbagai media konvensional (baik cetak maupun elektronik), hingga menyebarkannya keberbagai media online dan juga jejaring media sosial seperti facebook, whatsapp, twitter, instagram, chirpstory, path, line, tumblr, membagikannya keberagama jenis forum-forum komunitas seperti kaskus dan bisa juga ke berbagai media-media online lainnya, ditambah dengan adanya fasilitas pembuatan berbagai website atau situs/sites siluman yang begitu mudah dan dapat dibuat secara gratis dengan memanfaatkan layanan dari wordpress, blogger, mywapblog, dan lain sebagainya.

Cara atau Teknik Melawan Kampanye Negatif atau Kampanye Hitam
Bila telah terjadi dan terlist di halaman pertama google berbagai kampanye hitam atau kampanye negatif yang telah menyudutkan, apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara melawan atau mengantisipasinya? Ketenangan adalah kunci utamanya, karena itu harus diantisipasi dan disusun sebuah strategi dengan cara yang benar, atasi dengan cara sistematis menggunakan berbagai teknik-teknik jitu yang dipadukan dengan penggunaan sumber daya manusia (SDM) yang handal dan professional untuk bisa mendominasi atau akan melakukan berbagai perbuatan reframing, membantah dengan data-data dan sumber-sumber yang akurat dan valid, menjalankan strategi kampanye public relations yang tepat. Lalu bagaimana caranya apabila kampanye hitam atau kampanye negatif itu telah pula terindex secara baik dan sempurna di mesin pencari dengan menggunakan teknik optimasi SEO?

Nah, bila kondisi diatas adalah dilakukan oleh orang-orang yang paham tentang penggunaan SEO, maka mau tidak mau apa yang dilakukan seperti penjelasan kami diatas juga harus dikolaborasikan dengan teknik SEO tingkat tinggi, sehingga black campaign yang sudah terindex di halaman pertama dan atau ranking satu tersebut dapat tergeser oleh kampanye-kampanye positif yang diterbitkan secara khusus untuk menyaingi adanya pemberitaan melalui kampanye hitam atau negatif yang ada di halaman google. Tentu saja orang-orang yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan seperti ini haruslah sangat paham dengan dunia internet dan stategi menggunakan SEO dan SEM internet marketing ataupun SEO media sosial internet marketing, bukan hanya sekedar hanya bisa melakukan subscribe hingga posting memosting semata. Dengan kata lain untuk menghadapi manusia dengan berbagai akun-akun bodong ini, maka sangat wajar menggunakan jasa dari orang-orang yang benar-benar ahli seo, pakar sem, master social media ataupun praktisi/konsultan internet marketing online yang selama ini berkecimpung dalam kegiatan-kegiatan dunia online.

Jangan takut atau ragu untuk mendiskusikan sebuah pola terbaik yang akan digunakan untuk mengantisipasi setiap ada atau munculnya black campaign yang kecenderungannya akan semakin marak menjelang pelakasanaan pemilihan kepala daerah gubernur, bupati dan walikota beserta dengan wakil-wakilnya di tahun 2017 yang akan datang, karena secara prinsipil banyak manfaat SEO politik khususnya untuk pemilu, pilkada, pileg dan juga untuk pilpres.

Ingat, pemberitaan kampanye hitam seperti kasus obor rakyat pada kampanye Pilpres tahun 2014 lalu merupakan salah satu contoh adanya kampanye hitam atau kampanye negatif yang dilakukan oleh orang-orang yang anti terciptanya pola sosialisasi atau kampanye politik yang baik dan benar sesuai dengan norma-norma kesusilaan, adat istiadat dan hukum yang berlaku di Indonesia, baik yang dilakukan secara offline atau tatap muka maupun yang dilakukan secara online di berbagai media, khususnya media sosial sebagai sarana kampanye online yang menggunakan media internet.

Cara dan Teknik Optimasi SEO
Untuk mengoptimalkan hasil pengunaan SEO agar kampanye positif lebih dominan terindex di halaman satu google dibandingkan dengan adanya kampanye negatif atau black campaign, maka sangat diperlukan tindakan membangun optimasi web SEO secara total, caranya adalah dengan menggunakan “teknik ONPAGE SEO”, yang meliputi pengerjaan seo dari dalam website itu sendiri, seperti penggunaan template yang seo friendly, mencantumkan kata kunci di header, mengisi beberapa kata kunci tertarget dalam deskripsi, mendaftarkan url ke webmastertools, dlsb. Kemudian, penggunaan “teknik OFFPAGE SEO’, yaitu serangkaikan tindakan yang dilakukan dari luar website (misalnya dengan mencari backlink, review, berkomentar di web/blog orang lain, sosial media, aktif di direktori dan forum-forum sosial kemasyarakatan yang ada di internet, dan banyak aspek pendukung lainnya).

Nah, untuk menyokong hal tersebut tentu saja tindakan optimasi Search Engine Optimization Social Media juga harus dikolaborasikan untuk menopang daya gebrak SEO OnPage yang mengarah ke kanal web atau saluran sites khusus memblok adanya pemberitaan-pemberitaan negatif dimaksud. Tentu saja hal ini tidak dapat dilakukan secara instan melainkan harus terencana dan terintegrasi dengan baik, serta harus dilakukan oleh orang yang benar-benar sebagai ahli, pakar, master, praktisi/konsultan SEO maupun SEM, Jejaring Media Sosial, dan ahli internet lainnya.

Sudah jelaskan sekarang, apa yang menjadi kegunaan, manfaat dari pemakaian seo maupun mengkolaborasikannya dengan penggunaan SEM tersebut sebagai alat untuk antisipasi berbagai media yang melakukan perbuatan kampanye hitam atau kampanye negatif di ajang pemilukada, pemilu, pilkada, pileg, dan juga pilpres yang akan datang, semoga uraian-uraian diatas bisa dengan cepat dimengerti dan dapat dipergunakan sebagai media untuk anti black campaign. Sekian dan terima kasih. Salam Advokat – Pengacara dan Konsultan Hukum Indonesia. (Silaen)

No comments:

Post a Comment