Thursday, 11 August 2016

Manfaat SEO Pada Pemilu, Pilkada Dan Pilpres

Apa manfaat dan kegunaan SEO itu di event pemilu, pilkada, pileg maupun pilpres? Mungkin pertanyaan seperti ini pernah muncul dipikiran kita dan mungkin juga para sahabat atau rekan-rekan advokat/pengacara pernah menanyakannya kepada para ahli, pakar, master, guru pembimbing dan atau kepada para webmaster praktisi SEO Indonesia. Nah, pada kesempatan yang berbahagia ini, kami dari blog online kantor advokat silaen & associates, akan mencoba menjawab misteri  yang terselubung dari kegunaan dan manfaat SEO bagi sebuah even pemilu, pilkada dan pilpres. Tidak hanya itu saja, kami juga akan membagikan beragam informasi tambahan seputar apa arti dan pengertian dari seo itu, jenis dan atau pembagian seo, serta manfaat langsung yang bisa dirasakan dari pemakaian seo itu sendiri bagi kelangsungan popularitas nama kandidat atau bakal calon yang ikut dalam ajang pesta demokrasi rakyat.

Manfaat dan Kegunaan SEO Untuk Kampanye Pemilu dan Strategi Sosialisasi Pilkada dengan Optimasi Search Engine Optimization Halaman Satu Google Indonesia
   
Arti Dan Pengertian SEO
SEO merupakan kepanjangan dari “Search Engine Optimization” adalah => serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis dan terstruktur yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan secara maksimal mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Dari penjelasan definisi/makna dari seo diatas, kami akan menarik sebuah kesimpulan sendiri tentang arti dan pengertian SEO, yakni => bahwa seo itu adalah tindakan dan atau perbuatan yang dilakukan terhadap sebuah website atau media online lainnya untuk bisa meningkatkan jumlah pengunjung ke website/situs kita, dimana pengunjung yang datang tersebut berasal dari hasil referensi dari mesin pencari.

Tujuan Penggunaan SEO
Sebenarnya sudah banyak yang tahu, apa tujuan dari digunakannya SEO. SEO digunakan agar bisa menempatkan sebuah situs/web/blog atau media online lain pada posisi teratas, atau setidak-tidaknya pada halaman satu dari setiap hasil dari mesin pencari yang menggunakan kata kunci (keyword) tertentu yang sudah ditargetkan sebelumnya. Nah, kenapa harus di posisi teratas ya? Jawabannya yaitu dengan situs web berada dan bisa menempati posisi teratas pada hasil mesin pencari, maka sudah bisa dipastikan situs web kita akan banyak dilihat para pengguna internet, sehingga logika adalah dengan semakin banyak orang melihat situs web kita, maka sangat memiliki peluang lebih besar untuk bisa mendapatkan jumlah pengunjung yang besar pula.

Dari penjelasan tentang arti/makna/definisi/pengertian dan tujuan dari SEO diatas, maka secara gamblang dapat ditarik kesimpulan bahwa SEO adalah => merupakan proses yang dilakukan oleh si pemilik (webmaster) website untuk melakukan tindakan pengoptimalan situs pribadi, bisnis online, toko online ataupun situs web apa saja agar bisa berada pada peringkat pertama google dan atau mesin pencari lainnya. Minimal, halaman pertama pada kata kunci (keywords) yang telah dibidik atau ditargetkan sebelumnya, sesuai dengan kanal sasaran market bisnisnya. Ilustrasi kira-kira begini: misalnya kata kunci target utama kita adalah adalah “pengacara pilkada” atau target lain berupa keyword: “perdata jadi pidana” maupun misalnya “pakar seo pemilu”, “ahli seo pilkada” dengan alamat situs website www.advokat-silaen-associates.blogspot.com, maka upaya optimasi seo yang dilakukan harus konsern dari target yang sudah ditetapkan (baik pada pembuatan halaman statis, misalnya halaman about us; kemudian dilanjutkan pula pada target kata kunci di penulisan sebuah atau beberapa konten artikel, dsb). pada keyword pengacara pilkada dan kata pakar seo pemilu diatas, agar nantinya semua hal yang berhubungan dengan kata pengacara pilkada dan atau pakar seo pemilu akan merujuk ke web situs ini, karena terdapat kesesuaian kata kunci dan isi konten artikel yang sudah dibuat sebelumnya. Bila telah terdapat kesesuaian, maka patut atau layak web dimaksud nantinya diletakan oleh google pada peringkat halaman pertama, ketika terjadi penelusuran kata kunci pengacara pilkada ataupun pakar seo pemilu.

Manfaat Penggunaan SEO
Dari hasil pengamatan dan analisa kami, terhadap pekerjaan optimalisasi yang dilakukan oleh ahli, pakar, master, konsultan, guru pembimbing dan praktisi SEO, bahwasanya pemanfaatan dari hasil penggunaan seo tidak bisa dinikmati secara instan atau cepat, dengan kata lain butuh proses yang memakan kurun waktu lumayan lama. Berdasarkan estimasi dari berbagai referensi e-book dan atau tutorial tentang SEO yang pernah kami baca, biasanya para pelaksana/pekerja ataupun praktisi SEO dalam mengerjakan sebuah proyek yang berhubungan dengan optimasi seo bisa memakan jangka waktu 3 minggu sampai dengan 3 bulan (tetapi bisa juga lebih lama, tergantung situasi dan kondisi market share yang ditargetkan). Karena, banyak hal yang harus dipertimbangkan dan dipersiapkan oleh seorang praktisi SEO untuk mengerjakan sebuah proyek seo dari kliennya, khususnya dalam hal kampanye politik ataupun sosialisasi online yang berhubungan dengan pilkada/pemilu serentak di Indonesia.

Diatas kami ada menyinggung tentang posisi teratas dan terjadinya pemeringkatan halaman 1-10, karena pada urutan 1-10 adalah dikategorikan ke dalam page one (halaman 1) di google, ketika kata kunci yang di ketikkan oleh pencari atau pengguna internet. Tentu saja posisi ranking 1-10 akan lebih besar peluangnya mendapatkan pengunjung bilang dibandingkan dengan website yang berada urutan atau ranking 11-100 (halaman 2, 3, dst).

Kantor Jasa Bantuan Hukum Advokat Pilkada - Konsultan Politik - Pengacara Pemilu dari N. Hasudungan Silaen, SH

Jika dalam kurung waktu 1 bulan para visitory organik anda mencapai angka 2000 unique visitory dan benar-benar merupakan pendatang asli dari penelusuran keyword yang anda targetkan dari pemakaian seo, maka kemungkinan dari 2000 orang tersebut, akan mengetahui siapa anda, rekam jejak anda sebagai kandidat atau calon kepala daerah, kemudian visi dan misi atau program kerja yang akan anda lakukan sebagai kepala daerah untuk masa waktu 5 (lima) tahun masa kepemimpinan anda di daerah tersebut. Tentu, orang-orang yang selama ini tidak mengetahui visi dan misi tersebut dapat seketika itu juga mengetahuinya dengan membaca apa yang telah anda buat dan publikasi di halaman google. Tidak hanya itu saja, faktor lain seperti perbandingan kualitas program, popularitas dan elektabilitas turut juga terpengaruhi, apakah seseorang itu nantinya akan memilih anda pada saat hari H pencoblosan.

Tidak hanya itu saja, SEO ini juga dapat dimanfaatkan untuk meredam berbagai berita atau isu-isu miring yang merugikan para kandidat atau calon kepala daerah, dimana berita atau isu miring tersebut terekspose di media-media online atau internet, sehingga berita-berita positif saja yang muncul dihalaman mesin pencari google. Dengan demikian opini publik yang tercipta adalah positif isu.

Jadi berdasarkan uraian-uraian diatas, sudah sangat jelas terlihat manfaat SEO yang di terima para pemilik web/situs/blog yang telah melakukan optimasi SEO seluruh menyeluruh dan konsisten, baik menggunakan jasa seo profesional maupun yang mengerjakannya sendiri. Pertanyaannya, sudah siapkah anda kebanjiran trafik pengunjung setelah menggunakan optimasi SEO?

Cara Optimasi SEO
Untuk mengoptimalkan hasil pengunaan SEO, perlu dilakukan optimasi secara total, caranya adalah dengan menggunakan “teknik ONPAGE SEO”, yang meliputi pengerjaan seo dari dalam website itu sendiri, seperti penggunaan template yang seo friendly, mencantumkan kata kunci di header, mengisi beberapa kata kunci tertarget dalam deskripsi, mendaftarkan url ke webmastertools, dlsb. Kemudian, penggunaan “teknik OFFPAGE SEO’, yaitu serangkaikan tindakan yang dilakukan dari luar website (misalnya dengan mencari backlink, review, berkomentar di web/blog orang lain, sosial media, aktif di direktori dan forum-forum sosial kemasyarakatan yang ada di internet, dan banyak aspek pendukung lainnya).

Sudah jelaskan sekarang, apa yang menjadi kegunaan, manfaat dari pemakaian seo tersebut bagi ajang pemilukada, pilkada pileg, dan juga pilpres, semoga uraian-uraian diatas bisa dengan cepat anda mengerti. Sekian dan terima kasih. Salam Advokat – Pengacara dan Konsultan Hukum Indonesia. (Silaen)

No comments:

Post a Comment