10 Desember 2016

Cara Membuat Web Forum Diskusi Dengan Mudah

lawyermedan - Cara Membuat Web Forum Diskusi Dengan Mudah || Perkembangan teknologi informatika dan komputer yang semakin canggih, mengakibatkan timbulnya keinginan untuk membuat web forum atau situs komunitas, misalnya untuk masalah hukum, pertanian, pemilu / pilkada, jual beli, peternakan, forum wirausaha, forum bisnis, dlsb. Khusus untuk para lawyer yang berkantor di Kota Medan juga tidak mau ketinggalan dan berlomba-lomba untuk membuat kantor lawyer online ataupun lawfirm online menggunakan web profesional sebagai media untuk berbagi informasi hukum yang terbaru, baik yang dipadukan dengan adanya fasilitas forum diskusi hukum.

Cara Mudah Membuat Website Forum Diskusi di Blogspot Corp


Namun, yang menjadi persoalan adalah apakan para lawyer di medan memahami web secara komprehensif untuk menunjang aktivitas profesinya, khususnya dalam hal mengelola web yang berbasis forum diskusi masalah hukum ataupun sebagai sarana komunitas mengumpulkan para lawyer online dari seluruh daerah yang ada di nusantara ini. Bagi anda yang tidak memahami apa itu lawyer, silahkan baca artikel kami dengan cara mengklik tulisan LAWYER berikut.

Sebenarnya, kalau mau sedikit kerja keras, tidak ada ilmu pengetahuan yang tidak dapat dipelajari. Dengan kata lain, bila ingin belajar tentang cara membuat situs / portal ataupun cara membuat web forum diskusi hukum tidaklah begitu sulit.

Berikut ini akan kami paparkan cara membuat web forum diskusi dengan menggunakan content management system (CMS) blogspot. Nah, mengapa kami memilih CMS blogspot? Alasannya disebabkan, web ini adalah menggunakan CMS blogspot sehingga sangat relevan bila kami membahas hal-hal yang berhubungan dengan ngeblog menggunakan CMS blogspot & corp.

Dalam perkembangan pembuatan web forum online atau pengoperasian web berbasis komunitas online, biasanya sangat identik dimaknai sebagai website besar yang sangat susah coding dan diwajibkan untuk menyewa hosting berbayar. Dengan kata lain, orang-orang yang akan membuat web forum / komunitas harus mengalokasikan uang yang cukup atau harus mengeluarkan uang yang jumlahnya tidak sedikit.

Namun, hal itu tidak berlaku di dalam blogspot, dimana anda tidak perlu lagi membayar untuk menyewa hosting dikarenakan ada program layanan hosting gratis atau cuma-cuma yang disediakan oleh blogspot & corp bagi yang berminat memasang program khusus untuk forum atau komunitas. Benarkah 100% gratis? Memang benar 100% gratis, karena program pembuatan web forum ini sudah ada disediakan oleh Google Apps bagi pengguna blog yang berplatform blogger. Sebenarnya pemograman web forum ini berasal dari google groups yang memang sudah lama ada di google dan bisa dimanfaatkan untuk dipasang di dalam blog sendiri sebagai sebuah halaman diskusi dan juga tanya jawab layaknya seperti sebuah forum pada website besar seperti yang dibuat oleh kaskus dan forum diskusi besar lainnya.

Modal Yang Dibutuhkan & Cara Pembuatannya
Apa-apa saja modal dan juga syarat yang dibutuhkan untuk membuat sebuah web berbasis forum atau komunitas? Berbicara modal, sebenarnya karena sifatnya adalah bersifat gratisan atau cuma-cuma, cukup hanya dengan bermodalkan sebuah akun gmail.

Langkah pertama, pengguna dapat login dengan akun gmail, kemudian pengunjung dapat dengan mudah bergabung untuk bertanya atau ingin membahas seputar apa yang ada di dalam blog tersebut, tentunya ini menjadi manfaat sendiri bagi blog anda agar bisa dengan mudah berkomunikasi dan saling memberikan solusi kepada setiap member yang telah join dalam forum diskusi blog anda, jadi bisa saling bantu membantu satu sama lain, dan anda pun dapat trafik web yang cukup baik dalam rangka membangun konsep seo jangka panjang disebabkan forum diskusi yang anda buat tersebut bernilai cukup tinggi di SERP web engine optimization google. Untuk menghemat waktu, langsung saja kami jelaskan cara membuatnya:

(1) Silahkan menuju alamat Google Groups biasanya ada dalam kotak titik 9 di pojok kanan atas;
(2) Isi kolom yang sudah disediakan, pada pilihan email list bisa pilih antara Web Forum dan Q&A Forum, kalau anda hanya ingin forum tanya jawab saja bisa pilih Q&A Forum, kalau dalam artikel web ini, kami lebih memilih Web Forum karena lebih menginterpretasikan penampilan layaknya seperti web-web besar seperti forum diskusi. Jika sudah, silahkan selanjutnya klik create;
(3) Selanjutnya klik icon gear di pojok kanan atas dan pilih bahagian sub groups setting;
(4) Scrool mouse ke bahagian bawah lalu copy kode script frame-nya;
(5) Buat laman baru di web anda;
(6) Pilih HTML dan pastekan kode scriptnya lalu publikasikan;
(7) Selesai

Cara Mempopulerkan Web Forum
Fakta yang berkembang seiring perkembangan teknologi informatika dan komputer (TIK) turut menciptakan ketatnya persaingan sesama web forum ataupun situs komunitas online di Indonesia. Oleh karena itu, tidak ada kata lain selain harus belajar tentang teknik-teknik memenangkan persaingan online tersebut. Bagaimana caranya?

Caranya adalah harus mempelajari teknik optimasi search engine optimization (seo), baik itu teknik seo onpage maupun teknik seo offpage. Yang dimaksud dengan teknik seo onpage adalah teknik optimalisasi seo web yang dilakukan dari dalam web itu sendiri, sedangkan teknik seo offpage merupakan teknik optimalisasi seo web dari luar web tersebut.

Berikut ini akan dijelaskan teknik seo onpage dan teknik seo offpage berdasarkan pengalaman yang kami dapatkan selaku salah seorang blogger Medan. Dimana, teknik dimaksud dikelompokkan menjadi 4 (empat) bahagian cara yang berkategori sangat efektif untuk meningkatkan traffic pengunjung ke website / blog forum anda, sekaligus dalam rangka mempopulerkan web komunitas online anda. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Membuat Konten Berkualitas Dan Berpotensi Jadi Viral
Salah satu cara yang sangat efektif dan efesien untuk meningkatkan trafik ke weblog forum anda secara drastis dengan cepat meskipun usia situs forum dimaksud masih tergolong muda atau baru, kuncinya adalah dengan cara membuat berbagai konten yang berkualitas, serta dapat berpotensi menjadi salah satu “konten artikel viral” yang banyak dishare oleh para pengguna internet ke berbagai media-media online secara sukarela. Ingat, disamping kualitas konten, kuantitas juga sangat mempengaruhi agar trafik pengunjung yang datang ke web forum anda secara drastis melonjak. Minimal dalam jangka waktu 1 s/d 3 bulan, konten berkualitas yang anda posting minimal 270-an konten atau dengan perincian minimal 3 konten berkualitas per-hari. Sanggup anda? Bila sanggup, maka sudah bisa dipastikan dalam sekejap mata akan terjadi peningkatan trafik yang sangat tinggi (baik pengunjung maupun page view-nya) ke website / blog forum anda. Bila tidak percaya, segeralah lakukan untuk membuktikan kebenaran pendapat kami ini.

2. Mempertahankan Eksistensi Posting Dan Share
Setiap konten yang dibuat agar diketahui segera oleh para pengguna internet dan juga ter-index oleh mesin pencari google di halamannya, maka konten tersebut haruslah terlebih dahulu diposting / publikasikan dan kemudian anda share ke berbagai media online yang anda, forum-forum online dan sosial media (medsos). Banyak media online yang dapat anda pilih sebagai tempat untuk mengshare konten-konten berkualitas yang anda buat, misalnya ke website / blog para sahabat blogger, forum-forum sosial online, komunitas-komunitas online, direktori-direktori online, line, google plus, email group, youtube, facebook, twitter, instagram, path, dlsb.

Tujuan utama dari adanya perbuatan ini adalah untuk mempromosikan weblog forum secara cepat dan dalam rangka untuk mendapatkan pengumpulan beragam backlink yang mengarah langsung ke weblog forum anda. Masuknya beberapa backlink ini akan sangat bermanfaat untuk membangun fondasi “link building websites forum” jangka panjang yang telah dimaknai baik oleh mesin pencari. Ingat jangan terlalu banyak mengejar backlink dari cara mengshare ini, cukup maksimal share 10 (sepuluh) backlink per-hari-nya.

3. Optimasi Hanya Menggunakan Teknik Whitehat SEO
Point 1 dan point 2 yang kami uraikan diatas adalah bahagian yang tidak terpisahkan dari keseluruhan teknik optimasi search engine optimization dengan menggunakan teknik whitehat seo, yakni dikenal dengan nama seo onpage dan seo offpage. Memang dalam hal mendatangkan atau meningkatkan trafik, penggunaan teknik seo merupakan opsi yang terbaik dan telah banyak dieksplorasi dan dimodifikasi secara modern, sehingga sekarang ini telah digunakan sebagai salah satu strategi pemasaran online berbagai bisnis yang berbasis online, misalnya toko online.

Pada hakekatnya, search engine optimization dimanfaatkan untuk mengantarkan website / blog forum maupun produk / barang dagangan yang diiklankan secara online bisa berada pada halaman pertama google dan/atau masuk ranking satu google. Mengapa harus mengincar halaman pertama google? Hal ini disebabkan, bila sebuah weblog forum berada di halaman dan ranking 1, maka akan langsung terlihat atau terbaca oleh para pengguna internet dari seluruh dunia, dengan begitu peluang untuk diklik dan atau dikunjungi setelah melihatnya di halaman pertama adalah sangat besar. Dengan kata lain, peluang untuk meningkatkan trafik pengunjung sangatlah besar yang jumlahnya tidak terbatas.

Lalu bagaimana caranya agar website komunitas / blog forum dalam sekejap mata bisa langsung masuk duduk di halaman pertama google? Silahkan membaca artikel kami tentang cara masuk ke halaman pertama google, jangan lupa untuk mengklik agar langsung menuju ke alamat halaman tulisan tersebut.

Jadi saran kami belajar keraslah mengenai cara untuk memaksimalkan seo, agar peluang untuk mendapatkan trafik tinggi ke website forum / blog komunitas anda tidak terlewatkan. Serta bila telah mahir, maka manfaatkanlah seo tersebut untuk mengeksplorasi konten-konten berkualitas yang anda buat dengan teknik penggunaan seo onpage dan selanjutnya membagikannya untuk memenuhi kriteria penggunaan seo offpage, niscaya dalam sekejap mata akan mendapatkan peningkatan trafik yang tinggi, drastis dan fantastis akan dapat dengan segera diraih. Bila tidak memiliki cukup waktu, maka anda bisa mencari dan atau memikirkan untuk menggunakan pihak ketiga yang memiliki keahlian specilist seo tingkat tinggi dan telah menjadi “pakar seo website blog forum” untuk fokus mengurusi dan menangani hal-hal yang berkaitan dengan search engine optimization weblog anda, sehingga mampu mengungguli kompetitor lainnya.

4. Pantang Menyerah Dan Banyak Berdoa
Dalam rutinitas dunia blogger tentu akan banyak ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang akan terjadi dalam mengembangkan website komunitas / blog forum kedepannya, karena itu sangat dibutuhkan kesabaran dan memiliki jiwa yang bermental baja dengan tidak mengenal kata menyerah dan pantang mundur. Ketika menghadapi kegagalan dalam pengelolaan weblog forum komunitas, maka seketika itu juga anda harus cepat bangkit dari keterpurukan dan tetap bersemangat untuk mengurus dan memperbaiki nasib weblog tersebut. Ingat bahwa dunia blogger forum sangat membutuhkan pengorbanan dan konsentrasi tenaga, pikiran, waktu dan juga akan mengeluarkan uang yang jumlahnya tidak sedikit. Mampukah dan sabarkah anda melewati hal-hal tersebut? Apalagi ketika website forum / blog forum yang dibangun belum dapat memberikan kepuasan dan menghasilkan uang tambahan bagi anda, serta peluang kemungkinan layu sebelum berkembang alias weblog yang mati suri bisa terjadi. Disamping itu, agar anda jangan lupa untuk selalu berdoa agar Tuhan tetap memberikan kesehatan, umur panjang dan juga rezeki yang cukup agar bisa mengelola website / blog setiap harinya dengan baik dan kontiniu.

Mudah-mudahan tulisan kami yang berjudul tentang cara membuat web forum diskusi dengan mudah ini dapat bermanfaat bagi anda para pegiat blogger di Indonesia, khususnya di Kota Medan. Terkhusus bagi anda yang berprofesi sebagai advokat, pengacara, lawyer ataupun konsultan hukum, jangan lupa membaca artikel kami lainnya yang membahas tentang 4 cara mendatangkan traffic ke website / blog dalam sekejap mata, mudah-mudahan ada manfaat tambahan setelah membacanya. Atas perhatian dan kunjungannya diucapkan terima kasih.

2 komentar:

  1. artikelnya bagus, terima kasih informasinya sangat bermanfaat, salam kenal, saya juga Advokat

    BalasHapus

No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....