Menjamurnya
web/blog kantor Advokat, Pengacara dan Konsultan Hukum di Medan, telah banyak
memberikan kontribusi dalam menjawab pertanyaan pencari hukum dan keadilan,
melalui penyediaan fasilitas laman/room tanya jawab online yang diberikan
secara cuma-cuma atau gratis. Ada juga
pendirian dan atau pembuatan website kantor hukum (law firm) ini adalah untuk memperkenal
dirinya sebagai salah satu Advokat, Pengacara dan Konsultan Hukum yang
beroperasi dan berdomisili di Kota Medan.
Memang
website kantor Advokat, Pengacara dan Konsultan Hukum ini sangat dibutuhkan,
mengingat kecenderungan masyarakat Kota Medan yang mulai tidak terlepas dari
penggunaan internet, khususnya internet tersebut dipergunakan untuk mencari
segala informasi yang berhubungan dengan hukum, baik hukum perdata, pidana,
administrasi negara, bisnis, internasional, tata usaha negara, perburuhan, dan
lain sebagainya. Karena kondisi pasar yang demikian, maka semua website atau
situs kantor Advokat, Pengacara dan Konsultan Hukum (dan juga law firm) yang
ada, harus bersaing secara online untuk bisa diketahui dan dilihat oleh
masyarakat pengguna internet (khususnya warga Kota Medan). Persaingan website
ini tentu saja di halaman mesin pencarian seperti google, yandex, yahoo, bing,
dll, terlebih khusus untuk kata pencarian advokat medan.
Nah,
persoalannya adalah Undang-undang Advokat Nomor 18 Tahun 2003 secara tegas melarang para Advokat,
Pengacara dan Konsultan Hukum untuk memasang beriklan dan mengadakan promosi
jasa di semua media (baik media offline maupun media online). Lalu bagaimana
mensiasatinya? Dalam dunia internet marketing modern, telah dikenal tenaga
pemasaran yang efektif, efesien, tangguh dan ulet yang siap bekerja 24 jam non
stop sehari dan tanpa pamrih atau meminta bayaran dari rekan-rekan Advokat,
Pengacara dan Konsultan Hukum. Siapakah dia? Dia adalah SEO (Search Engine Optimization) yang ditanamkan di website kantor Advokat, Pengacara dan
Konsultan Hukum (law firm) anda.
Menurut
wikipedia, arti dan pengertian SEO adalah “serangkaian
proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan
volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web
tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari
tersebut”. Nah, SEO inilah yang kemudian dipacu kinerjanya agar dapat bekerja
secara maksimal (optimal) untuk bisa menempatkan website berikut dengan isi
konten web berada pada posisi halaman pertama mesin pencari (dikenal dengan
nama rank #1 atau page one). Dengan website/blog kantor (law office)
rekan-rekan Advokat, Pengacara dan Konsultan Hukum berada pada posisi halaman
satu google, maka kesempatan website untuk dilihat, diketahui dan dikunjungi
oleh orang banyak (pengguna internet) berpeluang lebih besar dibandingkan
dengan kantor hukum yang lain. Dengan begitu, website kantor hukum tersebut
akan lebih terkenal dan sangat berpeluang besar pula untuk mendapatkan klien.
Inilah siasat yang kami maksudkan tadi.
Nah,
bila sahabat dan rekan Advokat, Pengacara dan Konsultan Hukum tidak mempunyai
pengetahuan maupun waktu untuk mengurusi masalah optimasi SEO website, maka
rekan-rekan bisa mencari atau memakai jasa bantuan dari orang-orang yang telah
ahli dan menjadi pakar bidang SEO, karena kegunaannya dapat menambah
penghasilan dan ketenaran nama anda selaku Advokat, Pengacara dan Konsultan
Hukum di Kota Medan. Atau kalau mau belajar sendiri (otodidak) juga bisa,
karena telah banyak buku dan ebook SEO yang telah beredar di pasar toko buku
terdekat.
Pada
kesempatan ini, bila para rekan Advokat, Pengacara dan Konsultan Hukum mau belajar
sendiri (otodidak) tentang bagaimana melakukan tindakan dan perbuatan optimasi
SEO bagi website kantor hukum, kami akan bagikan sedikit pengetahuan tentang
ilmu SEO yang pernah kami pelajari sebelumnya.
Dalam
dunia ilmu SEO, telah dibagi menjadi 2 bahagian penting (masih saling
berhubungan dan saling dukung mendukung), yaitu yang pertama dikenal dengan
nama SEO On Page (bekerja di dalam website), dan yang kedua dikenal dengan nama
SEO Off Page (bekerja dari luar website).
Sekilas Tentang SEO On Page
Kami anggap rekan-rekan sesama Advokat, Pengacara dan Konsultan Hukum
telah mempunyai satu buah website (baik yang domain dan hosting berbayar atau
yang gratisan seperti punya kami ini), tapi pilihlah domain yang bisa memakai
www dan atau tanpa memakai www, karena secara prinsip mesin pencari akan
menganggap bahwasanya domain tersebut adalah berbeda. Tapi, anda tidak perlu
takut ataupun risau, karena hal tersebut bisa disiasati dengan menggunakan redirect 301.;
Isilah tag header (judul situs), dalam hal ini kami
memakai: “Advokat Silaen & Associates). Tag header ini adalah keyword
tertarget pertama yang harus menjadi sasaran, karena itu pikir matang-matang
apa yang mau dituliskan pada header ini. Ingat panjang karakter yang baik untuk
tag judul kepala ini adalah 40 sampai dengan 70 karakter.
Kemudian isi tag deskripsi website (contoh pada
website ini, yaitu diisi dengan kata “Website Jasa Kantor Advokat, Pengacara & Konsultan Hukum
Anggota Peradi Di Medan, Sumatera Utara”. Tag deskripsi ini harus diisi dengan
hal-hal yang berhubungan dengan website anda secara menyeluruh, panjangnya
tidak boleh melebih dari 160 karakter karena kalau lebih secara otomatis akan
langsung dipotong oleh google. Ingat baik tag judul website maupun tag
deskripsi, bila nanti rekan-rekan Advokat, Pengacara dan Konsultan Hukum membuat sebuah
tulisan (konten), jangan lupa agar target keyword adalah hal-hal yang
berhubungan dengan header dan deskripsi yang bisa divariasikan dengan menggunakan
emphasize (seperti
memberi bold, italic, atau underline).
Kalau bisa alamat URL mengandung target keyword
andalan utama website anda, misalnya mau mengkedapankan kata advokat, maka
pilihlah url yang ada kata advokatnya, seperti url link: http://advokatmedan.com/ dan sebagainya. Nah
coba perhatikan, alamat alamat link situs terdapat kata advokat dan medan,
kedua kata tersebut dalam ilmu SEO adalah merupakan kata kunci tertarget
andalan website/blog anda. Dengan adanya kata kunci utama tertarget tersebut,
maka sangat berpeluang besar bisa mengantarkan website dan atau artikel konten menuju
ke halaman pertama (page one) seluruh mesin
pencarian, khususnya google. Nah, pokok intinya adalah kata-kata yang berisi
nama alamat url domain yang dalam hal ini adalah kata “ADVOKAT” dan “MEDAN”
adalah kata kunci utama dari website/blog anda.
Buatlah halaman yang baik dan relevan, serta enak
dilihat oleh pembaca anda, khususnya untuk robot text spider yang dimiliki oleh
mesin pencari. Mohon hindari penggunaan iframe, flash, karena robot spider
tidak bisa membaca file tersebut. Satu hal yang perlu terus diingat, bahwasanya
konten web itu adalah raja, oleh karenanya perbanyaklah isi konten yang
bermutu, berkualitas, bermanfaat dan berstandarkan SEO Friendly.
Bila anda telah mahir, segeralah kompres halaman
website/blog anda menggunakan .gzip atau caching dan minimalkan seluruh
file-file seperti css, javascript, dan gambar dalam rangka meningkatkan
kecepatan loading website anda, karena hal tersebut adalah juga salah satu
penilaian apakah SEO telah optimal atau tidak.
Sekilas Tentang SEO Off Page
Setelah selesai dengan urusan perkara SEO On Page
sebagaimana penjelasannya diatass, lanjut pada pembahasan SEO Off Page, dimana
pengertian adalah optimasi SEO dari luar website/blog dalam rangka untuk
membangun dan atau mencari link (sebanyak-banyaknya yang mengarah ke website
anda (link building), tapi ingat utamakan link dofollow yang berkualitas dan
terbaik. Lalu, dengan cara apa dan bagaimana? Inilah yang akan dijelaskan lebih
lanjut, seperti penjelasan kami di bawah ini:
Menyebarkan Link di Social
Bookmark
Untuk urusan SEO Off Page, apapun flatform Content Management
System (CMS) yang anda pergunakan, baik Blogspot, WordPress,
atau yang lainnya, telah support dan menyediakan beberapa social bookmark bisa
anda pakai dalam mempromosikan website dari luar. Ada beberapa social bookmark yang
sangat populer di dunia internet bloggermania, antara lain: Digg, Pinterest,
Delicious, StumbleUpon, Reddit. Social bookmark sangat bermanfaat pembaruan
posting isi konten blog yang baru saja anda buat, sehingga cepat tersebar dan
diketahui oleh banyak audiens pula yang menggunakan social bookmark tersebut.
Menyebarkan Link ke Forum-Forum
Online
Selanjutnya, anda dapat menyebarkan link website
melalui forum-forum yang sangat ramai dikunjungi pengguna internet. Dengan kata
lain, forum telah dijadikan sebagai pusat dan tempat yang paling efektif promosi
link, selanjutnya juga untuk mendapatkan traffic yang banyak. Caranya adalah adalah
dengan melakukan post komentar pada thread yang orang buat dan kita tinggalkan
signature yang diberi link ke website anda, thread topik harus sesuai dengan tema
bahasan blog anda, dan signature yang anda tinggalkan adalah merupakan kata
kunci yang anda pilih sesuai dengan yang telah anda target.
Menyebarkan Link di Artikel
Directory
Artikel directory digunakan atau dimanfaatkan untuk
memperkenalkan website anda ke berbagai orang dipenjuru dunia, dengan cara
menulis sebuah artikel yang unik, menarik dan berkualitas, serta jangan lupa
untuk meninggalkan link website agar efektif untuk mendapatkan link dan untuk mendapatkan
visitor yang banyak.
Menyebarkan Link pada
Website Directory
Memang cara yang satu ini, sangat jarang dilakukan
oleh para bloggermania, namun sebenarnya dengan anda bergabung dan atau submit
ke website directory tersebut, sebenarnya akan memberikan efek yang berdampak
besar pada peningkatan jumlah pengunjung website/blog. Terkadang para pendatang
baru (NEWBIE) di dunia blogger, sangat sulit untuk bisa merangkak mendapatkan
posisi pada halaman satu, tapi bila telah melakukan submit ke website directory
ini, mudah-mudahan dalam waktu singkat akan bisa mendapatkan posisi terbaik di
halaman mesin pencarian, karena link yang berasal dari website directoru
rata-rata mempunyai page rank yang tinggi dan traffic yang sangat bagus.
Menyebar Link ke
Media Sosial
Nah, bila menyebarkan link ke media sosial mungkin
hal pertama yang anda lakukan dibandingkan dengan ke situs-situs yang telah
kami jelaskan diatas. Memang kecenderungan menggunakan media sosial, sekarang ini
adalah merupakan merupakan kebutuhan yang sangat pokok atau primer untuk
membangun building SEO.
Hal ini disebabkan, link yang berasal dari media sosial telah sangat diperhitungkan
oleh seluruh mesin pencarian, khususnya dalam ini google. Algoritma SEO milik
google telah mensyaratkan bahwa media sosial adalah merupakan tempat
berkumpulnya banyak orang dari seluruh penjuru dunia, dan jikalau anda mendapatkan
visitor yang masuk melalui social media, maka google beranggapan bahwa visitor anda
merupakan manusia yang benar-benar tertarik dengan website anda, dan bukan
sebaliknya yang merupakan robot yang sering menyusup ke website.
Satu hal yang terpenting bila anda melakukan teknik
optimasi SEO Off Page, agar tidak melakukan tindakan-tindakan yang sangat
berlebihan, karena efeknya bisa sangat fatal, yaitu berupa pemberangusan
website/blog anda dari halaman google karena dianggap sebagai spam.
Syarat standar yang ditetapkan oleh para mesin
pencarian untuk mendapatkan backlink dari situs-situs diatas, lakukanlah secara
berkala cukup dengan 3 sampai 4 backlink saja perharinya, sedikit-sedikitkan
lama-lama tambah bukit.
Kesimpulan dari SEO On
Page dan SEO Off Page
Untuk memudahkan pemahaman para rekan Advokat,
Pengacara & Konsultan Hukum, berikut ini kami kesimpulan dari optimasi kedua SEO, yaitu:
Pemilihan target keyword yang tepat;
Faktor
nama url domain harus mendukung deskripsi web;
Hosting
yang anda sewa/pakai;
Struktur
website on page maupun off page SEO;
Pembuatan
atau penulisan artikel kualitas dan standar SEO Friendly;
Backlink
natural yang berkualitas;
Penggunaan
tangan dan fasilitas pihak ketiga (misalnya media facebook, sosial bookmarking,
instagram dan twitter);
Ingat,
hal-hal yang diatas harus anda lakukan dengan hati-hati dan jangan sampai anda
melakukan kesalahan dalam menerapkan langkah strategi optimasi kedua seo
diatas, bila Advokat, Pengacara & Konsultan
Hukum melakukan kesalahan, maka website/blog anda bukannya semakin baik
ranking pagenya, namun sebaliknya bisa memperburuk reputasi web ketitik hampa (nol),
karena bisa terkena finalty berupa blacklist (sandbox google) dari
halaman mesin pencarian.
Semoga
dengan adanya artikel tentang pentingnya SEO bagi website kantor hukum (law
firm, law office) para rekan Advokat, Pengacara
& Konsultan Hukum Di Medan ini, dapat membuat rekan-rekan menjadi
lebih terkenal dari sebelumnya.
Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....