Sunday, 6 November 2016

Mengoptimalkan Keyword Pilkada Bupati Tapteng

Pilkada atau pemilu bupati di kabupaten tapanuli tengah (pilbup kab tapteng) tahun 2017 yang merupakan pesta demokrasi seluruh rakyat/masyarakat lima tahunan di 20 kecamatan yang ada di tapteng dalam rangka untuk memilih kepala daerah yang sesuai dengan aspirasi rakyat.

Keyword Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Tapteng 2017

Bagi sebahagian masyarakat yang bergelut dalam bisnis kreatif, adanya momentum pilkada ini, dapat dimaknai sebagai satu peluang bisnis online yang dapat memberikan keuntungan finansial. Bisnis kreatif yang kami maksudkan adalah dalam bidang spesialis SEO (Search Engine Optimization) digital marketing agar tampil dihalaman utama google dengan mengoptimalkan keyword tokoh atau nama pasangan calon bupati tapteng 2017. Mengapa? Hal ini berkaitan dengan adanya pelaksanaan kampanye politik untuk menyampaikan segala pesan-pesan politik ke publik dari para kandidat dan atau bakal calon (balon) maupun pasangan calon (paslon) kepala daerah yang berniat ikut dalam pilkada/pemilu. Pesan-pesan dimaksud adalah mengenai segala sesuatu yang menjadi ide atau buah pikirannya untuk membangun dan memajukan daerah pemilihannya apabila di pilkada nanti terpilih menjadi kepala daerah. Nah, pesan-pesan yang yang dibungkus dalam “visi dan misi calon kepala daerah” yang merupakan pangsa bisnis kreatif, yakni dengan menawarkan atau mempromosikan agar seluruh pesan politik dalam kegiatan tahapan kampanye tersebut dapat sampai ke publik (masyarakat pemilih) khususnya dengan menggunakan media online/daring di posisi halaman pertama mesin pencarian google.

Tidak hanya, para kandidat dan/atau bakal calon kepala daerah saja yang menyampaikan pesan-pesan politik dimaksud, partai politik atau parpol yang menjadi parpol pengusung dan atau parpol pendukung juga tidak mau ketinggalan mengambil peran strategis menyampaikan pesan politik-nya agar nantinya sampai dan diterima dengan baik oleh para konstituen (rakyat si pemilik hak suara). Partai politik sebagai partai pengusung dan atau partai pendukung si calon kepala daerah tentu akan bermain habis-habisan agar calon yang diusung dan diunggulkannya bisa meraih suara terbanyak dan terpilih sebagai kepala daerah yang baru untuk masa jabatan 5 (lima) tahun berikutnya.

Secara faktual, penyampaian pesan politik dalam pesta demokrasi pilkada/pemilu dapat dilakukan dalam sistem 2 (dua) kanal, yaitu melalui kanal offline/during dan juga kanal online/daring. Melalui penggunaan kanal offline/during ini, penyampaian pesan politik (apakah itu merupakan namanya sosialisasi maupun kampanye) dapat dilakukan dengan membuat poster, pamflet, baliho, umbul-umbul, stiker, mug, cangkir, spanduk, kartu nama, selebaran, pertemuan tatap muka yang sifatnya terbatas, dan lain sebagainya. Sedangkan bila penyampaian pesan politik dimaksud adalah menggunakan kanal online/daring, tentu berinteraksi dengan menggunakan berbagai fasilitas teknologi informasi dan telekomunikasi (tik), misalnya seperti website, blog, jejaring media sosial dan penggunaan media-media massa lainnya yang dapat diakses dan dilihat dengan menggunakan internet media.

Dalam bahasan topik ini, penulis hanya membatasi penulisan tentang penyampaian pesan politik sosialisasi dan atau kampanye politik di ajang kampanye pilkada tapanuli tengah 2017 yang hanya menggunakan medium luar ruangan, yaitu internet. Nah, sebagaimana diketahui bersama bahwa para pengguna internet dikuartal keempat ini, telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, dimana kecenderungannya adalah mengoptimalkan penggunaan internet mobile via berbagai jenis smartphone canggih. Tentu saja, karena begitu tumbuh suburnya para pengguna internet mobile ini, maka persaingan di dunia digitalpun sudah semakin ketat dan sangat berat. Coba banyangkan, berapa banyak situs yang sudah online di Indonesia ini? Dan apakah semua situs tersebut memiliki keunggulan di halaman mesin browser internet terkemuka? Nah, disinilah letak manfaat dan fungsi seo sebagaimana telah disinggung diatas, agar nantinya mampu bersaing dengan website-website yang sama-sama menggunakan kata kunci target unggulan.

Khusus dalam event pilkada atau pemilu di kab. Tapteng 2017, tentu saja seo sangat bermanfaat untuk bisa mengangkat popularitas diri seorang calon kepala daerah, sehingga sedikit banyaknya akan dapat mempengaruhi audien untuk memilih dirinya dan bahkan sebagai mesin pendulang suara sah.

Tren Penggunaan Kampanye Politik Online
Sebenarnya, konsep penggunaan  kampanye politik online/daring maupun sosialisasi politik memanfaatkan digital marketing menjelang pelaksanaan pilkada atau pemilu di Indonesia, misalnya pemilihan gubernur, bupati dan atau walikota beserta dengan wakilnya telah ramai digunakan sejak tahun 2004 lalu, kemudian semakin tren dan ramai digunakan pada tahun 2009 dan 2014 lalu, bahkan nantinya di pilpres dan pileg 2019 diprediksikan akan mendominasi.

Memang, dalam hal sosialisasi dan atau kampanye pilkada/pemilu yang berkategori kampanye kreatif ini memerlukan biaya yang cukup besar dan sebahagian ada yang menunjukkan kehebatannya. Nah, karena begitu besarnya peluang dan juga prospek keuntungan dari adanya omzet konsep kampanye kreatif ini, mengakibatkan akhir-akhir ini sangat menjamur usaha/bisnis dadakan yang spesialis untuk sosialisasi dan atau kampanye politik online/daring pada setiap adanya ajang pesta demokrasi Pilgubsu, Pileg dan Pilpres di Indonesia.

Usaha/bisnis dimaksud sering disebut dengan bisnis “Digital Marketing Online”, yaitu sebuah bisnis yang menawarkan adanya keahlian dan atau kemampuan untuk mencari konsep sosialisasi atau kampanye online yang kreatif, efektif, tepat sasaran ke masyarakat pemilih yang disampaikan secara online. Konsep para pelaku bisnis bidang digital marketing online ini, jelas tidak terlepas dari pemanfaatan teknologi digital tercanggih, terbaru dan yang kekinian, (dalam bahasa kerennya sering disebut dengan nama “e-Campaign” atau “Internet Campaign” dan juga “Mobile Campaign”).

Pada prinsipnya, baik itu “e-Campaign” maupun “Internet Campaign” dan atau juga “Mobile Campaign” adalah => mengutamakan pemanfaatan mesin pencari yang berhubungan dengan keyword pilkada/pemilu dengan menggunakan pola dan atau konsep jasa sosialisasi digital atau jasa kampanye digital yang diaplikasikan dalam bentuk:
Mengelola, mencari dan memanajemen setiap berita-berita yang terbit melalui internet, nah bila diperlukan menenggelamkan berbagai berita negatif yang merugikan si calon kepala daerah, mendorong munculnya berita positif untuk tampil di halaman pertama google dengan cara memaksimalkan penggunaan teknik optimasi SEO (Search Engine Optimization) yang tepat dengan menggunakan tenaga yang memiliki kemampuan tinggi sebagai “ahli seo Indonesia”, pakar seo Indonesia, master seo Indonesia, Konsultan seo Indonesia dan atau praktisi SEO Indonesia;
Melakukan kegiatan sosialisasi dan atau kampanye di internet dengan menggunakan teknik SEM (Search Engine Marketing), berupa membuat atau menerbitkan iklan berbayar di halaman google, facebook, twitter, instagram, path, BBM, line, whatsapp, linkedin, dan lain sebagainya, setelah terlebih dahulu melakukan research secara komprehensif terhadap seluruh penggunaan kata-kata kunci target utama yang akan selanjutnya akan dikelola secara maksimal sebagai materi iklan ataupun banner, berdasarkan keywords yang lazim diketik para pengguna internet menggunakan mesin pencari dan jejaring media sosial;
Melakukan sosialisasi dan atau kampanye politik di berbagai sosial media yang tepat sasaran, misalnya dengan merumuskan pemilihan konten dan waktu yang tepat untuk bersosialisasi memperkenalkan si calon;
Melakukan sosialisasi dan atau kampanye politik kreatif dengan video yang berdurasi pendek, serta pemilihan konten yang tepat setelah melakukan research sebelum memproduksi video tersebut;
Membangun karakter dan juga mengisi berbagai konten pada website/situs dan media sosial, serta secara berkala mencek dan mengukur tingkat kunjungan pengunjung dan respon dari pihak manajemen;
Melakukan Online Reputation Management (ORM);
Dan teknik-teknik lainnya;

Tetapi semua hal diatas didiskusikan dalam satu meja, sehingga kesimpulan penggunaan strategi sosialisasi atau kampanye yang efektif dan terarah adalah harus sesuai dengan aturan yang telah ditentukan hukum yang berhubungan dengan pemilu/pilkada dan juga yang diatur oleh KPU/KIP (Komisi Pemilihan Umum/Komisi Independen Pemilu) dan juga BAWASLU (Badan Pengawas Pemilu), misalnya melalui PKPU (Peraturan Komisi Pemilihan Umum) dan PERBAWASLU (Peraturan Badan Pengawas Pemilu).

Dengan demikian, keberadaan team di media center atau posko pemenangan calon kepala daerah tapteng, khususnya team internet marketer harus mampu bekerja menangani aplikasi pada pos/biromelakukan sosialisasi ataupun kampanye di internet, team akun pada channel yang tepat untuk dikelola, berjiwa sebagai aktivis jejaring sosial media, merupakan pakar gadget dan pengelola berbagai komunitas online di Indonesia yang bekerja secara simultan, komprehensif dan berdedikasi tinggi untuk melakukan pekerjaan optimasi Search Engine Optimization dan Social Media Optimization. Tidak hanya sekedar membuat akun atau meniru hasil karya yang dilakukan orang lain, kemudian mengirim atau mention sana sini, membuat banyak akun bodong, bayar followers palsu dan beli likes dengan harga murah meriah. Karena memiliki akun abal-abal hanya akan membuat sosialisasi atau kampanye yang dilakukan adalah kepada konstituen atau rakyat pemilu bodong. Murah meriah tentu tidak akan membuahkan hasil maksimal seperti yang diharapkan.

Oleh karena itu, dalam hal penggunaan jasa otimasi seo nama kepala daerah yang ikut di pilkada tapteng 2017 agar bisa masuk dalam halaman pertama google, maka jalan satu-satunya adalah dengan mencari relawan, simpatisan ataupun tim sukses yang benar-benar sebagai “ahli strategi sosialisasi online” dan atau “ahli strategi kampanye online” yang memiliki beragam konsep, pola yang tepat sasaran, matang, ideal untuk dipergunakan sebagai salah satu taktik dan strategi yang tepat dan dinamis untuk dapat bersaing di halaman mesin pencarian google online, mulai dari seleksi pemilihan nama akun, tampilan untuk tampil di halaman pertama mesin pencari dengan kata kunci yang ramai digunakan pengguna search engine, hingga berbagai konten kreatif digital lainnya (baik tulisan, gambar dan video) yang kemudian akan disajikan dengan sukarela untuk dibagikan oleh banyak pengguna media sosial. Dengan begitu, sangat jelas sosialisasi atau kampanye politik online yang dilakukan terarah dan tepat sasaran yang berujung pada menang-nya calon kepala daerah yang bersangkutan.

Cara Kampanye Politik Pilkada Muncul Di Halaman Satu
Secara teori dan praktek SEO, cara agar suatu pesan politik di ajang pemilu atau pilkada kab. Tapteng agar bisa muncul atau menduduki posisi halaman satu google, adalah dengan menggunakan teknik optimasi SEO ONPAGE dan juga SEO OFFPAGE, yang pada intinya dapat dijelaskan sebagai berikut:

A. SEO OnPage
Penggunaan SEO onpage adalah langkah pertama yang harus dilakukan setelah tersedianya sebuah website, dimana SEO onpage dioptimalkan dengan:
Pergunakanlah tag untuk keyword tertarget yang menjadi sasaran anda. Sedangkan untuk deskripsi website, silahkan untuk diisi hal-hal yang berhubungan dengan keyword pilkada yang anda usung (contoh semboyan: kabupaten tapteng akan lebih baik lagi, pemimpin yang amanah di kabupten tapanuli tengah, dlsb). Dan terakhir untuk urusan keyword, agar mencantumkannya didalam setiap artikel konten yang anda buat. Mengenai apa keyword tertarget berikutnya yang anda pakai, disesuaikan dengan kebutuhan isi konten yang berhubungan dengan penyampaian visi dan misi sosialisasi atau kampanye pada pilkada tapteng 2017 yang akan anda lakukan, diikuti dengan penggunaan emphasize (seperti memberi bold, italic, atau underline).
Pergunakanlah alamat URL yang 100% SEO friendly, dan mohon agar hindari menggunakan parameter lain. Sisipkan keyword andalan utama anda di dalam sebuah link url yang anda buat. Ingat, bahwa antara alamat situs dengan alamat link artikel harus ada kesesuaian, dimana hal ini adalah menjadi kata kunci utama tertarget untuk berpeluang sangat besar bisa mengantarkan artikel yang ditulis menuju ke halaman pertama (page one) seluruh mesin pencarian, khususnya google. Nah, pokok intinya adalah kata-kata yang berisi nama alamat url domain yang dalam hal ini adalah kata “Pilkada Tapteng” dan “Nama Calon Bupati/Wakil Bupati” adalah kata kunci utama.
Optimasikan judul blog (title tag, baik di H1, H2, H3, H4, H5 dan H6) dengan menyisipkan kata kunci didalamnya (contoh website/blog ini memakai kata judul H1 => “KANTOR ADVOKAT & PENGACARA MEDAN”, namun perlu diingat bahwa title tag judul diatas tidak boleh melebihi jumlah 65-70 karakter dan meta description tidak lebih dari 150-160 karakter (kalaupun lebih, maka otomatis akan dipotong langsung oleh mesin pencari, jadi pilihlah kata-kata yang menjadi keyword-keyword tertarget anda pada 150-160 karakter pertama).
Pilihlah domain yang bisa memakai www, http dan atau tanpa memakai www, http karena secara prinsip mesin pencari akan menganggap bahwasanya domain-domain tersebut adalah berbeda. Tapi, anda tidak perlu takut ataupun risau, karena hal tersebut dapat disiasati dengan menggunakan teknik redirect 301.
Buatlah halaman yang baik dan relevan, serta enak dilihat oleh pembaca anda, khususnya untuk robot text spider yang dimiliki oleh mesin pencari. Mohon hindari penggunaan iframe, flash, karena robot spider tidak bisa membaca file tersebut. Satu hal yang perlu terus diingat, bahwasanya konten web itu adalah raja, oleh karenanya perbanyaklah isi konten yang bermutu, berkualitas, bermanfaat dan berstandarkan SEO Friendly.
Bila anda telah mahir, segerala kompres halaman website/blog anda menggunakan .gzip atau caching dan minimalkan seluruh file-file seperti css, javascript, dan gambar dalam rangka meningkatkan kecepatan loading website anda, karena hal tersebut adalah juga salah satu penilaian apakah SEO telah optimal atau tidak.
Terakhir, jangan lupa untuk membuat link media sosial di website/blog anda, untuk mempermudah promosi web anda kedepannya, sekaligus sebagai salah satu startegi yang baik untuk link building.

B. SEO OffPage
Setelah kita memahami tentang pemanfaatan SEO OnPage dalam rangka menempatkan pesan sosialisasi atau kampanye politik online agar bisa muncul di halaman satu google, maka kita lanjut pembahasan tentang bagaimana caranya menggunakan SEO OffPage, karena baik SEO OnPage dan juga SEO OffPage adalah merupakan serangkaian kegiatan optimasi SEO website yang harus dilakukan secara menyeluruh dan tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. Karena itu, tetap pelajari apa yang diuraikan dalam penjelasan SEO On Page diatas, agar nantinya dapat dikolaborasikan kedua bahagian seo tersebut, agar hasil yang dicapaipun lebih optimal karena saling sokong menyokong.

Tutorial tentang SEO memang telah menjadi tranding topik di media internet online yang sangat ramai dibicarakan audiens, mengingat efeknya yang sangat luar biasa dasyat-nya dalam upaya untuk mengembangkan teknik internet marketing modern yang berwawasan pasar global melalui pencatatan di halaman mesin pencarian, seperti google, bing, yandex dan yahoo. Karena itu, kalau boleh kami mengatakan: “SEO Masih Ok”.

Satu kunci rahasia agar pesan politik pilkada atau kampanye pemilu bisa berhasil adalah dengan mengembangkan teknik seo pada website anda, serta pemahaman atas seluruh optimasi yang sudah dikerjakan tim di media center, meskipun terkadang membutuhkan waktu yang agk sedikit lebih panjang dari sebagaimana mestinya. Yang terpenting adalah, website anda tidak mengalami error akibat terjadi kesalahan dan atau optimasi yang sangat berlebihan. Ibarat manusia, bila diberikan beban berlebihan misalnya mengangkat sesuatu yang tidak sesuai dengan kekuatan tenaga yang dimilikinya, sudah pasti akan jatuh. Demikian juga dengan Search Engine Optimization yang dioptimasi ke dalam sebuah website/blog, apabila terlalu berlebihan, sudah bisa dipastikan akan kolaps, dan bahayanya akan menurunkan nilai daya saing SEO website anda sendiri dimata google.

SEO Off Page, secara umum pengertian-nya dimaknai sebagai optimasi dari luar website/blog dalam rangka untuk membangun dan mencari link (sebanyak-banyaknya yang mengarah ke website anda (link building), tapi ingat utamakan link dofollow yang berkualitas dan terbaik. Lalu, dengan cara apa dan bagaimana? Keterangannya sebagai berikut:

Menyebarkan Link di Social Bookmark
Untuk urusan SEO Off Page, apapun flatform Content Management System (CMS) yang anda pergunakan, baik menggunakan sistem CMS Blogspot, Mywapblog, WordPress, atau yang lainnya, telah support dan menyediakan beberapa social bookmark bisa anda pakai dalam mempromosikan website dari luar. Ada beberapa social bookmark yang sangat populer di dunia internet blogger mania, antara lain: Digg, Pinterest, Delicious, StumbleUpon, Reddit. Social Bookmark sangat bermanfaat pembaruan posting isi konten blog yang baru saja anda buat (misalnya pesan akan dilakukan kampanye atau sosialisasi di aula xxxxxx yang membahas tentang nama calon kepala daerah kab. tapteng yang berintegritas dan amanah, dan seterusnya, sehingga dengan begitu akan cepat tersebar dan diketahui oleh banyak audiens pula yang menggunakan social bookmark tersebut.

Menyebarkan Link ke Forum-Forum Online
Selanjutnya, anda dapat menyebarkan link website melalui forum-forum yang sangat ramai dikunjungi pengguna internet di kecamatan-kecamatan se-kabupaten tapanuli tengah. Dengan kata lain, forum online ini telah dijadikan sebagai pusat dan tempat yang paling efektif promosi link, selanjutnya juga untuk mendapatkan traffic yang banyak. Caranya adalah dengan melakukan post komentar pada thread yang dibuat orang dan jangan ketinggalan agar meninggalkan signature yang diberi link ke website anda, thread topik harus sesuai dengan tema bahasan yang ada di blog anda, dan signature yang anda tinggalkan adalah merupakan kata kunci yang anda pilih sesuai dengan yang telah anda target.

Menyebarkan Link di Artikel Directory
Artikel directory digunakan atau dimanfaatkan untuk memperkenalkan website anda ke berbagai orang dipenjuru dunia, dengan cara menulis sebuah artikel yang unik, menarik dan berkualitas, serta jangan lupa untuk meninggalkan link website agar efektif untuk mendapatkan link dan untuk mendapatkan visitor yang banyak.

Menyebarkan Link pada Website Directory
Memang cara yang satu ini, sangat jarang dilakukan oleh para blogger, namun sebenarnya dengan anda bergabung dan atau submit ke website directory tersebut, sebenarnya akan memberikan efek yang berdampak besar pada peningkatan jumlah pengunjung website/blog. Terkadang para blogger baru (NEWBIE) di dunia maya, sangat sulit untuk bisa merangkak mendapatkan posisi pada halaman satu, tapi bila telah melakukan submit ke berbagai website directory ini, maka mudah-mudahan dalam waktu singkat akan bisa mendapatkan posisi terbaik di halaman mesin pencarian, karena link yang berasal dari website directoru rata-rata mempunyai page rank, DA yang tinggi dan traffic yang sangat bagus.

Menyebar Link ke Media Sosial
Nah, bila menyebarkan link ke media sosial mungkin hal pertama yang anda lakukan dibandingkan ke situs-situs yang telah kami jelaskan diatas. Memang kecenderungan menggunakan media sosial, sekarang ini adalah merupakan kebutuhan yang sangat pokok atau primer untuk membangun building SEO. Hal ini disebabkan, link yang berasal dari media sosial telah sangat diperhitungkan oleh seluruh mesin pencarian, khususnya dalam ini google. Algoritma SEO google terus mensyaratkan bahwa media sosial adalah merupakan tempat berkumpulnya banyak orang dari seluruh penjuru dunia, dan jikalau anda mendapatkan visitor yang masuk melalui social media, maka google beranggapan bahwa visitor anda merupakan manusia yang benar-benar tertarik dengan website anda, dan bukan sebaliknya yang merupakan robot spammer yang sering menyusup ke website.

Satu hal yang terpenting bila anda melakukan teknik optimasi SEO OffPage, agar tidak melakukan tindakan-tindakan yang sangat berlebihan, karena efeknya bisa sangat berbahaya, yaitu berupa pemberangusan website/blog anda dari halaman google karena dianggap sebagai spam.

Syarat standar yang ditetapkan atau ditentukan oleh para mesin pencari untuk mendapatkan backlink dari situs-situs diatas, lakukanlah secara berkala cukup dengan 3 sampai 5 backlink saja perharinya, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

Demikian, artikel atau tulisan kami tentang optimasi seo keyword yang spesialis digunakan untuk pemilu dan pilkada di Indonesia, khususnya pilkada bupati/wakil bupati tapanuli tengah tahun 2017, semoga apa yang kami jelaskan diatas ada manfaatnya. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih. Salam pilkada/pemilu damai. Tulisan yang membahas tentang keyword ini berhubungan dengan tulisan => keyword sungai bersih karena foke [ahok].

No comments:

Post a Comment

No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....