Sunday, 16 October 2016

Iklan Online Sebuah Solusi Cari Uang Di Internet

Iklan sebagai salah satu cara mempromosikan beragam produk/barang dan jasa yang sangat tepat dan cepat, telah juga dimaknai oleh para penggiat internet sebagai solusi dalam rangka mendapatkan uang dari kegiatan atau hobi di dunia online via internet.

Memang diera millenium ini, pertumbuhan website yang didisain secara khusus sebagai salah satu “mesin pencetak uang” semakin hari semakin marak saja. Tak ayal lagi, kondisi ini menciptakan banyak muncul usaha daring atau bisnis online yang berdiri ibarat jamur di musim hujan, salah satunya adalah usaha dalam bisnis iklan online yang berbentuk perusahaan periklanan online.

Iklan Online Sebuah Teknik dan Solusi Mencari Uang Tambahan Melalui Internet Online

Sebagaimana diketahui bersama, bahwasanya iklan online merupakan salah satu upaya dan/atau teknik pemasaran online yang memanfaatkan sebuah situs web agar iklan tersebut tampil/muncul pada halaman hasil pencarian “search engine” dengan cara berbayar. Dimana dalam praktik yang berkembang, teknik pemasaran online tersebut identik dengan nama “PAY PER CLICK ADVERTISING” atau disingkat dengan nama “PPC ADVERTISING” (IKLAN PPC).

Dalam praktik iklan ppc sebagai salah satu teknik yang digunakan pada pemasaran online era digitalisasi, tentu membutuhkan keahlian khusus dalam menganalisa kata kunci (keyword) tertarget, kejelian dalam membuat teks iklan, kejelian dalam hal pengaturan biaya/tarif kebutuhan anggaran iklan, dan besaran harga yang ditetapkan per-klik (cost per click – CPC).

Alasan Memilih Iklan Online
Lazim ditemukan, bisnis-bisnis online di Indonesia telah menggunakan berbagai perusahaan-perusahaan penyedia iklan online. Ada beberapa alasan yang menjadi pertimbangan para pemilik bisnis/usaha online menjatuhkan pilihannya menggunakan iklan online yang ada, yakni:

Serba instant dan sangat efektif => dimana iklan online telah dimaknai sebagai salah satu cara yang sangat instant, efektif, berbiaya sangat murah dan kompetitif untuk mendatangkan trafik kunjungan yang potensial ke situs web anda per-hari. Adanya trafik kunjungan yang sangat tinggi ini akan memberikan harapan akan terjadinya transaksi jual beli atas produk/barang dan jasa yang sedang dipromosikan melalui iklan online. Dengan kata lain, iklan online dalam bentuk ppc advertising sangat efektif dalam mendongkrak pengunjung ke situs web, dimana sebelumnya telah ditargetkan dalam pemasangan kata kunci (keyword) yang anda pesan untuk ditanamkan.

Kemandirian menetapkan anggaran => dalam menggunakan iklan online berbentuk iklan ppc, anda dapat secara bebas menetapkan kebutuhan anggaran harian yang akan dikeluarkan. Hal ini disebabkan iklan online ppc yang anda pasang akan dibayar, ketika ada seseorang yang mengklik iklan online anda atau mengunjungi situs web anda.

Dewasa ini, telah banyak beroperasi perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis iklan online di Indonesia. Serasa tidak mau ketinggalan, raksasa media sosial seperti facebook dan twitter, serta raksasa mesin pencari google juga telah mengembangkan sayapnya dengan membuka kerja sama yang seluas-luasnya dalam hal pemasangan iklan online di situs web mereka. Adapun keuntungan yang dapat diperoleh bila memasang iklan online pada media sosial dan google adalah sebagai berikut:

Memasang iklan online pada media sosial
Pada prinsipnya bila memasang iklan di media sosial (facebook maupun twitter) adalah menargetkan para profile orang-orang yang menggunakannya. Oleh karena itu, ketika ada rencana untuk memasang iklan online di media sosial, maka anda harus mengetahui betul siapa-siapa yang menjadi target pangsa pasar anda. Sebab pasang iklan online di media sosial tersebut bisa diatur atau disesuaikan berdasarkan kategori usia, lokasi atau alamat, status perkawinan/pernikahan, kesukaan dari profile pengguna media sosial, dlsb. Disamping itu, iklan akan muncul untuk jenis “sponsored stories” atau “facebook ads” ataupun “twitter ads” yang mana iklan online ini dapat muncul di halaman utama (home page), profile, page, group, event, dlsb.

Panjang teks iklan yang diperbolehkan sampai dengan 140 karakter dan dapat ditambahkan dengan gambar (bandingkan dengan karakter iklan di google adwords yang sedikit lebih pendek).

Dalam hal biaya, iklan online di media sosial biayanya relatif lebih murah bila dibandingkan dengan memasang iklan online di google adwords, namun sistem bidding tetap diberlakukan seperti halnya di google adwords. Terakhir iklan online di media sosial menyediakan “ads manager” yang diperuntukkan dalam rangka memantau performa iklan online yang anda pasang.

Memasang iklan online pada google
Diatas kami ada menjelaskan sedikit tentang pemasangan iklan online di google. Google sebagai raksasa mesin pencari menjadi incaran terfavorit untuk memasang iklan. Mengapa? Karena, 80% (delapan puluh persen) pengguna internet dunia adalah menggunakan fasilitas yang disediakan oleh google. Jadi potensi pangsa pasarnya sangat besar dan sangat menjanjikan, serta adanya jaminan bahwasanya akan langsung berada pada posisi di halaman pertama google. Nah, bila ingin memasang iklan di google, tentu hal utama yang harus dipertimbangkan adalah mengenai kata kunci (keyword) yang menjadi target anda. Dengan kata lain, pemilihan kata kunci (keyword) yang tepat akan sangat berpengaruh besar bagi tercapainya performa iklan anda secara maksimal. Oleh karena itu, para pemilik situs web yang hendak memasang iklan di google sangat disarankan untuk terlebih dahulu melakukan riset kata kunci (keyword) sebelum ada keputusan pasang iklan di google.

Dalam pasang iklan di google adwords, juga bisa dilakukan berbagai pengaturan, seperti berdasarkan jenis kelamin, umur/usia, bahasa yang digunakan, lokasi berbasis alamat Internet Protocol (IP), dlsb. Selain bisa muncul di search engine google, iklan yang anda pasang bisa juga tampil pada jaringan iklan google, video dan juga seluler. Keunggulan fasilitas inilah yang menyebabkan para calon pemasang iklan banyak memilih google sebagai tempat pasang iklan online situs webnya.

Keunggulan lainnya adalah mengenai tarif biaya iklan yang harus anda keluarkan adalah didasarkan pada penggunaan kata kunci (keyword) yang dipilih. Ada kata kunci (keyword) iklan yang bertarif tinggi atau mahal dan ada juga kata kunci (keyword) iklan yang bertarif murah atau rendah. Semuanya tergantung pilihan anda. Disamping itu, google menyediakan fasilitas tool (alat) untuk memonitoring performa iklan.

Nah, bagi anda para pebisnis online yang tertarik untuk pasang iklan online dalam rangka mempromosikan produk/barang dan jasa anda agar dapat lebih dikenal atau populer lagi hingga mampu memberikan hasil keuntungan yang lebih besar lagi, maka sudah saatnya untuk memilih iklan online sebagai sebuah solusi untuk cari uang melalui berbagai bisnis di internet. Serta bagi anda yang tertarik untuk pasang iklan ataupun memasang banner di situs webblog ini, silahkan membaca syarat dan/atau ketententuannya yang termaktub dalam halaman statis "divisi iklan". Semoga tulisan ini bermanfaat, atas perhatian dan kunjungannya ke situs blog “kantor hukum pengacara” ini diucapkan terima kasih. Salam dari penulis N. Hasudungan Silaen, SH.

No comments:

Post a Comment

No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....