14 Agustus 2016

Master SEO Blogspot, Pakar SEO Wordpress Dan Ahli SEO Mywapblog

Master-Pakar-Ahli SEO Web didominasi gunakan CMS (Content Management System) Blogspot, Wordpress dan Mywapblog untuk menunjang berbagai kegiatan apakah itu yang bersifat personal maupun dalam hal menunjang kegiatan yang berbau bisnis online yang dapat memberikan keuntungan atau penghasilan bagi seseorang.

Master - Pakar - Ahli - Konsultan SEO Indonesia Untuk CMS Wordpress - Blogger - Mywapblog Pada Praktisi Search Engine Optimization
 
Kecenderungan penggunaan ketiga CMS mungkin disebabkan ada beberapa faktor unggulan ketika seorang master, pakar, ahli melakukan pekerjaan optimasi SEO agar memiliki kemampuan daya saing yang optimal dihadapan para mesin pencari. Tapi menurut kami, apapun faktor keunggulan yang termaktub dalam setiap CMS pasti secara eksplisit juga ada mengandung faktor kelemahan. Karena itu sangat diharapkan kejelihan dari seorang master, pakar atau ahli SEO untuk memaksimalkan keunggulan CMS apa saja yang dipakainya dan meminimalisir tentang adanya faktor kelemahan yang termaktub didalamnya.

Secara faktual, terlepas dari faktor CMS (Content Management System) yang digunakan, apakah Blogspot, Wordpress dan Mywapblog, dimasing-masing CMS tersebut telah include digunakan SEO  kedalam sistem-nya, namun belum optimal. Nah, disinilah peran dari master, pakar atau ahli SEO untuk menggenjot SEO CMS (Content Management System) Blogspot, Wordpress dan Mywapblog tersebut, sehingga bisa lebih gregetan dalam persaingan kata kunci-kata kunci di mesin pencarian (misalnya yahoo, google, bing, yandex, baidu, dsb).

Nah, sebelum menggunakan cara atau teknik optimasi SEO, sangat diwajibkan terlebih dahulu memahami bagaimana caranya mengoperasikan dengan baik sebuah web/situs/blog yang menggunakan CMS (Content Management System) Blogspot, Wordpress dan Mywapblog. Setelah paham menjalankan web atau sites dimaksud dengan baik dan benar, barulah anda belajar untuk memahami berbagai teknis pemanfaatan SEO pada web tersebut. Bagaimana kita bisa menggunakan SEO, sementara mengoperasikan web secara baik dan benar saja belum bisa.

Bila anda sudah paham mengoperasikan atau menjalankan web (misalnya teknik mempublikasikan konten artikel/tulisan, upload gambar, mendisain web, membuat berbagai halaman statis, dan lain sebagainya), barulah berlanjut bagaimana caranya membuat agar konten-konten yang kita buat baik berupa tulisan, gambar ataupun video dapat dengan mudah dan mulus masuk ke halaman pertama mesin pencari google. Disinilah peran SEO tersebut.

Ingat bahwa persaingan untuk bisa tercatat di halaman pertama dan atau ranking satu di google adalah sangat berat, karena ada berjuta-juta website atau situs yang menggunakan CMS (Content Management System) Blogspot, Wordpress dan Mywapblog ditambah dengan berbagai kanal online/daring lain yang menggunakan berbagai fasilitas teknologi informasi dan telekomunikasi (tik), misalnya seperti jejaring media sosial, forum-forum komunitas, forum directory, serta media-media massa lainnya yang dapat diakses dengan menggunakan medium internet. Sulit bukan !!!

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa para pengguna internet dunia dikuartal ketiga ini mengalami perkembangan yang sangat cepat, dimana kecenderungannya juga telah bergeser dengan menggunakan fasilitas internet mobile via beragam jenis smartphone canggih. Tentu saja, karena tumbuh subur para pengguna internet, maka sangat wajar persaingan di dunia digital internet-pun semakin ketat dan berat pula. Coba kita banyangkan, berapa banyak situs yang ada di nusantara tanah air Indonesia ini? Dan apakah semua web/situs tersebut memiliki keunggulan prima di setiap persaingan halaman mesin browser internet? Silahkan dijawab sendiri, namun bagi yang belum, mari sama-sama cermati apa yang akan kami bahas tentang pemanfaatan SEO untuk memenangi persaingan di halaman para mesin pencari.

Cara Web/Situs Muncul Di Halaman Satu Google
Secara teori SEO dan praktek SEO, cara agar sebuah web/situs bisa muncul atau tercatat menduduki posisi halaman satu google adalah dengan menggunakan teknik optimasi SEO ONPAGE dan juga SEO OFFPAGE, yang penjelasan sebagai berikut:

A. SEO OnPage
Penggunaan SEO onpage adalah langkah pertama yang harus dipikirkan secara matang dan profesional dilakukan setelah tersedianya sebuah website atau blog yang menggunakan CMS (Content Management System) Blogspot, Wordpress dan Mywapblog, dimana SEO onpage dapat dioptimalkan dengan cara atau teknik sebagai berikut:
  1. Pergunakanlah template atau theme yang benar-benar mendukung 100 % SEO yang friendly.
  2. Pergunakanlah kata-kata sebagai tag untuk keyword atau kata kunci tertarget yang menjadi sasaran utama anda.
  3. Sedangkan untuk deskripsi website, silahkan untuk diisi dengan hal-hal yang berhubungan pada keyword anda (contoh pada website kami ini, kami mengisinya dengan kata-kata: “Website Jasa Kantor Advokat, Pengacara, Konsultan Hukum Anggota Peradi Di Medan, Sumatera Utara, Indonesia”). Dan terakhir untuk urusan keyword, agar mencantumkannya didalam setiap konten artikel baik berupa tulisan, gambar dan juga video yang anda buat. Mengenai apa keyword tertarget berikutnya yang akan anda pakai, harap disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi isi konten yang berhubungan dengan penyampaian visi dan misi web/sites yang anda buat, namun jangan lupa agar memadukannya dengan penggunaan “emphasize” (seperti memberi bold, italic, underline, coret tengah, dlsb).
  4. Pergunakanlah alamat URL yang 100% SEO friendly, dan mohon agar hindari menggunakan parameter lain. Sisipkan keyword andalan utama anda di dalam sebuah link url yang anda buat, sebagai contoh adalah url link website ini => http://advokat-silaen-associates.blogspot.com/2016/01/pentingnya-seo-bagi-website-advokat-di.html dan sebagainya. Nah coba anda perhatikan, antara alamat situs dengan alamat url link artikel ada kesesuaian, dimana kedua-duanya terdapat kata: “ADVOKAT”, yang mana kata ADVOKAT ini dapat dimaknai menjadi kata kunci utama tertarget yang berpeluang sangat besar bisa mengantarkan artikel menuju atau masuk halaman pertama (page one) seluruh mesin pencarian, khususnya mesin pencari google. Nah, pokok intinya adalah kata-kata yang berisi nama atau kata di alamat url domain yang dalam hal ini adalah kata “ADVOKAT”, “SILAEN” dan “ASSOCIATES” adalah kata kunci utama dari website/blog ini.
  5. Optimasikan judul atau yang menjadi kepala di blog (baik itu title tag pada posisi di H1, H2, H3, H4, H5 dan H6) dengan menyisipkan kata kunci didalamnya (contoh website/blog ini memakai kata kepala judul H1 => “ADVOKAT & PENGACARA MEDAN”, namun perlu diingat bahwa title tag kepala judul diatas tidak boleh melebihi jumlah 70 karakter dan meta description tidak boleh lebih dari 160 karakter (kalaupun lebih maka akan otomatis dipotong langsung oleh mesin pencari, jadi pilihlah kata-kata yang benar-benar menjadi keyword-keyword unggulan anda pada 160 karakter pertama).
  6. Pilihlah domain yang bisa memakai www, http dan atau tanpa memakai www, http karena secara prinsip adanya perbedaan tersebut akan dimaknai mesin pencari sebagai domain-domain yang berbeda pula. Tapi, anda tidak perlu takut ataupun kuatir, karena atas adanya hal tersebut dapat disiasati dengan menggunakan “teknik redirect 301” yang disediakan oleh CMS (Content Management System) Blogspot, Wordpress dan Mywapblog.
  7. Buatlah halaman yang baik dan relevan, serta enak dilihat oleh pembaca anda, khususnya dibaca oleh robot text spider yang dimiliki oleh mesin pencari. Mohon hindari penggunaan iframe, flash, karena robot spider tidak bisa membaca file tersebut dengan baik dan benar, serta juga akan membuat akses loading terhadap web/blog anda akan semakin lambat. Satu hal yang perlu terus diingat, bahwasanya konten web itu adalah raja, oleh karenanya perbanyaklah isi konten yang beragam, bermutu, berkualitas, bermanfaat dan berstandarkan SEO Friendly.
  8. Bila anda telah mahir, segeralah kompres halaman website/blog anda menggunakan dengan menggunakan file .gzip atau caching dan minimalkan seluruh file-file seperti css, javascript, dan atau gambar dalam rangka meningkatkan kecepatan loading website anda, karena hal tersebut adalah sebagai salah satu kriteria dan penilaian apakah SEO web anda telah optimal atau tidak.
  9. Terakhir, jangan lupa untuk membuat link media sosial di website/blog anda, untuk mempermudah promosi web anda kedepannya, sekaligus sebagai salah satu startegi yang baik untuk menciptakan link building jangka panjang.
B. SEO OffPage
Setelah kita memahami tentang pemanfaatan SEO OnPage diatas dalam rangka menempatkan berbagai konten (apakah artikel/tulisan, gambar ataupun video) agar bisa dengan mulus muncul di halaman pertama google, maka kita lanjutkan pembahasan tentang bagaimana caranya menggunakan teknik SEO OffPage, karena baik itu SEO OnPage dan juga SEO OffPage adalah merupakan serangkaian kegiatan optimasi SEO website/blog yang harus dilakukan secara menyeluruh dan tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Karena itu, agar tetap mempelajari apa yang telah diuraikan dalam penjelasan SEO On Page diatas, agar nantinya dapat secara bersama-sama dikolaborasikan kedua bahagian seo tersebut, sehingga hasil yang dicapai akan lebih optimal, karena secara prinsipil kedua teknik SEO tersebut adalah saling sokong menyokong.

Memang, tutorial tentang SEO telah menjadi tranding topik di media internet online dan hari ke hari sangat ramai dibicarakan para audiens, mungkin mengingat efek yang dihasilkannya sangat luar biasa dasyat dalam upaya untuk mengembangkan teknik internet marketing modern yang berwawasan pasar global melalui pencatatan di halaman mesin pencarian, seperti baidu, google, bing, yandex dan yahoo. Karena itu, banyak para master, pakar dan ahli SEO yang mengatakan bahwa “SEO tidak ada matinya”.

Salah satu kunci rahasia SEO dalam mengembangkan teknik seo pada website CMS (Content Management System) Blogspot, Wordpress dan Mywapblog anda adalah harus dilakukan dengan penuh kesabaran, kehati-hatian karena terkadang pekerjaan optimasi SEO membutuhkan waktu yang sedikit lebih panjang dan secara berkala mesin pencari melakukan update algoritma. Ya istilahnya “Alon-Alon Asal Kelakon”. Yang terpenting adalah website CMS (Content Management System) Blogspot, Wordpress dan Mywapblog kesayangan anda tidak mengalami error akibat terjadi kesalahan dan atau optimasi yang sangat berlebihan. Ibarat manusia, bila diberikan beban untuk mengangkat sesuatu yang tidak sesuai dengan kekuatan tenaga yang dimilikinya, sudah pasti jatuh karena tidak sanggup mengangkatnya. Demikian juga dengan SEO yang dioptimasi ke dalam sebuah website/blog, apabila terlalu berlebihan, sudah bisa dipastikan akan kolaps, dan bahayanya bila sampai terdeteksi oleh mesin pencari (search engine) bisa dianggap sebagai spambot, maka akan menurunkan nilai daya saing SEO dan juga popularitas website anda dimata mesin pencari google.

SEO Off Page, secara umum pengertian-nya dimaknai sebagai optimasi dari luar website/blog dalam rangka untuk membangun dan mencari link (sebanyak-banyaknya yang mengarah ke website anda (link building)), tapi ingat utamakan link dofollow yang berkualitas dan terbaik ya. Lalu, dengan cara apa dan bagaimana kita melakukannya? Penjelasan adalah sebagai berikut sebagai berikut:

Menyebarkan Link di Social Bookmark
Untuk urusan SEO Off Page, apapun flatform Content Management System (CMS) yang anda pergunakan, baik Blogspot, WordPress, Mywapblog atau yang lainnya, telah support dan menyediakan beberapa social bookmark bisa anda pakai dalam mempromosikan website anda dari luar. Ada beberapa social bookmark yang sangat populer di dunia internet bloggermania, antara lain: Digg, Pinterest, Delicious, StumbleUpon, Reddit. Social Bookmark ini sangat bermanfaat pada pembaruan posting isi konten web/blog yang baru saja anda buat (misalnya bagaimana menjadi serang pengacara perceraian top/terkenal), sehingga tulisan tersebut cepaat tersebar dan atau diketahui oleh banyak audiens pula yang menggunakan social bookmark tersebut.

Menyebarkan Link ke Forum-Forum Online
Selanjutnya, anda dapat menyebarkan link website melalui forum-forum online yang sangat ramai dikunjungi pengguna internet. Dengan kata lain, forum telah dijadikan sebagai pusat dan tempat yang paling efektif promosi link, selanjutnya juga untuk mendapatkan trafik yang banyak. Caranya adalah dengan melakukan post berkomentar pada thread yang dibuat orang dan kita tinggalkan signature yang diberi link ke website kita, thread topik harus sesuai dengan tema yang ada bahasannya di blog anda, dan signature yang anda tinggalkan adalah merupakan kata kunci yang anda pilih sesuai dengan yang telah anda target.

Menyebarkan Link di Artikel Directory
Artikel directory digunakan atau dimanfaatkan untuk memperkenalkan website anda ke berbagai orang dipenjuru dunia, dengan cara menulis sebuah artikel yang unik, bermanfaat, menarik dan berkualitas, serta jangan lupa untuk meninggalkan link website agar efektif untuk mendapatkan link dari artikel direktori untuk mendapatkan pengunjung yang banyak.

Menyebarkan Link pada Website Directory
Memang cara yang satu ini, sangat jarang dilakukan oleh para bloggermania, namun sebenarnya dengan anda bergabung dan atau submit ke website directory tersebut, sebenarnya akan memberikan efek yang berdampak positif besar pada peningkatan jumlah pengunjung website/blog. Terkadang para pendatang baru (NEWBIE) di dunia blogger, wordpress, mywapblog sangat sulit untuk bisa merangkak mendapatkan posisi pada halaman pertama, tapi bila telah melakukan submit ke website directory ini, mudah-mudahan dalam waktu singkat akan bisa mendapatkan posisi terbaik di halaman mesin pencarian, karena link yang berasal dari website directory rata-rata mempunyai page rank, DA yang tinggi dan traffic yang sangat bagus.

Menyebar Link ke Media Sosial
Nah, bila menyebarkan link ke media sosial mungkin hal pertama yang anda lakukan dibandingkan dengan ke situs-situs yang telah kami jelaskan diatas. Memang kecenderungan menggunakan jejaring media sosial, sekarang ini adalah merupakan kebutuhan yang sangat pokok atau primer untuk membangun building SEO. Hal ini disebabkan, link yang berasal dari media sosial telah sangat diperhitungkan oleh seluruh mesin pencarian, khususnya dalam ini google untuk meningkatkan popularitas peringkat sebuah web/blog. Algoritma SEO milik google telah mensyaratkan dan memaknai bahwa jejaring media sosial adalah merupakan tempat berkumpulnya banyak orang dari seluruh penjuru dunia, dan jikalau anda mendapatkan visitor yang masuk melalui jejaring social media ini, maka google beranggapan bahwa visitor anda merupakan manusia yang benar-benar tertarik dengan keberadaan website anda, dan bukan sebaliknya yang merupakan robot yang sering menyusup datang ke website.

Satu hal yang terpenting bila anda melakukan teknik optimasi SEO OffPage, agar tidak melakukan tindakan-tindakan yang sangat berlebihan, karena efeknya bisa sangat fatal, yaitu berupa pemberangusan website/blog anda dari halaman google karena dianggap sebagai spam dan akan dimasukkan ke dalam “sandbox google”.

Syarat standar yang ditetapkan atau ditentukan oleh para mesin pencari untuk mendapatkan backlink dari situs-situs diatas, lakukanlah secara berkala cukup dengan 3 sampai 5 backlink saja perharinya, dengan prinsip sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit.

Demikian, artikel atau tulisan kami tentang master SEO blogspot, pakar SEO wordpress dan ahli SEO mywapblog untuk bisa anda pergunakan pada CMS (Content Management System) Blogspot, Wordpress dan Mywapblog, semoga apa yang kami jelaskan diatas ada manfaatnya. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih. Salam Advokat – Lawyer – Pengacara – Konsultan Hukum Indonesia. (Silaen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....