Tuesday, 2 February 2016

Internet Marketing Seo Kantor Hukum Advokat Medan

Internet Marketing Seo Kantor Hukum Advokat Medan ~ Tingginya jumlah pengguna internet di Kota Medan, dibaca oleh para pemerhati dunia internet marketing modern sebagai pangsa pasar yang potensial bagi kantor hukum advokat untuk memperkenalkan atau mensosialisasikan, dan sekaligus dalam rangka untuk mendapatkan klien dari adanya hubungan interaksi online via internet ini. Lihat saja di media sosial, seperti facebook dan juga twitter, interaksi antar sesama masyarakat di Kota Medan, khususnya para ahli dan pakar hukum terjalin sangat erat, belum lagi ditambah dengan jumlah orang-orang yang setiap harinya mencari informasi tentang seputar hukum ataupun advokat melalui mesin pencarian, yang kita hari juga terus saja meningkat. Inilah pangsa pasar potensial bagi advokat, khususnya untuk daerah Kota Medan menawarkan kantor advokatnya secara tidak langsung.

Tips Dan Cara Memenangkan Persaingan Kantor Hukum (Law Firm) Advokat Medan Dengan Menggunakan Strategi Internet Marketing Modern

Memang menurut UU No. 18 Tahun 2003 dan juga Kode Etik Advokat Indonesia, bahwa advokat itu dilarang untuk beriklan dan atau memasang iklan, tapi dalam peraturan tersebut tidak ada larang bagi setiap kantor hukum (law firm) advokat untuk membuka atau membuat sebuah website atas nama kantor hukumnya. Trend membuat website bagi kantor advokat sekarang ini sudah menjadi keharusan, apalagi dalam rangka memenangkan persaingan sesama website atas nama kantor advokat di dunia maya.

Tentu saja dengan adanya website atau blog kantor hukum advokat ini, sedikit banyaknya akan menambah nilai lebih dan sedikit bonafit bila dibandingkan dengan kantor hukum (law office) advokat di Medan yang tanpa adanya dukungan dari sebuah website. Bagi kalangan yang memiliki budget atau keuangan yang memadai, akan menyewa atau membeli domain dan hosting yang premium atau berbayar. Bagi yang tidak memiliki uang yang harus sedikit bersabar, dan kalau tidak memakai domain gratisan, seperti yang disediakan gratis oleh blogspot dan wordpress (web 2.0). Tapi jangan takut, meskipun website kantor hukum advokat ataupun law firm anda menggunakan domain gratisan, belum tentu kalah bersaingan di dunia maya sepanjang website tersebut dikelolah dengan baik menggunakan teknik internet marketing yang mumpuni.

Persoalannya adalah siapakah yang mengelolah dan bagaimana caranya mengelolah website kantor hukum (law firm) advokat ini? Jujur saja, para advokat sudah pasti tidak mempunyai kemampuan yang cukup dalam dunia website, disamping itu kemungkinan juga tidak akan mempunyai waktu yang cukup untuk mengurusi web, karena seluruh waktu telah tersita mengurus dan menangani perkara yang banyak dan sulit. Lalu bagaimana website kantor advokat (law firm) tersebut tidak  memenangkan persaingan web di dunia maya? Nah sekarang ini telah banyak para ahli atau pakar internet marketing yang bisa dipakai jasanya untuk mengurusi website kantor hukum (law office atau law firm) advokat anda.

Berhubung adanya pelarangan untuk memasang iklan bagi profesi advokat, ada 1 buah teknik yang dapat disiasati untuk dipergunakan. Teknik ini juga acap kali dipergunakan oleh para ahli dan pakar internet marketing untuk memenangkan persaingan website di dunia maya, teknik tersebut adalah SEO, yaitu: serangkaian proses yang sistematis dilakukan terhadap website dan atas seluruh isi dalam konten website tersebut dengan memenangkan persaingan dengan memanfaatkan pembacaan algoritma mesin pencari, sehingga dapat meningkatkan trafik atau jumlah visitor yang akan mengunjungi website/blog. Nah, bila website kantor hukum (law firm) advokat anda sudah ramai, tentu saja menjadikan website anda menjadi lebih populer, top, terkenal dan ternama di Indonesia, khususnya di Kota Medan dan sekitarnya. Karena alasan inilah, banyak website kantor hukum (law firm) terkenal, ternama, top di Jakarta yang sudah memaksimalkan websitenya dengan menggunakan orang-orang yang sudah mahir di dunia seo ini, apalagi law firm asing yang sudah beroperasi di Indonesia juga sudah menggunakan teknik internet marketing profesional untuk memenangkan persaingan di dunia maya. Ayo advokat Medan jangan mau kalah dan ketinggalan dengan para rekan advokat dari Jakarta.

Dalam rangka memenangkan persaingan sesama website kantor hukum (law firm) Advokat di internet, maka syarat utamanya adalah harus bisa masuk dalam halaman pertama google pada semua kata kunci tertarget yang berkaitan dengan dunia praktisi advokat di Medan, atau hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan teori hukum maupun pemberian layanan konsultasi hukum gratis. Berdasarkan hal inilah, untuk mengoptimalkan strategi internet marketing website kantor hukum (law firm) advokat ini, seo mensyaratkan agar memperbanyak dan memperkaya isi konten website, berupa artikel-artikel hukum yang sangat populer, misalnya strategi tentang beracara yang baik, tulisan berupa analisa kritis terhadap kasus yang banyak mendapat perhatian masyarakat di Kota Medan – Sumatera Utara, dan lain sebagainya. Intinya adalah konten tulisan tentang hukum yang favorit dan paling banyak dicari oleh orang (pengguna internet).

Prinsip dalam ilmu seo, bahwa konten adalah raja mesin pencari (google, bing, yahoo), baik itu dalam ilmu seo klasik maupun seo modern, karena itu kesuksesan sebuah website/blog kantor hukum (law firm) advokat bisa diperoleh dengan adanya isi artikel konten yang dibuat atau diterbitkan di dalam website tersebut. Jadi, secantik dan semenarik apapun sajian tampilan sebuah website yang minim akan artikel atau konten yang bermanfaat/menarik didalamnya, maka jangan harap website anda berkembang pesat apalagi untuk memenangkan persaingan mesin pencari di halaman pertama google, dan bisa-bisa dalam waktu singkat website anda akan mati suri dan hilang dari peredaran dunia online.

Masih kurang yakin? Coba anda perhatikan dan sekaligus bandingkan, website/blog kantor hukum (law firm) yang besar, top, ternama dan telah sukses menguasai dunia internet, pasti mempunyai banyak jumlah konten, di mana konten yang dimiliki tidak monoton pada konten berbentuk artikel atau tulisan saja, melainkan juga konten gambar (image), dan juga konten berbentuk video, khususnya video yang sudah diupload ke youtube. Secara global, para pekerja dunia internet marketing seo lebih banyak dan paling mudah membuatnya adalah konten yang bersifat sebuah artikel/tulisan. Itupun jikalau anda mempunyai skill untuk menulis sebuah artikel hukum dengan baik, dan bagaimana pula bila konten artikel yang dibutuhkan tersebut harus dalam jumlah yang sangat banyak. Apa masih sanggup menulisnya? Ya, oleh karena demi kemajuan website kantor hukum (law firm) advokat anda, harus disanggup-sanggupilah. Kalau tidak, silahkan untuk memakai jasa penulis artikel konten bidang hukum untuk mengisi halaman website/blog yang rekan-rekan advokat miliki.

Kenapa konten sangat dibutuhkan dalam website? Jawabannya adalah konten inilah dipergunakan oleh mesin algoritma google sebagai stimulus dan katalisator untuk mendatangkan pengunjung atau audiens sebanyak-banyaknya ke website kantor hukum (law firm) advokat anda. Tapi sebelumnya, seluruh isi konten-konten berupa artikel hukum tersebut, harus dikolaborasikan dengan menggunakan teknik sentuhan optimasi seo profesional didalamnya, yang mana hal ini sangat dibutuhkan keahlian dan tidak semua orang mengetahui teknik seo yang baik, benar, berkualitas dan berstandar seo. Karena itu, pada posisi inilah peran strategis yang harus dimainkan oleh para ahli seo, pakar seo dan konsultan seo untuk turun tangan langsung untuk menangani pekerjaan optimasi seo terhadap artikel hukum tersebut. Dengan adanya artikel yang telah menjadi sebuah artikel seo, maka kemungkinan besar akan sangat berpeluang untuk menarik perhatian google, yahoo, bing, dan selanjutnya untuk mendapatkan trafik lebih banyak dari penunjukan dan rekomendasi mesin pencari ke website yang rekan-rekan advokat miliki. Apalagi, bila postingan artikel-artikel seo yang ada di website kantor hukum (law firm) advokat anda tersebut mendapatkan posisi yang baik dan halaman satu di mesin pencari google.

Kenapa dari tadi kami, hanya menyebutkan dan mengutamakan mesin pencari milik google? Hal ini disebabkan 85 % para pengguna internet di seluruh penjuru dunia menggunakan mesin pencari google untuk menemukan berbagai informasi yang dibutuhkan manusia. Coba bayangkan, berapa ratus juta orang yang menggunakan internet setiap harinya, maka 85 % dari jumlah itu sudah pasti menggunakan google sebagai mesin pencarinya, dasar inilah sehingga para ahli seo, pakar seo dan konsultan seo lebih menitikberatkan dan berkosentrasi penuh pada mesin pencari seo dalam hal menggunakan teknik seo. Begitu pula sebaliknya dengan pengguna internet yang ada di Kota Medan, pasti lebih sering menggunakan layanan milik google.

Alasan lain yang menyebutkan bahwa konten adalah raja, dimana dengan semakin banyak artikel tersebut, juga akan meningkatkan jumlah internal link yang akan masuk pada sebuah website/situs/blog kantor hukum (law firm) advokat anda, dimana adanya internal link ini sangat bermanfaat dalam membantu SEO (search engine optimazation) on page sebuah website. Jadi jangan heran dan iri bila rekan-rekan advokat melihat di search engine google selalu didominasi oleh website/blog kantor hukum (law firm) advokat yang memiliki banyak dan kaya akan artikel seo yang berkualitas. Nah, nantinya konten-konten yang sudah dioptimasi seo inilah yang 24 jam non stop bekerja untuk membangun reputasi akan kebesaran nama website kantor hukum (law firm) advokat di dunia internet online.

Dalam hal membuat dan membangun konten hukum yang bermanfaat, unik, menarik, apalagi sampai bisa membuat penasaran pengunjung (audiens) adalah salah satu kunci sukses untuk meraih keberhasilan membangun sebuah website ternama. Misalnya, sebagai contoh adalah website/blog ini yang mengincar audiens para pencari keadilan, penegak hukum, acara pidana dan perdata, pemilu (pilkada), sosial, politik, ham, dll, maka kami akan fokus membangun artikel yang bermanfaat, berkualitas dan berhubungan dengan apa yang sudah kami gariskan dalam website ini, sehingga kami yakin lambat laun akan membangun kepercayaan audiens pada website ini. Itulah motivasi terbesar kami, sehingga kami mau belajar tentang membuat artikel hukum dengan seo yang berkualitas seperti halnya artikel konten seo yang dibuat langsung oleh seorang ahli seo, pakar seo atau konsultan seo yang telah mahir, serta telah mempunyai reputasi bisa duduk di halaman satu (page rank #1) mesin pencari. Ingat fokus pada tema awal yang melatarbelakangi pembuatan website dimaksud.

Nah, karena fokus seo (search engine optimazation) website kantor hukum (law firm) advokat melarang pembuatan iklan profesi advokat, tentu saja sangat dibutuhkan kejelihan apakah akan memperbesar porsi seo on page atau sebaliknya. Semua tergantung situasi dan kondisi, serta advis yang diberikan oleh operator website kantor hukum (law firm) advokat atau orang-orang yang khusus ditugaskan (misalnya ahli, pakar atau master) untuk mengurusi penggunaan seo ini.

Bagi anda yang ingin mengetahui atau sekedar belajar seo sendiri (otodidak), sedikit kami jelaskan cara dan tips memakai seo untuk website kantor hukum (law firm) advokat, sebagai berikut:

1. Konten berupa tulisan, gambar dan video.
Hakekat dari membuat sebuah website adalah artikel dan artikel lagi. Diatas, telah dijelaskan, bagaimana kedasyatan sebuah artikel dalam hal mengisi konten yang berkualitas, bisa mendatangkan ribuan pengunjung (audiens) ke website kantor hukum (law firm) advokat yang anda miliki. Karena itu, jangan malas untuk menulis sebuah artikel yang nota bene telah dioptimasi seo. Tapi jangan lupa, konten yang berisi artikel tersebut jangan asal jadi dan tidak mengandung hal-hal yang bermanfaat, informatif, unik, menarik, membuat penasaran, dan terbaru. Karena itu, jangan lupa untuk terus menggali dan mencari topik-topik hukum yang top, hangat, unik, menarik, dan yang memiliki potensi besar bisa booming/trending topik.

Menarik yang kami maksudkan disini, bukan hanya dari judulnya saja, melainkan juga pada bagian isi ataupun kesimpulan dari tulisan tersebut. Satu hal yang sering dilupakan terkait dengan konten berupa artikel ini adalah tentang keaslian dari sebuah tulisan (artinya, tulisan tersebut bukan hasil dari contekan (plagiat) dan copy paste milik orang lain yang telah pernah diterbitkan di internet, karena bila hal ini ada laku akan sia-sia saja.

Tentang, panjang dari isi tulisan anda para rekan atau sahabat advokat, wajib minimal 1500 kata bukan karakter, karena panjang tulisan seperti inilah yang sangat berpeluang besar memenangkan persaingan algoritma konten website untuk bisa mendapatkan posisi halaman pertama dan ranking #1 di google. Dengan kata lain dengan panjang sebuah konten 1500 kata, perayapan dan pelacakan yang akan dilakukan oleh robot spider mesin pencari akan leluasa menyelusuri kata perkata yang ada dalam artikel tersebut. Tak percaya, coba lihat dan banding artikel berupa tulisan yang dibuat oleh seorang ahli seo, pakar seo ataupun master seo, pasti artikelnya sangat panjang dan bisa mencapai lebih 2000 kata per tulisan. Ingat kapan lagi website kantor hukum (law firm) advokat anda bisa menduduki posisi halaman 1, kalau tidak dimulai dari artikel membuat tulisan yang panjang, berkualitas dibarengi optimasi seo yang handal dan top.

2. Template jangan sering di ganti.
Bila setiap mengganti template, maka hal itu akan merugikan reputasi dan popularitas website kantor hukum (law firm) advokat anda sendiri. Karena fungsi optimasi seo on page yang selama ini telah di bangun dengan baik, akan berdampak langsung dan nyata atas kegiatan indeks yang selama ini telah sukses dilakukan mesin pencari. Dengan kata lain, akibat template yang baru rekan advokat gunakan, mesin pencari dipaksa untuk bekerja melakukan indeks ulang terhadap seluruh isi konten yang ada pada website/blog kantor hukum (law firm) advokat anda, sehingga secara otomatis jumlah trafik pengunjung (audiens) akan drastis menurun yang juga berakibat langsung pada reputasi website di mata google.

Bicara tentang template, kalau bisa pakailah template yang simple tapi tidak kampungan. Artinya, template simple meskipun sangat sederhana tampilannya, tapi bisa menampung seluruh desain website yang menjadi target, fokus dan memenuhi kebutuhan utama dari website kantor hukum (law firm) advokat, itu kami anggap telah cukup.

Mengenai desain (tata letak) template sepenuhnya silahkan anda atur sendiri, namun dekorasi website/blog harus disesuaikan dengan faktor kebutuhan optimasi seo secara komprehensif, dan juga agar tidak boros space website kantor hukum (law firm) advokat anda. Memang desain dengan menggunakan gambar sangat dibutuhkan agar website menarik dari segi tampilan, sehingga bisa membuat seorang pengunjung betah dan nyaman berada di website rekan-rekan advokat, namun jangan gara-gara terlalu banyak gambar membuat penjung jadi bosan loading, karena terjadi masalah dengan kecepatan untuk membuka satu buah atau beberapa halaman website menjadi sangat lamban (lelet/lemot), karena itu pergunakanlah gambar secukupnya.

3. Kosa kata (tata bahasa) harus baik dan benar.
Salah satu pertimbangan dalam penggunaan seo on page adalah berhubungan dengan penggunaan tata bahasa, khususnya dalam membuat sebuah tulisan. Kita tidak pernah tahu, siapa pengunjung (visitor) yang datang ke website kantor hukum (law firm) advokat kita, dari manakah tingkat status sosial mereka. Karena itu, masalah penggunaan kosa kata tidak boleh dianggap enteng atau sepeleh. Senantiasa gunakanlah kosa kata yang sopan, santun, ramah, nyaman, dan familiar di mata pembaca. Website kantor hukum (law firm) advokat yang menggunakan kosa kata yang baik dan benar akan mendapat nilai positif, dan suatu saat nanti akan kembali dikunjungi visitor.

Penggunaan kosa kata ini juga akan dimanfaatkan oleh seo untuk mendatangkan robot spider perayapan search engine google untuk melakukan indeks website/blog rekan-rekan advokat secara cepat, tepat. Jangan lupa juga untuk menghindari terjadinya kesalahan penulisan kata, karena hal ini akan berakibat cukup fatal terhadap indeks yang akan dilakukan oleh search engine  google. Karena itu, bila penggunaan kosa kata dan bahasa kita masih kurang baik atau amburadul, maka sudah saatnyalah untuk belajar agar website/blog terlihat lebih profesional, bermartabat, serta sopan santun. Dengan begitu harapan trafik tinggi terbuka sangat lebar.

4. Belajar dari para ahli, pakar atau master seo.
Ada pepatah mengatakan: “malu bertanya sesat di jalan”. Pepatah tua ini, juga berlaku dalam dunia online di internet, khususnya tentang bagaimana cara ataupun tips yang akan digunakan untuk mendatangkan visitor atau menjadikan website kantor hukum (law firm) advokat memiliki trafik yang sangat tinggi. Jujur saja, dengan kita belajar dari para ahli seo maupun konsultan seo profesional, kita akan mendapatkan ilmu terapan terpadu yang dapat digunakan langsung ke dalam website yang rekan-rekan advkat miliki. Yang terpenting kita tidak usah malu-malu atau takut dikatakan kurang pintar dalam dunia ngeblog, karena ilmu pengetahuan seo ngeblog selalu berkembang pesat, seiring dengan perkembangan dunia teknologi media digital. Ingat apapun saran, petunjuk ataupun pendapat-pendapat dari para ahli seo, pakar seo, master seo ataupun konsultan seo adalah sangat berguna untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas website/blog kantor hukum (law firm) advokat yang kita miliki, sehingga target trafik tinggi menjadi idaman dapat terwujud segera.

5. Menggunakan atau membeli top level domain (TLD).
Masalah mengenai penggunaan domain TLD ini dapat meningkatkan trafik website/blog masih terjadi dualisme pendapat. Namun, bila seseorang akan menggunakan domain tld, maka sudah pasti harus menyiapkan uang (dana) yang dibutuhkan untuk menyewa domain dan juga hosting. Secara umum, bila menggunakan domain tld, maka akan diperoleh hal-hal sebagai berikut:
  • lebih sedikit mewah, profesional dan berkelas borjuis;
  • menimbulkan sumber kepercayaan yang lebih besar dari para visitor;
  • calon konsumen (misalnya pasang iklan ataupun banner) akan lebih suka memasang iklan/bannernya;
  • lebih cepat terindeks mesin pencari;
  • akses layanan control panel cpanel yang lebih leluasa dan bebas;
  • editing tampilan template, script, kode html/xhtml, dan sebagainya lebih bebas;
  • dan lain-lain;
6. Share ke media sosial.
Media sosial diyakini sebagai salah satu indikator optimalisasi seo off page yang dapat meningkatkan jumlah trafik yang tinggi ke suatu website kantor hukum (law firm) advokat. Karena penggunaan share ke media sosial adalah untuk memaksimalkan penggunaan seo on page yang telah terpasang. Dengan kata lain, media sosial sebagai tempat yang dapat membantu mempromosikan (menyebarluaskan) postingan berupa tulisan rekan-rekan advokaat. Media sosial yang lazim digunakan adalah facebook, twitter, google+, yang akan memberikan umpan balik berupa backlink yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan citra dan popularitas website kantor hukum (law firm) advokat di hadapan mesin pencari google.

7. Daftar ke webmastertools mesin pencari.
Website yang rekan-rekan advokat buat, jangan lupa untuk didaftarkan ke webmastertools yang dimiliki oleh google, yahoo, bing ataupun yandex. Manfaatnya adalah untuk mempercepat indeks halaman website kantor hukum (law firm) advokat, sehingga artikel yang sudah di posting akan langsung terbaca di halaman serp (search engine rank page) mesin pencari. Dengan begitu, pengguna internet yang merupakan calon visitor kita dapat segera mengetahui dan membaca artikel terbaru dari website kantor hukum (law firm) advokat anda.

Hal-hal yang kami uraikan di atas adalah sebagai andalan utama website/blog kantor hukum (law firm) advokat sebagai serangkaian proses strategi master internet marketing, agar bisa merasakan nikmatnya menduduki halaman 1 google dan memenangkan persaingan sengit di dunia internet antar sesama pemberi jasa kantor advokat/pengacara dan konsultan hukum di Kota Medan.

Semoga artikel berupa tulisan yang alakadarnya ini, bisa bermanfaat bagi para rekan-rekan advokat yang membacanya dan yang datang ke website/blog ini. Sekian dan terima kasih.

2 comments:

No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....