Internet Marketing Seo Kantor Hukum Advokat Medan ~ Tingginya jumlah
pengguna internet di Kota Medan, dibaca oleh para pemerhati dunia internet
marketing modern sebagai pangsa pasar yang potensial bagi kantor hukum advokat
untuk memperkenalkan atau mensosialisasikan, dan sekaligus dalam rangka untuk mendapatkan
klien dari adanya hubungan interaksi
online via internet ini. Lihat saja di media sosial, seperti facebook dan
juga twitter, interaksi antar sesama masyarakat di Kota Medan, khususnya para
ahli dan pakar hukum terjalin sangat erat, belum lagi ditambah dengan jumlah
orang-orang yang setiap harinya mencari informasi tentang seputar hukum ataupun
advokat melalui mesin pencarian, yang kita hari juga terus saja meningkat.
Inilah pangsa pasar potensial bagi advokat, khususnya untuk daerah Kota Medan
menawarkan kantor advokatnya secara tidak langsung.
Memang menurut UU No. 18
Tahun 2003 dan juga Kode Etik Advokat Indonesia, bahwa advokat itu dilarang untuk beriklan dan atau
memasang iklan, tapi dalam peraturan tersebut tidak ada larang bagi setiap
kantor hukum (law firm) advokat untuk membuka atau membuat sebuah website atas
nama kantor hukumnya. Trend membuat website bagi kantor advokat sekarang ini
sudah menjadi keharusan, apalagi dalam rangka memenangkan persaingan sesama
website atas nama kantor advokat di dunia maya.
Tentu saja dengan adanya website atau blog kantor hukum advokat
ini, sedikit banyaknya akan menambah nilai lebih dan sedikit bonafit bila
dibandingkan dengan kantor hukum (law office) advokat di Medan yang tanpa
adanya dukungan dari sebuah website. Bagi kalangan yang memiliki budget atau
keuangan yang memadai, akan menyewa atau membeli domain dan hosting yang
premium atau berbayar. Bagi yang tidak memiliki uang yang harus sedikit
bersabar, dan kalau tidak memakai domain gratisan, seperti yang disediakan
gratis oleh blogspot dan wordpress (web 2.0). Tapi jangan takut, meskipun
website kantor hukum advokat ataupun law firm anda menggunakan domain gratisan,
belum tentu kalah bersaingan di dunia maya sepanjang website tersebut dikelolah
dengan baik menggunakan teknik internet marketing yang mumpuni.
Persoalannya adalah siapakah yang mengelolah dan bagaimana caranya
mengelolah website kantor hukum (law firm) advokat ini? Jujur saja, para
advokat sudah pasti tidak mempunyai kemampuan yang cukup dalam dunia website,
disamping itu kemungkinan juga tidak akan mempunyai waktu yang cukup untuk
mengurusi web, karena seluruh waktu telah tersita mengurus dan menangani
perkara yang banyak dan sulit. Lalu bagaimana website kantor advokat (law firm)
tersebut tidak memenangkan persaingan
web di dunia maya? Nah sekarang ini telah banyak para ahli atau pakar internet
marketing yang bisa dipakai jasanya untuk mengurusi website kantor hukum (law
office atau law firm) advokat anda.
Berhubung adanya pelarangan untuk memasang iklan bagi profesi advokat,
ada 1 buah teknik yang dapat disiasati untuk dipergunakan. Teknik ini juga acap
kali dipergunakan oleh para ahli dan pakar internet marketing untuk memenangkan
persaingan website di dunia maya, teknik tersebut adalah SEO, yaitu:
serangkaian proses yang sistematis dilakukan terhadap website dan atas seluruh
isi dalam konten website tersebut dengan memenangkan persaingan dengan
memanfaatkan pembacaan algoritma mesin pencari, sehingga dapat meningkatkan
trafik atau jumlah visitor yang akan mengunjungi website/blog. Nah, bila
website kantor hukum (law firm) advokat anda sudah ramai, tentu saja menjadikan
website anda menjadi lebih populer, top, terkenal dan ternama di Indonesia,
khususnya di Kota Medan dan sekitarnya. Karena alasan inilah, banyak website
kantor hukum (law firm) terkenal, ternama, top di Jakarta yang sudah
memaksimalkan websitenya dengan menggunakan orang-orang yang sudah mahir di
dunia seo ini, apalagi law firm asing yang sudah beroperasi di Indonesia juga
sudah menggunakan teknik internet marketing profesional untuk memenangkan
persaingan di dunia maya. Ayo advokat Medan jangan mau kalah dan ketinggalan
dengan para rekan advokat dari Jakarta.
Dalam rangka memenangkan persaingan sesama website kantor hukum
(law firm) Advokat di internet, maka syarat utamanya adalah harus bisa masuk
dalam halaman pertama google pada semua kata kunci tertarget yang berkaitan
dengan dunia praktisi advokat di Medan, atau hal-hal yang berkaitan dengan
penggunaan teori hukum maupun pemberian layanan konsultasi hukum gratis. Berdasarkan
hal inilah, untuk mengoptimalkan strategi internet marketing website kantor
hukum (law firm) advokat ini, seo mensyaratkan agar memperbanyak dan memperkaya
isi konten website, berupa artikel-artikel hukum yang sangat populer, misalnya
strategi tentang beracara yang baik, tulisan berupa analisa kritis terhadap
kasus yang banyak mendapat perhatian masyarakat di Kota Medan – Sumatera Utara,
dan lain sebagainya. Intinya adalah konten tulisan tentang hukum yang favorit
dan paling banyak dicari oleh orang (pengguna internet).
Prinsip dalam ilmu seo, bahwa konten adalah raja mesin pencari
(google, bing, yahoo), baik itu dalam ilmu seo klasik maupun seo modern, karena
itu kesuksesan sebuah website/blog kantor hukum (law firm) advokat bisa
diperoleh dengan adanya isi artikel konten yang dibuat atau diterbitkan di dalam
website tersebut. Jadi, secantik dan semenarik apapun sajian tampilan sebuah
website yang minim akan artikel atau konten yang bermanfaat/menarik didalamnya,
maka jangan harap website anda berkembang pesat apalagi untuk memenangkan
persaingan mesin pencari di halaman pertama google, dan bisa-bisa dalam waktu
singkat website anda akan mati suri dan hilang dari peredaran dunia online.
Masih kurang yakin? Coba anda perhatikan dan sekaligus bandingkan,
website/blog kantor hukum (law firm) yang besar, top, ternama dan telah sukses
menguasai dunia internet, pasti mempunyai banyak jumlah konten, di mana konten yang
dimiliki tidak monoton pada konten berbentuk artikel atau tulisan saja,
melainkan juga konten gambar (image), dan juga konten berbentuk video,
khususnya video yang sudah diupload ke youtube. Secara global, para pekerja dunia internet
marketing seo lebih banyak dan paling mudah membuatnya adalah konten yang
bersifat sebuah artikel/tulisan. Itupun jikalau anda mempunyai skill untuk
menulis sebuah artikel hukum dengan baik, dan bagaimana pula bila konten artikel
yang dibutuhkan tersebut harus dalam jumlah yang sangat banyak. Apa masih
sanggup menulisnya? Ya, oleh karena demi kemajuan website kantor hukum (law
firm) advokat anda, harus disanggup-sanggupilah. Kalau tidak, silahkan untuk
memakai jasa penulis artikel konten bidang hukum untuk mengisi halaman website/blog
yang rekan-rekan advokat miliki.
Kenapa konten sangat dibutuhkan dalam website? Jawabannya adalah
konten inilah dipergunakan oleh mesin algoritma google sebagai stimulus dan katalisator untuk mendatangkan pengunjung atau audiens
sebanyak-banyaknya ke website kantor hukum (law firm) advokat anda. Tapi
sebelumnya, seluruh isi konten-konten berupa artikel hukum tersebut, harus dikolaborasikan
dengan menggunakan teknik sentuhan optimasi seo profesional didalamnya, yang
mana hal ini sangat dibutuhkan keahlian dan tidak semua orang mengetahui teknik
seo yang baik, benar, berkualitas dan berstandar seo. Karena itu, pada posisi inilah
peran strategis yang harus dimainkan oleh para ahli seo, pakar seo dan
konsultan seo untuk turun tangan langsung untuk menangani pekerjaan optimasi
seo terhadap artikel hukum tersebut. Dengan adanya artikel yang telah menjadi
sebuah artikel seo, maka kemungkinan besar akan sangat berpeluang untuk menarik
perhatian google, yahoo, bing, dan selanjutnya untuk mendapatkan trafik lebih
banyak dari penunjukan dan rekomendasi mesin pencari ke website yang
rekan-rekan advokat miliki. Apalagi, bila postingan artikel-artikel seo yang ada
di website kantor hukum (law firm) advokat anda tersebut mendapatkan posisi
yang baik dan halaman satu di mesin pencari google.
Kenapa dari tadi kami, hanya menyebutkan dan mengutamakan mesin
pencari milik google? Hal ini disebabkan 85 % para pengguna internet di seluruh
penjuru dunia menggunakan mesin pencari google untuk menemukan berbagai
informasi yang dibutuhkan manusia. Coba bayangkan, berapa ratus juta orang yang
menggunakan internet setiap harinya, maka 85 % dari jumlah itu sudah pasti
menggunakan google sebagai mesin pencarinya, dasar inilah sehingga para ahli
seo, pakar seo dan konsultan seo lebih menitikberatkan dan berkosentrasi penuh
pada mesin pencari seo dalam hal menggunakan teknik seo. Begitu pula sebaliknya
dengan pengguna internet yang ada di Kota Medan, pasti lebih sering menggunakan
layanan milik google.
Alasan lain yang menyebutkan bahwa konten adalah raja, dimana
dengan semakin banyak artikel tersebut, juga akan meningkatkan jumlah internal
link yang akan masuk pada sebuah website/situs/blog kantor hukum (law firm)
advokat anda, dimana adanya internal link ini sangat bermanfaat dalam membantu
SEO (search engine optimazation) on page sebuah website. Jadi jangan heran dan
iri bila rekan-rekan advokat melihat di search engine google selalu didominasi
oleh website/blog kantor hukum (law firm) advokat yang memiliki banyak dan kaya
akan artikel seo yang berkualitas. Nah, nantinya konten-konten yang sudah
dioptimasi seo inilah yang 24 jam non stop bekerja untuk membangun reputasi
akan kebesaran nama website kantor hukum (law firm) advokat di dunia internet
online.
Dalam hal membuat dan membangun konten hukum yang bermanfaat,
unik, menarik, apalagi sampai bisa membuat penasaran pengunjung (audiens)
adalah salah satu kunci sukses untuk meraih keberhasilan membangun sebuah
website ternama. Misalnya, sebagai contoh adalah website/blog ini yang
mengincar audiens para pencari keadilan, penegak hukum, acara pidana dan
perdata, pemilu (pilkada), sosial, politik, ham, dll, maka kami akan fokus membangun
artikel yang bermanfaat, berkualitas dan berhubungan dengan apa yang sudah kami
gariskan dalam website ini, sehingga kami yakin lambat laun akan membangun
kepercayaan audiens pada website ini. Itulah motivasi terbesar kami, sehingga
kami mau belajar tentang membuat artikel hukum dengan seo yang berkualitas
seperti halnya artikel konten seo yang dibuat langsung oleh seorang ahli seo, pakar
seo atau konsultan seo yang telah mahir, serta telah mempunyai reputasi bisa
duduk di halaman satu (page rank #1) mesin
pencari. Ingat fokus pada tema awal yang melatarbelakangi pembuatan website
dimaksud.
Nah, karena fokus seo (search engine optimazation) website kantor
hukum (law firm) advokat melarang pembuatan iklan profesi advokat, tentu saja sangat
dibutuhkan kejelihan apakah akan memperbesar porsi seo on page atau sebaliknya.
Semua tergantung situasi dan kondisi, serta advis yang diberikan oleh operator
website kantor hukum (law firm) advokat atau orang-orang yang khusus ditugaskan
(misalnya ahli, pakar atau master) untuk mengurusi penggunaan seo ini.
Bagi anda yang ingin mengetahui atau sekedar belajar seo sendiri
(otodidak), sedikit kami jelaskan cara dan tips memakai seo untuk website kantor
hukum (law firm) advokat, sebagai berikut:
1. Konten berupa tulisan, gambar dan video.
Hakekat dari membuat sebuah website adalah artikel dan artikel
lagi. Diatas, telah dijelaskan, bagaimana kedasyatan sebuah artikel dalam hal mengisi
konten yang berkualitas, bisa mendatangkan ribuan pengunjung (audiens) ke
website kantor hukum (law firm) advokat yang anda miliki. Karena itu, jangan
malas untuk menulis sebuah artikel yang nota bene telah dioptimasi seo. Tapi
jangan lupa, konten yang berisi artikel tersebut jangan asal jadi dan tidak
mengandung hal-hal yang bermanfaat, informatif, unik, menarik, membuat
penasaran, dan terbaru. Karena itu, jangan lupa untuk terus menggali dan mencari
topik-topik hukum yang top, hangat, unik, menarik, dan yang memiliki potensi
besar bisa booming/trending topik.
Menarik yang kami maksudkan disini, bukan hanya dari judulnya saja,
melainkan juga pada bagian isi ataupun kesimpulan dari tulisan tersebut. Satu
hal yang sering dilupakan terkait dengan konten berupa artikel ini adalah
tentang keaslian dari sebuah tulisan (artinya, tulisan tersebut bukan hasil
dari contekan (plagiat) dan copy paste milik orang lain yang telah pernah diterbitkan
di internet, karena bila hal ini ada laku akan sia-sia saja.
Tentang, panjang dari isi tulisan anda para rekan atau sahabat
advokat, wajib minimal 1500 kata bukan karakter, karena panjang tulisan seperti
inilah yang sangat berpeluang besar memenangkan persaingan algoritma konten
website untuk bisa mendapatkan posisi halaman pertama dan ranking #1 di google.
Dengan kata lain dengan panjang sebuah konten 1500 kata, perayapan dan
pelacakan yang akan dilakukan oleh robot spider mesin pencari akan leluasa menyelusuri
kata perkata yang ada dalam artikel tersebut. Tak percaya, coba lihat dan
banding artikel berupa tulisan yang dibuat oleh seorang ahli seo, pakar seo
ataupun master seo, pasti artikelnya sangat panjang dan bisa mencapai lebih 2000
kata per tulisan. Ingat kapan lagi website kantor hukum (law firm) advokat anda
bisa menduduki posisi halaman 1, kalau tidak dimulai dari artikel membuat
tulisan yang panjang, berkualitas dibarengi optimasi seo yang handal dan top.
2. Template jangan sering di ganti.
Bila setiap mengganti template, maka hal itu akan merugikan
reputasi dan popularitas website kantor hukum (law firm) advokat anda sendiri.
Karena fungsi optimasi seo on page yang selama ini telah di bangun dengan baik,
akan berdampak langsung dan nyata atas kegiatan indeks yang selama ini telah sukses
dilakukan mesin pencari. Dengan kata lain, akibat template yang baru rekan
advokat gunakan, mesin pencari dipaksa untuk bekerja melakukan indeks ulang
terhadap seluruh isi konten yang ada pada website/blog kantor hukum (law firm)
advokat anda, sehingga secara otomatis jumlah trafik pengunjung (audiens) akan
drastis menurun yang juga berakibat langsung pada reputasi website di mata
google.
Bicara tentang template, kalau bisa pakailah template yang simple
tapi tidak kampungan. Artinya, template simple meskipun sangat sederhana
tampilannya, tapi bisa menampung seluruh desain website yang menjadi target, fokus
dan memenuhi kebutuhan utama dari website kantor hukum (law firm) advokat, itu kami
anggap telah cukup.
Mengenai desain (tata letak) template sepenuhnya silahkan anda atur
sendiri, namun dekorasi website/blog harus disesuaikan dengan faktor kebutuhan optimasi
seo secara komprehensif, dan juga agar tidak boros space website kantor hukum
(law firm) advokat anda. Memang desain dengan menggunakan gambar sangat
dibutuhkan agar website menarik dari segi tampilan, sehingga bisa membuat
seorang pengunjung betah dan nyaman berada di website rekan-rekan advokat,
namun jangan gara-gara terlalu banyak gambar membuat penjung jadi bosan loading,
karena terjadi masalah dengan kecepatan untuk membuka satu buah atau beberapa
halaman website menjadi sangat lamban (lelet/lemot), karena itu pergunakanlah gambar
secukupnya.
3. Kosa kata (tata bahasa) harus baik dan benar.
Salah satu pertimbangan dalam penggunaan seo on page adalah berhubungan
dengan penggunaan tata bahasa, khususnya dalam membuat sebuah tulisan. Kita
tidak pernah tahu, siapa pengunjung (visitor) yang datang ke website kantor
hukum (law firm) advokat kita, dari manakah tingkat status sosial mereka.
Karena itu, masalah penggunaan kosa kata tidak boleh dianggap enteng atau sepeleh.
Senantiasa gunakanlah kosa kata yang sopan, santun, ramah, nyaman, dan familiar
di mata pembaca. Website kantor hukum (law firm) advokat yang menggunakan kosa
kata yang baik dan benar akan mendapat nilai positif, dan suatu saat nanti akan
kembali dikunjungi visitor.
Penggunaan kosa kata ini juga akan dimanfaatkan oleh seo untuk
mendatangkan robot spider perayapan search engine google untuk melakukan indeks
website/blog rekan-rekan advokat secara cepat, tepat. Jangan lupa juga untuk
menghindari terjadinya kesalahan penulisan kata, karena hal ini akan berakibat
cukup fatal terhadap indeks yang akan dilakukan oleh search engine google. Karena itu, bila penggunaan kosa kata
dan bahasa kita masih kurang baik atau amburadul, maka sudah saatnyalah untuk
belajar agar website/blog terlihat lebih profesional, bermartabat, serta sopan
santun. Dengan begitu harapan trafik tinggi terbuka sangat lebar.
4. Belajar dari para ahli, pakar atau master seo.
Ada pepatah mengatakan: “malu bertanya sesat di jalan”. Pepatah
tua ini, juga berlaku dalam dunia online di internet, khususnya tentang
bagaimana cara ataupun tips yang akan digunakan untuk mendatangkan visitor atau
menjadikan website kantor hukum (law firm) advokat memiliki trafik yang sangat tinggi.
Jujur saja, dengan kita belajar dari para ahli seo maupun konsultan seo
profesional, kita akan mendapatkan ilmu terapan terpadu yang dapat digunakan
langsung ke dalam website yang rekan-rekan advkat miliki. Yang terpenting kita
tidak usah malu-malu atau takut dikatakan kurang pintar dalam dunia ngeblog,
karena ilmu pengetahuan seo ngeblog selalu berkembang pesat, seiring dengan
perkembangan dunia teknologi media digital. Ingat apapun saran, petunjuk
ataupun pendapat-pendapat dari para ahli seo, pakar seo, master seo ataupun
konsultan seo adalah sangat berguna untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas website/blog
kantor hukum (law firm) advokat yang kita miliki, sehingga target trafik tinggi
menjadi idaman dapat terwujud segera.
5. Menggunakan atau membeli top level domain (TLD).
Masalah mengenai penggunaan domain TLD ini dapat meningkatkan
trafik website/blog masih terjadi dualisme pendapat. Namun, bila seseorang akan
menggunakan domain tld, maka sudah pasti harus menyiapkan uang (dana) yang
dibutuhkan untuk menyewa domain dan juga hosting. Secara umum, bila menggunakan
domain tld, maka akan diperoleh hal-hal sebagai berikut:
- lebih sedikit mewah, profesional dan berkelas borjuis;
- menimbulkan sumber kepercayaan yang lebih besar dari para visitor;
- calon konsumen (misalnya pasang iklan ataupun banner) akan lebih suka memasang iklan/bannernya;
- lebih cepat terindeks mesin pencari;
- akses layanan control panel cpanel yang lebih leluasa dan bebas;
- editing tampilan template, script, kode html/xhtml, dan sebagainya lebih bebas;
- dan lain-lain;
Media sosial diyakini sebagai salah satu indikator optimalisasi
seo off page yang dapat meningkatkan jumlah trafik yang tinggi ke suatu website
kantor hukum (law firm) advokat. Karena penggunaan share ke media sosial adalah
untuk memaksimalkan penggunaan seo on page yang telah terpasang. Dengan kata
lain, media sosial sebagai tempat yang dapat membantu mempromosikan (menyebarluaskan)
postingan berupa tulisan rekan-rekan advokaat. Media sosial yang lazim
digunakan adalah facebook, twitter, google+, yang akan memberikan umpan balik berupa
backlink yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan citra dan popularitas website
kantor hukum (law firm) advokat di hadapan mesin pencari google.
7. Daftar ke webmastertools mesin pencari.
Website yang rekan-rekan advokat buat, jangan lupa untuk didaftarkan
ke webmastertools yang dimiliki oleh google, yahoo, bing ataupun yandex.
Manfaatnya adalah untuk mempercepat indeks halaman website kantor hukum (law
firm) advokat, sehingga artikel yang sudah di posting akan langsung terbaca di halaman
serp (search engine rank page) mesin pencari. Dengan begitu, pengguna internet
yang merupakan calon visitor kita dapat segera mengetahui dan membaca artikel
terbaru dari website kantor hukum (law firm) advokat anda.
Hal-hal yang kami uraikan di atas adalah sebagai andalan utama
website/blog kantor hukum (law firm) advokat sebagai serangkaian proses
strategi master internet marketing, agar bisa merasakan nikmatnya menduduki
halaman 1 google dan memenangkan persaingan sengit di dunia internet antar sesama
pemberi jasa kantor advokat/pengacara dan konsultan hukum di Kota Medan.
Setuju banget Mas sama 7 point diatas...
BalasHapusTerima kasih mas atas kunjungannya
Hapus