Hai
blogger medan sahabat blog advokat silaen & associates, yok kita bahas tips
dan cara menjaga integritas brand agar tetap dikenal masyarakat dipasar
penjualan produk/barang ataupun jasa.
Brand telah lazim dimaknai merupakan sebuah persepsi tentang mutu suatu produk tertentu
yang menimbulkan kepercayaan melekat di benak dan hati para konsumen.
Sebenarnya,
reputasi brand itu akan tumbuh menjadi semakin besar seiring dengan waktu, di
mana perusahaan secara kontiniu dan konsern melakukan komunikasi marketing dan branding produk secara terus menerus.
Oleh karenanya, reputasi brand yang
telah dibangun sekian lama tersebut harus tetap dijaga agar senantiasa kuat dan
tetap mendapat kepercayaan dari para konsumen, baik konsumen lama maupun
pelanggan baru.
Secara
teori, banyak cara maupun tips yang digunakan perusahaan dalam rangka untuk
menjaga integritas brand agar tetap
baik di mata konsumen, tips atau cara dimaksud diantaranya adalah:
1)
Tetap menjaga kualitas produk ataupun jasa;
2)
Melakukan komunikasi marketing yang baik;
3)
Adanya pemberian reward (misalnya bonus atau hadiah tertentu);
4)
Tetap melakukan inovasi secara terus menerus;
Menjaga Kualitas Produk/Barang
ataupun Jasa
Bila
sebuah produk telah dikenal oleh konsumen/pelanggan, maka kualitas produk harus
tetap dijaga hari demi hari. Hal ini mungkin sangat riskan sekali dilakukan,
mengingat banyak terjadi perubahan-perubahan pada pangsa pasar, misalnya bahan
baku, distribusi, terjadinya inflasi dan fluktuasi harga, dlsb. Mungkin
diantara Anda para pengusaha pernah mendengar adanya keluhan dari konsumen lain,
seperti ini “kualitas produk yang dulu dan sekarang, lebih bagus produk yang
dulu” atau mungkin pernah mendengar keluhan lain “isinya sekarang banyak yang dikurangi”.
Bila
ada keluhan dari pelanggan sebagaimana contoh diatas, maka Anda harus hati-hati
terhadap adanya keluhan-keluhan tersebut. Jangan sampai akibat adanya keluhan seperti
itu dapat menjadikan konsumen melirik produk lain yang gencar-gencarnya menawarkan
benefit lebih dari yang anda tawarkan.
Dan akhirnya perusahaan Anda akan kehilangan konsumen setia.
Melakukan komunikasi marketing yang baik
Cara
yang bijak dalam melakukan komunikasi marketing adalah dengan tidak menjelekkan
produk pesaing lainnya. Sebab, dengan Anda menjelekkan produk pesaing maka dalam
hati dan pikiran para konsumen akan tersematkan kenegatifan cara Anda melakukan
marketing. Ingat, bahwa pesaing bukanlah lawan yang harus dijatuhkan, melainkan
pesaing memang perlu ada sebagai motivasi untuk terus berinovasi dalam
menemukan strategi dan tips marketing yang lebih baik lagi.
Adanya Pemberian
Reward
Biasanya
implementasi dari adanya pemberian reward ini diwujudkan dalam bentuk pemberian
hadiah-hadiah yang dapat membuat hati konsumen menjadi senang dan seakan-akan
mendapat perhatian lebih dari perusahaan. Dengan demikian rasa loyalitas para konsumen
terhadap suatu brand akan terus bertambah, dan bahkan bisa saja
mereferensikannya kepada calon konsumen yang baru.
Tetap melakukan
inovasi secara terus menerus
Jangan
cepat merasa puas pada 1 atau beberapa produk, melainkan harus tetap melakukan
inovasi secara terus menerus hingga dapat menimbulkan persepsi bahwa produk
yang selalu ditawarkan oleh perusahaan selalu diminati oleh konsumen/pelanggan.
Selain itu, inovasi yang dilakukan secara terus menerus akan menghindari sikap
bosan terhadap suatu produk.
Demikian
sedikit artikel dari kami yang berjudul tentang tips dan cara menjaga
integritas brand produk/barang maupun jasa. Semoga para blogger medan sahabat
setia blog pengacara silaen & associatas dapat memanfaatkannya untuk
branding produk/barang ataupun jasa yang sudah dilempar ke pasar. Atas perhatian
dan kunjungannya diucapkan terima kasih. Jangan lupa agar membaca artikel kami yang membahas tentang jasa seo branding di kampanye online pemilu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....