Pilkada atau pemilu bupati di
kabupaten tapanuli tengah (pilbup kab tapteng) tahun 2017 yang merupakan pesta
demokrasi seluruh rakyat/masyarakat lima tahunan di 20 kecamatan yang ada di
tapteng dalam rangka untuk memilih kepala daerah yang sesuai dengan aspirasi
rakyat.
Bagi sebahagian masyarakat yang
bergelut dalam bisnis kreatif, adanya momentum pilkada ini, dapat dimaknai
sebagai satu peluang bisnis online yang dapat memberikan keuntungan finansial.
Bisnis kreatif yang kami maksudkan adalah dalam bidang spesialis SEO (Search
Engine Optimization) digital marketing agar tampil dihalaman utama google
dengan mengoptimalkan keyword tokoh atau nama pasangan calon bupati tapteng
2017. Mengapa? Hal ini berkaitan dengan adanya pelaksanaan kampanye politik
untuk menyampaikan segala pesan-pesan politik ke publik dari para kandidat dan
atau bakal calon (balon) maupun pasangan calon (paslon) kepala daerah yang
berniat ikut dalam pilkada/pemilu. Pesan-pesan dimaksud adalah mengenai segala
sesuatu yang menjadi ide atau buah pikirannya untuk membangun dan memajukan daerah
pemilihannya apabila di pilkada nanti terpilih menjadi kepala daerah. Nah,
pesan-pesan yang yang dibungkus dalam “visi dan misi calon kepala daerah” yang
merupakan pangsa bisnis kreatif, yakni dengan menawarkan atau mempromosikan
agar seluruh pesan politik dalam kegiatan tahapan kampanye tersebut dapat sampai
ke publik (masyarakat pemilih) khususnya dengan menggunakan media online/daring
di posisi halaman pertama mesin pencarian google.
Tidak hanya, para kandidat dan/atau
bakal calon kepala daerah saja yang menyampaikan pesan-pesan politik dimaksud,
partai politik atau parpol yang menjadi parpol pengusung dan atau parpol
pendukung juga tidak mau ketinggalan mengambil peran strategis menyampaikan
pesan politik-nya agar nantinya sampai dan diterima dengan baik oleh para
konstituen (rakyat si pemilik hak suara). Partai politik sebagai partai
pengusung dan atau partai pendukung si calon kepala daerah tentu akan bermain
habis-habisan agar calon yang diusung dan diunggulkannya bisa meraih suara terbanyak
dan terpilih sebagai kepala daerah yang baru untuk masa jabatan 5 (lima) tahun
berikutnya.
Secara faktual, penyampaian pesan
politik dalam pesta demokrasi pilkada/pemilu dapat dilakukan dalam sistem 2
(dua) kanal, yaitu melalui kanal offline/during dan juga kanal online/daring.
Melalui penggunaan kanal offline/during ini, penyampaian pesan politik (apakah
itu merupakan namanya sosialisasi maupun kampanye) dapat dilakukan dengan
membuat poster, pamflet, baliho, umbul-umbul, stiker, mug, cangkir, spanduk, kartu
nama, selebaran, pertemuan tatap muka yang sifatnya terbatas, dan lain
sebagainya. Sedangkan bila penyampaian pesan politik dimaksud adalah menggunakan
kanal online/daring, tentu berinteraksi dengan menggunakan berbagai fasilitas
teknologi informasi dan telekomunikasi (tik), misalnya seperti website, blog,
jejaring media sosial dan penggunaan media-media massa lainnya yang dapat
diakses dan dilihat dengan menggunakan internet media.
Dalam bahasan topik ini, penulis
hanya membatasi penulisan tentang penyampaian pesan politik sosialisasi dan
atau kampanye politik di ajang kampanye pilkada tapanuli tengah 2017 yang hanya menggunakan
medium luar ruangan, yaitu internet. Nah, sebagaimana diketahui bersama bahwa
para pengguna internet dikuartal keempat ini, telah mengalami perkembangan yang
sangat pesat, dimana kecenderungannya adalah mengoptimalkan penggunaan internet
mobile via berbagai jenis smartphone canggih. Tentu saja, karena begitu tumbuh
suburnya para pengguna internet mobile ini, maka persaingan di dunia digitalpun
sudah semakin ketat dan sangat berat. Coba banyangkan, berapa banyak situs yang
sudah online di Indonesia ini? Dan apakah semua situs tersebut memiliki
keunggulan di halaman mesin browser internet terkemuka? Nah, disinilah letak
manfaat dan fungsi seo sebagaimana telah disinggung diatas, agar nantinya mampu
bersaing dengan website-website yang sama-sama menggunakan kata kunci target
unggulan.
Khusus dalam event pilkada atau
pemilu di kab. Tapteng 2017, tentu saja seo sangat bermanfaat untuk bisa
mengangkat popularitas diri seorang calon kepala daerah, sehingga sedikit
banyaknya akan dapat mempengaruhi audien untuk memilih dirinya dan bahkan
sebagai mesin pendulang suara sah.
Tren Penggunaan Kampanye Politik Online
Sebenarnya, konsep penggunaan kampanye
politik online/daring maupun sosialisasi politik memanfaatkan digital marketing menjelang
pelaksanaan pilkada atau pemilu di Indonesia, misalnya pemilihan gubernur, bupati dan atau walikota
beserta dengan wakilnya telah ramai digunakan sejak tahun 2004 lalu, kemudian
semakin tren dan ramai digunakan pada tahun 2009 dan 2014 lalu, bahkan nantinya
di pilpres dan pileg 2019 diprediksikan akan mendominasi.
Memang, dalam hal sosialisasi dan atau kampanye
pilkada/pemilu yang berkategori kampanye kreatif ini memerlukan biaya yang cukup
besar dan sebahagian ada yang menunjukkan kehebatannya. Nah, karena begitu
besarnya peluang dan juga prospek keuntungan dari adanya omzet konsep kampanye
kreatif ini, mengakibatkan akhir-akhir ini sangat menjamur usaha/bisnis dadakan
yang spesialis untuk sosialisasi dan atau kampanye politik online/daring pada setiap
adanya ajang pesta demokrasi Pilgubsu, Pileg dan Pilpres di Indonesia.
Usaha/bisnis dimaksud sering disebut
dengan bisnis “Digital Marketing Online”,
yaitu sebuah bisnis yang menawarkan adanya keahlian dan atau kemampuan untuk
mencari konsep sosialisasi atau kampanye online yang kreatif, efektif, tepat
sasaran ke masyarakat pemilih yang disampaikan secara online. Konsep para
pelaku bisnis bidang digital marketing online ini, jelas tidak terlepas dari pemanfaatan
teknologi digital tercanggih, terbaru dan yang kekinian, (dalam bahasa kerennya
sering disebut dengan nama “e-Campaign” atau “Internet Campaign” dan juga “Mobile
Campaign”).
Pada prinsipnya, baik itu “e-Campaign” maupun
“Internet Campaign” dan atau juga “Mobile Campaign” adalah => mengutamakan
pemanfaatan mesin pencari yang berhubungan dengan keyword pilkada/pemilu dengan
menggunakan pola dan atau konsep jasa sosialisasi digital atau jasa kampanye
digital yang diaplikasikan dalam bentuk:
Mengelola, mencari dan memanajemen
setiap berita-berita yang terbit melalui internet, nah bila diperlukan menenggelamkan
berbagai berita negatif yang merugikan si calon kepala daerah, mendorong munculnya
berita positif untuk tampil di halaman pertama google dengan cara memaksimalkan
penggunaan teknik optimasi SEO (Search
Engine Optimization) yang tepat dengan menggunakan tenaga yang memiliki
kemampuan tinggi sebagai “ahli seo Indonesia”,
pakar seo Indonesia, master seo Indonesia, Konsultan seo Indonesia dan atau praktisi SEO Indonesia;
Melakukan kegiatan sosialisasi dan atau
kampanye di internet dengan menggunakan teknik SEM (Search Engine Marketing), berupa membuat atau menerbitkan iklan
berbayar di halaman google, facebook, twitter, instagram, path, BBM, line,
whatsapp, linkedin, dan lain sebagainya, setelah terlebih dahulu melakukan
research secara komprehensif terhadap seluruh penggunaan kata-kata kunci target
utama yang akan selanjutnya akan dikelola secara maksimal sebagai materi iklan
ataupun banner, berdasarkan keywords yang lazim diketik para pengguna internet menggunakan
mesin pencari dan jejaring media sosial;
Melakukan sosialisasi dan atau kampanye
politik di berbagai sosial media yang tepat sasaran, misalnya dengan merumuskan
pemilihan konten dan waktu yang tepat untuk bersosialisasi memperkenalkan si
calon;
Melakukan sosialisasi dan atau kampanye
politik kreatif dengan video yang berdurasi pendek, serta pemilihan konten yang
tepat setelah melakukan research sebelum memproduksi video tersebut;
Membangun karakter dan juga mengisi berbagai
konten pada website/situs dan media sosial, serta secara berkala mencek dan mengukur
tingkat kunjungan pengunjung dan respon dari pihak manajemen;
Melakukan Online Reputation Management
(ORM);
Dan teknik-teknik lainnya;
Tetapi semua hal diatas didiskusikan dalam
satu meja, sehingga kesimpulan penggunaan strategi sosialisasi atau kampanye
yang efektif dan terarah adalah harus sesuai dengan aturan yang telah
ditentukan hukum yang berhubungan dengan pemilu/pilkada dan juga yang diatur oleh
KPU/KIP (Komisi Pemilihan Umum/Komisi Independen Pemilu) dan juga BAWASLU
(Badan Pengawas Pemilu), misalnya melalui PKPU (Peraturan Komisi Pemilihan
Umum) dan PERBAWASLU (Peraturan Badan Pengawas Pemilu).
Dengan demikian, keberadaan team di
media center atau posko pemenangan calon kepala daerah tapteng, khususnya team
internet marketer harus mampu bekerja menangani aplikasi pada pos/biromelakukan
sosialisasi ataupun kampanye di internet, team akun pada channel yang tepat untuk
dikelola, berjiwa sebagai aktivis jejaring sosial media, merupakan pakar gadget
dan pengelola berbagai komunitas online di Indonesia yang bekerja secara
simultan, komprehensif dan berdedikasi tinggi untuk melakukan pekerjaan optimasi
Search Engine Optimization dan Social Media Optimization. Tidak hanya sekedar
membuat akun atau meniru hasil karya yang dilakukan orang lain, kemudian
mengirim atau mention sana sini, membuat banyak akun bodong, bayar followers palsu
dan beli likes dengan harga murah meriah. Karena memiliki akun abal-abal hanya
akan membuat sosialisasi atau kampanye yang dilakukan adalah kepada konstituen atau
rakyat pemilu bodong. Murah meriah tentu tidak akan membuahkan hasil maksimal seperti
yang diharapkan.
Oleh karena itu, dalam hal penggunaan
jasa otimasi seo nama kepala daerah yang ikut di pilkada tapteng 2017 agar bisa
masuk dalam halaman pertama google, maka jalan satu-satunya adalah dengan
mencari relawan, simpatisan ataupun tim sukses yang benar-benar sebagai “ahli strategi sosialisasi online” dan
atau “ahli strategi kampanye online”
yang memiliki beragam konsep, pola yang tepat sasaran, matang, ideal untuk
dipergunakan sebagai salah satu taktik dan strategi yang tepat dan dinamis
untuk dapat bersaing di halaman mesin pencarian google online, mulai dari seleksi
pemilihan nama akun, tampilan untuk tampil di halaman pertama mesin pencari
dengan kata kunci yang ramai digunakan pengguna search engine, hingga berbagai konten
kreatif digital lainnya (baik tulisan, gambar dan video) yang kemudian akan disajikan
dengan sukarela untuk dibagikan oleh banyak pengguna media sosial. Dengan
begitu, sangat jelas sosialisasi atau kampanye politik online yang dilakukan
terarah dan tepat sasaran yang berujung pada menang-nya calon kepala daerah
yang bersangkutan.
Cara Kampanye Politik Pilkada
Muncul Di Halaman Satu
Secara teori dan
praktek SEO, cara agar suatu pesan politik di ajang pemilu atau pilkada kab. Tapteng
agar bisa muncul atau menduduki posisi halaman satu google, adalah dengan
menggunakan teknik optimasi SEO ONPAGE dan juga SEO OFFPAGE, yang pada intinya
dapat dijelaskan sebagai berikut:
A. SEO OnPage
Penggunaan SEO onpage
adalah langkah pertama yang harus dilakukan setelah tersedianya sebuah website,
dimana SEO onpage dioptimalkan dengan:
Pergunakanlah tag
untuk keyword tertarget yang menjadi sasaran anda. Sedangkan untuk deskripsi
website, silahkan untuk diisi hal-hal yang berhubungan dengan keyword pilkada
yang anda usung (contoh semboyan: kabupaten tapteng akan lebih baik lagi,
pemimpin yang amanah di kabupten tapanuli tengah, dlsb). Dan terakhir untuk
urusan keyword, agar mencantumkannya didalam setiap artikel konten yang anda
buat. Mengenai apa keyword tertarget berikutnya yang anda pakai, disesuaikan
dengan kebutuhan isi konten yang berhubungan dengan penyampaian visi dan misi
sosialisasi atau kampanye pada pilkada tapteng 2017 yang akan anda lakukan, diikuti
dengan penggunaan emphasize (seperti memberi bold, italic, atau underline).
Pergunakanlah alamat URL
yang 100% SEO friendly, dan mohon agar hindari menggunakan parameter lain. Sisipkan
keyword andalan utama anda di dalam sebuah link url yang anda buat. Ingat,
bahwa antara alamat situs dengan alamat link artikel harus ada kesesuaian,
dimana hal ini adalah menjadi kata kunci utama tertarget untuk berpeluang
sangat besar bisa mengantarkan artikel yang ditulis menuju ke halaman pertama (page
one) seluruh mesin
pencarian, khususnya google. Nah, pokok intinya adalah kata-kata yang berisi
nama alamat url domain yang dalam hal ini adalah kata “Pilkada Tapteng” dan “Nama
Calon Bupati/Wakil Bupati” adalah kata kunci utama.
Optimasikan judul
blog (title tag, baik di H1, H2, H3, H4, H5 dan H6) dengan menyisipkan kata
kunci didalamnya (contoh website/blog ini memakai kata judul H1 => “KANTOR ADVOKAT & PENGACARA MEDAN”,
namun perlu diingat bahwa title tag judul diatas tidak boleh melebihi jumlah 65-70
karakter dan meta description tidak lebih dari 150-160 karakter (kalaupun lebih,
maka otomatis akan dipotong langsung oleh mesin pencari, jadi pilihlah
kata-kata yang menjadi keyword-keyword tertarget anda pada 150-160 karakter
pertama).
Pilihlah domain yang
bisa memakai www, http dan atau tanpa memakai www, http karena secara prinsip mesin
pencari akan menganggap bahwasanya domain-domain tersebut adalah berbeda. Tapi,
anda tidak perlu takut ataupun risau, karena hal tersebut dapat disiasati
dengan menggunakan teknik redirect 301.
Buatlah halaman yang
baik dan relevan, serta enak dilihat oleh pembaca anda, khususnya untuk robot
text spider yang dimiliki oleh mesin pencari. Mohon hindari penggunaan iframe,
flash, karena robot spider tidak bisa membaca file tersebut. Satu hal yang
perlu terus diingat, bahwasanya konten web itu adalah raja, oleh karenanya
perbanyaklah isi konten yang bermutu, berkualitas, bermanfaat dan berstandarkan
SEO Friendly.
Bila anda telah
mahir, segerala kompres halaman website/blog anda menggunakan .gzip atau caching
dan minimalkan seluruh file-file seperti css, javascript, dan gambar dalam rangka
meningkatkan kecepatan loading website anda, karena hal tersebut adalah juga
salah satu penilaian apakah SEO telah optimal atau tidak.
Terakhir, jangan lupa
untuk membuat link media sosial di website/blog anda, untuk mempermudah promosi
web anda kedepannya, sekaligus sebagai salah satu startegi yang baik untuk link
building.
B. SEO OffPage
Setelah kita memahami
tentang pemanfaatan SEO OnPage dalam rangka menempatkan pesan sosialisasi atau
kampanye politik online agar bisa muncul di halaman satu google, maka kita
lanjut pembahasan tentang bagaimana caranya menggunakan SEO OffPage, karena
baik SEO OnPage dan juga SEO OffPage adalah merupakan serangkaian kegiatan
optimasi SEO website yang harus dilakukan secara menyeluruh dan tidak dapat
dipisahkan satu dengan lainnya. Karena itu, tetap pelajari apa yang diuraikan
dalam penjelasan SEO On Page diatas, agar nantinya dapat dikolaborasikan kedua
bahagian seo tersebut, agar hasil yang dicapaipun lebih optimal karena saling sokong
menyokong.
Tutorial tentang SEO
memang telah menjadi tranding topik di media internet online yang sangat ramai
dibicarakan audiens, mengingat efeknya yang sangat luar biasa dasyat-nya dalam
upaya untuk mengembangkan teknik internet marketing modern yang berwawasan
pasar global melalui pencatatan di halaman mesin pencarian, seperti google,
bing, yandex dan yahoo. Karena itu, kalau boleh kami mengatakan: “SEO Masih Ok”.
Satu kunci rahasia
agar pesan politik pilkada atau kampanye pemilu bisa berhasil adalah dengan mengembangkan
teknik seo pada website anda, serta pemahaman atas seluruh optimasi yang sudah dikerjakan
tim di media center, meskipun terkadang membutuhkan waktu yang agk sedikit
lebih panjang dari sebagaimana mestinya. Yang terpenting adalah, website anda
tidak mengalami error akibat terjadi kesalahan dan atau optimasi yang sangat
berlebihan. Ibarat manusia, bila diberikan beban berlebihan misalnya mengangkat
sesuatu yang tidak sesuai dengan kekuatan tenaga yang dimilikinya, sudah pasti akan
jatuh. Demikian juga dengan Search Engine Optimization yang dioptimasi ke dalam
sebuah website/blog, apabila terlalu berlebihan, sudah bisa dipastikan akan
kolaps, dan bahayanya akan menurunkan nilai daya saing SEO website anda sendiri
dimata google.
SEO Off Page, secara
umum pengertian-nya dimaknai sebagai optimasi dari luar website/blog dalam
rangka untuk membangun dan mencari link (sebanyak-banyaknya yang mengarah ke
website anda (link building), tapi ingat utamakan link dofollow yang
berkualitas dan terbaik. Lalu, dengan cara apa dan bagaimana? Keterangannya sebagai
berikut:
Menyebarkan Link di Social
Bookmark
Untuk urusan SEO Off
Page, apapun flatform Content Management System (CMS) yang anda pergunakan, baik menggunakan
sistem CMS Blogspot, Mywapblog, WordPress, atau yang lainnya, telah support dan
menyediakan beberapa social bookmark bisa anda pakai dalam mempromosikan
website dari luar. Ada beberapa social bookmark yang sangat populer di dunia
internet blogger mania, antara lain: Digg, Pinterest, Delicious, StumbleUpon,
Reddit. Social Bookmark sangat bermanfaat pembaruan posting isi konten blog
yang baru saja anda buat (misalnya pesan akan dilakukan kampanye atau
sosialisasi di aula xxxxxx yang membahas tentang nama calon kepala daerah kab. tapteng
yang berintegritas dan amanah, dan seterusnya, sehingga dengan begitu akan cepat
tersebar dan diketahui oleh banyak audiens pula yang menggunakan social
bookmark tersebut.
Menyebarkan Link ke Forum-Forum
Online
Selanjutnya, anda
dapat menyebarkan link website melalui forum-forum yang sangat ramai dikunjungi
pengguna internet di kecamatan-kecamatan se-kabupaten tapanuli tengah. Dengan
kata lain, forum online ini telah dijadikan sebagai pusat dan tempat yang
paling efektif promosi link, selanjutnya juga untuk mendapatkan traffic yang
banyak. Caranya adalah dengan melakukan post komentar pada thread yang dibuat orang
dan jangan ketinggalan agar meninggalkan signature yang diberi link ke website
anda, thread topik harus sesuai dengan tema bahasan yang ada di blog anda, dan
signature yang anda tinggalkan adalah merupakan kata kunci yang anda pilih
sesuai dengan yang telah anda target.
Menyebarkan Link di Artikel
Directory
Artikel directory
digunakan atau dimanfaatkan untuk memperkenalkan website anda ke berbagai orang
dipenjuru dunia, dengan cara menulis sebuah artikel yang unik, menarik dan
berkualitas, serta jangan lupa untuk meninggalkan link website agar efektif
untuk mendapatkan link dan untuk mendapatkan visitor yang banyak.
Menyebarkan Link pada Website
Directory
Memang cara yang satu
ini, sangat jarang dilakukan oleh para blogger, namun sebenarnya dengan anda
bergabung dan atau submit ke website directory tersebut, sebenarnya akan
memberikan efek yang berdampak besar pada peningkatan jumlah pengunjung
website/blog. Terkadang para blogger baru (NEWBIE) di dunia maya, sangat sulit
untuk bisa merangkak mendapatkan posisi pada halaman satu, tapi bila telah
melakukan submit ke berbagai website directory ini, maka mudah-mudahan dalam
waktu singkat akan bisa mendapatkan posisi terbaik di halaman mesin pencarian,
karena link yang berasal dari website directoru rata-rata mempunyai page rank,
DA yang tinggi dan traffic yang sangat bagus.
Menyebar Link ke Media Sosial
Nah, bila menyebarkan
link ke media sosial mungkin hal pertama yang anda lakukan dibandingkan ke
situs-situs yang telah kami jelaskan diatas. Memang kecenderungan menggunakan
media sosial, sekarang ini adalah merupakan kebutuhan yang sangat pokok atau
primer untuk membangun building SEO. Hal ini disebabkan, link yang berasal dari media sosial
telah sangat diperhitungkan oleh seluruh mesin pencarian, khususnya dalam ini
google. Algoritma SEO google terus mensyaratkan bahwa media sosial adalah
merupakan tempat berkumpulnya banyak orang dari seluruh penjuru dunia, dan
jikalau anda mendapatkan visitor yang masuk melalui social media, maka google
beranggapan bahwa visitor anda merupakan manusia yang benar-benar tertarik
dengan website anda, dan bukan sebaliknya yang merupakan robot spammer yang
sering menyusup ke website.
Satu hal yang
terpenting bila anda melakukan teknik optimasi SEO OffPage, agar tidak
melakukan tindakan-tindakan yang sangat berlebihan, karena efeknya bisa sangat berbahaya,
yaitu berupa pemberangusan website/blog anda dari halaman google karena
dianggap sebagai spam.
Syarat standar yang
ditetapkan atau ditentukan oleh para mesin pencari untuk mendapatkan backlink
dari situs-situs diatas, lakukanlah secara berkala cukup dengan 3 sampai 5
backlink saja perharinya, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.
Demikian, artikel atau tulisan kami tentang optimasi seo keyword yang spesialis digunakan untuk pemilu dan pilkada di Indonesia, khususnya pilkada bupati/wakil bupati tapanuli tengah tahun 2017, semoga apa yang kami jelaskan diatas ada manfaatnya. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih. Salam pilkada/pemilu damai. Tulisan yang membahas tentang keyword ini berhubungan dengan tulisan => keyword sungai bersih karena foke [ahok].
Demikian, artikel atau tulisan kami tentang optimasi seo keyword yang spesialis digunakan untuk pemilu dan pilkada di Indonesia, khususnya pilkada bupati/wakil bupati tapanuli tengah tahun 2017, semoga apa yang kami jelaskan diatas ada manfaatnya. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih. Salam pilkada/pemilu damai. Tulisan yang membahas tentang keyword ini berhubungan dengan tulisan => keyword sungai bersih karena foke [ahok].
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....