Perhelatan
pilkada DKI Jakarta yang memanas, memunculkan fenonema unik berupa keyword “sungai bersih karena foke” di hasil
pencarian mesin google menjadi frasa keyword “sungai bersih karena ahok”. Hal ini menimbulkan beragam pendapat,
baik yang positif maupun yang rada-rada negatif dan subjektif. Misalnya ada
pendapat miring yang mengatakan bahwa ahok dan/atau tim kampanye maupun
simpatisannya telah membayar perusahaan google & co untuk mengubah keyword
sungai bersih karena foke menjadi sungai bersih karena ahok di halaman
penelusuran google, ketika ada pengguna internet menuliskan keyword sungai
bersih karena foke tersebut. Benarkan tudingan google melakukan pengubahan
frasa keyword ini karena telah dibayar?
Sebenarnya,
tudingan tersebut tidak benar adanya. Karena adalah hal yang wajar ditemukan
ketika sebuah keyword yang digunakan oleh para pengguna internet mengalami
ketidakjelasan atau ketiadaan data pasti di gudang data google, maka google
secara otomatis akan melakukan perbaikan dan atau perubahaan sesuai dengan
data-data yang ada tersimpan dalam mesin data google. Demikian pula halnya
dengan keyword sungai bersih karena foke, karena memang di gudang data google
tidak ditemukan berbagai data utama maupun data pendukung yang menyangkut
tentang sungai bersih karena foke atau data-data tentang foke yang membersihkan
sungai-sungai di DKI Jakarta di gudang penyimpanan data google.
Terjadinya
fenomena atas adanya perubahan atau perbaikan frasa sungai bersih karena foke
menjadi sungai bersih karena ahok diatas diakibatkan karena banyaknya
pemberitaan mengenai ahok dan juga berita tentang kali bersih atau sungai
bersih yang sudah diindex oleh google dan tersimpan dengan baik di gudang data
google. Jadi, secara prinsipil kinerja mesin google itu bersifat “technically”, dimana google akan
memunculkan kata-kata yang paling banyak dan sering diinput oleh para pengguna
internet di seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Dengan banyaknya input data
tentang ahok dan sungai bersih atau kali bersih, maka google akan secara
otomatis melakukan koreksi frasa keyword “kali bersih karena foke” menjadi
frasa keyword “kali bersih karena ahok”, ditambah dengan banyaknya publikasi
atau ekspose pemberitaan tentang kali (sungai) bersih pada zaman pemerintahan
Gubernur Ahok dibandingkan dengan pemberitaan kali (sungai) bersih pada zaman
pemerintahan Gubernur Foke.
Nah,
adanya realitas ini menyebabkan hal-hal yang berhubungan dengan kali bersih
yang dilakukan oleh ahok akan langsung muncul di halaman pertama mesin
pencarian google karena data-data yang berkaitan dengan hal tersebut sangat
banyak terinput di gudang data google, jangan sangat wajar keyword kali bersih
karena ahok muncul di halaman utama google menenggelamkan keyword sungai bersih
karena foke.
Sebenarnya,
sebuah keyword yang didukung banyak data-data yang telah diinput sebelumnya
sangat wajar muncul di halaman satu google dan menurut kami hal ini adalah
normal-normal saja dan bukan sesuatu hal yang sangat luar biasa dalam dunia
internet, dimana fenomena terjadinya koreksi frasa keyword sungai bersih karena
foke dikoreksi menjadi keyword sungai bersih karena ahok adalah bahagian yang
tidak terpisahkan dari optimalisasi teknik search engine optimization (SEO)
agar suatu frasa keyword bisa tampil di halaman pertama google. Mengenai apa
arti, definisi atau pengertian seo, silahkan membaca artikel/tulisan kami yang
berjudul => “apa itu seo”
(silahkan diklik untuk menuju ke alamat halamannya).
Dalam
dunia optimasi SEO, dikenal ada 2 (dua) teknik SEO yang bisa diaplikasikan,
yaitu => teknik seo onpage dan teknik seo offpage. Teknik seo ini dapat diterapakan ke berbagai flatform cms website, seperti untuk cms blogger (blogspot), cms wordperss, cms mywapblog yang khusus untuk webblog mobile. Lalu bagaimanakah caranya
menggunakan ke-2 (kedua) teknik seo tersebut? Serta apakah bila sudah menerapkan kedua teknik seo tersebut bisa menjadikannya seorang webmaster menjadi praktisi seo yang berpredikat sebagai "pakar seo rank 1 Indonesia"? Adapun caranya adalah sebagai
berikut:
1.
TEKNIK SEO ONPAGE
Inti
dari teknik seo onpage ini adalah serangkaian tindakan atau perbuatan
pengoptimalisasian website/situs/blog/laman dari dalam laman itu sendiri agar
mendapatkan peringkat yang lebih maksimal lagi pada hasil pencarian pada
mekanisme search engine google. Optimalisasi yang dilakukan pada teknik seo
onpage ini adalah meliputi => a) konten-konten (baik berupa konten tulisan,
konten gambar maupun konten dalam bentuk video), b) meta tag, c) kecepatan
akses, d) struktur website/blog, e) internal link, f) eksternal link, g) dan
gambar yang menghiasi laman.
Untuk
realisasi konten => pastikan konten-konten artikel/tulisan yang anda buat di
web-blog adalah yang berkualitas dan sangat bermanfaat bagi banyak orang
(khususnya para pengguna internet global). Pastikan bahwa artikel yang anda
bikin tersebut adalah merupakan hasil ketikan sendiri (bukan merupakan hasil
copy paste milik orang lain) dengan tetap memperhatikan atau mempertimbangkan
panjang artikel yang anda tulis tersebut. Ingat, kecenderungan algoritma google
yang berkembang per-bulan Oktober tahun 2016, kurang menyukai konten-konten
artikel yang pendek dan cenderung lebih memprioritaskan laman yang berisi
konten berkualitas untuk tampil di halaman pertamanya. Panjang artikel/tulisan
sebuah konten adalah minimal 500-an kata, namun menurut kami yang paling baik
adalah minimal 1000-an kata per-tulisan.
Untuk
pemanfaatan meta tag => bahwa kegunaan dari meta tag ini adalah untuk
memudahkan google mengindex web-situs-blog-laman anda, dimana yang masuk dalam
kategori meta tag adalah => meta deskripsi, rel=”cannonical”, title tag, url
rss feed, dan berbagai meta tag lainnya yang dapat dimengerti dan dapat dibaca
oleh mesin google.
Untuk
kecepatan akses => bahwa pada prinsipnya, semakin cepat akses suatu laman
dimuat, maka semakin baik dan sayang pulalah google memandang laman tersebut.
Disamping itu, pengunjung juga akan menyukai situs anda, karena webblog yang
sangat lama, berat atau lemot diakses sangat tidak disukai dan tentu saja akan
sangat sulit mendapatkan posisi yang terbaik di mata mesin pencari google.
Untuk
pemanfaatan struktur website/blog => pastikan bahwa laman milik anda
mempunyai struktur kode yang mudah dipahami dan dimengerti oleh algoritma google.
Artinya, bahwa struktur data web-blog anda diusahakan agar mudah dipahami oleh google,
ketika melakukan penjelajahan seluruh data-data yang termuat di laman anda.
Karena itu, agar secara berkala melakukan pengecekan apakah struktur web-blog
anda sudah benar dan sempurna bekerja, khususnya pengecekan dengan memanfaatkan
fasilitas “structured data testing tool”
yang disediakan dalam “webmastertools
google”. Seandainya terdapat kesalahan atau error, berarti masih ada kode
data yang tidak dimengerti oleh google, sehingga wajib untuk diperbaiki segera.
Untuk
internal link => maksudnya adalah link dalam artikel/tulisan kita sendiri
yang menuju ke link lain yang ada dalam laman kita sendiri. Jadi pemaknaan
internal link mengutamakan keterkaitan atau adanya hubungan antara
artikel/tulisan yang satu dengan yang lainnya. Misalnya kita membuat postingan
artikel yang membahas tentang ruang lingkup tentang pekerjaan yang berkaitan tentang kali
bersih atau pembersihan sungai, maka dapat dibuatkan internal link-nya yang
berhubungan dengan link “apa itu sungai”
ataupun “pengertian kali”. Bila ada
beberapa input data internal link yang termaktub di dalam sebuah
artikel/tulisan yang hendak dipublikasikan, maka hal ini akan dimaknai google
secara lebih baik lagi.
Untuk
eksternal link => secara prinsip bahwa kerja eksternal link hampir sama
dengan internal link, cuma bedanya link yang dituju oleh eksternal link adalah
berada diluar link-link yang ada dalam laman kita, artinya tertuju pada link
dari situs luar yang masih mempunyai hubungan dengan artikel/tulisan yang
sedang kita bahas. Fungsinya adalah untuk memberitahu kepada mesin pencari
google tentang adanya keterkaitan atau hubungan link tersebut dengan artikel
yang termuat dalam web-blog kita. Ingat penggunaan eksternal link ini juga
jangan terlalu banyak, perkiraannya cukup hanya 2-3 link saja yang terpenting
masih relevan dengan tulisan yang sedang dibahas.
Untuk
pemanfaatan gambar => gambar yang kami maksudkan disini adalah sebagai
pelengkap yang menghiasi setiap artikel/tulisan yang akan anda muat dalam postingan.
Dengan adanya gambar ini, maka google akan cenderung memaknai artikel/tulisan
yang anda buat adalah sangat penting, sehingga layak untuk dipercayai dan
merupakan artikel yang benar-benar sangat bermanfaat bagi banyak pengguna
internet. Disamping itu juga, dengan adanya gambar ini maka sedikit banyaknya
akan menambah daya tarik dan nilai keindahan artistik tersendiri bagi artikel
yang anda tulis dan membuat pengunjung tidak bosan melihat ataupun membacanya.
2.
TEKNIK SEO OFFPAGE
Seo
offpage ini sering dimaknai oleh para master seo dan atau pakar seo maupun ahli
search engine optimization sebagai serangkaian optimalisasi seo dengan mencari
dan atau mengumpulkan backlink yang menuju ke web-blog milik kita, misalnya
backlink dari media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dlsb. Jika
sebuah laman atau situs mendapatnya banyak backlink yang berkualitas (dari
laman yang terpercaya), PR alexa yang ramping, PA dan DA tinggi, serta juga
mendapatkan backlink dari sharing yang dilakukan di media jejaring sosial yang
banyak, maka google akan memaknai artikel/tulisan yang anda buat tersebut
secara positif dan dipandang banyak memberikan manfaat, sehingga sangat layak
untuk dimasukkan dalam hasil penelusuran halaman 1 di mesin pencari google.
Sebenarnya, masih banyak lagi pembahasan mengenai seo ini dan seo juga mencakup aspek yang lebih luas lagi dari apa yang kami uraikan diatas, namun hanya itu saja yang dapat kami jelaskan, karena saya bukanlah pakar seo terkemuka di Indonesia melainkan seorang advokat, attorney, barrister, pengacara, lawyer dan atau juga konsultan hukum yang berada di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Indonesia. Semoga tulisan kami yang membahas tentang keyword sungai di Jakarta bersih karena foke yang berubah menjadi frasa keyword sungai di Jakarta bersih karena ahok di hasil pencarian google dapat menjawab fenomena terjadinya koreksi keyword di google. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih. (Silaen Lawyer)
Sebenarnya, masih banyak lagi pembahasan mengenai seo ini dan seo juga mencakup aspek yang lebih luas lagi dari apa yang kami uraikan diatas, namun hanya itu saja yang dapat kami jelaskan, karena saya bukanlah pakar seo terkemuka di Indonesia melainkan seorang advokat, attorney, barrister, pengacara, lawyer dan atau juga konsultan hukum yang berada di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), Indonesia. Semoga tulisan kami yang membahas tentang keyword sungai di Jakarta bersih karena foke yang berubah menjadi frasa keyword sungai di Jakarta bersih karena ahok di hasil pencarian google dapat menjawab fenomena terjadinya koreksi keyword di google. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih. (Silaen Lawyer)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....