Tuesday, 31 January 2017

Kekuatan Blogger Medan Mempromosikan Kawasan Danau Toba

Hai sobat, artikel kali ini membahas tentang: “Kekuatan Blogger Medan Mempromosikan Kawasan Danau Toba”. Judul ini sengaja kami pilih mengingat adalah menjadi tanggung jawab kita untuk bersama-sama mempromosikan kawasan pariwisata yang ada di Sumatera Utara (Sumut), khususnya Danau Toba, baik dengan menggunakan medium offline/during maupun menggunakan media online/daring. Tentu tujuannya adalah dalam rangka agar kawasan danau toba semakin dikenal oleh masyarakat, khususnya oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Peran Strategis Blogger Medan Mempromosikan Kawasan Pariwisata Danau Toba di Media Online

Nah, berkaitan dengan aktivitas pada dunia maya, tentu salah satu ujung tombak yang mempunyai peran sangat strategis untuk mempromosikan kawasan danau toba di internet adalah para blogger Indonesia, khususnya blogger medan. Mengapa? Karena seorang blogger sedikit banyaknya memiliki kemampuan untuk membuat konten-konten yang isinya berhubungan dengan kawasan danau toba, misalnya melalui pembuatan tulisan/artikel, gambar-gambar indah tentang kawasan danau toba, maupun video-video yang dapat menginterpretasikan daerah-daerah wisata, tempat-tempat bersejarah, hotel, kafe, restaurant atau resto maupun segala sesuatu yang berberkaitan dengan danau toba.

Khusus untuk blogger medan yang merupakan salah satu wadah tempat berkumpulnya para komunitas blogger asal anak medan yang terdiri dari beragam hobi, latar belakang dan juga pendidikan, misalnya pecinta traveling, olah ragawan, kuliner, fotografi, event organizer, adventure, budaya, dlsb, tentu memiliki kemampuan untuk eskplorasi kemampuannya yang diwujudkan dalam sebuah konten yang dipublikasikan dalam website/blog nya masing-masing. Sumber daya yang ada pada komunitas blogger medan inilah yang harus dimaksimalkan dalam rangka dimanfaatkan untuk mempromosikan kawasan danau toba sekitarnya via internet ala para blogger.

Dengan semakin banyaknya konten-konten yang dibuat oleh para blogger, tentu saja halaman mesin pencari google akan dipenuhi dengan berbagai informasi yang positif dan menarik berkaitan dengan kawasan pariwisata di danau toba. Sehingga ketika ada para pengguna internet yang akan googling mengenai danau toba, maka informasinya akan tersaji sangat beragam.

Sebagai sejatinya seorang blogger, mempromosikan kawasan pariwisata danau toba ke media internet harus memiliki strategi dan juga konsep bagaimana caranya agar informasi yang disajikan agar bisa menciptakan para wisatawan betah dan rindu akan datang ke Danau Toba. Disamping itu, kalau masih memungkinkan bagaimana caranya seorang blogger melalui publikasi kontennya sekaligus mampu menggerakan sumber penghasilan perekonomian warga sekitar danau toba yang berujung pada peningkatan sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang bersangkutan.

Hal ini memang tidak mudah untuk dilakukan, tapi kami yakin dan percaya atas kemampuan yang dimiliki oleh para blogger Indonesia, khususnya komunitas blogger medan akan mampu mengejawantahkan konsep-konsep brilian untuk mempromosikan kawasan pariwisata danau toba ke dunia internasional melalui internet.

Konsep Promosi Danau Toba Ala Blogger Medan
Diatas kami ada menyinggung sedikit bahwasanya komunitas blogger medan yang terdiri dari beragam latar belakang, tentu nantinya akan ada para blogger yang secara khusus membahas tentang apa-apa saja fasilitas atau infrastruktur yang berkaitan dengan wahana permainan atau atraksi, baik bagi anak-anak maupun orang dewasa (orang tua). Tentu dengan adanya publikasi ala blogger medan yang semacam ini akan memberikan informasi yang mampu menciptakan keinginan dari para wisatawan untuk datang ke kawasan danau toba bersama-sama dengan keluarga karena anak-anak mereka juga dapat menikmati adanya berbagai wahana bermain untuk anak.

Adanya informasi ini akan menciptakan sebuah image dimana orang tua dapat menikmati keindahan danau toba, kemudian para anak dapat menikmati wahana mereka sendiri secara nyaman dan aman. Disamping itu, para orang tua juga dapat mengawasi langsung dan lebih dekat dengan anak-anak mereka selama bermain.

Bagi blogger medan yang gemar dengan dunia petualangan (adventure) atau jalan-jalan mengelilingi kawasan pariwisata danau toba, tentu dapat membuat sebuah isi konten yang berhubungan dengan pengalaman pribadinya selama berada di kawasan pariwisata danau toba. Misalnya ketika menaiki sebuah kapal speed boat, baik yang kecil maupun yang besar mengelilingi kawasan danau toba. Tidak hanya itu saja, para blogger juga diharapakan untuk mempublikasikan banyaknya akses jalan yang dapat dipergunakan untuk menikmati keindahan pemandangan danau toba, baik dari bibir pantai danau toba maupun dari atas gunung yang mengelilingi danau toba. Sehingga dengan adanya publikasi ini, para wisatawan dapat mengetahui keindahan danau toba dan juga sangat aman, nyaman dan elegan selama berpetualang diatas speed boat tersebut.

Khusus bagi para blogger medan yang suka dengan olah raga dapat membuat isi konten nya dengan hal-hal yang berhubungan dengan sensasi olah raga air menaiki jet ski atau selama berenang di danau toba. Tentu hal ini akan membuat para wisatawan yang hobbi dengan olahraga air akan tertarik untuk mengunjungi atau datang ke kawasan danau toba yang ada di Provinsi Sumatera Utara.

Nah, bagi blogger medan yang doyan dengan makan dapat membuat sebuah konten yang dipublikasi dalam website/blog nya tentang beragama kedai-kedai kuliner dengan ciri khas masyarakat yang ada di sekitar kawasan pariwisata danau toba (misalnya masakan khas Simalungun, Toba, Pakpak, Samosir, Karo, dlsb). Begitu juga dengan ole-ole yang berhubungan dengan kuliner maupun hasil kerajinan tangan rakyat sempat, seperti dolung-dolung, teh, kopi, kacang, lappet, topi, ulos, baju, selendang, dlsb.

Bagi yang gemar dengan masalah sosial dan budaya, tentu sangat diharapkan akan adanya pemuatan konten-konten yang berhubungan dengan tradisi, adat istiadat dan juga kebudayaan yang tumbuh dan berkembang pada setiap daerah yang ada disekitar kawasan wisata danau toba. Misalnya upacara sipaha sada dan atau ritual suci sipaha lima pada masyarakat agama malim yang dipercayai oleh suku Batak parmalim yang berada diwilayah parmalim samosir ataupun sekitar danau toba. Jadi, bisa saja para wisatawan akan manotor kemudian setelah itu menikmati kuliner khas kawasan danau toba, atau sebaliknya.

Nah, bagi para blogger medan yang gemar pada hal-hal yang berhubungan dengan even organizer, tidak ada salahnya membuat konten program even di danau toba, baik yang berskala lokal, nasional maupun even skala internasional. Dengan adanya pemuatan even danau toba di internet (misalnya pesta danau toba), maka hal ini akan berdampak positif dalam rangka mendatangkan banyak wisatawan berkunjung ke danau toba. Tidak hanya wisatawan, karena dengan adanya hal ini juga akan mampun mendatangkan banyak para investor yang berkeinginan berinvestasi di kawasan pariwisata danau toba.

Satu hal yang penting untuk diingat, bahwa seluruh isi konten yang dikemukakan diatas haruslah dibarengi dengan adanya optimalisasi web melalui penggunaan search engine optimization (seo) agar nantinya konten yang berkaitan dengan kawasan pariwisata danau toba dapat tampil di halaman pertama google, sehingga para pengguna internet tidak kewalahan membuka halaman per halaman google untuk mencari segala informasi yang menjabarkan tentang kawasan wisata danau toba.

Demikian artikel yang berjudul: “Kekuatan Blogger Medan Mempromosikan Kawasan Danau Toba”, semoga ada manfaatnya bagi anda sobat pengacara dan/atau penasehat hukum pengunjung setia blog law office advokat silaen & associates. Baca juga tulisan tempat wisata lainnya yang berjudul: "nyok wisata ke kota medan". Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

No comments:

Post a Comment