Saturday, 30 January 2016

Pentingnya Advokat Bagi Pelaku Usaha Di Medan

Pentingnya Advokat Bagi Pelaku Usaha Di Medan ~ Segmentasi usaha bisnis di Medan, tidak luput dari masalah yang bersentuhan dengan hukum baik pidana maupun perdata. Malahan ada yang sampai ke meja pengadilan. Kondisi ini, memaksa para pengusaha di Medan sedikit banyaknya memahami atau mempunyai pengetahuan tentang hukum agar terhindar dari masalah hukum.

Peran Strategis Advokat Dalam Membantu Pengusaha Bisnis Di Kota Medan

Langkah yang sangat efektif dan efesien adalah dengan memakai jasa Advokat untuk memberikan advis-advis hukum, khususnya yang menyangkut hukum bisnis dan hukum perusahaan. Kota Medan sebagai salah satu kota satelit bisnis di Indonesia, telah mengikuti perilaku pengusaha Jakarta yang selalu memakai jasa konsultan advokat untuk memberikan advis-advis hukum bagi diminta ataupun tidak diminta. Dengan demikian usaha bisnis yang dijalankanpun sesuai dengan ketentuan hukum yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan, baik dalam hal kepengurusan usaha yang legal, sistem perhitungan pajak perusahaan, bentuk-bentuk unit usaha atau anak perusahaan, kontrak kerja, atau dalam hal mengikat suatu perjanjian. Dengan adanya advis dari Advokat ini, pengusaha dan juga usaha yang dijalankan akan terbantu lebih cepat, aman dan sesuai dengan hukum.

Advis hukum yang dapat diberikan oleh para Advokat bisa berupa:

Advis Hukum Non Litigasi
  • Maksudnya adalah para Advokat, hanya memberikan bantuan hukum yang sifatnya hanya sebagai konsultan hukum, tidak untuk menyelesaikan persoalan di depan pengadilan, misalnya:
  • Memberi advis hukum berupa cara membentuk badan hukum yang legal (sah), sehingga badan hukum tersebut dapat melakukan perbuatan-perbuatan hukum untuk menjalin berbagai kerja sama dengan badan usaha lain, bisa mengikuti tender resmi dari pemerintah maupun swasta. Untuk hal ini para Advokat dapat memberikan advis mengenai badan usaha mana yang lebih sesuai dengan kondisi bisnis di Kota Medan, apakah CV atau persekutuan komanditer, perorangan, maupun perseroan terbatas (PT);
  • Advokat dapat diperbantukan untuk mengatasi persoalan hukum bisnis secara umum, misalnya dalam hal pengurusan pajak ke Departemen Keuangan, pendaftaran merek dagang, recruitment karyawan, hingga melakukan negosiasi transaksi bisnis. Sepanjang diberikan surat kuasa untuk itu, dengan begitu bisa terhindar dari tindak pelanggaran dan resiko hukum yang dapat menimbulkan kerugian bagi keuangan perusahaan.
  • Bisa memberikan bantuan untuk penempatan dan pengaturan posisi SDM yang tepat dan optimal, misalnya membuat peraturan perusahaan, pengaturan hak-hak dan kewajiban karyawan, berhubungan dengan lembaga perlindungan hukum konsumen, pengaturan waktu kerja lembur, perhitungan upah, pemberhentian masa kerja dan aturan mengenai kondisi cuti ataupun sanksi-sanksi.
  • Pendaftaran dan Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual
  • Memberikan advis akan segala sesuatu yang berkaitan dan berhubungan dengan hak kekayaan intelektual (HAKI), misalnya badan usahanya agar tidak melanggar merek dagang, hak paten, hak cipta dan ataupun varietas tanaman tertentu. Sehingga apabila, badan usaha itu hendak mendaftarkan merek dagangnya segala syarat pendaftaran dan hukum perlindungan tentang hak kekayaan intelektual, sehingga meminimalisir terjadinya sengketa HAKI di kemudian hari.
  • Membantu memberikan advis akan hukum lingkungan, sehingga usaha yang akan dijalankan terbebas dari unsur mencemari atau membahayakan lingkungan sekitarnya.
  • Membantu memberikan bantuan advis hukum dalam hukum perikatan atau perjanjian, misalnya ketika akan melakukan kredit pinjaman dana ke bank. Dengan demikian pengisian formulir dan identitas usaha, syarat dan ketentuan pengajuan pinjaman serta tahapan negosiasi untuk mencairkan pinjaman akan jelas bagi anda, begitu juga mengenai segala sesuatu tentang pembayaran pinjaman.
Advis Hukum Litigasi

Maksudnya adalah para Advokat, akan membantu anda dalam menghadapi persoalan hukum yang telah sampai ke pengadilan dan ataupun ke para pihak penegak hukum lain, misalnya kepolisian dan kejaksaan. Bantuan hukum yang diberikan dapat berupa bantuan hukum privat (perdata, haki, sengketa arbitrase, perselisihan hubungan industrial (PHI), niaga, dll), bersifat hukum pidana (korupsi, tindak pidana umum dan atau tindak pidana khusus), tata usaha negara. Biasanya para Advokat ini akan bekerja berdasarkan surat kuasa khusus yang diberikan kepadanya untuk menghadapi atau menyelesaikan persoalan-persoalan hukum yang sedang anda alami.

Pentingnya Jasa Advokat Untuk Kesuksesan Bisnis Anda

Bagi anda pelaku bisnis di Kota Medan, jangan pernah ragu-ragu untuk memakai jasa Advokat Medan yang berasal dari kota anda, karena bisa lebih efektif dan rutin bisa bertemu dengan ada di kantor Advokat yang bersangkutan ataupun di kantor perusahaan anda.

No comments:

Post a Comment

No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....