Tuesday, 14 March 2017

Law Office Pengacara Perceraian di Indonesia

Tahun 2017 ini, law office pemberi jasa pengacara perceraian di Indonesia sudah semakin ngetren dan sangat fenomenal. Mengapa? Kondisi ini dikarenakan fenomena kawin dan cerai semakin meningkat di tengah-tengah masyarakat Indonesia, baik di kota maupun di pedesaan. Dinamika kawin cerai ini pulalah yang mengakibatkan volume perkara gugatan perceraian meningkat tajam pada pengadilan agama (PA) dan pengadilan negeri (PN).

Law Office Jasa Pengacara Perceraian dan Hukum Perkawinan di Indonesia

Sebelum kami melanjutkan artikel ini, akan dijelaskan terlebih dahulu apa pengertian pengacara perceraian. Sebenarnya pengertian pengacara perceraian tidak ada yang resmi (arti baku), namun kami akan mencoba memberikan pendapat sendiri tentang pengertian pengacara perceraian, yaitu seorang yang memberikan jasa advokat atau jasa pengacara dan ataupun jasa lawyer yang tugas dan fungsinya adalah memberikan pelayanan konsultasi hukum atau bantuan hukum yang berkaitan dengan perkara perceraian ataupun hal-hal yang berkaitan dengan hukum perkawinan (pernikahan).

Memang kecenderungan dan fakta dilapangan, bahwa saat ini sudah cukup banyak berdiri dan beroperasi kantor hukum advokat dengan team advokat atau tim pengacara yang berpengalaman dan profesional telah berpraktek secara khusus dalam memberikan konsultasi hukum untuk mengurusi perkara perceraian ataupun talak baik di pengadilan agama maupun di pengadilan negeri. Tentu saja, kehadiran kantor hukum adalah khusus untuk masalah penanganan yang menyangkut pada hukum perceraian adalah berhubungan serat dengan hukum perkawinan dan juga kompilasi hukum Islam (KHI).

Pada dasarnya hukum perceraian di Indonesia mengatur prinsip bahwa secara putusnya suatu hubungan perkawinan antara suami isteri hanya sah bila terjadi melalui sebuah putusan pengadilan, yakni putusan akibat adanya gugatan perceraian. Dengan demikian jika tidak ada putusan pengadilan tentang perceraian dimaksud, maka perceraian yang dilakukan oleh pasangan suami istri tidak pernah terjadi dan tidak akan pernah diakui dalam mata hukum yang berlaku di Indonesia.

Bila kita lihat pengaturan dalam hukum perkawinan di Indonesia, maka hubungan perkawinan adalah identik sebagai sebuah ikatan lahir batin antara pria dan wanita sebagai sepasang suami istri dengan tujuan untuk membentuk keluarga yang bahagia dan kekal berdasarkan atas Ketuhanan Yang Maha Esa. Oleh sebab karena hukum perkawinan telah jelas dan nyata bersifat sebagai ikatan lahir batin, maka jika seandainya akan memutuskan hubungan perkawinan, syarat mutlak harus ada alasan-alasan hukum yang memenuhi syarat supaya suatu ikatan lahir batin tersebut bisa diputuskan oleh hakim dengan dasar alasan perceraian.

Oleh karena adanya syarat atau alasan-alasan tersebut, sedikit banyaknya para pasangan suami isteri pasti ada yang sedang mengalami kendala dan permasalahan akibat proses pengajuan perceraian di pengadilan. Dan satu hal lagi, dalam proses pengajuan perceraian tidaklah semudah saat pasangan suami isteri mengurus perkawinan di KUA (kantor urusan agama) maupun di kantor catatan sipil. Hal ini, disebabkan hukum perkawinan Indonesia dikategorikan sangatlah sakral, meskipun tidak menutup kemungkinan jika proses perceraian di pengadilan bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana karena adanya kondisi-kondisi tertentu yang mendukungnya.

Nah, secara umum adapun hal-hal yang menjadi kendala dan kerumitan yang dialami banyak pasangan suami isteri dalam pengajuan perceraian di pengadilan, sehingga mengakibatkan para pasangan suami isteri baik pihak penggugat ataupun pihak tergugat mempertimbangkan kembali rencana perceraiannya, dan bahkan dengan meminta bantuan jasa pengacara perceraian ataupun jasa advokat perceraian yang diberikan dari berbagai law office advokat perceraian di Indonesia. Tentu saja didahului dengan memberikan kuasanya (surat kuasa) kepada pengacara perceraian yang hendak dipakai atau disewanya untuk mengurusi segala proses perceraian di pengadilan.

Terkait penyewaan atau penggunaan jasa pengacara perceraian di Indonesia, saat ini sudah cukup banyak akses yang langsung meminta bantuan pada jasa pengacara perceraian. Dimana kantor advokat ini ada yang melayani spesialisasi dalam menangani dan mengurusi perkara perceraian untuk segala kalangan, baik yang beragama muslim di pengadilan agama ataupun non muslim di pengadilan negeri.

Bila memang telah sampai pada tahap untuk menyewa jasa pengacara, maka Anda bisa langsung mengunjungi kantor-kantor pengacara perceraian atau law office advokat yang berada di sekitar tempat kediaman atau wilayah Anda, atau juga bisa berkonsultasi masalah hukum perceraian melalui online dengan mengunjungi langsung alamat web kantor hukum, situs pengacara perceraian Indonesia ataupun situs law firm maupun blog pribadi konsultan hukum perkawinan dan perceraian yang secara khusus membuka jasa konsultasi online masalah hukum perceraian dan atau hukum perkawinan.

Nah, bila Anda sedang melakukan googling dan melihat atau menemukan web situs pengacara perceraian online, maka tidak perlu heran karena kehadiran web kantor hukum ini memang bertujuan untuk mempermudah para kliennya dalam memperoleh pengetahuan tentang hukum dan juga dalam hal untuk melakukan konsultasi dengan pengacara perceraian tanpa harus datang ke kantor pengacara perceraian yang bersangkutan.

Biaya atau Tarif Sewa Jasa Pengacara Perceraian
Kami yakin, pertanyaan yang paling sering diajukan ketika terhubung dengan law office pengacara perceraian adalah mengenai berapakah biaya yang ditetapkan ketika meminta bantuan jasa pengacara perceraian? Bicara tentang biaya atau tarif maupun salary, maka pada dasarnya tarif jasa pengacara perceraian tidak menetapkan standar baku pembayaran maupun besarannya. Namun secara teknis, sebahagian biaya jasa pengacara perceraian ini dikeluarkan untuk dipergunakan sebagai biaya panjar pendaftaran gugatan perceraian dan biaya-biaya lainnya yang menyangkut jasa pengacara perceraian di Indonesia, baik itu biaya waktu, tenaga dan pikiran maupun operasional law office.

Kalau dicermati, sebenarnya secara umum bahwa pengacara hukum perceraian atau pengacara hukum bidang lainnya, tidak ada pengkotakan. Namun, hal pembedanya adalah pengacara perceraian lebih dominan kasus-kasus yang masuk dan atau ditangani oleh law office mereka adalah perkara-perkara perceraian maupun perkara yang timbul akibat putusnya perkawinan (seperti perkara harta gono gini, kasus perwalian atau hak asuh, dlsb). Jadi, dengan adanya law office jasa pengacara perceraian ini semata-mata semuanya adalah dalam rangka untuk membantu masalah dan atau urusan yang berkaitan dengan proses pengajuan perceraian di pengadilan bisa menjadi mudah dan memenuhi rasa keadilan pihak yang akan mengajukan perceraian.

Sekian dan terima kasih telah berkunjung ke blog kantor hukum advokat pengacara silaen & associates di Medan, mudah-mudahan artikel yang menyangkut tentang tren pengacara spesialis perceraian ini dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment