Tuesday, 27 December 2016

Cara Mengatasi Anak Tak Mau Makan Sama Sekali

Anak tak mau makan sama sekali? Bagaimana cara mengatasi agar anak mau makan? Apakah ada suplemen multivitamin yang menambah nafsu makan anak? 3 (tiga) pertanyaan ini mungkin pernah terlintas dipikiran para orang tua, khususnya ibu. Tentu juga ada sebahagian orangtua berupaya mencari tahu cara terbaik mengatasi anak yang tak mau makan sama sekali. Mengapa? Karena sebagai orangtua tentu dituntut harus kreatif untuk bisa mencari tips dan trik meningkatkan nafsu makan para buah hatinya.

Cara Terbaik Orang Tua Untuk Mengatasi Anak Tak Mau Makan dan Susah Makan

Dalam perkembangan fisik maupun psikis anak, terkadang memang benar pada usia tertentu akan mengalami masa kehilangan nafsu makan dengan dalih atau alasan tertentu. Kondisi inilah yang terkadang membuat orang tua merasa kuatir dan sedikit frustasi, padahal menurut pendapat para ahli atau pakar nutrisi anak dan juga dokter, ada cara yang bisa dilakukan oleh para orantua untuk mengatasi anak-anak yang susah untuk makan ataupun yang sama sekali tidak mau makan.

Adapun cara mengatasi anak tak mau makan sama sekali yang kami maksudkan adalah sebagai berikut:

1) dengan cara membuat sebuah kreasikan menu makanan untuk si anak dengan sekreatif dan semenarik mungkin. Para anak terkadang enggan untuk memakan makan sayuran, karena menurut anak-anak rasanya sedikit tidak enak, aneh dan hambar. Namun orang tua bisa menyiasatinya, misalnya dengan mencampur makanan sayur tersebut dalam nugget, bakwan atau makanan kesukaan anak. Jadi pada dasarnya, para orangtua juga harus bisa berkreasi membuat menu makanan dengan bentuk yang unik dan semenarik mungkin, sehingga dapat merangsang nafsu makan atau selera makan anak;

2) para orangtua sebaiknya menghidangkan makanan untuk anak dalam porsi kecil terlebih dahulu, lalu tahap demi tahap tambahlah sedikit demi sedikit. Jangankan pada anak-anak, pada orang dewasa saja juga akan merasa bosan dan eneq jika harus menyantap makanan dalam porsi besar (jumbo) sekaligus. Oleh karena itu, berilah makanan dalam porsi sedikit demi sedikit, hingga lidah mereka terbiasa dengan cita rasa dan porsi yang diberikan. Ketika anak kelihatan mulai biasa dengan rasa makanan, mereka tak segan akan meminta tambah makanannya pada Anda;

3) orangtua harus selalu memberikan pengertian bahwa pada hari itu tak ada menu makan alternatif lain di rumah. Lazimnya bila ada menu alternatif, anak-anak akan malas makan atau orientasinya menjadi pemilih makanan lantaran melihat masih menu yang banyak di rumah. Oleh karenanya, sangat dibutuhkan siasat orang tua untuk mengatasi nafsu makan yang kurang, misalnya dengan memberi pengertian bahwa tak ada hidangan atau makanan alternatif lain yang ada di rumah di hari itu. Karenanya mau tak mau, anak harus memakan masakan yang disediakan oleh ibunya.

4) memberikan suplemen multivitamin untuk anak yang dapat menambah nafsu makan anak, misalnya scott’s emulsion, lytacur, fitkom platinum, laperma platinum, curcuma plus fruit and vegie, appeton A-Z kid’s vitamin c, vitobumin madu albumin anak, dan lain sebagainya. Nah, multivitamin ini adalah sebagai penambah untuk membuat anak menjadi bertambah nafsu makannya, sekaligus untuk memperkuat daya tahan tubuh si anak.

Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu para orang tua, khususnya kaum ibu untuk mengetahui cara mengatasi anak tak mau mau sama sekali. Jangan lupa juga untuk membaca artikel kami lainnya yang membahas tentang: cara mengatasi anak susah makan dengan laperma platinum (silahkan diklik untuk membacanya), semoga tulisan-tulisan ini dapat bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya ke website pengacara silaen & associates di Kota Medan.

No comments:

Post a Comment