Friday, 14 April 2017

Mengenal Lebih Dekat Domain .Net Untuk Blogger

Blog Pengacara Medan akan mengangkat artikel yang bertema “Mengenal Lebih Dekat Domain .Net Untuk Blogger”, yang mana sebagaimana diketahui bahwa eksistensi domain .net di kancah perbloggeran Indonesia telah dimaknai sebagai salah 1 (satu) domain yang masuk dalam tingkat atas atau generic top-level domain (gTLD), dimana posisinya saat ini telah masuk dalam kategori kedua terbesar di dunia setelah domain .com.




Memang banyak website atau blog yang berdomain .net, dimana salah satu contoh situs yang menggunakan domain ini dan lagi ramai dibahas oleh para ahli search engine optimization, pakar seo web/blog adalah dominohp .net. nah, mengapa kami mengambil contoh situs domino hp .net, disebabkan saat ini situs yang bersangkutan sedang menyelenggarakan sebuah ajang kontes seo yang mengusung tema “dominohp.net agen poker online terpercaya”. Di Indonesia penggunaan domain .net, bila dianalisa adalah secara umum banyak yang diperuntukkan pada nama situs yang berhubungan dengan jaringan, seperti untuk perusahaan maupun situs-situs berbentuk forum. Hal ini mungkin disesuaikan dengan kepanjangannya net, yakni: network atau networking yang berarti jaringan.

Sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 1985 lalu, tahun ini domain .net genap memasuki usia yang ke-32 tahun. Sehingga sebagai salah satu domain paling populer di dunia, kehadiran domain .net terus menunjukan kuantitas maupun kualitas pertumbuhannya yang telah menjadi bagian integral dari aktivitas online saat ini di Indonesia.

Menurut estimasi kami sebagai salah satu blogger medan, saat ini diperkirakan ada sekitar 20 juta nama domain .net resmi yang terdaftar. Sebagai perbandingan, jumlah tersebut setara dengan kombinasi jumlah populasi di Kota Los Angeles, Kota Barcelona, Kota Paris, dan Kota Hong Kong. Secara global, domain .net telah terpasang di lebih 200 negara dan tersedia dalam lebih dari 400 ragam bahasa. Tentu saja, jumlah ini akan terus bertumbuh seiring dengan fitur dan keunggulan yang dimiliki oleh domain .net, berikut pertumbuhan jumlah para pengguna internet di dunia.

Di samping itu juga, keberadaan domain .net juga memiliki beberapa kesamaan dengan domain .com, dimana kedua domain (maksudnya .com dan .net) tersebut adalah dibuat pada hari yang sama, yakni pada tanggal 1 Januari 1985. Kemudian juga, sama-sama ditenagai oleh Verisign dan juga dioperasikan dengan kehandalan DNS yang sangat mumpuni.  Terbukti, kedua domain ini terus dipercaya oleh pengguna sebagai  medium yang tepat untuk berbagai fungsi dan tujuan, termasuk komunikasi, perdagangan, forum dan atau komunitas online, bahkan dunia hiburan.

Bila ditinjau dari segi perspektif bisnis online, domain .net merupakan salah satu ekstensi nama domain yang bernilai komersil tinggi di aftermarket, yakni dijadikan sebagai sebuah pasar tempat penjualan maupun pembelian nama domain yang sudah teregistrasi secara global. Data pada Dnpric.es menunjukkan bahwa domain .net memiliki penjualan gTLD terbesar di aftermarket setelah domain .com. Rata-rata nilai jual domain .net di aftermarket berkisar USD 1.850 atau sekitar Rp 24 juta.

Adapun yang menjadi daya tarik .net sehingga telah menjadi pilihan dari beragam jenis pengguna, mulai dari artis, pebisnis, jasa, eksekutif, legislatif, yudikatif, hingga bloggers yang bersifat personal. Hal itu disebabkan karena tidak ada membutuhkan persyaratan khusus saat pendaftarannya. Diversitas pengguna domain .net juga turut menyebabkan munculnya beragam kata kunci dalam domain .net yang terdaftar pada paruh pertama Tahun 2015 lalu. Secara berurutan, beberapa kata kunci yang sering muncul di halaman google (search engine) adalah baby, home, design, music, business, blog, games, foods, sports, kid, dan consulting.

Tingginya animo untuk menggunakan kata kunci dalam wujud nama domain, telah dimaknai sebagai salah satu teknik SEO (search engine optimization) yang secara komprehensif dapat dipergunakan oleh para pakar seo untuk membantu mendapatkan perhatian konsumen dengan penekanan pada istilah yang paling popular saat ini, lokasi, atau aspek terpenting lainnya dari aktivitas sebuah bisnis, baik offline (during) maupun online (daring) dalam sistem pemasaran sebuah produk.

Pendapat diatas adalah berdasarkan kenyataan yang terdapat pada medium internet, bahwa penggunaan nama domain yang mengandung kata kunci dapat meningkatkan jumlah klik pada halaman hasil penelusuran search engine. Selama kuartar pertama 2017, terdapat 10 kata kunci yang sangat populer digunakan untuk pendaftaran domain .net, yaitu: keyword yang berhubungan dengan kata find, snow, search, hemp, drone, stem, level, option, apple, dan ticket.

Di samping adanya tingkat nilai jual dan daya tarik yang tinggi dimiliki oleh domain .net ini, tentu masih terdapat beberapa fakta menarik dan unik dari domain tersebut. Laporan dari Verisign menunjukkan bahwa rata-rata panjang dari sebuah nama domain .net yang telah teregistrasi adalah kebanyakan terdiri dari 12 karakter, yang mana dalam penentuan nama yang akan menjadi alamat url, siapapun dapat mendaftarkan nama domain .net yang kreatif dan mudah diingat hingga panjangnya sampai dengan 63 karakter. Lebih uniknya lagi, saat ini telah banyak menggunakan domain .net terdaftar yang memiliki nama sepanjang 63 karakter tersebut.

Keuntungan Menggunakan Domain .Net
Mungkin pernah sobat blogger medan bertanya, apa sih gunanya atau manfaatnya menggunakan domain dot net khususnya pada web 2.0 pada blogspot? Berbicara tentang hal tersebut, sebenarnya tentu saja banyak manfaat, keuntungan ataupun kelebihan dari merubah domain ekstensi blogspot menjadi dot NET adalah sebagai berikut:

1. Buat domain kamu lebih mandiri dan Profesional
Sebenarnya blog yang berdomain blogspot bisa didapatkan secara gratis, namun hal ini acap kali dianggap kurang memberikan suatu kesan khas apa-apa dan terkesan kurang mandiri dan kurang bonafit, karena banyak para ahli dan pakar blogger yang menyatakan bahwa setiap orang bisa setiap saat bisa saja menggunakan fasilitas blogspot dan membuat alamat blogspot yang unik, namun kurang tajir karena urlnya akan sangat panjang. Benar tidak demikian sobat blogger medan.

Nah, sementara bila menggunakan domain .NET, maka akan terkesan lebih simpel dan unik, tentu saja karena tidak ada embel-embel pada domainnya (yang bersifat sub domain). Tentu saja, orang akan menganggapnya sebuah situs profesional yang bukan gratisan (cuma-cuma), padahal kita sama-sama mengetahui bisa saja memanfaatkan fasilitas gratis dari blogspot ataupu wordpress untuk membangun sebuah blog ataupun websitenya, hanya saja kita merubah alamat blogspot atau wordpress (web 2.0) menjadi lebih profesional dengan membeli top level domain (TDL) atau bahasa akrabnya custom domain (domain yang diubah sesuaikan).

2. Membangun kesan branding top (image blog)
Memang menggunakan domain TLD (.net) akan dimaknai memiliki kesan lebih professional dan sangat terpercaya, sehingga anda bisa mendapatkan kepercayaan pengunjung lebih besar jika seandainya dibandingkan hanya menggunakan domain blogspot ataupun sub-domain lainnya (meskipun tidak semua pendapat ini dibenarkan oleh praktisi dan pemerhati blogger). Misalnya, blog anda adalah blog pribadi yang mempublikasikan berbagai opini hukum dan atau profesi advokat Indonesia, maka anda akan dianggap lebih layak untuk menjadi sebuah referensi, pengunjung akan lebih mempercayai blog yang menggunakan TDL sebagai sumber informasi/referensi dibandingnya masih menggunakan domain gratisan (blog cuma-cuma).

3. Mempersingkat nama alamat blog
Memang hal ini adalah benar adanya, sehingga akan memudahkan kita memperkenalkan blog kepada orang lain, baik secara online maupun offline. Dengan menggunakan domain yang berjenis TDL .Net, maka kita akan lebih mudah menyampaikan atau memperkenalkan blog kita ketika melakukan blogwalking ke website para sahabat lainnya.

4. Memiliki Kualitas SEO Friendly
Salah satu keuntungan menggunakan domain .net, maka SEO Friendly telah melingkupi paketnya alias akan lebih mudah diindeks oleh google dan mesin pencari lainnya. Dalam pengecekan algoritma terhadap blog, maka mesin pencari google biasanya lebih mengutamakan blog yang menggunakan TDL dibandingkan hanya menggunakan domain gratisan bawaan blogspot. Hal inilah yang membuat blog kita akan lebih mudah dan sangat terpercaya dioptimasi untuk hadir di halaman pertama Google SERP (Search Engine Result Page).

5. Domain berbayar atau TDL .Net lebih mudah untuk di-monetize
Salah satu latar belakang blogger membuat website atau blog adalah untuk menghasilkan uang. Dengan kata lain, aktivitas di dunia maya melalui penggunaan medium blog di internet telah banyak dimanfaatkan sebagai blog penghasil duit. Nah, ketika anda mendaftar untuk mengikuti program google adsense, maka anda harus mendatarkan blog yang menggunakan TDL, bukan blog dengan domain gratisan lagi, dan kebanyakan yang langsung direspon adalah blog atau website yang menggunakan domain .net, karena dianggap sebagai blog atau situs terpercaya.

6. Personal/Corporate Branding
Domain anda akan menjadi langsung dianggap sebagai salah satu brand/merek anda, baik secara pribadi maupun secara bisnis (jika kita memiliki blog untuk kepentingan bisnis online).Hal ini berhubungan dengan tingkat kepercayaan pengunjung yang nantinya akan datang ke situs dimaksud. Personal branding akan lebih tepat jika kita menggabungkan keunikan brand dan kepercayaan pengunjung.

Top Blogger Kantor Hukum Advokat Pengacara Medan

Apa yang dijelaskan diatas adalah merupakan beberapa poin penting yang merupakan keuntungan saat kita mengganti menggunakan domain .net yang dikolaborasikan dengan menggunakan domain blogspot ataupun wordperss.

Cara Mengalihkan Blog Gratisan Ke Top Level Domain .Net
Nah, berhubung kami adalah penggunak sub-domain gratisan dari blogspot, maka dibawah ini akan dijelaskan cara mengalihkan blog gratisan ke blog yang menggunakan top level domain ekstensi domain .net sebagai berikut:

1. Blogger dapat menggunakan fitur redirect otomatis, sehingga ketika pengunjung masuk melalui nama domain (sub-domain.blogspot.com) milik anda yang lama, maka pengunjung tersebut akan langsung dialihkan (diredirect) ke domain baru, sehingga sobat tidak perlu khawatir kehilangan pengunjung lama.

2. Bahwa jenis redirect yang dapat anda gunakan adalah: 301 redirect (permanent redirect). Mengapa? Karena hal ini dianggap sangat bagus untuk search engine dan usaha SEO. Link juice akan langsung mengarah ke semua url baru, sehingga pagerank (PR) dan ranking SERP akan ditransfer langsung ke url/halaman/domain baru berdomain .net yang telah digunakan, tentunya dalam jangka waktu tertentu (biasanya dalam 1 s/d 3 bulan). Nah, hal ini akan terjadi setelah semua proses redirect "di-index" dengan baik dan sempurna oleh search engine. Malah setelah itu, dengan tindakan anda yang merubah domain blog menjadi TLD, blog anda akan lebih akrab dengan search engine, karena akan dinilai lebih profesional dengan menggunakan domain .net yang berbayar. Jadi tunggu apalagi, segeralah menggunakan domain .net agar blog atau website anda dapat dengan mudah duduk pada halaman pertama google (google.co.id ataupun google.com).

Demikian artikel yang membahas tentang mengenal lebih dekat domain .net untuk blogger, mudah-mudahan ada manfaat yang bisa dipetik oleh sobat blogger medan pecinta blog kantor hukum advokat silaen & associates. Atas perhatian dan kunjungannya ke blog pengacara ini, diucapkan terima kasih.

No comments:

Post a Comment