Tuesday, 21 March 2017

Tips Memilih Jasa Pengacara Perceraian Terbaik

Artikel kali ini membahas tentang tips memilih jasa pengacara perceraian terbaik, dimana ketika prahara rumah tangga antara suami isteri (istri) berujung pada perceraian, tentu dapat dibayangkan akan berujung pada pengajuan gugatan perceraian ataupun talak ke meja persidangan di pengadilan (bagi yang beragama Kristen, Katolik, Budha, Hindu, Konghucu, dan aliran kepercayaan diajukan ke Pengadilan Negeri dan bagi yang beragama Islam gugatan perceraian/talak diajukan ke Pengadilan Agama), maka bisa saja salah satu pihak akan mencari jasa seorang pengacara perceraian yang terbaik bagi Anda.

jasa pengacara perceraian dan advokat hukum keluarga

Memang, pada prinsipnya semua pengacara atau advokat ataupun lawyer yang telah memiliki izin resmi berpraktik, tentu dapat menerima dan atau menangani perkara atau kasus perceraian dimaksud. Namun, wajar pula apabila seseorang yang hendak bercerai berusaha untuk mencari dan atau menggunakan jasa pengacara perceraian terbaik. Benar bukan? Tapi, tahukah anda bagaimana cara mencari pengacara perceraian terbaik di Indonesia? Apakah ada kriteria atau tips tertentu yang dapat dipergunakan untuk memilih pengacara perceraian terbaik di Indonesia?

Nah, pertanyaan diatas sengaja kami kemukakan kepada Anda sobat setia kantor hukum advokat pengacara silaen & associates medan, berhubung perkara perceraian persidangannya adalah dilakukan secara tertutup dan sangat berhubungan dengan hal-hal yang menyangkut tentang “hukum keluarga” (misalnya masalah perwalian atau hak asuh anak, harta gono gini, hak nafkah, dlsb).

Untuk mempersingkat waktu, kami akan membagikan tips memilih jasa pengacara perceraian terbaik yang dapat nantinya Anda jadikan sebagai referensi untuk mencari dan atau mempergunakan jasa pengacara perceraian tersebut. Dimana penjelasan tipsnya adalah sebagai berikut:

1. Jangan Terburu-buru
Seandainya benar, mahligai rumah tangga Anda sudah berada pada bagian akhir untuk melakukan perceraian, maka pencarian terhadap jasa pengacara perceraian haruslah dilakukan dengan cermat, santai dan penuh bijaksana. Artinya, pencarian yang dilakukan jangan tergesa-gesa atau terburu-buru. Karena bisa saja, secara psikologis timbul rasa putus asa disebabkan ketidaksiapan diri menerima perceraian. Oleh karena itu segeralah menelusuri nama beberapa law office pengacara perceraian ataupun law firm advokat perceraian yang terdekat dengan kota tempat tinggal Anda dan atau tempat nantinya diajukan gugatan perceraian yang bersangkutan.

Disamping itu, bisa saja kehadiran jasa dari seorang pengacara yang sedang Anda butuhkan adalah juga turut untuk menyelamatkan diri Anda dari serangan taktik brutal suami yang terkesan bertindak untuk menjebak dan atau melakukan tindakan “Kekerasan Dalam Rumah Tangga” (KDRT), baik kepada Anda sendiri maupun anak.

Bila pada kondisi diatas, tentu saja kehadiran seorang pengacara perceraian, tidak hanya mampu untuk membalikkan serangan atau taktik pihak lawan, namun juga dia-nya harus mampu merundingkan hasil yang adil dalam jangka waktu yang cepat dan tidak bertele-tele. Oleh karena itulah, jangan karena terburu-buru hingga salah memilih jasa pengacara perceraian yang tepat dan terbaik untuk mengatasi kasus perceraian Anda.

2. Memiliki Kemampuan Berligitasi Sekaligus Berkolaborasi
Adanya modernisasi perkawinan, secara langsung juga turut memengaruhi konsep perceraian global. Bila dilihat dari kaca mata perceraian modern yang terjadi akhir-akhir ini, kami dari kantor hukum advokat pengacara silaen & associates melihat ada 2 (dua) pendekatan perceraian modern yang bisa ditempuh, yakni: 1) litigasi, dan 2) negosiasi.

Penggunaan strategi pendekatan litigasi adalah merupakan upaya terakhir bersifat sangat keras yang dapat menghasilkan seorang pemenang di satu pihak dan seorang pecundang di pihak lain, sementara penggunaan metode negosiasi atau kolaborasi menghasilkan bahwa kedua-duanya adalah menjadi pemenang.

Nah, kami sangat menyarankan bahwa pilihlah jasa seorang pengacara perceraian yang memiliki kemampuan untuk berada di antara keduanya. Artinya, pengacara perceraian tersebut memiliki kemampuan untuk berupaya menengahi, namun juga memiliki kekuatan tangguh untuk melawan pihak-pihak lain yang berseberangan. Misalnya, tahu cara meningkatkan upaya dan strateginya untuk mengalahkan pengacara yang dipakai pihak lain dan menghentikan berbagai serangan-serangan yang mungkin diajukannya.

3. Pilih Pengacara Perceraian yang Tidak Emosional
Mungkin Anda sering menemukan pengacara yang sangat emosional. Nah, kalau boleh pilih dan pergunakanlah pengacara perceraian yang dapat mengkontrol emosionalnya ketika menangani kasus perceraian, serta juga mau mengikuti dan sepaham agar dapat nantinya memberikan hasil yang terbaik tentang menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan hukum keluarga, yakni: bagaimana nantinya akibat perceraian 2 (dua) rumah tangga dapat dibiayai dengan jumlah yang sama yang sebelumnya hanya untuk satu rumah tangga saja.

Emosi yang tidak terkontrol bisa saja makin memperkeruh suasana, sehingga target yang hendak dicapai sangat sulit.

4. Introspeksi Diri Anda Sendiri
Pada prinsipnya, dengan semakin Anda mengetahui fakta yang terjadi dalam rumah tangga Anda dan cara kerja sistem penyelesaian perkara perceraian di Indonesia, maka nantinya semakin sukses pula proses mediasi yang hendak dilakukan (sebagaimana yang diamanatkan oleh Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2016 (Perma No.1/2016)).

Ingat, bahwa dalam perceraian tentu ada resiko yang akan dimanfaatkan oleh para pihak dalam proses penyelesaiannya. Oleh karena itu, hal utama dan terpenting adalah untuk memastikan bahwasanya Anda mempunyai semua informasi yang berhubungan dengan hal apapun itu yang nantinya dapat dijabarkan oleh pengacara perceraian yang Anda pakai, termasuk pemahaman atas hukum adat yang berlaku pada hukum kekerabatan keluarga Anda.

5. Fokus Utama Anda Adalah Penyelesaian Damai
Ingat, bahwa memilih pengacara perceraian terbaik yang benar-benar memiliki kemampuan mumpuni dalam rangka untuk selalu fokus menyelesaikan perkara perceraian Anda dengan mengutamakan jalan penyelesaian damai. Anda dan juga pengacara Anda harus mampu mengesampingkan emosi. Mengapa? Karena masalah emosi adalah proposisi rumit dalam perjalanan perceraian apalagi bila sampai ke sidang pengadilan.

Namun, dalam konteks menyelesaikannya adalah target dan kata kuncinya. Disamping itu, masalah utama dari perkara perceraian adalah untuk memastikan bagaimana hak anak terlindungi oleh hukum dan dapat diakomodir oleh kedua orang tuanya, meskipun nantinya tidak bersama lagi. Misalnya hak bertemu dengan si anak, masalah keuangan untuk menjamin kebutuhan jasmani, rohani, pendidikan dan psikologi Anak, dlsb. Jadi, pilihlah pengacara perceraian yang memahami tentang hal ini.

6. Pengacara yang Tidak Memperpanjang Proses
Kita harus menyadari manusia tetaplah manusia yang cenderung mengikuti sifat manusiawinya dan tidak luput dari hal melakukan kesalahan yang terkadang dilakukan sadar dan khilaf.

Jadi, bila Anda mencari jasa seorang pengacara perceraian, maka Anda harus meminta mereka agar melakukan yang benar sesuai dengan prosedur yang berlaku, tanpa sekali-kali memohon atau memaksa mereka untuk berbuat yang tidak benar.

Ingat, bila proses ligitasi telah diajukan, maka apapun hasilnya adalah bermuara pada putusan yang memaksa para pihak untuk melakukannya. Oleh karena itu, bisa saja apa yang telah ditargetkan tidak sesuai dengan hasil putusan yang diberikan oleh hakim pengadilan. Nah, karena itu kualitas pengacara yang jasanya sedang Anda sewa, haruslah lebih dari sekedar untuk membantu menciptakan kemungkinan yang mungkin saja diputuskan oleh pengadilan dan mampu membentuk opini dan dalil di pengadilan bahwa yang terpenting adalah tetap menjadi orang tua yang terbaik bagi anak-anak, meskipun sudah bercerai.

7. Tarif Pengacara Perceraian
Masalah besaran biaya yang akan dikeluarkan untuk memakai atau menyewa jasa seorang pengacara perceraian atau advokat nikah talak rujuk (NTR) adalah salah satu hal yang terpenting dalam hal memengaruhi jadi atau tidaknya memakai jasa pengacara atau lawyer perceraian tersebut.

Memang, besaran yang ditetapkan sebagai tarif jasa pengacara perceraian tidak ada harga bakunya dan juga standarisasinya berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya maupun antar kantor hukum pengacara yang satu dengan law firm advokat lainnya. Harga tarif mahal tidak 100% menjamin tentang kualitas layanan jasa pengacara perceraian yang diberikannya adalah yang terbaik, dan sebalik tarif murah bukan berarti jasa advokat perceraian yang diberikannya tidak baik dan atau tidak berkualitas.

Oleh karenanya, silahkan tanya langsung berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk menyewa jasa pengacara tersebut, serta tanya pula batasan biaya yang Anda berikan tersebut hingga sampai mana (misalnya sudah ikut biaya daftarkan gugatan, pengurusan akta cerai, dlsb).

8. Pilihlah Pengacara Perceraian yang Memiliki Izin Resmi
Untuk menghindari agar jangan sampai Anda tertipu oleh ulah oknum-oknum pengacara perceraian yang tidak bertanggung jawab, sebelum menggunakan jasa pengacara tersebut, Anda wajib menanyakan dan atau melihat izin praktek dari advokat perceraian yang bersangkutan dan dari organisasi advokat mana. Hal ini sangat penting, agar formalitas dan “legal standing” dari jasa pengacara perceraian yang diberikannya benar-benar resmi dan diakui oleh lembaga penegak hukum Indonesia.

Kami akhiri artikel yang membahas tentang tips memilih jasa pengacara perceraian terbaik ini, mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat bagi seluruh sobat blog kantor hukum advokat pengacara silaen medan. Atas perhatian dan kunjungannya ke blog ini, diucapkan terima kasih.

Salam Advokat Indonesia.

No comments:

Post a Comment