Thursday, 2 March 2017

Tips Cara Mengatasi Agar Blog Tidak Sepi Pengunjung

Ketika sebuah blog sudah online, terkadang sepi pengunjung dan bakan tak ada satupun pengunjung datang untuk melihat atau membaca konten yang telah dipublikasikan. Apa ada yang salah dengan blog kita? Kok bisa begitu ya? Apa yang menjadi penyebabnya? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Tips dan Trik Mudah Mengatasi Blog Agar Ramai Trafik Pengunjung

Pertanyaan diatas sangat lazim muncul, mengingat hampir rata semua blogger pernah mempunyai pengalaman merasakan sebuah blog sepi pengunjung. Serta kami juga sangat yakin, bahwa rekan blogger medan juga akan berusaha keras untuk mencari tahu penyebab blog sepi pengunjung (minim trafik).

Secara teori dan praktek, ada beberapa cara yang bisa dipergunakan sebagai solusi untuk mengatasi penyebab blog sepi pengunjung. Oleh karena itu, pada kesempatan baik ini, kami akan mencoba sharing artikel yang membahas tentang: “Tips Cara Mengatasi Agar Blog Tidak Sepi Pengunjung” dan sekaligus cara agar bisa pengunjung blog menjadi ramai. Namun, sebelum kita membahasnya, mari kita ketahui terlebih dahulu apa saja faktor yang menjadi penyebab blog sepi pengunjung.

1. Umur Blog Relatif Masih Baru
Dalam aktivitas ngeblog, umur blog menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap mendatangkan pengunjung datang berkunjung ke blog yang kita kelola. Karena, adanya hal ini biasanya menyebabkan blog yang umurnya masih baru sangat sulit untuk bersaing di mesin pencarian dengan blog-blog yang sudah lama listing di mesin pencarian.

Berkaitan dengan hal umur blog yang berpengaruh terhadap mendatangkan pengunjung, maka tips yang bisa dipakai sebagai solusi untuk mengatasinya tetap bersabar dan terus semangat untuk membuat blog yang profesional seraya menunggu waktu agar blog berumur lebih dari 6 (enam) bulanan. Karena, secara umum sebuah blog membutuhkan waktu paling cepat sekitar 6 bulan agar lebih memiliki tingkat bersaing tinggi dengan blog-blog lainnya yang sudah terlebih dahulu memiliki daya saing tinggi di mata mesin pencarian. Jadi, intinya adalah harus sabar dan konsisten menjadi salah seorang blogger profesional.

2. Kondisi Jumlah Artikel Masih Sedikit
Memang, memiliki jumlah artikel yang sedikit tidak 100% menjamin bahwasanya blog akan sepi pengunjung. Meskipun begitu, jumlah artikel tetap menjadi salah satu biang yang menyebabkan blog sepi pengunjung. Secara teori, jika satu buah blog memiliki banyak konten berupa artikel maka sangat diyakini secara otomatis blog akan bisa terbaca dan sekaligus muncul di mesin pencarian pada bagian keyword tertentu (dalam hal ini bisa berupa keyword turunan). Disamping itu, sangat percuma jika seandainya blog kita memiliki artikel yang berada dihalaman pertama google, namun hanya 1 (satu) artikel tersebut saja, sehingga keadaan ini akan menciptkan blog yang sulit bersaing dimesin pencarian untuk keyword lainnya.

Untuk mengatasi hal ini, maka solusinya adalah dengan menambah jumlah artikel pada blog secara berkesinambungan. Ya, minimal artikel untuk sebuah blog biasanya berkisar antara 15 s/d 20 an artikel. Namun, tentu saja hal ini tidak cukup dan sangat minim untuk kemajuan blog masa depan, karena fakta dilapangan untuk seorang blogger yang sudah mahir terkadang mereka mampu membuat 3 (tiga) artikel dalam 1 (satu) hari dan tentunya artikel original dan berkualitas.

3. Artikel Yang Dimiliki Kurang Berkualitas
Keberadaan artikel di dalam sebuah blog memiliki peran yang sangat penting karena “CONTENT IS KING” (konten adalah raja). Jadi, seandainya blog kita memiliki artikel yang kurang berkualitas, maka segeralah perbaiki untuk melakukan editing terhadap artikel dimaksud sehingga terlihat lebih berkualitas, serta dapat menarik mesin pencarian maupun nyaman dimata pengunjung.

Nah, tips yang menjadi langkah terbaik dan segera dilakukan adalah dengan membuat artikel yang lebih berkualitas agar semakin bisa menarik pengunjung berkunjung ke blog kita, karena percuma saja seandainya sebuah blog memiliki banyak artikel tetapi tidak ada satu artikelpun yang berada dihalaman pertama mesin pencarian dan sangat disukai oleh google.

4. Navigasi Blog Yang Tidak Teratur
Navigasi pada sebuah blog memang sebagai salah satu faktor penting bagi kenyamanan pengunjung selama berada di blog. Oleh karena itu, selaku pemilik ataupun admin blog harus pandai-pandai dalam mengatur navigasi yang dibutuhkan pada sebuah blog, sehingga akan menciptakan kesan profesional dimata pengunjung, serta buatlah navigasi yang membuat pengunjung senyamannya selama berada diblog. Jadi, segeralah memperbaiki navigasi blog atau menata ulang navigasi blog agar terlihat lebih rapi dan lebih simpel dijelajahi pengunjung selama berada diblog kita.

5. Tidak Memperhatikan Optimasi SEO
Optimasi SEO blog adalah bagian paling penting dalam kegiatan optimasi sebuah website, sehingga memiliki kemampuan bersaing dimesin pencarian dengan blog-blog kompetitor lainnya. Jika, seorang penggiat blogger melalaikan fungsi dan peran SEO pada blognya maka akan dipastikan sulit untuk bersaing dengan blog-blog lainnya, sehingga hal inilah menjadi penyebab utama blog sepi pengunjung.

Tips terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan banyak membaca dan atau belajar mengenai pengertian SEO dan cara optimasi pada sebuah blog agar lebih memiliki kemampuan SERP dimesin pencarian yang bertujuan untuk memenangkan persaingan keyword dimesin pencarian melawan blog-blog lain.

Nah, setelah mengetahui apa-apa saja faktor yang menyebabkan blog sepi pengunjung atau minim trafik, maka sangat disarankan untuk memperbaiki blognya agar lebih SEO Friendly dan bisa lebih memiliki kemampuan bersaing dimesin pencarian, sehingga blog Anda pun selalu ramai pengunjung dan senantiasa selalu dengan mudah masuk pada halaman pertama google. Bagaimana cara masuk ke halaman satu google, silahkan membaca artikel kami yang berjudul => cara mudah masuk halaman satu google.

Dari semua hal yang telah kami paparkan diatas, yang paling sulit adalah membuat konten artikel yang original, berkualitas dan cenderung berpotensi akan menjadi sebuah “artikel viral”. Dalam rangka itulah, secara khusus kami dari blog kantor hukum advokat pengacara medan lebih lanjut akan membahas tentang bagaimana tips dan trik cara-cara membuat artikel blog disukai banyak orang, khususnya para pengguna internet.

Sebenarnya, kalau mau jujur, ada banyak kesalahan yang lazim dilakukan blogger (khususnya blogger pemula) dalam menulis sebuah artikel yang didasari dari ketidaktahuan dalam menulis yang baik dan benar, bahkan dalam merangkai kata-kata menjadi sebuah kalimat yang mudah dipahami pembaca.

Memang tidak semua individu, ketika pertama sekali terjun kedunia blogging memiliki kemampuan untuk membuat sebuah artikel yang baik, bahkan lebih banyak blogger yang asal-asalan dalam memposting artikelnya tanpa didasari pengetahuan atas artikel yang ditulisnya. Mungkin hal ini terjadi disebabkan ikut-ikutan ngetren ngeblog, sehingga hal adanya artikel asal-asalan inilah yang menimbulkan blog terus sepi pengunjung.

Untuk itu, ada beberapa tips dan trik yang dapat dipergunakan dalam membuat artikel yang lebih layak dibaca pengguna, antara lain:

1. Penggunaan Kosakata
Setiap satu buah artikel adalah mempunyai kalimat yang baku. Jadi, setiap kalimat pasti mempunyai paragraf yang baku pula. Dalam setiap kalimat dan paragraf itu, penggunaan katanya juga haruslah lebih fleksibel dalam hal memilih kata-kata yang terbaik untuk di posting. Jika anda telah menarget pembaca global, maka alangkah baiknya postingan tersebut menggunakan kata-kata yang relevan dan lebih formil. Dan seandainya target-nya adalah pasar nasional, maka dapat lebih menggunakan kata yang santai dan bahasa kekinian.

Contoh kalimat untuk pangsa pasar nasional yang terlihat sedikit santai: “Halo apa kabar MasBro, Gue lagi jomblo ni”. Sedangkan untuk contoh target pasar international yang lebih baku, menjadi “Bagaimana kabar Kamu ? Saya lagi single”.

Nah, itulah hanya contoh kecil saja, jika ingin menargetkan pembaca global sebab mesin algoritma google automatic translator pasti tidak akan paham dengan penggunaan bahasa nasional dan ngasal dalam mentranslate artikel anda. Namun, seandainya Anda menargetkan pembaca global maka kalimat baku yang dipergunakan akan sangat relevan disebabkan secara otomatis translator juga akan menerjemahkannya dengan baik, sehingga pembaca diluar negeri bisa mengerti dengan postingan artikel yang Anda buat.

2. Jangan terlalu banyak basa basi dalam artikel
Jika anda pernah mengunjungi blog seseorang untuk membaca satu buah artikel atau sekedar mencari informasi, tentu artikel yang terlalu bertele-tele diawal pembukaan katanya, maka pasti membuat Anda akan bosan membacanya. Begitupun dengan yang lain, seandainya Anda ingin memposting artikel sebaiknya harus menggunakan kalimat pembuka yang sederhana saja biar bisa sampai kepada para pembaca yang ingin disampaikan dan membuat pengunjung tidak bosan melihat isi artikel yang dibuat. Karena pengguna juga tahu, jika salam pembuka artikel terlalu bertele-tele maka diprediksikan isi artikel juga akan bertele-tele dan tidak sesuai dengan harapan dan akhirnya meninggalkan blog Anda menuju blog yang lain.

3. Isi Topik Kurang Berbobot
Jika blog yang Anda miliki dan kelola hanya berisi 1 (satu) niche, maka mau tidak mau atau suka tidak suka, Anda harus memposting artikel yang anda kuasai secara mendalam. Karena jika seandainya, Anda posting sebuah artikel yang karena cuma ikut-ikutan saja dengan trend masa kini tanpa menguasai problematika nya pasti secara tidak langsung isi artikel blognya tidak berbobot, sehingga pembaca akan malas mengutak-atik blog Anda jika isinya tidak bebobot sama sekali.

4. Artikel minim gambarnya
Pasti sobat blog kantor hukum pengacara dan lawyer medan pernah mengunjungi suatu blog dan lazim menemukan blog yang artikelnya tidak ada gambarnya sama sekali, bahkan ada juga blog tutorial hanya kata-kata saja tanpa disertai gambar dan itu akan membuat jenuh membacanya.

Sebaliknya, jika ada gambar maka pengunjung akan terasa lebih nyaman, happy ketika membacanya, atau dengan kata lain artikel yang ada gambarnya akan menjadikan artikel lebih hidup dan indah dipandang mata.

5. Interaktif dengan mengajak bicara pengunjung
Pernah tidak sobat ngeblog mengunjungi blog seorang blogger yang sudah profesional dan mahir dalam menulis artikel? Kalau pernah, coba Anda perhatikan dan teliti artikel blog yang isinya termaktub ajakan untuk berinteraktif. Dengan begitu, sedikit banyak para pengunjung blog akan merasa bahagia dan dihargai untuk selalu diajak berinteraksi. Janganlah membuat artikel yang terlalu monoton karena hal tersebut akan membuat jenuh si-pengguna. Benar tidak sobat blogger sekalian?

5. Usahakan Balas Komentar Yang Ada
Jika seandainya ada yang memberikan komentar pada blog Anda, maka usahakan segera membalas dengan kalimat yang bersahaja, karena hal tersebut akan membuat si pengunjung akan lebih di hargai sehingga akan membuatnya menjadi lebih betah didalam blog kita dan bukan tidak mungkin mereka akan menjadi loyal dengan blog kita jika mereka merasa di hargai dengan membalas setiap komentarnya. Terlebih jika pengunjung berkomentar dengan maksud bertanya dan anda tidak merespon sama sekali. Bisa-bisa blog Anda akan di tinggalkan pengunjung karena merasa tidak dihargai oleh si pemilik blog.

6. Buat Tautan Link Internal Yang Relevan Dengan Artikel
Setiap artikel yang dibuat, ada baiknya harus menebarkan tautan link internal kedalamnya agar pengunjung terus disuguhkan artikel yang ada didalam blog, sehingga akan membuatnya puas dengan informasi apa yang dia cari dan merasa semua jawabannya ada ditemukan pada blog Anda. Tapi ingat semua tautan internal link haruslah sesuai dengan isi blog. Jangan membuat link internal yang tidak nyambung.

7. Isi artikel harus sesuai judul
Jangan pernah sesekali membuat judul artikel yang tidak sesuai dengan isinya, karena itu akan merusak citra blog Anda dimata mesin pencarian google.  Pernah tidak Anda terjebak dengan judul artikel? Yang judulnya tidak jelas menjelaskan apa di dalam isi artikelnya. Dan bila menemukan hal seperti ini, sudah dapat dipastikan pengunjung akan meninggalkan blog Anda karena merasa ketipu dengan isi artikel blog Anda.

8. Malas promosi blog
Secara prinsipil, blog juga seperti lazimnya kejadian di dunia offline. Kerja keras dan penuh kesabaran ekstra sangat dibutuhkan dalam dunia blogging. Tanpa Anda melakukan promosi ke media sosial (medsos) atau kemanapun itu, maka Anda dipastikan tidak akan mendapatkan trafik pengunjung, sebab pengunjung tidak akan datang dengan sendirinya. Nah, dengan melakukan promosi inilah maka Anda akan mempunyai peluang bahwasanya artikel yang Anda buat akan di baca seluruh daerah Indonesia bahkan di seluruh dunia melalui google.

Oke, sampai disini dulu sobat blogger kantor pengacara dan konsultan hukum medan pembahasan kita yang berjudul tentang tips mengatasi blog agar tidak sepi pengunjung dan juga bahasan tips dan trik membuat artikel agar blog tidak sepi trafik pengunjung. Semoga apa yang kami bahas ini, dapat menjawab keingintahuan cara meramaikan dan meningkatkan trafik blog, mudah-mudahan ada manfaatnya. Sampai jumpa & Horas.

No comments:

Post a Comment

No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....