Wednesday, 18 January 2017

Tips dan Cara Menjaga Integritas Brand

Hai blogger medan sahabat blog advokat silaen & associates, yok kita bahas tips dan cara menjaga integritas brand agar tetap dikenal masyarakat dipasar penjualan produk/barang ataupun jasa. Brand telah lazim dimaknai merupakan sebuah persepsi tentang mutu suatu produk tertentu yang menimbulkan kepercayaan melekat di benak dan hati para konsumen.

Metode Efektif Untuk Menjaga Integritas dan Kualitas Brand Produk - Jasa

Sebenarnya, reputasi brand itu akan tumbuh menjadi semakin besar seiring dengan waktu, di mana perusahaan secara kontiniu dan konsern melakukan komunikasi marketing dan branding produk secara terus menerus. Oleh karenanya, reputasi brand yang telah dibangun sekian lama tersebut harus tetap dijaga agar senantiasa kuat dan tetap mendapat kepercayaan dari para konsumen, baik konsumen lama maupun pelanggan baru.

Secara teori, banyak cara maupun tips yang digunakan perusahaan dalam rangka untuk menjaga integritas brand agar tetap baik di mata konsumen, tips atau cara dimaksud diantaranya adalah:

1) Tetap menjaga kualitas produk ataupun jasa;
2) Melakukan komunikasi marketing yang baik;
3) Adanya pemberian reward (misalnya bonus atau hadiah tertentu);
4) Tetap melakukan inovasi secara terus menerus;

Menjaga Kualitas Produk/Barang ataupun Jasa
Bila sebuah produk telah dikenal oleh konsumen/pelanggan, maka kualitas produk harus tetap dijaga hari demi hari. Hal ini mungkin sangat riskan sekali dilakukan, mengingat banyak terjadi perubahan-perubahan pada pangsa pasar, misalnya bahan baku, distribusi, terjadinya inflasi dan fluktuasi harga, dlsb. Mungkin diantara Anda para pengusaha pernah mendengar adanya keluhan dari konsumen lain, seperti ini “kualitas produk yang dulu dan sekarang, lebih bagus produk yang dulu” atau mungkin pernah mendengar keluhan lain “isinya sekarang banyak yang dikurangi”.

Bila ada keluhan dari pelanggan sebagaimana contoh diatas, maka Anda harus hati-hati terhadap adanya keluhan-keluhan tersebut. Jangan sampai akibat adanya keluhan seperti itu dapat menjadikan konsumen melirik produk lain yang gencar-gencarnya menawarkan benefit lebih dari yang anda tawarkan. Dan akhirnya perusahaan Anda akan kehilangan konsumen setia.

Melakukan komunikasi marketing yang baik
Cara yang bijak dalam melakukan komunikasi marketing adalah dengan tidak menjelekkan produk pesaing lainnya. Sebab, dengan Anda menjelekkan produk pesaing maka dalam hati dan pikiran para konsumen akan tersematkan kenegatifan cara Anda melakukan marketing. Ingat, bahwa pesaing bukanlah lawan yang harus dijatuhkan, melainkan pesaing memang perlu ada sebagai motivasi untuk terus berinovasi dalam menemukan strategi dan tips marketing yang lebih baik lagi.

Adanya Pemberian Reward
Biasanya implementasi dari adanya pemberian reward ini diwujudkan dalam bentuk pemberian hadiah-hadiah yang dapat membuat hati konsumen menjadi senang dan seakan-akan mendapat perhatian lebih dari perusahaan. Dengan demikian rasa loyalitas para konsumen terhadap suatu brand akan terus bertambah, dan bahkan bisa saja mereferensikannya kepada calon konsumen yang baru.

Tetap melakukan inovasi secara terus menerus
Jangan cepat merasa puas pada 1 atau beberapa produk, melainkan harus tetap melakukan inovasi secara terus menerus hingga dapat menimbulkan persepsi bahwa produk yang selalu ditawarkan oleh perusahaan selalu diminati oleh konsumen/pelanggan. Selain itu, inovasi yang dilakukan secara terus menerus akan menghindari sikap bosan terhadap suatu produk.

Demikian sedikit artikel dari kami yang berjudul tentang tips dan cara menjaga integritas brand produk/barang maupun jasa. Semoga para blogger medan sahabat setia blog pengacara silaen & associatas dapat memanfaatkannya untuk branding produk/barang ataupun jasa yang sudah dilempar ke pasar. Atas perhatian dan kunjungannya diucapkan terima kasih. Jangan lupa agar membaca artikel kami yang membahas tentang jasa seo branding di kampanye online pemilu.

No comments:

Post a Comment

No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....