Monday, 2 January 2017

Prospek Bisnis Mall Online di Tahun 2017

Tahun 2017 baru kita jelang, riak-riak target bisnis mall online di 2016 tentu ada yang sukses dan adapula yang ambruk bahkan mungkin sampai bangkrut (gulung tikar). Nah, selaku pebisnis yang tangguh dan ulet, peluang dan atau prospek bisnis via mall online yang telah dilakoni selama ini, harus terus dipacu agar di tahun 2017 bisa lebih sukses lagi.

Bersama tulisan ini, kami tidak bosan-bosan mengajak para sahabat setia blog advokat silaen & associates online untuk tetap semangat sambil terus mencari strategi yang jitu dan efektif agar aktivitas atau profesi yang kita lakukan dapat sesuai dengan target dan harapan pribadi masing-masing. Ya tentu saja, dalam hal ini terkait dengan konsep ide bisnis yang bertemakan operasional website bisnis, khususnya operasional mall online kedepannya.

Bisnis Terbaik Mall Online dan e-Commerce Indonesia

Terkait dengan profesi atau pekerjaan apapun itu, tidak akan lepas dari yang namanya sistem dan bagaimana cara kerjanya ataupun pangsa pasarnya? Benar tidak para sahabat blogger medan pecinta blog advokat silaen & associates? Hehehe...

Bicara tentang usaha yang dilakoni, pasti setiap para pelakunya memimpikan prospek usahanya adalah ngetren untuk jangka waktu yang panjang, tahan lama dan stabil. Ketiga kriteria atau aspek tersebut telah mengisyaratkan bahw sebenarnya kita harus benar-benar mau melakukan bisnis dengan cara profesional dan mandiri dengan tetap memiliki inspirasi untuk terus berkarya membangun suatu usaha berbasis online sebagaimana yang dimimpikannya (dalam pokok bahasan ini tentunya adalah bisnis Mall Online dalam bentuk apapun itu, dimana saya selaku lawyer / pengacara di Kota Medan memimpikan suatu saat nanti akan ada “Mall Online Lawyer Indonesia” tempat berkumpulkan para pemberi jasa bantuan hukum).

Mungkin saja bagi beberapa orang beranggapan bahwa ide saya tersebut terdengar lucu dan konyol atau tidak mungkin, tidak keren, tak realistis, dan lain sebagainya. Saya sendiri juga memprediksikan beberapa orang yang membaca dan atau melihatnya melalui mesin pencari google, pasti ada yang mengatakan bahwa inspirasi usaha yang dimimpikan diatas adalah “MUSTAHIL”. Namun, fakta dan realitas bahwa banyak usaha yang berhasil lantaran diawali adanya inspirasi atau mimpi yang dulunya di tertawakan banyak orang dan atau dianggap bersifat konyol.

Baiklah kita tinggalkan tentang Mall Online bagi Pengacara / Advokat Indonesia, kembali kita membahas topik tentang prospek bisnis mall online pada tahun 2017, bagaimana cara, tips ataupun kiat-kiat yang harus dipersiapkan / dijalankan untuk membangunnya agar bisa sukses.

Banyak pakar bisnis dan ahli entrepreneur maupun master preneur yang telah membuat testimoni bahwa sebenarnya usaha yang cepat gulung tikar adalah usaha yang salah tujuan pangsa pasar. Oleh karenanya sangat dibutuhkan kemampuan untuk mengkaji keseluruhan tentang bagaimana sebenarnya tujuan pasar yang melatarbelakangi pendirian bangun bisnis online berbentuk “MALL ONLINE” tersebut, berikut segala peluang dari bisnis online yang akan dilakoni. 

Sebenarnya, bicara tentang peluang bisnis online maupun membangun mall online ini, sangat terbuka lebar mengingat jumlah pemakai internet di Indonesia tahun 2016 yang lalu berjumlah kurang lebih 130 juta orang. Disamping itu, kian hari transaksi online (e-commerce) untuk pembayaran belanja online terus mengalami peningkatan yang signifikan. Jadi prospek bisnis online via mall online peluang mendapatkan kesuksesan masih terbuka lebar untuk terus dikerjakan dan atau menjadi inspirasi bagi siapa saja untuk berusaha membangun mall online di seluruh Indonesia.

Mall Lawyer & Advokat Terbaik Indonesia

Menurut kami, ada beberapa tips dan kiat dalam sistem bangunan dan prospek pengembangan mall online, diantaranya:

1) Mendirikan Mall Online di Setiap Kota Indonesia
Peluang untuk mendirikan berbagai mall online, pada tiap-tiap kota (kota-kota besar di Nusantara) diprediksikan kelak bakal banyak, misalnya untuk kota Medan atau Binjai nanti bisa saja menggunakan alat domain yang hampir sama atau cuma kotanya saja tidak sama, seperti www. MallOnlineMedan. com, www. MallOnlineBinjai.com, www. MallOnlineMedan. net atau www. MallOnlineMedan. org dan sebagainya pada kota-kota yang ada di seluruh Indonesia. Hal ini merupakan gambaran bahwa prospek mendirikan mall online ini mempunyai tujuan agar tujuan pasar makin terang, detail, spesial beberapa orang pada kota yang dicontohkan diatas.

Bisa juga dengan menggunakan domain yang khusus menjual produk-produk tertentu, misalnya mall online untuk peralatan bayi, alat-alat kesehatan, alat kecantikan, perkakas dapur, set alat makan melamin, dlsb. Khusus untuk jual peralatan makan melamin, saat ini telah ada mall onlinenya yakni: www glorimelamine com dan http melaminemall com dengan konsep motto: jual peralatan makan terlengkap dan termurah di melaminemall.com.

Nah, oleh karena ada begitu banyak mall online seperti diatas, maka orang-orang yang malas keluar atau tak menyukai keramaian bisa tetap berbelanja dengan cara online, serta tentu saja sama mutunya, harganya terjangkap / relatif murah dengan yang dijual pada mall offline. 

2) Membangun Link Kerja Sama Dengan Tiap-tiap Mall yang Ada
Semakin banyak item yang ada ditawarkan pada mall online, menjadi salah satu daya tarik sehingga pengunjung otomatis akan suka, lantaran banyak terdapat pilihan yang bisa di beli. Contohnya, di Medan terdapat banyak mall atau plaza yang memiliki outlet, seperti Medan Mall, Sun Plaza, Ramayana, dlsb, dapat kita ajak untuk bekerja sama dalam membangun mall online. Caranya dengan memberikan beberapa keterangan dan juga gambaran keuntungan yang mungkin akan didapat dari adanya mall online tersebut, seperti: a) tak perlu adanya biaya promosi tambahan kaena tim mall online yang bakal mempromosikannya; b) cost pengeluaran relatif tambah lebih murah bila dibandingkan dengan menyewa outlet pada mall atau plaza offline; c) omzet penjualan dan juga keuntungan yang di yakini bakal naik disebabkan bukan hanya sekedar didunia offline saja berjualannya namun juga lewat media online, dlsb;

3) Mensosialisasikan Dan Mempromosikan Bahwa Mall Online Terpercaya 
Biasanya, psikologi konsumen yang ada di Indonesia tak gampang dan tidak cepat yakin bila belum kenal atau tahu sama sekali. Oleh karena itu, hal yang utama untuk dilakukan adalah menginformasikan atau mempromosikan selengkap dan sejelas-jelasnya tentang mall online yang ada pada tiap-tiap kota, terpercaya serta kualitas yang terjamin. Jadi secara teknis adalah untuk tujuan mengiklankan di media, sehingga cepat dipercaya pada tiap-tiap kota yang ada di Indonesia. 

Bila calon customer sudah merasa yakin, sudah bisa dibayangkan bakalan akan ketagihan untuk membeli dan akan mereferensikan mall online pada rekan atau teman dan sanak keluarganya. Tindakan inilah yang nantinya menyebabkan promosi viral yang bikin mall online itu cepat populer di mata masyarakat.

4. Service Ramah serta Cepat
Era maraknya toko online berbasis mall online menyebabkan tiap-tiap pemilik usaha online akan berusaha memberiakan layanan yang berkategori sikap ramah serta cepat melayani pelanggan, karena pelanggan yang mau belanja dengan cara online pada umumnya tidak mau mengantri pada keramaian maupun malas untuk keluar rumah ataupun tidak menyukai keramaian. Nah, oleh karena itu, karakter ramah mutlak diberikan serta pelayanannya harus benar-benar cepat dan tepat dalam memberikan service yang sangat responsif dalam kaitannya menghadapi setiap pertanyaan customer, karena customer adalah orang-orang yang butuh untuk diperhatikan. 

5) Pasang Iklan/Banner Online dan Search Engine Optimization
Untuk mempercepat agar mall online semakin cepat dikenal oleh orang, khususnya oleh para pengguna internet di seluruh dunia, maka tidak ada salah untuk promosi melalui pemasangan iklan/banner online, misalnya google ads, facebook ads, twitter ads, line ads, dlsb. Atau bisa juga dengan melakukan optimasi seo (search engine optimization) web mall online agar bisa menduduki halaman pertama google, yahoo, msn, bing, baidu, yandex, dlsb. Untuk urusan agar bisa dengan cepat menduduki halaman pertama, pemilik mall online dapat bekerja sama dengan para pakar seo atau ahli search engine marketing internet (sem) atau bisa juga menyelenggarakan sejenis lomba artikel dan atau kontes seo.

Mudah-mudahan tulisan yang membahas tentang prospek mendirikan bisnis online melalui bangunan mall online di tahun 2017 ini bisa bermanfaat bagi para pelaku bisnis yang bernit memulai bisnis online. Atas perhatian dan kunjungannya ke blog advokat silaen & associates ini diucapkan terima kasih. Horas.

No comments:

Post a Comment