Tuesday, 3 January 2017

Digitalisasi Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia

Rekan lawyer silaen & associates, Indonesia sebagai negara agraris tentu membutuhkan beragam forum dan komunitas pertanian yang dapat menunjang laju pertumbuhan dunia pertanian Indonesia. Memang setiap jengkal tanah Indonesia dikenal sangat subur, sehingga banyak jenis, spesies dan ordo berbagai macam tanaman tumbuh subur di Indonesia dan tidak dapat tumbuh di negara lain. Bahkan pada jaman dahulu, banyak orang yang mengatakan bila di tanam tongkat makan akan tumbuh pohon. Inilah ilustrasi yang menggambarkan betapa subur nya setiap jengkal tanah di nusantara yang kita cinta ini.

Peran Digitalisasi di Forum dan Komunitas Pertanian Modern Indonesia

Melihat kondisi tanah di nusantara yang sangat subur ini, tentu bila dimanfaatkan secara maksimal akan dapat memberikan keuntungan yang besar nya bagi orang-orang yang secara profesional dan serius mengolah dan memanfaatkannya dengan baik.

Selaku negara agraris, tentu saja mata pencaharian masyarakat Indonesia sebahagian besar adalah bercocok tanam yang berprofesi sebagai petani, maka dengan kondisi alam dan tanah yang subur tentu saja akan menguntungkan dan merupakan peluang terbesar bagi siapa saja yang berniat dan berusaha untuk memaksimalkan hasil pertanian dalam rangka memberikan kontribusi dalam hal membantu negara menjadi mandiri pangan dan bukan bergantung pada impor pangan.

Namun miris melihat fakta dan kenyataan, bahwa Indonesia sebagai negara agraris yang tanahnya sangat subur, masyarakat masih enggan dan banyak mendapatkan kesulitan untuk memanfaatkan sumber daya alam (hayati dan non-hayati) dalam rangka untuk membantu memaksimalkan hasil pertanian per-setiap jengkalnya. Ya, mungkin hal ini disebabkan masih tidak seimbangnya antara praktek langsung di lahan pertanian dengan ilmu yang dimiliki. Hal inilah yang menjadi salah satu pemicu hingga banyak masyarakat petani yang bercocok tanam terkesan seadanya berdasarkan ilmu yang mereka tahu dan diperoleh secara turun temurun dari nenek moyangnya.

Melihat masih kurangnya praktek lapangan di lahan pertanian, maka sangat diperlukan peran dari para penyuluhan pertanian maupun sosialisasi tentang betapa pentingnya penguasaan ilmu pertanian sebelum melakukan praktek di lapangan agar hasil yang diperoleh dapat lebih maksimal dan menguntungkan petani.

Sahabat pengacara silaen & associates online, jaman telah berubah dan tren penggunaan teknologi canggih untuk pengelolahan pertanian juga telah dimulai serba digital. Artinya, dengan memanfaatkan peran era digitalisasi tersebut, masyarakat pertanian Indonesia seharusnya jangan lagi bersifat menunggu datangnya ilmu pertanian tersebut, melainkan harus mulai pro aktif mencari ilmu tersebut setiap harinya.

Jaman digitalisasi yang serba internet sekarang ini, dimana segala informasi apapun itu, semuanya dapat dengan mudah diperoleh. Demikian pula dalam mencari beragam informasi tentang pertanian terpadu yang nantinya dapat diaplikasikan untuk menambah pengetahuan tentang tani, khususnya dalam hal bercocok tanam. Informasi pertanian digital mana, tentu saja dapat diperoleh baik melalui website, media sosial (medsos), blog, forum, googling, maupun yang lainnya.

Dari beberapa medium yang dapat dipergunakan untuk mendapatkan berbagai informasi digital tentang pertanian sebagaimana disebutkan diatas, salah satu yang terbaik digunakan adalah yang berbentuk forum. Dengan adanya forum ini, audiens dapat langsung berbagi informasi, sharing pengalaman, melakukan rubrik tanya & jawab, maupun kegiatan-kegiatan lain yang berhubungan dengan perannya di dunia pertanian.

Mengapa medium forum merupakan pilihan yang tepat dan mempunyai peran yang strategis? Alasannya, karena didalam forum tersebut, setiap audiens atau anggota forum dapat langsung terhubung dengan banyak orang yang memiliki minat dan hobby yang sama. Sebagai contoh, seandainya kita memiliki hobby atau minat tentang ilmu bercocok tanam secara modern atau sosial ekonomi pertanian, maka kita harus bergabung ke dalam forum terbaik yang juga secara khusus dan profesional membahas tentang bercocok tanam atau forum dunia pertanian modern Indonesia.

Salah satu peran dari adanya digitalisasi bidang pertanian adalah dibentuknya forum pertanian. Salah satu forum pertanian digital yang konsern saat ini adalah Agroteknologi.web.id. Sebagai Forum Dan Komunitas Pertanian Indonesia - Agroteknologi.web.id, tentu sangat disarankan bagi siapa saja khususnya masyarakat petani Indonesia untuk bergabung dan aktif berkomunikasi dengan sesama anggota di Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia yang dibentuk dan didirikan oleh Agroteknologi.web.id tersebut.

Untuk memberikan gambaran singkat tentang apa itu www Agroteknologi.web.id, pada kesempatan yang berbahagia ini akan kami jelaskan sedikit tentang eksistensi Agroteknologi.web.id dimaksud. Agroteknologi.web.id adalah sebuah website yang bertemakan forum pertanian Indonesia yang didalamnya menyajikan beragam informasi terbaru yang membahas segala hal yang berhubungan dengan ilmu bercocok tanam secara komprehensif, juga memuat beragam tips & trik bercocok tanam yang baik dan benar, tips teknik mengelola tanah, informasi mengenai segala manfaat maupun kandungan yang masih masuk dalam ruang lingkup suatu tanaman, kondisi kandungan zat-zat pada tanah, efesiensi penggunaan pestisida, dlsb.

Dalam forum dan komunitas pertanian Indonesia yang dikelola dengan baik pada website www Agroteknologi.web.id juga dapat dilakukan sharing-sharing beragam info pertanian, tanya & jawab, atau berbagi pengalaman dengan orang lain, maupun beragam promo tentang hasil temuan terbaru dalam dunia pertanian Indonesia, dan peran-peran lainnya. Selain membahas tentang ilmu tanaman secara terpadu, dalam forum pertanian ini juga dipastikan akan mendapatkan berbagai tambahan ilmu lainnya, misalnya ilmu peternakan yang membahas tentang ternak hewan, pengelolaan kotoran hewan untuk pupuk organik atau kompos, tips & trik berternak hewan yang baik, membahas tentang pangsa pasar dan komoditas penjualan ternak hewan, peluang bisnis ternak hewan, dlsb.

Melihat peran strategis tentang betapa banyaknya manfaat yang nantinya akan diperoleh oleh petani, maka sekali lagi segeralah bergabung dengan forum dan komunitas pertanian Indonesia - Agroteknologi.web.id tersebut, agar semakin banyak informasi dan ilmu pertanian digital yang bisa untuk dipelajari secara individu maupun kelompok dalam rangka mewujudkan petani yang mandiri dan sejahtera. Dengan adanya ilmu dan info modernisasi dunia pertanian yang diperoleh dari forum pertanian terbaik di Indonesia tersebut, para petani dapat langsung mencobanya dengan berpraktek dilapangan, sehingga target hasil maksimal dari pertanian dapat diwujudkan, serta pada akhirnya akan memberikan keuntungan materi bagi para petani dan negara Indonesia. Jangan lupa bergabung ke website Agrotekonlogi.web.id.

Demikian artikel yang membahas tentang digitalisasi forum dan komunitas pertanian Indonesia, semoga bermanfaat bagi sahabat blog konsultan hukum silaen & associates online, seraya berdoa demi kejayaan pertanian Indonesia. Sekian dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment