Monday, 12 December 2016

Tips Dan Cara Efektif Membeli Emas

advokatsilaen - Tips Dan Cara Efektif Membeli Emas | Saat kondisi harga pasaran emas diberitakan sedang turun, sontak kabar ini menimbulkan keinginan orang-orang tertentu untuk segera memburunya. Emas yang merupakan salah satu bahagian dari logam mulia, saat ini sangat diminati guna dijadikan sebagai salah satu sarana investasi yang efektif untuk jangka pendek dan menengah yang tidak terpengaruh akibat adanya inflasi pasar. Emas yang dibeli juga dapat dipergunakan sebagai perhiasan sehari-hari untuk mempercantik diri dan juga menambah prestisius seseorang.

Tips Membeli Emas Untuk Investasi di Pasaran Harga Emas Hari Ini

Di pasaran emas Indonesia, pada umumnya emas yang dijual dan beredar di pasar emas terbagi atas 3 (tiga) jenis, yakni 1) emas solid (batangan/koin), 2) emas perhiasan, dan 3) emas putih.

Nah, sebelum para sahabat advokat silaen & associates online akan membeli emas, alangkah sebaiknya mengkilas balik apa tujuan dari membeli emas tersebut? Seandainya anda memilih untuk menjadikannya sebagai ajang berinvestasi, maka belilah emas yang bentuknya berupa emas batangan atau koin. Namun, seandainya menjadikannya untuk sekedar mengkoleksi dan atau berjaga-jaga di saat keadaan keuangan  sulit, maka pilihnya emas dalam bentuk berupa emas perhiasan.

Sesuai dengan tujuan atau latar belakang membeli emas sebagaimana yang disebutkan diatas, tentu saja ada tips ataupun trik membeli emas yang harus anda ketahui, dimana tips / trik membeli emas yang dimaksudkan adalah sebagai berikut:

(1) Tujuan Awal Membeli Emas
Sebelum anda melakukan pembelian emas, tidak ada salahnya agar menetapkan terlebih dahulu apa tujuan anda membeli emas dimaksud. Seandainya untuk berinvestasi semata, belilah dalam bentuk emas batangan atau koin, karena emas batangan atau koin ini nilai intrinsik yang terkandung didalamnya relatif besar. Sementara bila anda membeli emas dalam bentuk perhiasan sekaligus untuk tabungan, maka anda bisa memilih emas yang memiliki kadar yang tinggi. Untuk emas perhiasan ini, nilai jualnya kembali akan relatif lebih tinggi jika kemilaunya terjaga dengan baik.

(2) Mencek Pasaran Harga Emas Saat Ini
Sebagaimana yang diketahui bersama, harga emas yang beredar dipasaran bisa berbeda setiap harinya. Sehingga agar harga dimaksud tetap terupade, maka tidak ada salahnya anda selalu mengecek harga di pasaran harga emas hari ini. untuk mengetahui harga emas hari ini, bukalah web atau situs yang secara khusus membahas dan atas mencantumkan harga emas setiap harinya, seperti web PT. Antam dan situs pegadaian.co.id, dlsb. Bila anda masuk ke situs tersebut, anda dapat melihat langsung harga-harga emas sesuai jenisnya dan atau kadarnya. Bahwa anda juga dapat mengetahui perubahan-perubahan harga emas yang diupdate PT. Antam sebanyak 2 (dua) kali dalam sehari. Harga emas yang diumumkan oleh PT. Antam inilah yang menjadi patokan harga emas pada pasaran emas nasional.

(3) Tempat Anda Membeli Emas
Sebelum membeli emas, tempat membeli sangatlah penting agar mendapatkan emas berikut harga yang terbaik. Belilah emas di toko yang memiliki reputasi jelas. Hal ini sangat berguna untuk memberikan rasa aman dan kualitas emas yang terbaik. Jangan lupa, perhatikan juga harga apabila anda akan menjual kembali pada toko tersebut, jangan sampai harga jual kembali turun drastis. Hindari juga membeli emas dengan harga sama sesuai yang tercantum di surat. Untuk rekomendasi yang terjamin dan bersertifikat, pilihlah emas-emas PT. Antam dan atau dari Pegadaian.

(4) Mencek Keadaan Fisik Emas
Dalam memilih emas, hal wajib yang harus diutamakan adalah tampilannya bersih tanpa ada noda berwarna hijau di pori-porinya. Beberapa toko emas sering menganggap bahwa hal ini adalah sesuatu yang biasa, padahal sebenarnya tidak. Ada noda berwarna hijau di pori-porinya, menandakan bahwa emas tersebut sebenarnya belum dicuci dengan benar dan masih meninggalkan sisa kimia yang bisa menyebabkan terjadinya alergi bagi si pembeli. Jika anda memilih untuk membeli emas dalam bentuk perhiasan, periksalah kondisinya dengan baik apakah ada goresan pada bahagian tertentu atau tidak, atau juga apakah ada cekungan maupun cacat atau kerusakan lainnya. Karena hal ini sangat berkaitan ketika anda hendak menjual emas kembali, dimana akan sangat berpengaruh langsung terhadap harga jual kembali.

(5) Mengetahui Kadar Kemurnian Emas
Menurut standar internasional yang berhubungan dengan kadar kemurnian emas adalah sebagai berikut:
- Emas 24 karat adalah emas murni (99.99%);
- Emas 22 karat memiliki komposisi 91.7% emas dan dicampur bahan lain 8.3% (biasanya bahan perak);
- Emas 20 karat memiliki kompoisis 83.3% emas;
- Emas 18 karat memiliki komposisi 75% emas;
- Emas 16 karat memiliki komposisi 66.6% emas;
- Emas 14 karat memiliki komposisi 58.5% emas;
 Emas 9 karat memiliki komposisi 37.5% emas;

Sementara, pada pasaran emas Indonesia, pemberlakukan standar kadar emas di toko emas sedikit agak berbeda dari yang ditetapkan oleh standar internasional. Misalnya, emas 24 karat adalah 90% emas, emas 23 karat adalah 70% emas, emas 22 karat adalah 40% emas dan yang lainnya. Bisa dikatakan bahwa sistem jual beli emas di pasar (baik pasar tradisional maupun toko emas) memang cukup memprihatinkan karena tidak ada sistem dan standar yang menjadi konsistensi harga emas, berat maupun kadar yang diberlakukan.

(6) Menyimpan Segala Bentuk Surat Secara Baik
Setelah anda melakukan pembelian emas, maka anda akan mendapatkan beberapa surat jual beli, seperti kuitansi, sertifikat emas hingga nota pembelian. Simpanlah semua surat yang diperoleh tersebut dengan baik, karena akan diperlukan ketika akan menjual kembali. Hal ini dikarenakan tidak semua para pembeli emas, baik pada toko atau tempat lainnya, memiliki ahli khusus dalam menentukan kadar emas tersebut. Hal ini untuk mengantisipasi kerugian anda dikarenakan belum adanya standarisasi sebagaimana yang telah dijelaskan diatas. Perlu selalu diingat, seandainya surat-surat penting tersebut hilang, harga emas yang akan anda jual kembali bisa turun drastis, maka simpanlah surat-surat berharga tersebut dalam satu plastik bersama dengan emasnya dan kemudian bila masih memungkinkan agar diberi segel tertentu.

(7) Menyimpan Emas
Memiliki emas sama diibaratkan menyimpan barang berharga atau tabungan, karena itu simpanlah pada tempat yang keamanannya cukup baik. Jika emas yang disimpan dalam rumah tidak terlalu banyak, maka gunakan kotak tertentu atau brankas pribadi. Jika emas tergolong banyak (misalnya berupa batangan emas yang beratnya 1 kg ke atas), maka perlu disimpan di kotak deposit bank. Biayanya tidak terlalu mahal, dan berbeda-beda antara satu bank dengan yang lainnya.

(8) Emas Sebagai Bentuk Jaminan
Emas yang anda miliki bisa dijadikan sebagai jaminan yang baik untuk memperoleh uang ketika terjadi keadaan finansial yang sulit. Bawalah emas ke pegadaian dan jaminkanlah disana, emas tersebut bisa ditebus kembali setelah anda mempunyai uang. Dalam hal ini emas akan lebih baik digadaikan, bukan dijual, karena jika anda membeli emas baru dengan ukuran dan kadar yang sama, belum tentu harganya pun sama ketika dahulu anda membelinya.

Demikian sedikit ulasan kami tentang tips dan cara ataupun trik membeli emas yang efektif, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi anda para sahabat blog pengacara / lawyer medan yang berkeinginan membeli emas di toko-toko emas yang ada di kota medan. Silahkan juga baca tentang tips terbaik memilih jasa lawyer. Atas kunjungannya ke website advokat silaen & associates online ini, diucapkan terima kasih.

No comments:

Post a Comment

No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....