Saturday, 3 December 2016

Prospek Lulusan Agroteknologi Pertanian Indonesia

Program studi pertanian di Indonesia yang cukup populer adalah agroteknologi. Agroteknologi berasal dari kata Agro yang artinya adalah  ilmu yang mempelajari gejala atau fenomena dalam hubungannya dengan bidang pertanian atau teori dan praktek dalam pengelolaan tanah dan produksi tanaman. Sedangkan teknologi berkaitan erat dengan sains (science) dan ilmu perekayasaan (engineering). Ilmu atau sains ini mengacu pada pemahaman tentang dunia nyata yang ada sekitar kita, artinya mengenai ciri-ciri dasar yang berhubungan dengan dimensi ruang, masalah materi dan energi dalam interaksi yang satu terhadap yang lainnya.

Prospek dan Lowongan Kerja Lulusan Sarjana Agroteknologi

Jadi dari pengertian diatas, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwasanya agroteknologi merupakan => suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara merawat bibit tanaman hingga dapat menghasilkan suatu hasil dari pembibitan itu sendiri. Agroteknologi juga merupakan salah satu cabang ilmu terapan yang mempelajari tentang pengaruh biotik dan abiotik terhadap sekumpulan individu tanaman yang juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan hidup manusia.

Mungkin bagi sebagian orang awam menganggap bahwa progam studi ilmu agroteknologi lebih menitikberatkan pada teknologi dan penggunaan mesin-mesin canggih semata. Namun, pada kenyataannya agroteknologi ini lebih banyak mempelajari tentang bagaimana suatu tanaman dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan produk tinggi, serta dapat memberikan banyak manfaat pada lingkungan sekitar. Dalam konteks ini, lazim dimaknai sebagai mempelajari dari bentuk benih pembibitan hingga panen.

Dari segi media tanaman, cabang ilmu pertanian agroteknologi juga memerlukan tanah yang diselaraskan dengan melakukan beberapa praktikum yang digunakan untuk mengetahui sifat fisika, kimia dan biologi dari tanah tersebut. Adapun praktikum yang lazim dilakukan, meliputi ilmu tanah, kesehatan struktur tanah, biologi dan kesuburan tanah, mikrobiologi tanah, dlsb. Disamping itu, praktikum lain yang lazim dilakukan misalnya untuk mempelajari kandungan dari suatu tanah, jenis tanah, fauna tanah hingga kerusakan yang mungkin terjadi pada suatu tanah. Selain itu, agroteknologi juga tidak lepas dari mempelajari perlindungan tanaman terutama dari serangan hama dan penyakit yang akan tanaman.

Peluang Kerja Lulusan Agroteknologi
Berbicara tentang prospek agroteknologi, telah banyak para lulusan / alumni yang membuktikan bahwa prospeknya cukup menjanjikan, karena negara Indonesia memiliki kondisi struktur dan kandungan tanah yang sangat subur untuk bisa ditanami oleh berbagai jenis tanaman oleh para petani. Hal ini tentu saja dapat memberikan keuntungan yang lebih bagi para petani itu sendiri.

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa mata pencaharian dominan masyarakat Indonesia sebagian besar adalah bercocok tanam. Dengan kata lain, Indonesia memiliki peluang yang sangat besar untuk mengembangkan pertanian melalui pemanfaatan ilmu agroteknologi menuju kemandirian pangan dan bukan bergantung pada impor di bidang hasil pertanian.

Ingat, bahwa Negara Indonesia merupakan negara agraris, dimana dahulunya sektor pertanianlah yang membuat negara kita bisa berkembang hingga sekarang ini. Namun saat ini, bidang pertanian khususnya agroteknologi sudah semakin sedikit diminati generasi kawula muda, disebabkan banyak yang berpikir bahwa ruang lingkup program studi agroteknologi hanya sekitar di kebun dan sawah saja, padahal kenyataan dilapangan tidak seperti itu.

Dalam ruang lingkup pertanian, para lulusan agroteknologi sebenarnya dapat bekerja sebagai pengusaha ataupun para pelaku bisnis pada komoditas perkebunan, pangan, hortikultura, dan atau kehutanan. Dapat juga menjadi pengusaha atau pelaku bisnis pada bidang perbenihan, pupuk, pestisida, sarana produksi pertanian lainnya, usaha industri rumah tangga berbasis pangan, dlsb. Kemudian juga, dapat mengelola perkebunan-perkebunan, baik milik pribadi, pemerintah, maupun perkebunan swasta. Mempunyai peluang kerja di berbagai industri perbenihan, pupuk dan pestisida nasional dan multinasional.

Intinya bahwa prospek atau peluang kerja jurusan agroteknologi di Indonesia masih memiliki peluang besar untuk mengembangkan pertanian menuju kemandirian pangan, baik yang bersinergi dengan bergabung di Kementerian Pertanian pada Pemerintah Pusat dan berbagai badan dan pusat penelitiannya (Penelitian dan Pengembangan / Litbang), Pemerintahan Daerah (Pemda) dengan dinas-dinas teknisnya, lembaga pembiayaan seperti bank-bank pemerintah dan swasta.

Prospek ataupun peluang kerja bagi lulusan agroteknologi dapat juga bergabung sebagai akademisi dan peneliti di Perguruan Tinggi / Universitas ataupun lembaga riset milik pemerintah maupun lembaga riset swasta, industri pangan, pakan, farmaka dan biodiesel. Bisa juga menjadi konsultan profesional di sektor pertanian/perkebunan, atau di organisasi-organisasi besar Badan Pertanahan Nasional (BPN), LIPI, BUMN / BUMD, hingga bekerja menjadi fasilitator pada lembaga pemberdaya masyarakat (LSM) dalam bidang agribisnis / sektor pertanian.

Selain bergerak dibidang pertanian, lulusan agroteknologi dapat bekerja diluar sektor pertanian seperti pegawai bank, guru, dosen, Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal), dan semuanya masih banyak peluang kerjanya. Banyakan prospek atau peluang kerja bagi para pemegang gelar akademik sarjana agroteknologi (S. Agr)? Jadi tunggu apa lagi.

Sosialisasi Agroteknologi Via Portal Web
Teknologi telah membawa perubahan yang cukup signifikan, khususnya tentang teknik atau cara menyebarkan informasi pertanian teraktual ke para petani online. Mengapa begitu penting informasi pertanian tersebut disebarkan? Tentu saja hal ini berkaitan dengan target pencapaian produksi atau hasil panen agar lebih meningkat dan juga efisiensi penggunaan alat-alat produksi agar tidak memberatkan petani.

Salah satu cara mensosialisasikan berbagai informasi yang berhubungan dengan agroteknologi berikut segala sesuatu hal temuan terbaru pertanian Indonesia adalah dengan memanfaatkan media online, seperti website atau situs atau portal pertanian online, misalnya dengan memilih web.id sebagai domain favorit blog pertaniannya.

Prospek Peluang Kerja Sarjana Lulusan Ilmu Hewan

Bila ditelusuri pemberitaan-pemberitaan yang menggunakan medium web, saat ini telah banyak beroperasi web atau portal informasi pertanian Indonesia dengan tujuan untuk mensosialisasikan hal-hal yang terkait dengan agroteknologi Indonesia secara online, khususnya tentang penemuan baru yang dapat membantu kerja para petani. Misalnya penemuan varian bibit unggul, cara mengetahui kandungan tanah lahan pertanian, tips pemupukan yang ramah lingkungan, cara bercocok tanam yang baik dan benar, tips teknik panen, trik cara penggunaan alat-alat kerja pertanian, dlsb. Tidak hanya itu saja, web ini juga bisa didisain sebagai forum tempat berkumpulkan komunitas petani di Indonesia berbagai pengalaman atau untuk menanyakan sesuatu hal yang ada kaitannya dengan agroteknologi.

Nah, tentu saja disamping adanya pengetahuan dibidang agroteknologi, bagi orang-orang yang berniat menggunakan web atau portal khusus agroteknologi, sedikit banyaknya harus memadai memahami tentang bagaimana mengoperasikan web atau situs agar kemanfaatannya dapat dirasakan maksimal oleh para petani. Kemudian juga sedikit banyaknya harus memahami penggunaan teknik seo, baik itu teknik seo onpage maupun teknik seo offpage.

Salah satu portal informasi yang membahas tentang pertanian Indonesia dan juga yang telah memanfaatkan seo sebagai salah satu strategi sosialisasi dan juga penyebaran informasi pertanian di internet adalah situs atau portal agroteknologi.web.id. Nah, bila anda mencoba cari tahu ke web tersebut, maka anda akan banyak mendapatkan berbagai informasi dan atau berita seputar pertanian dan juga informasi tentang hewan (peternakan) Indonesia. Bahkan untuk lebih memperkenalkan web agroteknologi tersebut di internet, pihak pemilik ataupun pengelola web saat ini sedang menyelenggarakan kontes seo yang dapat diikuti oleh siapa saja para pegiat seo di Indonesia. Adapun judul tema kontes seo tersebut adalah mengangkat tentang => “Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia – Agroteknologi.web.id”. Tentu saja yang melatarbelakangi adanya kontes seo ini didasari agar portal informasi pertanian yang bersangkutan dapat lebih populer dan bisa tampil di halaman pertama google di hasil pencarian ‘search engine’ dengan keyword unggulan, seperti: 1) forum pertanian; 2) kandungan; 3) manfaat; 4) ilmu hewan yang dimodifikasi aplikasinya dalam bentuk anchor text.

Memang, dewasa ini kecenderungan sebuah web memilih langkah untuk mengoptimalkan pemanfaatan seo sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi, mengingat hanya seo (‘search engine optimization’) yang secara natural dapat meningkatkan trafik pengunjung web tanpa adanya batas jumlah. Oleh karena itu, banyak pemilik web yang bersedia mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk program optimalisasi seo web, misalnya bisa dengan menyewa jasa seo profesional atau kebijakan untuk menyelenggarakan kontes seo sebagaimana yang ditempuh oleh situs agroteknologi.web.id.

Beberapa tahun belakangan ini, strategi untuk mengambil kebijakan menyelenggarakan kontes seo sudah menjadi tren. Lihat saja hampir setiap bulannya selalu ada web atau situs yang menyelenggarakan kontes seo dengan tawaran hadiah yang beragam dan menarik.

Nah, dengan menjadi pemilik dan atau pengelola web informasi pertanian onlineIndonesia sebagaimana dijelaskan diatas, maka secara tidak langsung hal ini merupakan prospek atau peluang kerja ataupun lowongan kerja yang terbuka lebar bagi para lulusan program studi agroteknoloni pertanian.

Menurut analisa dan prediksi kami, bahwa tren penyelenggaraan kontes seo ini akan terus meningkat memasuki tahun 2017 yang akan datang, dimana jumlah para pengguna internet juga akan meningkat tajam. Nah, bila anda berminat untuk mengikuti kontes seo tahun 2017 mendatang, maka sudah bisa dari sekarang mempersiapkan segala sesuatunya, khususnya web atau blog kesayangan yang akan diikutsertakan dalam kontes seo 2017. Harapan kami, semoga anda sukses di kontes seo tersebut.

Demikian artikel ini, semoga ada manfaatnya bagi portal-portal informasi pertanian dan agroteknologi Indonesia. Sekian dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment

No Link Aktif, Harap Maklum BOSS.....