Saturday, 17 December 2016

Pencitraan Web Forum-Komunitas Pertanian Online Indonesia Melalui Kontes Seo

Pencitraan Web Forum-Komunitas Pertanian Indonesia Melalui Kontes Seo |> Berita ramainya kontes seo/ajang lomba seo situs/web, khususnya yang berkaitan dengan forum online - komunitas info pertanian Indonesia pada hasil penelusuran mesin pencari google.co.id, cenderung telah dimaknai sebagai jalan terbaik pencitraan web yang sangat instant (baca: cepat, praktis, mudah dan ekonomis) di halaman pertama google Indonesia (google.co.id).

Pencitraan Web E-Forum Petani dan E-Komunitas Pertanian Online Indonesia

Fenomena munculnya kontes seo web ini disebabkan adanya keinginan besar dari sang pemilik dan/atau pengelola web dalam waktu yang relatif cepat untuk mengangkat citra maupun popularitas sebuah situs website/lamannya, tentu saja berikut dengan produk-produk, baik berupa barang maupun jasa. Dengan kata lain, dapat ditarik kesimpulan bahwa penyelenggaraan kontes seo merupakan sebuah ajang solusi bagi web untuk melakukan “pencitraan instant web” agar semakin “top” dan “terkenal” via mesin pencari, khususnya agar bisa secepatnya menduduki posisi halaman pertama dan posisi ranking satu ketika di googling oleh para pengguna internet dari seluruh penjuru dunia, terkhusus lagi bagi anda para sahabat blogger medan yang selama ini aktif ngeblog (blogger) dan berkomunitas.

Bagi para penggiat seo dan pecinta search engine optimization yang ingin mengetahui secara lebih rinci apa itu dan bagaimana sebenarnya kontes seo itu, silahkan klik/kunjungi halaman berikut => “apa itu kontes seo” agar dapat lebih memahami maksud maupun latar belakang mengapa sangat ramai pemilik web Indonesia menyelenggarakan kontes seo dan/atau lomba webblog search engine optimization.

Nah, oleh karena adanya “efek domino seo” yang secara langsung dapat dirasakan oleh si-penyelenggara kontes seo atau kompetisi seo sebagaimana diuraikan diatas, maka tak ayal lagi dari tahun ke-tahun penyelenggaraan kontes seo masih tetap menjadi pilihan terfavorit bagi para pemburu rupiah di dunia maya, dan terus semakin ramai diminati oleh para “webmaster blogger” dari seluruh penjuru nusantara dengan memberikan penawaran berbagai hadiah yang sangat menarik (bisa dalam bentuk uang, member card, voucher, produk/barang, paket wisata, sertifikat, dlsb).

Survey dan fakta di berita halaman google Indonesia, bahwa kata kunci (keyword) utama yang menjadi target panitia penyelenggara kontes seo memang benar langsung meroket tajam dalam sekejap mata bisa menduduki halaman pertama google dan angka alexa rank semakin baik dan atau semakin ramping/kecil. Para sahabat blogger medan tidak usah heran, hal ini sangat lumrah terjadi disebabkan adanya andil dari setiap peserta kontes seo yang nota bene telah berperan aktif mengirimkan backlink-backlink dalam bentuk “tag kata kunci target” yang dikemas dalam balutan implementasi teknik seo berupa “anchor text aktif”. Kiriman backlink ini tentu akan dimaknai secara positif oleh mesin pencari, sehingga mesin pencari akan menilai bahwasanya link in yang masuk ke website/laman yang bersangkutan sangat penting dan layak untuk ditempatkan pada posisi terbaik di halaman google.

Secara teori, menjatuhkan pilihan untuk menyelenggarakan ajang kontes seo, sangatlah tepat dilakukan pada website yang bersifat tertutup (statis). Website statis maksudnya adalah => “website yang membatasi diri untuk secara rutin membuat beragam konten-konten, khususnya konten-konten dalam bentuk tulisan/artikel terbaru yang diupdate dan dipublikasikan secara berkala (misalnya 1 tulisan tiap hari), sehingga dapat diketahui atau dilihat oleh para pemirsa pengguna internet diseluruh dunia ketika melakukan googling. Website statis juga maksudnya adalah website yang sangat terbatas menargetkan penggunaan kata kunci-kata kunci untuk di-index dalam search engine rating page (SERP) google, yang mana hal ini disebabkan minimnya produksi artikel/tulisan yang dibuatnya. Salah satu contoh webblog statis yang kerap kali menyelenggarakan kontes seo adalah “weblog yang berbau per*udian”. Mengapa lomba seo yang diselenggarakan oleh website/situs yang berbau undian bisa begitu marak? Mau tahu alasannya, silahkan klik “lomba seo taruhan online” untuk mengetahui dan/atau membacanya.

Walaupun ajang kompetisi seo atau kontes seo di rajai oleh web yang bersifat statis sebagaimana dikemukakan, web yang bersifat dinamis juga mulai melirik penyelenggaraan kontes seo dalam rangka untuk mempromosikan websitenya. Bahwa perkembangan berita terbaru seputar kontes seo, web-web yang memposisikan diri sebagai web forum online dan portal komunitas online juga telah ada yang menyelenggarakan kontes seo, bahkan ada yang telah berkali-kali. Nah sebagai informasi, web forum pertanian dan e-komunitas online yang saat ini sedang menyelenggarakan kontes seo adalah agroteknologi.web.id (web khusus yang membahas tentang dunia petani dan teknologi pertanian Indonesia), dimana pendaftarannya ditutup pada awal bulan Januari 2017 yang akan datang. Sementara keyword yang diperlombakan berjudul: Forum dan Komunitas Pertanian Indonesia - Agroteknologi.web.id (bila tertarik silahkan diikuti kontes seo-nya, mana tahu bisa menang dan memperoleh hadiah).

Kembali membahas tentang website statis, bahwa sebenarnya keadaan website statis sangat berbanding terbalik dengan website-website yang bersifat terbuka (web dinamis), dimana konten berupa tulisan/artikel, gambar maupun audio/video yang dibuat bisa dalam jumlah yang banyak (tidak terbatas) setiap harinya, bahkan pemakaiannya cenderung dikolaborasikan secara bersamaan. Karena teori seo (search engine optimization) memberi petunjuk bahwasanya konten itu adalah raja (“content is the king”) yang didalamnya bisa disisipkan atau ditanamkan beragam kata kunci tertentu yang menjadi target pemaknaan utama dari adanya konten tulisan/artikel dimaksud. Oleh karena itu, sangat jarang ajang sebuah kontes seo diselenggarakan oleh website-website yang bersifat dinamis, kalaupun ada maka jumlahnya sangat sedikit atau bisa dihitung dengan jari tangan.

Disamping itu bila sebuah website bersifat dinamis, tentu link-link yang terdapat pada web yang bersangkut alamat link-nya bisa berjumlah ratusan hingga ribuan link. Dengan kata lain, bila diadakan kontes seo sangat tidak efektif bila kata kunci yang telah ditargetkan dalam bentuk tag anchor text dikirimkan hanya menuju ke home page web tidak ke alamat url/link artikel yang bersangkutan.

Pada hakekatnya, ajang kontes seo yang lazim diselenggarakan memiliki keuntungan (baca sisi positif) dan juga kerugian/kelemahan (baca sisi negatif). Adapun keuntungan kontes seo adalah sebagai berikut:
Bagi pemilik website atau penyelenggara kontes seo tentu akan mendapatkan pengindex-an kata kunci (keyword) yang ditargetkannya, beragam backlink dari para peserta kontes seo, citra maupun popularitas web secara instant dimata google dapat diwujudkan, dapat dengan mudah masuk ke dalam jajaran halaman pertama google, mendapat review gratis yang dituliskan para peserta, mendapat pemasangan iklan atau di pasang banner berbiaya gratis yang dipasang di website/laman para peserta lomba/kontes seo.

Sedangkan keuntungan bagi peserta kontes seo adalah memperoleh hadiah (baik berupa uang, barang, voucher, paket wisata, dlsb) bila menjadi juara atau pemenang, bisa mengukir prestasi dan juga nama anda sebagai salah satu yang dijuluki sebagai “ahli seo web Indonesia” atau pakar search engine optimization google.co.id, anda juga bisa mendapatkan julukan atau gelar sebagai jago lomba seo atau maestro sang master kontes seo, nama anda akan diketahui secara massal sebagai orang yang jago menulis artikel atau master review konten.

Adapun kerugian/kelemahan kontes seo adalah sebagai berikut:
Bagi penyelenggara kontes seo adalah diwajibkan menggelontorkan hadiah (baik berupa uang, produk/barang, voucher, sertifikat, paket wisata, atau hadiah lainnya) yang jumlahnya bisa mencapai puluhan juta rupiah, pengiriman backlink dalam jumlah yang sangat tinggi dan tidak terbatas bisa dimaknai google sebagai perbuatan spam (nyampah versi google) yang mana hal ini bisa mengakibatkan website penyelenggara kontes seo akan di-banned atau dihapus oleh google dari halamannya.

Sedangkan bagi para peserta kontes seo adalah merupakan perbuatan pekerjaan yang sia-sia, karena artikel/tulisannya tidak bisa menduduki posisi halaman pertama google (baca tidak menjadi juara/pemenang seo), perbuatan atau tindakan anda yang melakukan optimalisasi secara berlebihan terhadap artikel/tulisan yang diperlombakan melalui website/blog-blog dummy ataupun melalui media sosial (medsos) dan forum-forum online lainnya secara massal atau sporadis dapat dimaknai google Indonesia sebagai perbuatan spammer dan sangat pantas mendapat hukuman. Hukuman yang dimaksud dapat mengakibatkan website yang telah anda daftarkan sebagai salah satu peserta kontes seo akan disuspend-banned atau bisa juga dihapus oleh google dari halamannya. Kontes seo dapat juga dijadikan sebagai penyeimbang implementasi teknik seo yaitu: berupa kriteria adanya pencitraan pada “outbound links” disamping “internal links” dalam websites (tapi mohon dibatasi outbound links untuk web milik anda tersebut).

Semoga artikel/tulisan yang berjudul “pencitraan web forum/komunitas pertanian Indonesia melalui kontes seo atau lomba seo” ini bisa bermanfaat bagi rekan-rekan blogger medan yang ingin mengetahui keuntungan atau kerugian bila mengkuti ajang kontes seo yang semakin marak saja di bulan Desember 2016. Kondisi maraknya kontes seo/lomba seo ini juga diprediksikan akan terus ramai pada tahun 2017 yang akan datang. Mudah-mudahan anda bisa memenangkan dan menjadi juara kontes-kontes seo yang dipublikasikan. Atas perhatian dan kunjungannya ke “WEB ADVOCATES SILAEN & ASSOCIATES” dihaturkan terima kasih.

No comments:

Post a Comment