Wednesday, 21 December 2016

Aman atau Bahaya kah Peralatan Makan Melamine ?

Hai blogger medan, Aman atau Bahaya kah Peralatan Makan Melamine ? Inilah pokok bahasan lanjutan dimana produk peralatan makan yang terbuat dari melamine telah marak penggunaannya, baik di rumah maupun restauran di Indonesia. Mungkin alasan memilih perlengkapan makan melamine ini disebabkan lebih terasa ringan, murah daripada alat-alat makan yang terbuat dan atau berbahan dasar kaca atau keramik.

Aman dan Bahaya Menggunakan Peralatan Set Makan Melamine Bagi Kesehatan Manusia

Maraknya penggunaan melamin ini tidak terlepas dari peran para produsen maupun pedagang yang sangat gencar melakukan promosi, baik promosi yang dilakukan secara online maupun offline. Pada kondisi promosi di market online, banyak para produsen dan pedagang yang bersedia membayar jasa pasang iklan, membuat website ataupun blog “niche melamine” dan mendirikan berbagai toko online yang diperuntukan secara khusus untuk jual peralatan makan melamine.

Karena begitu maraknya pemanfaatan medium internet sampai ada pelaku bisnis atau pemilik modal yang berani mendirikan dan memberikan web/situs toko onlinenya dengan nama “MelamineMall” untuk menarik simpati calon pembeli atau konsumen yang datang mesin pencari google Indonesia. Tak heran apabila di halaman google Indonesia sangat banyak ditemukan berbagai informasi yang membahas ataupun menjual peralatan makan terlengkap dan murah yang terbuat dari plastik melamin.

Nah, karena begitu penting mendapatkan konsumen dari google sebagaimana yang disinggung diatas, banyak para ahli/pakar internet marketing dan praktisi teknologi informatika maupun master search engine marketing media sosial memberikan saran agar toko online yang baru beroperasi tersebut dilakukan pengoptimalisasian seo (search engine optimization) onpage dan offpage agar familiar di mata google Indonesia. Disamping itu pengimplementasian seo ini terkadang diwujudkan dengan menyelenggarakan event atau kontes seo seperti yang dilaksanakan oleh agroteknologi web id dan melaminemall com, demi untuk meningkatkan popularitas, konversi dan trafik pengunjung website setiap harinya.

Kehadiran web toko online dalam dinamika hiruk pikuk marketing internet, sudah barang tentu membawa manfaat bagi kehidupan manusia yang gemar belanja online. Misalnya, pada saat ini para ibu rumah tangga tidak perlu lagi keluar rumah untuk belanja kebutuhan peralatan makan dirumahnya, cukup hanya mengambil sebuah komputer dan tersambung ke jaringan internet sudah dapat berbelanja. Nah inilah salah satu manfaat internet bagi ibu rumah tangga, khususnya yang hidup di daerah perkotaan.

Terlepas dari strategi pasar yang ditempuh toko online peralatan makan melamin yang kami singgung diatas, pernahkah anda berusaha mencari tahu bahaya atau amankah menggunakan peralatan set makan yang terbuat dari melamin? Eits, ternyata penggunaan peralatan makan melamin masih menyisakan persoalan (polemik), dimana sebahagian orang mengatakan bahwa pemakaian peralatan makan melamine belum tentu aman untuk kesehatan, dan sebahagian ada yang menyatakan bahwa peralatan makan melamin sangat aman untuk kesehatan manusia.


A. Bahaya Menggunakan Melamin
Bila berbicara tentang bahaya penggunaan produk set makan melamin, sudah banyak penelitian yang menginformasikan tentang adanya dampak buruk dari melamin. Dimana saat penggunaan melamin pada kondisi makanan panas bisa mempengaruhi kesehatan bagi anak-anak dan orang dewasa.

Makanan yang terkontaminasi atau tercemar melamin berkaitan dengan munculnya penyakit batu ginjal pada anak-anak dan orang dewasa. Bila kondisi ini terus berlangsung dan semakin parah, akibat adanya pencemaran melamin ini juga dapat menyebabkan kematian bagi si penderita.

Mencermati hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr Chia-Fang Wu yang mengukur kadar melamin urine peserta pria dan wanita yang mengonsumsi sup panas dengan memakai peralatan makan melamin. Dimana kemudian Dr Chia-Fang Wu membandingkannya dengan peserta yang makan sup panas dengan menggunakan mangkuk melamin dan mangkuk keramik. Hasil sampel urine dikumpulkan sebelum makan, dan setiap dua jam selama 12 jam setelah makan.

Tahukah anda hasilnya? Peneliti Dr Chia-Fang Wu menemukan ekskresi melamin total dalam urine selama 12 jam adalah 8,35 mikrogram per-liter setelah sup panas dikonsumsi dari mangkuk melamin, sementara urine peserta yang makan sup panas dari mangkuk keramik hanya terdapat 1, 31 mikrogram. Cukup besarkan perbedaannya.

Hal ini terjadi disebabkan makanan panas yang diletakkan dalam peralatan makan melamin dapat memicu lepasnya sejumlah besar melamin yang bercampur ke makanan yang dimakan. Jadi, agar lebih aman, sebaiknya menggunakan peralatan makan dari kaca atau keramik saat mengkonsumsi makanan atau minuman yang bersuhu panas.

Mengapa hal ini sangat penting diketahui? Tentu hal ini disebabkan, biasanya orangtua lebih suka menyediakan peralatan makan dari plastik atau melamin untuk anak. Tujuannya adalah semata-mata agar piring tak mudah pecah saat terjatuh tanpa di sengaja.

Namun, peralatan makan yang terbuat dari plastik atau melamin dapat dipergunakan secara aman selama tidak menggunakan peralatan makan dari plastik atau melamin yang tidak disarankan atau tak lolos uji dari Departemen Kesehatan RI.  Nah, biasanya melamin yang tak lolos uji ini disebabkan adanya kandungan bahan kimia berbahaya yang bisa menimbulkan penyakit langsung maupun tak langsung kepada si pengguna, misalnya bisa mengakibatkan penumpukan penyakit dalam tubuh anak, dan dalam jangka panjang akan mengakibatkan terjadinya penyakit pada ginjal.

B. Cara Aman Menggunakan Produk Peralatan Melamin
Untuk mengantisipasi adanya bahaya akibat penggunaan melamine, maka sangat diharapkan kehati-hatian dan juga cara memilih dan juga menggunakan produk peralatan set makan dari melamin atau plastik, agar aman digunakan dan tidak mengakibatkan penyakit serius. Nah, berikut hal-hal yang wajib dipertimbangankan dalam memilih peralatan makan yang terbuat dari melamine:

1) Memperhatikan Kode Barang
Ketika memilih produk berbahan melamin, jangan hanya tertarik pada bentuk, ukuran dan warnanya semata. Jangan lupa agar teliti memeriksa kode benda atau barang tersebut. Biasanya kode ini terdapat pada bagian bawah dari peralatan makan melamin yang memiliki kode PP (Polyprophylene) yang merupakan bahan pembuat plastik dan melamin yang aman digunakan untuk kesehatan.

Selain itu, jangan lupa pilihlah peralatan makan yang memiliki tanda "BPA free", atau "non-BPA". BPA merupakan kepanjangan dari Bisphenol-A, bahan kimia berbahaya yang menyerupai hormon estrogen versi kimiawi. Ketika terlalu banyak masuk ke dalam tubuh, bahan ini akan mengganggu sistem kerja kelenjar endokrin dalam tubuh, dan berpotensi menyebabkan penyimpangan pada metabolisme tubuh.

Sampai saat ini, produk melamin atau plastik yang paling aman digunakan untuk anak adalah yang memiliki kode BPA free, PP, dan ditandai dengan kode angka lima (5) pada wadah melamin.

2) Memperhatikan Kondisi Barang
Kode wadah melamin ini memang tak 100 % (seratus persen) menjamin kesehatan anak. Kuman dan bakteri mungkin saja masih bisa bersarang di dalamnya. Sebaiknya, pilih barang yang tidak cacat, misalnya yang tergores pada permukaannya. Meskipun hanya sebuah goresan kecil semata, tapi perlu diingat bahwa jutaan kuman bisa bersarang di situ dan sulit untuk dibersihkan.

3) Warna
Peralatan makan tentu dibuat dengan beragam warna, motif, ukuran dan desain semenarik mungkin. Agar lebih aman, pilih produk melamin yang berwarna jernih dan tidak berawan. Produk melamin PP yang paling aman memiliki ciri-ciri lebih ringan, mengkilap, jernih, kandungan plastiknya transparan, serta daya tembus uapnya rendah.

4) Mempertimbangkan Usia Barang
Usia maksimal peralatan makan melamin dan plastik dipengaruhi oleh kondisi barang itu sendiri. Usia melamin yang aman dipakai maksimalnya adalah sekitar 6 (enam) bulan. Namun, jangan lupa agar melihat cara penggunaan, perawatan, dan kondisi barang. Seandainya melamin sudah tergores, sebaiknya segeralah diganti dengan wadah baru agar makanan anak tidak terkontaminasi bakteri pathogen (penyebab wabah penyakit berbahaya) dan menyebabkan terjadinya diare atau gangguan ginjal.

Mudah-mudahan artikel yang membahas tentang aman atau bahaya kah peralatan makan melamine bagi kesehatan tubuh ini bermanfaat bagi anda, dan atas perhatian serta kunjungannya ke web karya blogger medan ini diucapkan terima kasih.

No comments:

Post a Comment